Corona Updates 7 September 2020

31

And here we go: Your Covid-19 weekly briefing.

Sumber foto: Al Jazeera

Yep, nationally, internationally, we rounded it up just for you. And as always, let’s start…
From home.
  • Per kemarin, total kasus positif Covid-19 di Indonesia adalah 194.109 kasus, 8.025 meninggal, dan 138.575 sembuh.

  • Provinsi dengan kasus terbanyak adalah DKI Jakarta (45.157 kasus), Jawa Timur (35.331 kasus), Jawa Tengah (15.118 kasus), Sulawesi Selatan (12.475 kasus), dan Jawa Barat (12.332 kasus).

  • Jumat lalu, Presiden Jokowi bilang bahwa Insya Allah… Bulan Januari tahun depan kita udah mulai suntik vaksin. Beliau menyebut bahwa saat ini, vaksin lagi jadi rebutan negara-negara, karenanya, beliau udah mengutus Menteri BUMN pak Erick Thohir ke Uni Emirat Arab (UEA) dan China untuk memastikan terkait vaksinnya.

  • Gubernur Jawa Barat, Kang Ridwan Kamil menyebut bahwa sejauh ini, tercatat udah ada 590 ribu pelanggaran disiplin protokol kesehatan dari 27 Kota dan Kabupaten di Jawa Barat. Adapun daerah yang paling tinggi jumlah pelanggarannya adalah Kabupaten Bandung.

  • Di Jakarta Timur, khususnya di Pasar Rebo, pelanggar PSBB bisa memilih dua sanksi, yaitu bayar denda Rp250 ribu, atau nyapu jalanan selama satu jam. Namun karena lama nunggu (secara nyapu jalan durasinya 60 menit), ada beberapa warga yang memilih hukuman jenis ketiga: masuk peti mati. Nah, untuk masuk peti mati ini, durasinya hanya dua menit aja. FYI gengs, kata Kepala Satpol PP Jakarta Timur Budi Novian, hukuman masuk peti mati ini adalah salah satu bentuk sosialisasi dan sanksi sosial.

  • Kementerian Koordinator Bidang Kemaritiman dan Investasi  yang dikepalai oleh Opung Luhut Pandjaitan memberlakukan kerja dari rumah (WFH) selama dua minggu ke depan setelah enam orang karyawannya diketahui positif Covid 19.

  • Seorang pedagang di Pasar Malioboro, Jogja diketahui baru aja meninggal karena Covid-19. Terkait hal ini, pemerintah setempat langsung melakukan tracing terhadap orang-orang yang kontak erat, juga di daerah tempat PKL tersebut berjualan di Malioboro.

  • Di Jawa Tengah, ada 30 orang taruna Akademi Militer (Akmil) yang diketahui positif corona, dan sekarang sedang diisolasi di Rumah Sakit Dokter Soedjono, Magelang.

  • Gubernur Banten Wahidin Halim udah memutuskan untuk memperpanjang lagi PSBB selama dua minggu di Tangerang Raya, yang meliputi kota dan kabupaten Tangerang. FYI, PSBB ini diperpanjang ke-10 kali karena kedua wilayah tadi kembali masuk zona merah.

  • Per Hari Minggu kemarin, Sumatera Barat baru aja memecahkan rekor penambahan kasus terbanyak dalam satu hari, yaitu 237 kasus baru. Jumlah tersebut merupakan kasus positif harian tertinggi di Sumbar, karena sebelumnya, kasus tertingginya adalah 90 kasus.

And, globally….
  • Per kemarin, total kasus positif Covid-19 di dunia udah mencapai 26.918.965 kasus dan 880.294 kasus meninggal.

  • Negara-negara dengan kasus terbanyak adalah Amerika Serikat (6.246.268 kasus), Brazil (4.123.000 kasus), India (4.113.811 kasus), Russia (1.022.228 kasus), dan Peru (683.702 kasus).

  • India baru aja mencatatkan rekor penambahan kasus terbanya dalam sehari, di mana pada Hari Minggu kemarin, jumlah penambahan kasus positif mencapai lebih dari 90.000 kasus.

  • Setelah sempat mengalami kenaikan kasus lagi pada bulan lalu, kini Korea Selatan udah mulai mengalami penurunan jumlah kasus Covid-19, dengan penambahan 168 kasus per minggu kemarin. Angka ini adalah angka terendah sejak 15 Agustus lalu.

  • Salah satu wilayah zona merah di Australia, Victoria baru aja memperpanjang status zona merahnya sejak kemarin untuk selama dua minggu. Keputusan ini diambil setelah angka infection rate Covid-19 di wilayah itu berjalan lambat.

  • Israel baru aja memberlakukan jam malam setelah angka kematian akibat Covid-19 di negaranya menembus angka seribu orang. Jam malam ini berlaku sejak jam 7 malam sampai jam 5 pagi, dan berlaku di 40 kota di Israel yang paling parah kena Covid-19. FYI, kebijakan ini mendapat protes dari banyak pihak di Israel karena diberlakukan hanya dua minggu sebelum Tahun Baru Yahudi.

  • Dalam layanan Hari Minggunya di Basilika St. Petrus, Vatikan, kemarin, Paus Fransiskus menyebut bahwa ada yang lebih parah daripada wabah Covid-19: gosip dan ngomongin orang. Menurutnya, ketika orang lain melakukan kesalahan dan langsung digosipin, hal tersebut akan memecah belah komunitas dan gereja.

  • Maskapai penerbangan asal Abu Dhabi, Etihad baru aja mengumumkan bahwa per bulan September ini, seluruh karyawannya bakal mengalami pemotongan gaji sebesar 10 persen sampe akhir tahun. FYI sampe akhir bulan kemarin, pemotongan yang terjadi adalah sejumlah 25 dan 50 persen, dan kebijakan ini udah berakhir.

  • Otoritas kesehatan China baru aja melaporkan penambahan 10 kasus Covid-19 per Hari Sabtu lalu. Menurut keterangan, semua kasus ini adalah impor, dan udah 21 hari China nggak mengalami penambahan kasus baru yang locally transmitted.

  • Warga di Italia kembali turun ke jalan-jalan di Kota Roma pada weekend lalu untuk memprotes kebijakan wajib pake masker yang diterapkan pemerintahnya. Hal ini seiring dengan keputusan pemerintah yang mau memperpanjang kebijakan wajib pake masker dan berbagai upaya pencegahan lain sampe akhir September ini.