Update Coronavirus, Sidang Umum PBB, Adopsi Hewan, Rome Care, John Kerry

112

It’s Monday, but nothing like ever before.

Hi… good morning. It’s Monday again… meaning, for us, we are entering the third week of #dirumahaja. We used to hate Monday; its early morning meeting, its busier-than-usual traffic, its hectic schedule, its overwhelming intensity, but today, we can’t believe we’re gonna say it: we actually miss them. We miss being with you, dear readers, during your train ride, during breakfast at your office’s pantry, or during that awkward time when you are waiting for the meeting to start and you have no one to talk with. Today, as you read this email, think of one thing that you are grateful for. As for us, it’s Monday.

Thank God it’s Monday.


What happened during the weekend (and beyond)?

Gambar: kompas.com

More, and more updates on coronavirus, of course.
Every day when we wake up in the morning, we kinda hope that this whole thing was just a dream. Obviously, it isn’t. So we realized that this sudden change in our life has affected us so much, mentally and physically. It is challenging enough to stay focused during your Zoom meeting, to force yourself to be productive (remember, you don’t always have to. As Demi Lovato said, give your heart a break), or to simply accept the fact that you’re not going anywhere today. So, you know what shouldn’t add up to those challenges? Taking your daily dose of news. Here’s your roundup. All here.  

First stop, domestically.

  • Dalam update terakhir, diketahui bahwa terjadi penambahan 130 kasus positif corona di Indonesia. Jadi sekarang, totalnya udah ada 1.285 kasus positif, 102 pasien meninggal, dan 59 pasien yang sembuh.
  • Terjadi juga penambahan provinsi yang terinfeksi corona, yakni Sulawesi Barat yang kemarin melaporkan kasus corona pertamanya. Dengan catatan ini, maka 30 dari 34 provinsi yang ada di Indonesia udah terpapar corona. Ada pun empat provinsi yang belum melaporkan penemuan kasus coronanya yaitu Gorontalo, Babel, Bengkulu, dan NTT.
  • Dari 30 provinsi yang udah terpapar tadi, DKI Jakarta adalah yang paling tinggi kasusnya dengan 675 kasus, kedua adalah Jawa Barat dengan total 149 kasus, dan ketiga adalah Banten dengan 106 kasus.
  • Kemarin, Menkopolhukam Prof. Mahfud MD bilang bahwa pemerintah bakal segera mengeluarkan aturan tentang karantina kewilayahan aka lockdown untuk membatasi perpindahan dan kerumunan orang. Prof. Mahfud bilang, penerbitan aturan ini bakal berupa Peraturan Pemerintah (PP) dan akan ada kaitannya dengan beberapa menteri kayak Menteri Perdagangan dan Menteri Perhubungan.
  • Kebijakan karantina ini bakal dikecualikan buat jalur lalu lintas mobil dan motor yang bawa bahan pokok. Selain itu, tempat-tempat kayak warung, supermarket, dan toko-toko barang pokok juga nggak akan ditutup dan masih bisa dikunjungi dengan pengawasan yang ketat dari pemerintah.
  • Jadi, Jakarta bakal lockdown ga nih? Bentar yha, mau dibahas dulu di meeting hari ini di kantornya Menteri Koordinator Maritim dan Investasi Opung Luhut Binsar Pandjaitan. Jadi rencananya, hari ini
    pemerintah bakal membahas opsi karantina wilayah secara penuh menyusul semakin tingginya jumlah warga yang terinfeksi virus corona. Menurut pihak Kementerian Perhubungan, udah banyak kepala daerah yang minta maupun ngasih rekomendasi, makanya opsi lockdown ini bakal dibahas.
  • Maskapai AirAsia Indonesia bakal menghentikan dulu seluruh penerbangannya mulai 1 April mendatang. Dalam keterangannya, AirAsia Indonesia menyebutkan bahwa seluruh penerbangan rute domestik akan dihentikan sementara sampe 21 April, sedangkan rute internasional akan dihentikan hingga 17 Mei 2020.

Now let’s look at the world…

  • Good news from Europe, especially the Netherland, Spain, and Germany. Perkembangan terkini menunjukkan bahwa meskipun angka positif corona di Belanda udah mencapai 10 ribu kasus, namun angka penyebaran virus menurun secara signifikan. Di Belanda, penularan terjadi dari satu orang ke satu orang lainnya. Hal ini WOW banget karena di negara lain, satu orang bisa menularkan ke lima atau lebih orang lain. Penyebabnya apa? Yak, ga jauh-jauh dari physical distancing dan larangan untuk kumpul-kumpul yang emang kedua perintah ini diturutin banget sama publik Belanda.
  • Di Spanyol, angka penambahan kasus corona juga berkurang gengs. Sebelumnya, penambahan kasus baru di Spanyol mencapai 8,8% setiap harinya. Namun kemarin, penambahan ini berada di angka 6%. Selain itu, angka pasien yang sembuh juga meningkat sampai 20% dari hari sebelumnya.
  • Di Jerman, angka positif coronanya tercatat udah mencapai 43,646 kasus, tapi angka kematiannya cuma 0,4% atau 262 kematian. Penyebabnya, karena pemerintah di Jerman agresif banget dalam melakukan screeening dan tes terhadap warganya walaupun mereka keliatan sehat-sehat aja. Dengan begini, warga yang terinfeksi corona bisa cepet ketauan dan ditangani sejak awal. Hal ini beda banget dengan kebanyakan negara yang emang kapasitasnya cuma terbatas buat pasien yang udah menunjukkan gejala corona atau yang udah sakit banget.
  • Masih good news, kali ini dari Kanada, di mana istri Perdana Menteri Justin Trudeau, Sophie Trudeau, udah dinyatakan sembuh dari corona setelah menjalani perawatan selama dua minggu.
  • China juga punya good news nih, di mana pada 8 April mendatang, kebijakan lockdown yang berlaku di Provinsi Hubei, yang merupakan tempat virus ini bermula, akan berakhir. Penerbangan domestik dan layanan kereta juga akan kembali beroperasi di provinsi tersebut. FYI, kemarin China melaporkan hanya 45 kasus corona baru, dan 44 di antaranya berasal dari pengunjung luar negeri.
  • Meanwhile, Jumat lalu, Perdana Menteri Inggris Boris Johnson positif kena virus corona. Meski begitu, Boris bilang bahwa dia bakal terus memimpin Inggris dalam menangani virus ini.
  • Angka kasus positif corona di Amerika Serikat meningkat sampai mencapai total 121,289 kasus, dengan total 2,046 pasien meninggal. 

We’ll keep you updated.


Who’s saying, “Can I have your attention please…”?

Gambar: United Nations Peacekeeping

Indonesia.
Yep, di tengah-tengah mewabahnya virus corona yang terjadi hampir di seluruh dunia, Indonesia dan beberapa negara lainnya pada Jumat lalu merancang resolusi sidang umum PBB terkait respons terhadap penyebaran virus corona.

I am gonna need some background.
You got it. Jadi draft ini isinya adalah menyerukan solidaritas global dalam upaya menanggulangi penyebaran virus corona. Menurut wakil Indonesia untuk PBB, Dian Triansyah Djani, sekarang udah saatnya negara-negara di dunia bergandengan tangan dalam menghadapi pandemik ini, karena nggak ada satu negara pun yang imun atas virus corona.

OK. Go on…
Nah, masih kata Dian, resolusi yang di-draft bareng sama Ghana, Liechtenstein, Norwegia, Singapura, dan Swiss itu udah mendapat dukungan dari 150 negara anggota PBB.

Jadi tujuannya resolusi ini apa?
Yha tujuannya adalah untuk menekankan pentingnya kerjasama internasional dalam menanggulangi virus corona ini. Kerjasamanya bisa dilakukan melalui pertukaran informasi, ilmu pengetahuan, best practices, hingga menjalankan pedoman WHO.

I see. Anything else I need to know?
Yep, draft ini adalah upaya koordinasi multilateral kedua yang dilakukan negara-negara dalam upaya mereka menghadapi corona. Ada pun koordinasi yang pertama udah dilakukan dalam rapat conference call para pemimpin negara-negara G20 yang baru aja dilaksanakan Kamis pekan lalu. Dalam meeting tersebut, negara-negara anggota G20 berkomitmen untuk menyalurkan dana sebesar US$5 triliun untuk mengantisipasi efek ekonomi yang muncul akibat virus corona.


For when you are quarantined alone at home and need some company…

Gambar: unsplash

Consider adopting pets.
Yep, jadi setelah pemerintah di Kota New York meminta warganya untuk nggak ke luar rumah kecuali untuk kebutuhan yang penting, warga kan langsung tuh, nyetok barang-barang kayak toilet paper, bahan makanan, daaaan…. banyak yang langsung mengadopsi hewan peliharaan.

Hah buat apa?
Ya buat nemenin pas lagi #dirumahaja donk. Jadi ga lama setelah anjuran ini beredar, shelter-shelter hewan di New York langsung dibanjiri aplikasi permintaan untuk mengadopsi kucing maupun anjing sebanyak 10 kali lipat dari biasanya.

Whoaaa that’s a lot. 
Yep. Nggak cuma di New York, kenaikan permintaan adopsi hewan peliharaan juga terjadi di Los Angeles. Selain di Amerika Serikat, fenomena ini juga terjadi di Inggris yang juga mengalami lonjakan permintaan adopsi untuk kucing dan anjing.

Tapi kenapa kok jadi banyak yang pengen ngadopsi hewan peliharaan?
Menurut para pengurus shelter, kebanyakan orang yang mengajukan permintaan adopsi ini bilang bahwa mereka bakal spend a lot of time di rumah, jadi mereka bakal punya banyak waktu untuk mulai punya hewan peliharaan. Selain itu, udah bukan rahasia lagi bahwa memelihara hewan peliharaan bisa bikin pemiliknya lebih bahagia dan less stressed.

So, good news at last. 
Yep, walaupun para shelter ini juga khawatir bahwa seiring dengan makin banyaknya warga Amerika yang kehilangan pekerjaan sebagai efek corona, maka kemungkinan orang-orang yang “balikin” hewan peliharaannya ke shelter juga bakal makin banyak. Hal ini mungkin aja terjadi karena banyak warga yang kehilangan sumber pendapatan buat ngurusin hewan peliharaannya.


If you’re a football fan and have been missing watching its players in action…

Gambar: CNN

Galau no more.
Karena tim sepak bola yang may (or may not) be tim favoritmu, yaitu AS Roma, pada Sabtu lalu baru aja back in action. Bukan back in action di lapangan hijau of course, tapi di act of kindness. 

Jadi secara negaranya lagi berjuang menghadapi virus corona, AS Roma yang bermarkas di Kota Roma, Italia, mengirimkan paket “emergency care” buat para pendukungnya yang paling berisiko kena virus corona. Jadi paket yang dinamakan “Roma Care” ini dikirimkan oleh AS Roma buat pemegang tiket musimannya yang berusia 75 tahun ke atas. Isi dari Roma Care ini di antaranya adalah pasta, biskuit, bir, masker, sarung tangan, hingga hand sanitizer. Adapun buat pemegang seasonal tickets paling tua, yaitu Eliseo Lorenzetti yang berusia 97 tahun, beliau dapet hadiah tambahan di dalam paketnya, yaitu Jersey AS Roma yang ditandatangani sama striker andalan AS Roma, Eden Dzeko.

:’) :’) :’)


“Breaking news: Congressman Massie has tested positive for being an *sshole. He must be quarantined to prevent the spread of his massive stupidity.”

Duh, ada-ada aja deh. Jadi kata-kata di atas adalah isi twit-nya mantan Menlu AS era Obama, John Kerry, yang ditujukan buat seorang anggota DPR di Amerika Serikat, namanya Thomas Massie. Penasaran apa yang bikin Kerry ngetwit begitu? Jadi Jumat lalu, parlemen AS akhirnya udah setuju untuk menyalurkan dana stimulus sebesar US$3 triliun untuk membantu menanggulangi efek ekonomi corona di negaranya. Nah, semua partai udah setuju nih, eh taunya Massie, yang merupakan anggota kongres dari Kentucky menginterupsi dan bilang bahwa untuk persetujuan terkait dana ini, harus dilakukan voting yang dihadiri semua anggota kongres, meaning para anggota yang udah pada di dapil disuruh balik ke DC untuk ikutan voting ini (atau at least direkam dari rumah masing-masing). Of course hal ini ditolak oleh kongres, namun usul Massie ini hampir aja bikin persetujuan dana stimulus ini tertunda.

Raise your hands if you can be more sarcastic than John Kerry. We wait.


Angel’s Stories 

1. Udah agak lama sih ceritanya. Gue pulang kantor pake Gojek, saat itu lagi berhenti di lampu merah. Gak lama, ada anak kucing mau “nyebrang” jalan raya. Ngerti kan anak kucing yang masih ringkih banget, jalan aja masih susah kayaknya. Terus ada mas-mas yang lagi naik motor di depan gue, turun dari motornya tanpa matiin mesin motornya, ngambil si anak kucing dan naruh si anak kucing ke atas trotoar. Setelah mas-masnya balik lagi ke motor, dia masih ngeliatin terus anak kucing itu as if memastikan kalau si anak kucing gak jatuh lagi ke jalan raya, bahkan sampe detik-detik lampu hijau masih diliatin… Takut si anak kucing bakal kelindes kalo di jalan raya. Gue yang ngeliat dari belakang langsung terenyuh, gak bisa gak nge-share cerita ini. Buat mas-mas baik hati itu, gue doain semoga selamat selalu di jalan 🙂
– Anonymous –

2. Halo CMU! team, mau share dikit. Ini cerita lama sebenernya. Jadi waktu itu malem-malem mau pulang abis beli makan sama temen. Udah setengah jalan, dia ngajak puter balik mau ke minimarket. Kirain mau beli ciki-ciki atau perlengkapan mandi, eh dia beli roti sama air mineral botol. Heran dong, ngapain beli gituan kan udah beli makan. Keluar minimarket, belanjaan dia ternyata dikasih ke ibu-ibu tua yang duduk di depan minta uang. Ga ngomong apa2, langsung action :’)
– Anonymous –

3. Kejadiannya udah agak lama sih, tapi sampe sekarang masih berbekas 🙂 Jadi… pernah liat ibu-ibu kayanya udah beberapa kali gitu, jadi dia jongkok gitu di trotoar Jalan MT Haryono kan, aku pikir ibu itu kenapa gitu… Taunya dia lagi ngasih makan kucing kucing di situ. Duuuhhh hangatnya sampe merasuk ke hati :)))
– Anonymous, lokasi di Jl. MT Haryono, Jakarta –

(We believe that angels, just like superheroes and cats, come in different costumes, but they’re here for the same reasons: to make our days brighter, our smiles wider, and our feelings happier. So during these uncertain times, we’ve decided to replace the love letter with stories about kindness, because now more than ever, our community needs that. Shoot us your kindness stories here (can be something you see or experience first hand (or no), basically, anything!) and we will feature it here. Come, share us your versions of angels!)


Catch Me Up! Recommendations

If you love travel, music, and want to heal the world, this rendition of a pop classic will pull at your heartstrings.