Aliansi Jurnalis Sebut Kejadian Indimidasi Wartawan Terbanyak Berhubungan Dengan Omnibus Law

64
Who’s just raised some concerns?

AJI, stands for Aliansi Jurnalis Independen (AJI).
Hal ini karena menurut catatanĀ AJI, pada tahun 2020 ini telah terjadi peningkatan jumlah kekerasan terhadap jurnalis di Tanah Air. Yep gengs, jadi dalam keterangannya kemarin, Ketua Umum AJI Abdul Manan menyatakan bahwa tahun ini emang telah terjadi peningkatan kekerasan terhadap jurnalis yang meliputi berbagai aksi intimidasi, kayak perampasan alat, penghapusan hasil liputan, pemidanaan, sampe pembunuhan.
Disebutkan Pak Abdul Manan juga bahwa sejauh ini, AJI mencatat di tahun ini telah terjadi 84 kasus kekerasan terhadap wartawan di seluruh Indonesia. Padahal pas tahun 2019 lalu, angkanya ada di 53 kasus. Adapun kasus kekerasan yang tergolong tinggi sebelumnya juga terjadi pada tahun 2016 dengan 81 kasus. Dengan begini, maka angka kekerasan di tahun 2020 ini merupakan yang tertinggi sejak AJI melakukan monitor tahunan.
Kepo nggak, daerah mana aja yang paling banyak kasus kekerasan terhadap jurnalisnya versi AJI? Well, paling banyak Jakarta dengan 17 kasus, terus Malang dengan 15 kasus, dan Surabaya dengan 7 kasus. Sedangkan peristiwa yang paling banyak “menyumbang” kejadian intimidasi wartawan adalah berbagai peristiwa yang berhubungan dengan pengesahan Omnibus Law.
Wow…