Friday Pause: I’m feeling 22

698

Good morning!

It’s the day when everything feels warm and easy and breezy because it’s Friday! So, as Taylor Swift puts it: tonight’s the night when we forget about the deadlines…it’s time: for memes, and fun recs, and more memes, and more fun recs. Yep, you sing you lose! :p 
 
We hope you’ll have a greeeeat weekend!

For the love of Meme: I’ll be just like Leo…


For when it’s so hard for you to get some ZZZ….

ZZZ you mean, sleep?
Yep.  During this pandemic, hampir semua kebiasaan kita berubah, dan bagi kamu yang nggak biasa menjalani perubahan yang drastis kayak gini, things might be challenging. Karenanya, banyak dari kamu maupun orang di sekelilingmu yang stressed and anxious, right? Nah, emosi-emosi kayak gini tuh ngaruh banget sama pola maupun kualitas tidur. Kalo kamu lagi anxious, biasanya kamu jadi susah tidur, tidur juga nggak nyenyak, hingga sering mimpi buruk.
Raise your hands if you’ve been experiencing one of those lately…
I do.
Now hands down. Nah padahal ya gengs, kualitas tidur yang baik berarti ingatan yang lebih tajam, energi yang lebih banyak, dan metabolisme yang lebih lancar.  Ketiga hal ini penting banget buat kamu-kamu yang harus melakukan perjalanan dari kamar ke kulkas, eh kantor.
How long do I need to sleep?
Depends. If you are a baby, then you need to sleep for around 14–17 jam (also, congrats karena masih bayi udah bisa baca email kita?). Terus kalo kamu balita maka kamu butuh tidur selama 11 – 14 jam, lalu 7-9 jam untuk orang dewasa dan 7-8 jam untuk lansia.
So how can I get a better quality sleep?
Ada beberapa cara beb. Yuk cek yuk.
  • Instagram addict:  Are you someone that checks Instagram before going to sleep? If yes, cara terbaiknya adalah jauhkan hape-mu ketika mau tidur.  Nggak harus di kamar sebelah kok, tapi cukup di lokasi-lokasi yang nggak bisa dijangkau oleh tangan kamu, kayak di atas meja atau di lantai. Lalu, set hape-mu ke grayscale atau night mode aja, biar nggak terlalu ‘menarik’. Selain hape, sebaiknya anything with a ‘screen’ juga dimatiin gengs. We know it’s hard, but challenge yourself!
  • Early bird:  Are you the early bird type? Yang bangunnya pasti rutin di jam yang sama, maybe even early?  Kalau bangun pagi adalah rutinitasmu, coba juga bikin jam tidurmu secara rutin gengs. Dengan begini, circadian rhyme aka “jam tubuh” kamu untuk bangun atau tidur biasanya udah lebih terjadwal, jadi kamu nggak akan ngerasa ngantuk banget tengah hari karena kurang malemnya kurang tidur.
  • Buat yang sering anxious malem-malemtry this:  teknik pernafasan 4-7-8. How to do it: Tarik nafas melalui hidung selama 4 detik, tahan nafas 7 detik, dan buang nafas melalui mulut selama 8 detik and repeat ’til you feel better. Teknik lain yang bisa kamu coba adalah teknik pernapasan yoga, yaitu “Nadi Shodhana” yang bisa bantu kamu untuk lebih fokus.  Caranya, tutup satu lubang hidungmu, Tarik nafas dengan hidung yang nggak ditutup, lalu buang nafas di lubang hidung yang tadinya ditutup, terus ganti-gantian aja deh.
  • Buat yang suka overthink soal masa lalu atau masa depan, same. Nah untuk bisa “menghentikan” pikiran-pikiran ini, kamu bisa coba mindfulness meditation. Meditasi ini fokus ke pernafasan dan ke pikiran kamu pada waktu tersebut aka to the present momentSo, no past or the future. Untuk membantumu meditasi, ada beberapa app yang bisa kamu gunakan, kayak Headspace atau Stop, Breathe & Think.
  • For those of you who love challenges even before sleeping. Kamu bisa coba untuk rebahan di kasur, nope, no touching your phoneJust lay down daaaan coba nyanyiin Alphabet song secara kebalik (kalo gamau bikin takut nyokap di kamar sebelah, nyanyinya dalam hati aja gengs). Kalo belum ngantuk juga, coba berhitung dari 100, namun urutannya kebalik juga. Katanya sih, dengan melakukan trik ini kamu jadi bisa lebih cepet ngantuk.
  • Untuk kamu yang suka laper tengah malamnope, don’t make that trip down to the refrigerator. You can do this. Instead, coba aja kamu tutup matamu dan berkhayal soal makanan. Bayangin kamu lagi masak spaghetti misalnya, bayangin semua step-stepnya, dari mulai merebus spaghettinya, motong-motong bawang putih, nyiapin saus bolognase sampe…kamu zzzzz…
For when you love books so much... Use the most out of it. Coba pilih textbook kayak buku sejarah atau biografi dan baca deh sebelum tidur. Karena biasanya, buku bisa mengantar kamu bobo cuma dalam dua atau tiga lembar aja.
Have a good sleep tonite!


And here we go, your weekly quarantips…
Hi! It’s your weekly quarantips speaking, where you will got a whole lists of cool recommendations from movies, podcasts, books, to youtube videos, for you to spend your weekend! We loooove how everyone gets creative so let’s just dive into it! But before…
 
We loooove to point out that just like our country, these quarantips are exercising democracy: Oleh kamu, dari kamu, untuk kamu. Karenanya kalo kamu punya apapun (literally anything! books, movies, recipes, podcasts, pokoknya apa aja!) yang kamu pengen rekomendasikan, just shoot it out hereDitunggu yha….
  • Hai! Gue pengen rekomendasi podcast atau tontonan di YouTube, yaitu channel-nya Pak Gita Wirjawan. Selain emang Pak Gita yang pinter dan berpengalaman ternyata dia juga a good interviewer.   Bintang tamu yang dateng juga engga sembarangan. Mulai dari founder Kopi Kenangan sampe Tony Fernandes. Pembawaan Pak Gita yang santai bikin kita nyaman dengerin topik-topik berat sekali pun. (ig: davidmarolop)
  • Kalian harus dengerin lagunya Rizky Pratama “1000 Hari”, seru sekaligus sendu abis. Enak banget, bisa dipake buat backsound ngelamun di masa pandemi gini. Apalagi kalau lihat lyric video-nya di YouTube, auto ambyar karena penyanyinya yang bikin sendiri ilustrasinya. Eh bisa didengerin via music streaming platform
    Advertisement
     juga kok, cek aja 😀 (@itsacipa)
  • Mau rekomendasiin buku nonfiksi “belajar tidak disukai”, penulisnya dua peneliti filsafat Adler dari Jepang. Buku ini bantu kita buat ngelepasin hal-hal interpersonal yang sering banget nge-distract. Penjelasannya melalui konsep dialog, antara seorang pemuda dan filsuf. (Personally, semua masalah pemuda ini relatable bangettttttt) Menurut teori Adler, hal yang paling penting adalah penerimaan diri, I won’t tell you more 🙂 (ANL)
  • Hello all! Please do listen to Sumbupendek Podcast on Spotify or you favorite podcast platform. Sumbupendek is a podcast which mainly talks about current silly political or nonpolitical issues served with a sarcastic and funny perspective. For teaser, please visit our Instagram @sumbupendekpodcast or Twitter on @podcastsumbu.
  • Hai mates! Di masa pandemi ini aku pengen merekomendasikan drama korea judulnya My Unfamiliar Family. Ceritanya tentang dinamika dalam keluarga gitu. Semoga bisa mengobati rasa kangen kalian sama keluarga yang mungkin belum bisa kalian temui sejak pandemi ini ya.. (IG: @initary)
  • Alice and the psychoanalysis-ed musical theater. Disarankan menggunakan headphone/speaker bagi penonton yang menggunakan HP/Tab. Yok goyang yok…(Jogedinaja)
  • Buat kalian yang bingung mau nonton apa di Netflix dan suka detective story boleh banget dicoba nonton Broadchurch season 1 nya.. such a banger and my oh my David Tennant and Olivia Coleman are just perfectly splendid (@dheaaml)
  • Sekarang gue lagi ngabisin series yang udah lama rilis sebenernya, judulnya “The Leftovers”. Ada tiga season dan tayang di HBO Go (you can subs it like Netflix). This show is a roller-coaster ride of emotional feelings, talking about grief, loss, healing, belief systems and religious doctrines poignantly. Memang ini bukan series yang mudah dicerna (I was confused the entire time but hell enjoyed it so much) tapi kalo kalian lagi bosen sama tontonan yang itu-itu aja, boleh cobain The Leftovers. It’s that good! I tweet mumbo-jumbo about movies and books and other random things. (@ennyanya). Let’s be mutual 🙂

Quote of the day:
 
“There are two ways you can go with pain. You can let it destroy you or you can use it as fuel to drive you.”
 
-Taylor Swift-

Angel’s Stories

1. Minggu lalu aku punya suatu agenda yang penting buatku, dan aku bilang ke someone I look up to kalo aku deg-degan, takut gak berjalan sesuai rencana. Dia bilang, dia juga merasa gitu tapi dia percaya aku bisa. Sesimpel itu, and it made my day. Dukungan dan rasa percaya dari orang yang sama juga salah satu faktor yang paling berpengaruh buat aku bisa keluar dari keadaan negatif ketika aku sempet berada di titik terburukku pertengahan 2019 lalu, meskipun aku yakin dia gak menyadari hal ini haha. Intinya, jangan berhenti berbuat dan berbicara yang baik ke orang lain karena meskipun kita pikir itu sepele, buat orang yang membutuhkan hal itu bisa jadi sesuatu yang sangat berarti.

-Dari Palagan yang bersyukur bertemu Klebengan-

2. Baru-baru ini kampusku wisuda akbar online. Sebenernya aku orangnya hemat banget dan minimalist, tapi aku pesen hampers online lumayan banyak buat temen-temen karena emang momennya. Dan ternyata ada saldo tabungan khusus: Aku punya bad habit, kalo bisa nahan diri aku self-reward pake duit, dimasukin ke tabungan. Ternyata dah kekumpul banyak haha. Temen-temen pada suka hadiahnya. Beberapa bilang bahwa isi hampers itu barang-barang yang emang dari lama mereka pengen beli atau pas banget lagi dibutuhin. Bahagia banget denger respon temen-temen :”) Plus ngasih positive experience tentang ninggalin bad habit. Alhamdulillah.
-Nala-
 
3. Temen-temen, apa pun yang terjadi, jangan lupa minum air putih dan makan buah 🍐 oh iya, aku punya mantra paling ajaib di dunia, kata-kata afirmasi yang selalu kuulang-ulang kalo insecure mulai datang: “Ngga apa-apa sedih dan menangis, habis ini bangkit lagi, ya. Jangan lupa, I love you. Kamu berharga.” Ngga jarang jadi nangis tambah kenceng, tapi habis itu aku lega 🙂
-april-
 
(We believe that angels, just like superheroes and cats, come in different costumes, but they’re here for the same reasons: to make our days brighter, our smiles wider, and our feelings happier. So during these uncertain times, we’ve decided to replace the love letter with stories about kindness, because now more than ever, our community needs that. Shoot us your kindness stories here (can be something you see or experience firsthand (or no), basically, anything!) and we will feature it hereCome, share us your versions of angels!)
Advertisement