Corona Updates 26 Oktober 2020, Rekap Debat Terakhir Calon Presiden Amerika, 8 Tersangka Penyebab Kebakaran Gedung Kejaksaan Agung, Populasi Pinguin Galapagos Meningkat .

42

Good morning,

It’s Monday, and is there a better way to start your day rather than to listen to love songs like “Mine”? You know, that warm, peaceful feeling of knowing that you are loved, or loving the other party, be it your parents, siblings, teachers, friends, pets, or…your significant other. 
 
Happy Monday, Lovers. 

And as always, we start today with your Covid-19 briefing.

We’re bringing you the newest update from Covid-19 cases development from around the world, and now, let’s start from…
Home.
  • Per kemarin total kasus positif Covid-19 di Indonesia udah mencapai 389.712 kasus, dengan rincian 13.299 meninggal (3,4% dari Terkonfirmasi), dan 313.764 (80,5% dari Terkonfirmasi) sembuh.
  • Provinsi dengan kasus terbanyak adalah DKI Jakarta (100.220 kasus), Jawa Timur (50.653 kasus), Jawa Barat (33.568 kasus), Jawa Tengah (31.586 kasus), dan Sulawesi Selatan (17.893 kasus).
  • Kemarin, Gubernur DKI Jakarta Pak Anies Baswedan baru aja ngumumin bahwa kebijakan Pembatasan Sosial Berskala Besar (PSBB) transisi akan lanjut terus hingga 8 November mendatang. Kata Pak Anies, kalo emang terjadi lagi peningkatan kasus Covid-19 di ibu kota, maka kebijakan pengetatan bisa lanjut lagi.
  • Seiring dengan berlakunya PSBB Transisi, kebijakan ganjil genap juga masih akan ditiadakan. Meski begitu, kepolisian bilang bahwa kebijakan ini akan terus dievaluasi.
  • Hingga kemarin, Tim Mitigasi Pengurus Besar Ikatan Dokter Indonesia(PB IDI) mencatat bahwa ada total 253 petugas medis yang meninggal akibat infeksi covid-19. Adapun yang paling banyak adalah dari kalangan dokter yang mencapai 141 orang, disusul 103 orang perawat, dan 9 dokter gigi.
  • Presiden Joko Widodo optimis bahwa perekonomian Indonesia bakal segera bangkit setelah terdampak krisis gara-gara Covid-19. Kata Pak Jokowi, kalo dibandingin sama negara-negara lain, maka pergerakan ekonomi Indonesia lebih landai, dan karenanya, Indonesia diyakini bisa segera recover dan mampu melakukan pemulihan.
  • Menjelang long weekend, Bupati Lebak, Banten, Iti Octavia Jayabaya memutuskan menutup tempat wisata di daerahnya exactly pas long weekend berlangsung. Adapun tempat wisata yang akan ditutup adalah pantai Sawarna dan kawasan adat masyarakat Baduy.
  • Pengurus Besar Nahdlatul Ulama (PBNU) mencatat bahwa sejauh ini, udah ada lebih dari 100 pondok pesantren di Indonesia yang menjadi klaster Covid-19, dan udah ada 4000 orang santri yang terpapar. Selain itu, sejak Februari lalu tercatat udah ada 112 kyai NU maupun istrinya yang meninggal dunia, meskipun belum tahu apakah semuanya meninggal karena terpapar Covid-19.
  • Satgas Covid-19 mencatat bahwa Aceh merupakan provinsi dengan peningkatan kasus kematian akibat Covid-19 tertinggi dalam sepekan terakhir atau periode 12-18 Oktober lalu. Disebutkan Jubir Satgas Penanganan Covid-19 Wiku Adisasmito, kenaikan jumlah kematian ini mencapai 43,8%.
Meanwhile, globally…
  • Per kemarin, total kasus positif Covid-19 di dunia udah mencapai 42.740.047 kasus dan 1.151.059 kasus meninggal.
  • Negara-negara dengan kasus Covid-19 terbanyak adalah Amerika Serikat (8.578.415 kasus), India (7.864.811 kasus), Brazil (5.380.635 kasus), Russia (1.503.652 kasus), dan Prancis (1.130.081 kasus).
  • Prancis mengalami gelombang kedua virus corona dan memasuki top 5 kasus terbanyak di dunia menyalip Argentina. Saat ini, jumlah kasus positif Covid-19 di Prancis udah mencapai satu juta.
  • Jumat kemarin, Amerika Serikat baru aja melaporkan penambahan kasus harian tertingginya  sejak pandemi Covid-19 dimulai yang mencapai 83.757 kasus. Besoknya, kasus yang terdeteksi berkurang 39 kasus aja, jadi 83.718.
  • Seiring dengan kembali melonjaknya kasus Covid19 di Italia, pemerintah setempat memutuskan untuk kembali memperketat pembatasan aktivitas warganya sebagai upaya mengontrol penyebaran Covid-19. Sehubungan dengan kebijakan ini, seluruh bioskop, teater, tempat olahraga, dan kolam renang harus ditutup sampai waktu yang belum ditentukan.
  • Kemarin, Perdana Menteri Kanada Justin Trudeau mengumumkan bahwa pemerintahannya akan mengalokasikan dana sebesar $214 juta untuk digunakan dalam upaya pengembangan vaksin dalam negeri.
  • Uruguay baru aja mengumumkan bahwa mereka akan menutup perbatasan negaranya menjelang libur musim panas demi menghambat penularan Covid-19. FYI gengs, di Uruguay, musim panas itu emang dimulai pada Bulan Desmber dan berakhir pada Bulan Maret.
  • Sabtu kemarin, Presiden Polandia Andrzej Duda baru aja dinyatakan positif COVID-19 tanpa gejala. Terkait kondisinya ini, Duda kemudian mememinta maaf kepada semua orang yang melakukan kontak dengannya dalam beberapa hari terakhir. Selain itu, Duda juga bilang bahwa kalo kamu merasa memiliki gejala Covid-19, maka percaya deh, kamu harus nge-cancel semua perjanjian meeting kamu.
  • Jumat minggu lalu, WHO memberi peringatan keras pada negara-negara Eropa seiring dengan terjadinya lonjakan tajam kasus Covid-19 di wilayah itu. Jadi dalam 10 hari terakhir, jumlah tambahan kasus di benua biru udah mencapai lebih dari dua kali lipat. Goks.

For when you missed the last US presidential debate…

Yep, Trump vs Biden. Presidential debate. One last time. 
 
Is it?
Yep. Jadi debatnya itu digelar minggu lalu dan merupakan debat pilpres terakhir antara Trump dan Biden sebelum pemilu digelar pada tanggal 3 November mendatang. Thanks to the ‘mute’ button, debat kali ini lebih tertib gengs.
Lol, sounds better already… 
Yep, on that matter, we already have a recap for you tentang lima isu yang dibahas dalam debat tersebut, which were Covid-19, National Security, Health Care, Immigration, Race in America, and others.  
Go on…
On Covid-19.
  • Trump:  Vaksin bakal ada dalam beberapa minggu ke depan. Sekolah harus dibuka kembali, karena menurutnya, resiko guru-guru kena corona rendah.
  • Biden:  Mengingatkan kalau Amerika lagi memasuki ‘dark winter’, di mana diprediksi bahwa bakal ada 200.000+ orang yang mungkin meninggal akibat Covid-19 dalam beberapa bulan ke depan.

On National Security: 

Pada pembahasan tentang keterlibatan Rusia dan Iran dalam pilpres AS.

  • Biden:  Yang bertanggungjawab atas keterlibatan Russia dan Iran dalam pemilu bakal ‘pay the price”, sambil ngode-ngode ke Trump karena nggak mengkonfrontir presiden Vladimir Putin soal dugaan keterlibatan itu.
  • Trump: said: “not fair”.  Selain itu dalam pembahasan soal hubungan baiknya dengan pemimpin Korea Utara Kim Jong-un, Trump menyebut bahwa perlu ugha punya hubungan baik sama negara yang punya nuklir.
On health care:
  • Trump:  Berencana untuk menghentikan program Affordable Care Act (ACA, kayak BPJS versi Amerika) dan bilang bahwa dia tau kok caranya membantu sekitar 20 juta orang Amrik yang akan kehilangan asuransi kesehatan kalo ACA tadi dihentikan programnya.
  • Biden:  Asuransi kesehatan adalah sebuah hak, bukan hanya unuk yang ‘privileged’.  Biden kemudian menjelaskan tentang “Bidencare”, yaitu asuransi kesehatan buat warga yang menggabungkan antara asuransi yang udah ada sekarang dengan opsi publik. Biden emang udah lama berpendapat bahwa negara nggak boleh jadi satu-satunya pihak yang ngurusin urusan health care warganya.

On immigration:

  • Trump:  Petugas imigrasi lagi ‘kerja keras’ untuk menyatukan ratusan anak-anak yang terpisah dari orang tuanya gara-gara kebijakan ‘zero tolerance’ yang diberlakukan di perbatasan.
  • Biden: Yha misahin anak sama orang tuanya aja udah salah dari awal. Selain itu, Biden juga mengakui bahwa di masa kepemimpinannya sama Obama beberapa waktu lalu, dia emang salah karena nggak memastikan reformasi imigrasi terlaksana. Tapi, dia janji hal ini akan menjadi prioritas dia dalam 100 hari pertamanya jadi Presiden (if elected).

On racism in the US:

  • Trump:  Menegaskan kalau dia adalah orang yang paling nggak rasis, dan memamerkan pencapaian di bidang reformasi peradilan pidana.
  • Biden:  Mengakui kalau memang sekarang sedang terjadi rasisme institusional, dan Trump suka menyiram minyak ke api rasisme yang udah ada.

I see, anything else? 

Mereka juga membahas tentang tentang climate change, di mana Biden bilang bahwa kalo kepilih, dia bakal melakukan transisi industri dengan energi bersih, menciptakan jutaan lapangan kerja di industri tersebut, dan bakal memastikan bahwa US mencapai zero emission (WHOAAAA ambi). On that matter, Trump bilang bahwa Biden justru bakal menghancurkan industri minyak dalam negeri.

Who just gave us an update?
Bareskrim (Badan Reserse Kriminal) Polri, on kebakaran gedung Kejaksaan Agung.

 
Oh iya gimana update-nya?
Jadi minggu lalu, Tim Penyidik Gabungan yang terdiri dari Polri, Kejagung, dan ahli udah naikin penyelidikan atas kasus kebakaran gedung Kejagung menjadi penyidikan. Artinya, udah mulai ada update nih gengs, soal kebakaran yang ngerusak hampir seluruh gedung utama Kejagung.
 
Dan penyebabnya adalah…
Puntung rokok kuli bangunan. Iya beneran. Jadi kata Direktur Tindak Pidana Umum Bareskrim, Brigadir Jenderal Ferdy Sambo, asal mula dari kebakaran adalah puntung rokok yang dibuang sama seorang kuli bangunan ke polybag sampah. Nah ternyata, ada beberapa material lain dalam sampah tersebut yang gampang kebakar, kayak thinner dan lem aibon. Jadi dari situlah api kemudian membesar.
Ok terus-terus…
Nah disebutkan juga bahwa untuk mengungkap hal ini, polisi udah meriksa 131 saksi, termasuk petugas kebersihan dan pegawai Kejaksaan Agung sendiri. Selain itu Kejaksaan juga menegaskan bahwa nggak ada unsur kesengajaan dalam insiden ini.
 
Do we have suspects, then?
We do. Polisi juga udah menetapkan delapan orang tersangka dalam insiden ini yang terdiri dari kuli bangunan, mandorm hingga pejabat pembuat komitmen (PPK) di institusi Kejaksaan Agung dan Direktur Utama PT APM. Atas kelalaiannya ini, ereka dijerat pasal 188 jo 55 dan 56 KUHP dengan ancaman pidana penjara selama lima tahun.

Ok, anything else? 
Terkait temuannya ini, Pak Ferdy menegaskan bahwa dalam melakukan penyelidikan tersebut, pihaknya nggak akan terjebak dalam politisasi. Pak Ferdy bilang, tim penyidik gabungan Polri udah bertindak secara profesional dalam proses penyelidikan dan penyidikan, dan nggak ngadi-ngadi. Polisi bahkan sampe melibatkan ahli profesional di bidang kebakaran untuk menyelidiki kasus ini.

What’s just getting more crowded?
Galapagos Island.
Yep guys, karena dari hasil laporan terbaru dari pihak pengelola pulau, Galapagos National Park disebutkan bahwa telah terjadi kenaikan jumlah populasi dari dua jenis hewan yang merupakan penghuni asli dari salah satu pulau paling terpencil di dunia itu, yaitu pinguin galapagos dan burung laut yang nggak bisa terbang aka flightless cormorants. Jadi dalam laporannya yang baru aja dirilis Jumat lalu, disebutkan bahwa populasi penguin galapagos naik dari 1.451 ekor di tahun 2019 jadi 1.940 ekor di tahun 2020. Adapun untuk burung laut yang nggak bisa terbang, jumlahnya naik dari 1.914 jadi 2.220 pada periode waktu yang sama.
Penasaran, kenapa populasi keduanya bisa bertambah? Ada dua alasan. Pertama, karena terjadinya badai La Nina yang membawa lebih banyak makanan ke pulau lewat laut, dan kedua, karena pandemi Covid-19 yang bikin kunjungan turis ke pulau tersebut turun drastis. Dengan berkurangnya kunjungan turis, gangguan atas kegiatan reproduksi hewan-hewan tadi juga ikut berkurang dan hasilnya, more population.
FYI guys, pulau Galapagos ini terletak di wilayah perairan Ekuador, dan luasnya sekitar 1.000 km. Galapagos merupakan rumah bagi berbagai jenis flora maupun fauna yang langka dan cuma ada di pulau tersebut, contohnya penguin Galapagos dan flightless cormorants tadi.
 
Clap, clap…

“Biar jangan kayak UU Melly Goeslaw.”

 
Gitu kata Gubernur Jawa Tengah, Mas Ganjar Pranowo saat ngomentarin soal imbauan dari Pak Jokowi pada para menterinya beberapa waktu lalu. Kata Pak Jokowi waktu itu, urusan vaksin Covid-19 nantinya harus bisa disosialisasikan dan dikomunikasikan dengan baik ke publik, jangan sampe kayak UU Omnibus Law. Hal ini kemudian diamini sama Mas Ganjar, terus diplesetin juga, Omnibus Law jadi Melly Goeslaw.
 
Now you know who has a dryer father’s joke than your dad during dinner…

Angel’s Stories

1. Hello, Catch Me Up! dan semuanya. Biasanya aku sebagai tim pembaca aja but now I want to share a good story because I believe I’m a bad person if I just keep this story for myself. Sekarang aku lagi stay di Korea Selatan as a student, dan beberapa minggu yang lalu adalah perayaan chuseok (thanksgiving) mereka. Aku senang banget karena salah satu teacher Bahasa Korea aku tiba-tiba DM via IG dan ngajak ketemu. Ternyata dia mau kasih hadiah chuseok. Salah satu hadiahnya adalah masker yang dia bikin sendiri dan ada bordirannya yaitu “Stop climate change”. Teacher aku bilang, saat pandemi seperti ini penggunaan masker sekali pakai berdampak banget sama lingkungan, meskipun aku tahu waste management di sini udah bagus banget tapi akan lebih baik untuk menggunakan masker kain. Selain itu dia juga kasih tumbler karena liat aku beli kopi dengan gelas plastik. Aku bersyukur banget ketemu banyak orang-orang baik di sini dan membuat adaptasiku lebih mudah. Anyway, aku juga mau ngajakin dan ngingetin teman-teman untuk bareng-bareng mengurangi penggunaan masker sekali pakai dan semoga selama pandemi ini tidak hanya bumi kita yang semakin ‘sehat’ kitapun selalu sehat jasmani dan rohani.
-KP_춘천-
2. Hii, I just want to share to all the women out there who always hide their feelings cause it feels wrong to show it. Please don’t . Don’t be too hard on yourself. It’s okay to cry, it’s okay to admit that you need help. It’s my own experience, my position as an business owner, firstborn daughter, the so-called family manager (cause I take care of everything). I never let myself to look weak, but it’s drowned me. Till the moment I let my self cried and admitted to my bestfriend that I’m not okay. It’s scary to hell to say it, but turned out it’s all I need, it feels sooo good and calming. Please be kind to yourself 💙.
-B – southJakarta-
3. Hi, there. Long story short, I just broke up with my two-year-on-and-off ex-bf, didn’t get the internship I wanted, and didn’t get the scholarship I applied. I thought this might be the hardest year ever. “Luckily”, my ex-bf said that I’m brighter and happier since we broke up. He also suggested me to try to open up with other friends since I’m perfectly introvert. You know how hard it is to believe in people anymore after being cheated by the stranger you trust the most in this world, right? After all, I took his suggestion and get closer with my friends (even new friends). Each of ’em end up always be there for me whenever I start to get overwhelmed with anything. Wow, I lost one person, but God sends me much more! I’ll leave it here: But perhaps you hate a thing and it is good for you, and perhaps you love a thing and it is bad for you. God knows, while you know not.
-Na-
(We believe that angels, just like superheroes and cats, come in different costumes, but they’re here for the same reasons: to make our days brighter, our smiles wider, and our feelings happier. So during these uncertain times, we’ve decided to replace the love letter with stories about kindness, because now more than ever, our community needs that. Shoot us your kindness stories here (can be something you see or experience firsthand (or no), basically, anything!) and we will feature it here. You can also check our previous angel stories on our angel’s Instagram. Go go go!

Catch Me Up! Recommendations

If you need some IT helps on things like web, apps, English voice over, SEO, digital marketing, AI, and etc etc, go check this service. You’re welcome.