Mahfud MD: Sikapi Hoaks Pemerintah Aktifkan Kembali Polisi Siber, Hubungan China-Rusia Bakal Tetep Kuat, Kata Xi dan Putin Sebagai Isyarat Kepada Biden, Firli Bahuri Sebut Dalam 17 Tahun Terakhir KPK Sering Mendapatkan Intimidasi dan Teror, Trump, Michelle Obama Menempati Urutan Teratas Dalam Daftar Gallup Tahun 2020 Yang Paling Dikagumi.

61

Good morning,

It’s officially two days before we flip the page to 2021. Tomorrow will be our last edition of this year, and we’ll make it extra special, with extra cheese and a spoonful of guac on the side. Juuuuust kidding. But we’re serious about the special edition tho, so make sure you’ll check your inbox tomorrow. See you!

For when you’ve been reading too many hoaxes lately…

Makanya, subscribe to Catch Me Up! where we give no place for hoaxes and only inform you the essentials. Mehehehe maap kak iklan lewat XD.
 
We know, we know. That’s why we’re here.
Rite. Now we’re actually gonna talk about: Polisi Siber. 
 
Hah? What’s that? 
Jadi ini merupakan satuan polisi yang bertugas ngawasin konten-konten online gengs, jadi kalo ada konten di internet yang dianggap hoaks, penyebarnya bisa ditindak secara hukum.
Kata siapa?
Kata Menko Polhukam, Prof Mahfud MD kemarin. Jadi dalam keterangannya, beliau menyatakan bahwa pemerintah lagi pengen ngaktifin polisi siber lagi. Hal ini seiring dengan munculnya fenomena masyarakat yang gampang banget main ancam di media sosial. Selain itu, beliau juga menyebut bahwa hoaks yang tersebar biasanya terkait persoalan politik dan selalu “menyerang” pemerintah. Jadi, apapun kerjaan pemerintah pasti salah terus.
Tell me more…
Lebih jauh Prof Mahfud menyebut bahwa udah sewajarnya wacana pengaktifan polisi siber kembali dibahas, secara sekarang ini lagi banyak banget konten hoaks. Prof Mahfud mencontohkan, misalnya ada kata-kata atau kutipan yang dikatakan beberapa tahun lalu, kemudian dikeluarkan lagi dan dikasih tanggal yang berbeda. Nah yang gini-gini nih yang bikin gaduh.
Terus nanti cara kerja polisi siber ini gimana?
Ya nantinya, para Polisi Siber ini akan bisa mengidentifikasi ancaman yang muncul yang ditujukan ke seseorang atau kelompok tertentu.  For example, ancaman pembunuhan presiden, ancaman pemenggalan terhadap polisi, dan sebagainya. Selain itu, nantinya para polisi siber ini juga akan bersikap kontra-narasi, di mana kalo ada kabar yang nggak bener di media sosial, maka akan diramaikan oleh pemerintah bahwa hal itu nggak bener. Sementara juga kalo ada isu yang termasuk dalam bentuk pelanggaran pidana maka akan ditindak sesuai hukum.
 
Hah ini perlu banget emang ya?
Yhaa kata Prof Mahfud sih, di tahun 2021 ini para polisi siber tadi bakal diaktifkan lagi secara sungguh-sungguh karena kalo terlalu toleran juga bahaya. Prof Mahfud juga bilang bahwa selama ini sebenernya polisi Indonesia bisa aja nangkep pihak yang menyebarkan konten nggak baik yang berkaitan dengan kepentingan rakyat, namun ya nggak dilakukan karena mau menjaga supaya masyarakat nggak takut sama polisi dan pemerintah. Namun sekarang kayaknya udah mulai memanas, jadi, “kita  lebih panas juga agar lebih tertib,” gitu katanya.
I see, does anyone has a say on this? 
Yep, ada yang pro dan ada juga yang kontra gengs.  Let’s start with the ‘pro’, di mana dukungan datang dari Ketua PBNU, Said Aqil Siroj. Beliau masuk #Timpro tapi katanya, polisi siber ini cukup untuk sementara aja. Menurutnya, beliau udah merasakan sendiri dampak negatif dari hoaks, jadi emang gpp ada polisi siber, tapi kalo masyarakat udah lebih bijak dalam menggunakan media digital, peraturannya perlu dilonggarin lagi.
How about the cons? 
The cons comes from KontraSstands for Komisi untuk Orang Hilang dan Korban Tindak Kekerasan. Menurut peneliti KontraS Rivanlee Anandar, kebijakan ini tentunya bakal membatasi kebebasan berekspresi kita.  Hal ini bakal bikin masyarakat takut dan nggak mau kritik pemerintah di media sosial, dan bikin polisi siber lebih represif. Kritikan juga datang dari anggota DPR RI asal Fraksi PKS, Sukamta, yang menilai bahwa harusnya, polisi siber juga fokus sama tugas utamanya yaitu penanganan kasus penipuan online, secara dalam lima tahun terakhir, kerugian karena penipuan online mencapai Rp 1,17 trilliun. WOW.

I see, anything else? 
FYI, menurut Direktorat Tindak Pidana Siber (Dittipidsiber) Bareskrim Polri, dari Januari sampai November 2020 kemarin, mereka menangani 4.656 kasus tindak pidana siber. Dari seluruh kasus tersebut, terdapat 15 jenis kejahatan dan yang paling banyak adalah kasus tentang pencemaran nama baik, yaitu 1.743 kasus.  Terus, ada juga kasus-kasus lain kayak penipuan, pornografi, akses illegal, ujaran kebencian/SARA, berita hoax, manipulasi data, dan pengancaman.

Who’s making a friendship bracelet?

China and Russia.  

Isn’t that since like…the 50’s?
Smart history-nerd *tosss* but this time, we’ll talk more about the recent ones. Nah jadi kan emang hubungan harmonis antara kedua negara udah terjalin lama nih, dan kayak persahabatan kamu yang harus diperkuat terus from time to time, yha sama, Senin kemarin, China dan Rusia juga mempertegas hubungan persahabatannya itu…
 
Dengan staycation bareng-bareng?
Itu mah kamu. Kalo China dan Russia, hal ini dilakukan lewat percakapan telepon antara kedua kepala negara, yaitu Presiden Rusia Vladimir Putin dan Presiden China Xi Jinping, yang dilakukan Senin kemarin. Abis telponan itu, muncullah pernyataan dari Presiden Xi bahwa hubungan China dan Rusia bakal tetap kuat, no matter what. 
#Friendshipgoal
Rite. Pas telponan itu, keduanya juga saling mengucapkan selamat tahun baruan dan membahas berbagai isu di sepanjang tahun 2020, khususnya soal Covid-19. Baik Xi maupun Putin bilang bahwa mereka udah menjalin kerjasama yang oke banget dalam menghadapi Covid-19, although keduanya juga setuju bahwa pandemi ini bener-bener membawa ancaman yang serius pada kehidupan banyak orang.
 
I see…
Terus mereka juga bahas soal peringatan ke-20 tahun dari disepakatinya perjanjian hubungan baik antara kedua negara. Presiden Xi bilang, momentum ini bakal digunakan oleh keduanya untuk makin mempererat hubungan kerja sama yang udah ada.
 
Interesting…
Wait until you hear this: dalam keterangannya, Presiden Xi juga bilang bahwa kedua negara punya nilai dan norma yang sama, dan hubungan keduanya nggak akan bisa dipengaruhi oleh perubahan eksternal. So at this point, a lot of people are looking at…the US. 
 
Why the US?
Yha karena banyak yang menganalisis juga bahwa statement ini dilakukan sebagai respons atas pernyataan Presiden Amerika Serikat terpilih Joe Biden yang bilang bahwa AS ingin membangun koalisi yang lebih kuat sama sekutu-sekutunya untuk melawan China di isu perdagangan. Jadi yhaa statement ini juga banyak disebut sebagai upaya untuk mengkonsolidasikan kekuatan antara keduanya.
Got it. Anything else? 
Well, emang terpilihnya Joe Biden sebagai presiden AS ini bikin banyak negara menunggu, untuk ngeliat bakal kayak apa kebijakan luar negeri AS di bawah Biden nantinya. Dan of course sebagai salah satu negara dengan kekuatan ekonomi yang besar, China juga termasuk ke dalam negara-negara tadi. Jadi ditunggu aja yha…
 
We just wish for less superpower drama in 2021…

Who’s celebrating its sweet seventeen?

KPK aka Komisi Pemberantasan Korupsi.
Whoaa…no blowing out candles this year?
Nope, cukup dengan peringatan hari lahir aja guys. Jadi dalam keterangannya kemarin, Ketua KPK Firli Bahuri, bilang kalau selama 17 tahun terakhir, KPK sering diintimidasi dan diteror ketika menjalankan tugas dan fungsinya.
 
Really?
Yep, jadi masih menurut Pak Firly, banyak anggota KPK ada yang mendapat intimidasi, ancaman atas keselamatan jiwa raga, hingga kekerasan/serangan fisik secara langsung ketika melakukan tugas-tugas KPK.
 
Whoaaa serem ugha.
Rite. Namun menurut Pak Firly, serangan-serangan tadi nggak bikin kinerja KPK turun, tapi justru jadi makin semangat dalam memberantas korupsi. FYI, menurut catatan KPK, ditemukan ada banyak ancaman yang muncul, dari yang berbau mistis, terror bom, penganiayaan, dan penyiraman air keras yang dialami oleh Novel Baswedan.
 
Ada contoh kasusnya gak?
Ada. Jadi salah satunya adalah kejadian mistis yang menimpa seorang pegawai KPK yang melakukan pemantauan di Bendungan Jatiluhur, Purwakarta, Jawa Barat pada 2017 lalu. Waktu itu abis memantau, karyawan tersebut jadi sering mengalami sesak napas. Terus sampe udah pake ventilator dan dirawat di rumah sakit, ga diketahui juga apa penyakit yang sebenarnya diidapnya. Selain kasus berbau mistis tadi, ada juga sejumlah teror lain kayak pelemparan dua bom molotov ke rumah Wakil Ketua KPK Laode M. Syarif pada Januari 2019.

What a risky job.
True. Nah untuk kinerjanya ini, KPK dapet apresiasi nih guys. Apresiasi datang dari Menko Polhukam Pak Mahfud MD yang menyebut bahwa KPK yang sekarang dipimpin oleh Pak Firli lebih bagus kinerjanya dibandingkan dengan Ketua KPK yang dulu, yaitu Agus Rahardjo.  This is because baru di tahun pertama, Firli dkk udah bisa menangkap dua menteri Kabinet Indonesia Maju, yaitu Edhy Prabowo dan Juliari Batubara.  Selain itu, banyak juga penangkapan dilakukan di tingkat DPR, DPD, DPRD, bupati, hingga wali kota.
Anyone disagree?
Yep, menurut peneliti ICW (Indonesia Corruption Watch), Kurnia Ramadhana, KPK justru kurang maksimal di bawah kepemimpinan Firli.  Hal ini karena jumlah operasi tangkap tangan (OTT) yang dilakukan oleh  KPK menurun drastis dibanding sebelumnya.  Di tahun ini, terjadi tujuh kali OTT, padahal di tahun sebelumnya ada 21 OTT (2019), 30 OTT (2018), 19 OTT (2017), dan 17 OTT (2016).
OK. Anything else I should know? 
Selain soal OTT, ICW juga menyoroti soal buronan korupsi di era kepemimpinan Firli yang justru bertambah. Jadi dari lima buronan yang belum ditangkap, ada dua yang kabur di era Firli Bahuri dkk yakni Harun Masiku dan Samin Tan. KPK pun bilang bahwa mereka menghargai pendapat ICW dan akan menyampaikan hal ini dalam laporan tahunan di akhir tahun ini.

Who are the most admired man and woman in 2020?

Presiden AS Donald Trump dan mantan ibu negara AS Michelle Obama.

Odd pairing, we know. Jadi emang menurut survei yang dilakukan lembaga survei AS, Gallup, diketahui bahwa Trump dan Michelle Obama jadi cowok dan cewek yang paling digemari di Amerika Serikat sepanjang tahun 2020. Ini adalah pertama kalinya Trump mendapatkan posisi pertama setelah selama 12 tahun terakhir, posisi tersebut ditempati oleh presiden AS sebelumnya, Barack Obama.
Bagi banyak orang, hal ini tentunya menjadi tanda bahwa Trump sebenernya masih populer di kalangan pendukungnya di Partai Republik, walaupun di sepanjang tahun ini, Trump dihadapkan dengan berbagai tantangan kayak mau di-impeach, banyak dikritik dalam kebijakannya terkait Covid-19, hingga kalah pilpres.
Balik lagi ke surveinya, di posisi kedua ada Barack Obama dengan dukungan sebanyak 15%, lalu ada presiden terpilih Joe Biden dengan dukungan 6%, dan ahli penyakit menular dr. Anthony Fauci di posisi keempat dengan dukungan 3%. Selain nama-nama tadi, Bill Gates dan mantan capres AS Bernie Sanders juga masuk list lho guys…

“Saya mengawalinya dengan pensiun, sekarang saya mengakhirinya dengan pensiun.”
Gitu kata mantan Menteri Kesehatan Terawan Agus Putranto dalam pidato pisah sambut jabatan menteri dari dirinya ke Menkes baru, Budi Gunadi Sadikin di kantor Kemenkes RI, kemarin. Kata Pak Terawan, beliau juga kini kembali beralih dari menteri jadi mantri, dan udah bisa mulai nyuntik-nyuntik dan ngurusin pasien lagi.
 
Now you know who’s busy making handover notes during the New Year’s holiday…

Catch Me Up! Recommendations

All the most powerful pictures from 2020…you just have to see this

Angel’s Stories

1. Beberapa hari yang lalu aku cukup tertekan dengan keadaan pekerjaan baru yang WFH 2 minggu dan WFO 2 minggu. Merasa useless karena adaptasi tidak smooth dan juga banyak kekurangan di kantor ini daripada kantor sebelumnya. Pada suatu aku nggak kuat, aku nangis sejadi-jadinya, dan bercerita kepada temanku semalaman. Aku bersyukur punya dia, dia tidak judge tapi malah menyadarkanku aku adalah beruntung di keadaan pandemic ini yang lain pada butuh pekerjaan, dan sekarang aku cukup lega untuk menjalani hidup.
-bukan musisi handal, kota minyak-
2. Lucu nih, minggu lalu aku coba sedekah 50rb melalui temanku yang suka berbagi rutin di hari Jumat dengan bagi sembako gitu ke tukang sapu/pemulung/tukang parkir. Terus, hari ini aku dapat super prize saldo 200rb dari ulang tahun kantorku, alhamdulillah..
-Anonymous-
 
3. Di ATM-ku tinggal sisa duit 370rb. Di dompet tinggal ada 70rb. Sungguh aku sedang merasa miskin. Ketika aku merasa miskin gini, biasanya aku melakukan donasi. Tapi, uang tidak banyak. Aku pun melirik rak-rak bukuku. Beberapa hari yang lalu, aku baca ada rumah baca dan sekolah yang lagi butuhin buku. Akhirnya aku pilih-pilih buku yang mau aku donasikan. Di satu lembaga, ada kuselipkan masing-masing satu buku yang belum aku buka plastiknya aka masih baru belum kubaca. Aku pun mulai menge-pack, yang satu bobotnya dua kilo dan yang satunya tiga kilo. Estimasiku nanti ekspedisi habis 50rb, sudah aku cek di sistem online. Masih sisa 20rb insyaAllah bisa buat bertahan hingga gajian. Pas sampai tempat ekspedisi, pas si masnya memasukkan data, aku menyiapkan diri untuk hidup dengan 20rb. Lalu aku dipanggil. Dan ongkirnya hanya 16rb. Di situ, rasanya aku amat lega dan bahagia.
-Que Sera Sera-
(We believe that angels, just like superheroes and cats, come in different costumes, but they’re here for the same reasons: to make our days brighter, our smiles wider, and our feelings happier. So during these uncertain times, we’ve decided to replace the love letter with stories about kindness, because now more than ever, our community needs that. Shoot us your kindness stories here (can be something you see or experience firsthand (or no), basically, anything!) and we will feature it here. You can also check our previous angel stories on our angel’s Instagram. Go go go!