Corona Updates 7 September 2020, Jumlah Perokok Berkurang Industri Tembakau Mengalami Penurunan, Bermain Video Games Bisa Mengasah Skill Bagi Anak

74

And here we go: Your Covid-19 weekly briefing.

Sumber foto: Al Jazeera

Yep, nationally, internationally, we rounded it up just for you. And as always, let’s start…
From home.
  • Per kemarin, total kasus positif Covid-19 di Indonesia adalah 194.109 kasus, 8.025 meninggal, dan 138.575 sembuh.

  • Provinsi dengan kasus terbanyak adalah DKI Jakarta (45.157 kasus), Jawa Timur (35.331 kasus), Jawa Tengah (15.118 kasus), Sulawesi Selatan (12.475 kasus), dan Jawa Barat (12.332 kasus).

  • Jumat lalu, Presiden Jokowi bilang bahwa Insya Allah… Bulan Januari tahun depan kita udah mulai suntik vaksin. Beliau menyebut bahwa saat ini, vaksin lagi jadi rebutan negara-negara, karenanya, beliau udah mengutus Menteri BUMN pak Erick Thohir ke Uni Emirat Arab (UEA) dan China untuk memastikan terkait vaksinnya.

  • Gubernur Jawa Barat, Kang Ridwan Kamil menyebut bahwa sejauh ini, tercatat udah ada 590 ribu pelanggaran disiplin protokol kesehatan dari 27 Kota dan Kabupaten di Jawa Barat. Adapun daerah yang paling tinggi jumlah pelanggarannya adalah Kabupaten Bandung.

  • Di Jakarta Timur, khususnya di Pasar Rebo, pelanggar PSBB bisa memilih dua sanksi, yaitu bayar denda Rp250 ribu, atau nyapu jalanan selama satu jam. Namun karena lama nunggu (secara nyapu jalan durasinya 60 menit), ada beberapa warga yang memilih hukuman jenis ketiga: masuk peti mati. Nah, untuk masuk peti mati ini, durasinya hanya dua menit aja. FYI gengs, kata Kepala Satpol PP Jakarta Timur Budi Novian, hukuman masuk peti mati ini adalah salah satu bentuk sosialisasi dan sanksi sosial.

  • Kementerian Koordinator Bidang Kemaritiman dan Investasi  yang dikepalai oleh Opung Luhut Pandjaitan memberlakukan kerja dari rumah (WFH) selama dua minggu ke depan setelah enam orang karyawannya diketahui positif Covid 19.

  • Seorang pedagang di Pasar Malioboro, Jogja diketahui baru aja meninggal karena Covid-19. Terkait hal ini, pemerintah setempat langsung melakukan tracing terhadap orang-orang yang kontak erat, juga di daerah tempat PKL tersebut berjualan di Malioboro.

  • Di Jawa Tengah, ada 30 orang taruna Akademi Militer (Akmil) yang diketahui positif corona, dan sekarang sedang diisolasi di Rumah Sakit Dokter Soedjono, Magelang.

  • Gubernur Banten Wahidin Halim udah memutuskan untuk memperpanjang lagi PSBB selama dua minggu di Tangerang Raya, yang meliputi kota dan kabupaten Tangerang. FYI, PSBB ini diperpanjang ke-10 kali karena kedua wilayah tadi kembali masuk zona merah.

  • Per Hari Minggu kemarin, Sumatera Barat baru aja memecahkan rekor penambahan kasus terbanyak dalam satu hari, yaitu 237 kasus baru. Jumlah tersebut merupakan kasus positif harian tertinggi di Sumbar, karena sebelumnya, kasus tertingginya adalah 90 kasus.

And, globally….
  • Per kemarin, total kasus positif Covid-19 di dunia udah mencapai 26.918.965 kasus dan 880.294 kasus meninggal.

  • Negara-negara dengan kasus terbanyak adalah Amerika Serikat (6.246.268 kasus), Brazil (4.123.000 kasus), India (4.113.811 kasus), Russia (1.022.228 kasus), dan Peru (683.702 kasus).

  • India baru aja mencatatkan rekor penambahan kasus terbanya dalam sehari, di mana pada Hari Minggu kemarin, jumlah penambahan kasus positif mencapai lebih dari 90.000 kasus.

  • Setelah sempat mengalami kenaikan kasus lagi pada bulan lalu, kini Korea Selatan udah mulai mengalami penurunan jumlah kasus Covid-19, dengan penambahan 168 kasus per minggu kemarin. Angka ini adalah angka terendah sejak 15 Agustus lalu.

  • Salah satu wilayah zona merah di Australia, Victoria baru aja memperpanjang status zona merahnya sejak kemarin untuk selama dua minggu. Keputusan ini diambil setelah angka infection rate Covid-19 di wilayah itu berjalan lambat.

  • Israel baru aja memberlakukan jam malam setelah angka kematian akibat Covid-19 di negaranya menembus angka seribu orang. Jam malam ini berlaku sejak jam 7 malam sampai jam 5 pagi, dan berlaku di 40 kota di Israel yang paling parah kena Covid-19. FYI, kebijakan ini mendapat protes dari banyak pihak di Israel karena diberlakukan hanya dua minggu sebelum Tahun Baru Yahudi.

  • Dalam layanan Hari Minggunya di Basilika St. Petrus, Vatikan, kemarin, Paus Fransiskus menyebut bahwa ada yang lebih parah daripada wabah Covid-19: gosip dan ngomongin orang. Menurutnya, ketika orang lain melakukan kesalahan dan langsung digosipin, hal tersebut akan memecah belah komunitas dan gereja.

  • Maskapai penerbangan asal Abu Dhabi, Etihad baru aja mengumumkan bahwa per bulan September ini, seluruh karyawannya bakal mengalami pemotongan gaji sebesar 10 persen sampe akhir tahun. FYI sampe akhir bulan kemarin, pemotongan yang terjadi adalah sejumlah 25 dan 50 persen, dan kebijakan ini udah berakhir.

  • Otoritas kesehatan China baru aja melaporkan penambahan 10 kasus Covid-19 per Hari Sabtu lalu. Menurut keterangan, semua kasus ini adalah impor, dan udah 21 hari China nggak mengalami penambahan kasus baru yang locally transmitted.

  • Warga di Italia kembali turun ke jalan-jalan di Kota Roma pada weekend lalu untuk memprotes kebijakan wajib pake masker yang diterapkan pemerintahnya. Hal ini seiring dengan keputusan pemerintah yang mau memperpanjang kebijakan wajib pake masker dan berbagai upaya pencegahan lain sampe akhir September ini.

For when people just decided to quit smoking…

Sumber foto: RCTI Plus.com

Bisa jadi guys, karena minggu lalu, diketahui bahwa industri hasil tembakau lagi mengalami kontraksi aka penurunan yang cukup dalam.

 
Gara-gara…
Covid-19 donk. Apaan lagi? wkwkwk
I see. Penurunannya berapa emang?
Well, menurut Sekretaris Menko Bidang Perekonomian Pak Susiwijono, kontraksi minus ini mencapai 10,84 persen kalo dibandingkan sama tahun kemarin. Pak Susiwijono menjelaskan, kondisi ini mulai keliatan pada kuartal dua 2020.

Terus terus…

Sebagai perbandingan, beliau juga menyebutkan bahwa industri lain udah mengalami pemulihan aka rebound seiring dengan naiknya indeks pembelian manufaktur (PMI) menuju ke posisi 50 persen pada pertengahan tahun ini. Tapi ternyata, kalo untuk industri tembako ini kontraksinya masih minus gengs.

I see…
Dijelaskan juga bahwa kontraksi yang cukup dalam di industri hasil tembakau ini juga dialami sama industri lain, kayak transportasi, dan alat angkutan.

Iya, tapi penyebabnya apa sih?
Yha emang terjadi penurunan konsumsi aja gengs, yang juga menyebabkan menurunnya produksi rokok. Diketahui bahwa secara lagi pandemi gini, banyak masyarakat yang mengalihkan pengeluaran mereka untuk kebutuhan pokok.

OK. Anything else?
Nah selain itu, Kementerian Perindustrian juga meramalkan bahwa penerimaan pajak dari hasil tembakau yang ditargetkan sebesar Rp 170 Triliun kayaknya sih nggak tercapai. Hal ini tentunya karena produksi rokoknya tadi juga menurun.


For when you need an excuse to play video games a liiiittle longer…

Sumber foto: Earnest
Yep, kabar gembira buat kamu yang hobi main video games.

Ternyata guys, survei terbaru menunjukkan bahwa main video games bisa meningkatkan kemampuan membaca, kemampuan berkomunikasi, dan kesehatan mental secara keseluruhan.
Jadi tahun lalu, sebuah lembaga penelitian, namanya National Literacy Trust di UK melakukan survei terhadap empat ribuan orang anak berusia 11-16 tahun yang hobi main video games. Dari survei itu kemudian ditemukan bahwa 79,4% anak bilang bahwa mereka jadi sering baca hal-hal terkait gaming at least sekali sebulan. Nah, karena jadi suka baca ini, ditemukan juga bahwa tiga dari lima anak (or about 62.5%) mengakui bahwa mereka jadi suka nulis, at least sekali sebulan. Adapun hal-hal yang ditulis kebanyakan adalah blog dan fan fiction. 
Finally, main video games juga bikin anak jadi lebih terasah skill komunikasinya, karena mereka jadi lebih sering ngobrol sama temen-temennya (masih soal game), dan punya kesehatan mental yang baik karena mereka merasa bahwa video games membantu mereka “kabur” dari stres dan emosi negatif.
 
HMMMMM…

“Warga yang tidak pakai masker hukumannya dimasukkan ke dalam mobil yang ada keranda  mayat. Agar ada efek jera,”

Gitu kata Yudi Santosa, Camat di Parung, Bogor, Jawa Barat yang ngasih hukuman “unik” kepada warganya yang ngelanggar aturan PSBB. Kata Yudi, hukuman berupa dimasukin ke mobil jenazah ini diberlakukan bukan cuma untuk ngasih efek jera, tapi juga biar warga menyadari bahwa gapake masker bisa menyebabkan kematian nggak hanya buat  dirinya tapi juga keluarganya.

 
When it’s literally a near-death experience…

Angel’s Stories

1. So this is my first week I got an actual job setelah enam bulan menjadi pengangguran (fresh graduate). Awalnya nggak pede banget buat memulai percakapan di kantor (I’m an introvert, btw). Until ada co-worker yang basa basi ke aku, and I feel so happy finally someone noticed me. At that time I realized that yang menurut kita hal kecil ternyata mungkin buat orang lain means everything.
Anonymous-
2. Maret lalu aku ngerasa hidupku bakal berubah. At least that’s what I’ve planned. I went to a psychiatrist once and hoping things would get better. Actually things did get better or maybe that’s how I want to see it. I met someone, I got a job, and that’s all in March. Well, sampe sekarang aku masih kerja six days in a week dan selalu WFO. Pandemi gak begitu ngasih dampak ke kerjaanku. Tiap harinya aku harus nempuh waktu 30 menitan untuk ke tempat kerja itu pun bawa motor sendiri. Jujur capek dan stres. Lama-lama aku ngerasa gak nyaman lagi sama kerjaanku. I feel like I need to change the plan but then, “Ah right, it’s pandemic season.” The uncertainty got me crying almost every night. I feel like I’m failing and that thought came again. “God, I want to be dead,” I begged God like asking for mercy. Bahkan tiap bawa motor aku suka kepikiran ditabrak truk gede terus badanku ancur sampe polisi kesulitan identifikasi. But, to die without having a chance to say my last words? What about those people I love? I’m sure they’d be sad. Lupa sama apa yang selalu aku minta tiap capek dan stres, di jalan jadinya aku malah berdo’a biar gak mati tiba-tiba. That’s when I know I never mean it; the thought of wanting to die. So I asked God, “God please I want to live. I want to make them happy,” and that’s how I make it I guess. It’s the thought of people I love that keeps me going until today. Surprisingly. Jadi kalo kamu ngerasain hal yang serupa, sini pegang tangan aku!!! Kalo ngerasa capek & stres, just keep on breathing!!! Keep on breathing until we’re too sleepy to have another suicidal thought. We’re on this together. Promise. 🤙🏼
-Dila-
 
3. Jadi aku lagi jogging pagi-pagi di deket rumah terus pas lewatin daerah yang sepi dan cuma pohon-pohon, aku denger suara anak kucing meong-meong. Setelah aku cari, kucingnya ternyata masih kecil banget dan cuma sendiri, mungkin kucingnya tersesat. Tanpa pikir panjang aku langsung bawa kucing itu ke warung nasi yang ada gak jauh dari situ dan aku beliin ikan goreng. Kucingnya langsung makan lahaaap banget. Pas aku mau bayar, kata mbaknya ga apa-apa digratisin karena dia juga suka kucing. Dia juga bilang biar kucingnya ditinggal di warungnya aja, biar bisa dia rawat. Hati aku langsung hangat banget :” makasih mbak warung yang udah jadi “angels” buat kucing tersesat!
-Cat lover-
(We believe that angels, just like superheroes and cats, come in different costumes, but they’re here for the same reasons: to make our days brighter, our smiles wider, and our feelings happier. So during these uncertain times, we’ve decided to replace the love letter with stories about kindness, because now more than ever, our community needs that. Shoot us your kindness stories here (can be something you see or experience firsthand (or no), basically, anything!) and we will feature it here. Come, share us your versions of angels!)

Catch Me Up! Recommendations

Just… an old, cheerful, evergreen soundtrack to Mondays that you used to know. Enjoy.