Tunjangan Aparatur Sipil Negara Meningkat Tahun 2021

139
Who’s gonna get a rise next year?

Aparatur Sipil Negara aka ASN.
Seriouslyyyyy? 
Yep, hal ini disampaikan sama Menteri Pendayagunaan Aparatur Negara dan Reformasi Birokrasi Menpan RB, Pak Tjahjo Kumolo kemarin. Kata beliau, tunjangan Aparatur Sipil Negara (ASN) di tahun 2021 bakal naik, dengan demikian maka ASN dengan pangkat terendah bakal menerima gaji minimal tunjangan Rp9-10 juta.
 
No wonder my parents keep telling me to become ASN…
Same. Selain tunjangannya naik, Pak Tjahjo juga bilang bahwa pihaknya, bersama-sama Kementerian Keuangan dan PT Taspen Persero lagi berupaya untuk meningkatkan uang pensiun bagi para ASN ini. Kata Pak Tjahjo, rencana ini tadinya mau ditetapkan tahun ini, tapi yha ditunda karena si teteh rona muncul.
Tell me more about the rise…
Ok. Jadi, kata Pak Tjahjo, mereka yang bakal menikmati kenaikan tunjangan ini adalah 4,2 juta ASN, 1 juta pegawai pemerintah dengan perjanjian kerja (PPPK) dari kalangan guru, 260 tenaga kesehatan, dan sekitar 100 ribu tenaga penyuluh. Beliau berharap dengan adanya kenaikan tunjangan ini, maka para ASN bisa mewakafkan sebagian uangnya untuk kebaikan.
 
Wa…what?
Wakaf guys, aka ya beramal gitu. Jadi kata Pak Tjahjo kemarin, beliau emang memahami bahwa perkara wakaf ini nggak bisa dipaksakan kayak sebelumnya, di mana ASN sempet diwajibin untuk menyisihkan gajinya melalui Yayasan Amal Bhakti Muslim Pancasila. Namun begitu, Pak Tjahjo bilang bahwa nanti pihaknya akan berupaya cari cara untuk mengimbau para ASN ini supaya berwakaf.
 
…. anything else?
FYI, dalam kesempatan itu, Pak Tjahjo juga bilang bahwa gajinya saat ini lebih kecil dibanding pas beliau jadi anggota DPR RI. Namun yhaaa karena udah dikasih tugas sebagai pembantu presiden, maka beliau udah nggak punya kepentingan apa-apa. Tugasnya udah selesai, makanya gajinya disumbangin semuanya untuk kepentingan wakaf tadi.