DKI Jakarta Menjadi Provinsi Paling Tinggi Kasus Corona

94

It’s Monday, but nothing like ever before.

Hi… good morning. It’s Monday again… meaning, for us, we are entering the third week of #dirumahaja. We used to hate Monday; its early morning meeting, its busier-than-usual traffic, its hectic schedule, its overwhelming intensity, but today, we can’t believe we’re gonna say it: we actually miss them. We miss being with you, dear readers, during your train ride, during breakfast at your office’s pantry, or during that awkward time when you are waiting for the meeting to start and you have no one to talk with. Today, as you read this email, think of one thing that you are grateful for. As for us, it’s Monday.

Thank God it’s Monday.


What happened during the weekend (and beyond)?

Gambar: kompas.com

More, and more updates on coronavirus, of course.
Every day when we wake up in the morning, we kinda hope that this whole thing was just a dream. Obviously, it isn’t. So we realized that this sudden change in our life has affected us so much, mentally and physically. It is challenging enough to stay focused during your Zoom meeting, to force yourself to be productive (remember, you don’t always have to. As Demi Lovato said, give your heart a break), or to simply accept the fact that you’re not going anywhere today. So, you know what shouldn’t add up to those challenges? Taking your daily dose of news. Here’s your roundup. All here.  

First stop, domestically.

  • Dalam update terakhir, diketahui bahwa terjadi penambahan 130 kasus positif corona di Indonesia. Jadi sekarang, totalnya udah ada 1.285 kasus positif, 102 pasien meninggal, dan 59 pasien yang sembuh.
  • Terjadi juga penambahan provinsi yang terinfeksi corona, yakni Sulawesi Barat yang kemarin melaporkan kasus corona pertamanya. Dengan catatan ini, maka 30 dari 34 provinsi yang ada di Indonesia udah terpapar corona. Ada pun empat provinsi yang belum melaporkan penemuan kasus coronanya yaitu Gorontalo, Babel, Bengkulu, dan NTT.
  • Dari 30 provinsi yang udah terpapar tadi, DKI Jakarta adalah yang paling tinggi kasusnya dengan 675 kasus, kedua adalah Jawa Barat dengan total 149 kasus, dan ketiga adalah Banten dengan 106 kasus.
  • Kemarin, Menkopolhukam Prof. Mahfud MD bilang bahwa pemerintah bakal segera mengeluarkan aturan tentang karantina kewilayahan aka lockdown untuk membatasi perpindahan dan kerumunan orang. Prof. Mahfud bilang, penerbitan aturan ini bakal berupa Peraturan Pemerintah (PP) dan akan ada kaitannya dengan beberapa menteri kayak Menteri Perdagangan dan Menteri Perhubungan.
  • Kebijakan karantina ini bakal dikecualikan buat jalur lalu lintas mobil dan motor yang bawa bahan pokok. Selain itu, tempat-tempat kayak warung, supermarket, dan toko-toko barang pokok juga nggak akan ditutup dan masih bisa dikunjungi dengan pengawasan yang ketat dari pemerintah.
  • Jadi, Jakarta bakal lockdown ga nih? Bentar yha, mau dibahas dulu di meeting hari ini di kantornya Menteri Koordinator Maritim dan Investasi Opung Luhut Binsar Pandjaitan. Jadi rencananya, hari ini
    pemerintah bakal membahas opsi karantina wilayah secara penuh menyusul semakin tingginya jumlah warga yang terinfeksi virus corona. Menurut pihak Kementerian Perhubungan, udah banyak kepala daerah yang minta maupun ngasih rekomendasi, makanya opsi lockdown ini bakal dibahas.
  • Maskapai AirAsia Indonesia bakal menghentikan dulu seluruh penerbangannya mulai 1 April mendatang. Dalam keterangannya, AirAsia Indonesia menyebutkan bahwa seluruh penerbangan rute domestik akan dihentikan sementara sampe 21 April, sedangkan rute internasional akan dihentikan hingga 17 Mei 2020.

Now let’s look at the world…

  • Good news from Europe, especially the Netherland, Spain, and Germany. Perkembangan terkini menunjukkan bahwa meskipun angka positif corona di Belanda udah mencapai 10 ribu kasus, namun angka penyebaran virus menurun secara signifikan. Di Belanda, penularan terjadi dari satu orang ke satu orang lainnya. Hal ini WOW banget karena di negara lain, satu orang bisa menularkan ke lima atau lebih orang lain. Penyebabnya apa? Yak, ga jauh-jauh dari physical distancing dan larangan untuk kumpul-kumpul yang emang kedua perintah ini diturutin banget sama publik Belanda.
  • Di Spanyol, angka penambahan kasus corona juga berkurang gengs. Sebelumnya, penambahan kasus baru di Spanyol mencapai 8,8% setiap harinya. Namun kemarin, penambahan ini berada di angka 6%. Selain itu, angka pasien yang sembuh juga meningkat sampai 20% dari hari sebelumnya.
  • Di Jerman, angka positif coronanya tercatat udah mencapai 43,646 kasus, tapi angka kematiannya cuma 0,4% atau 262 kematian. Penyebabnya, karena pemerintah di Jerman agresif banget dalam melakukan screeening dan tes terhadap warganya walaupun mereka keliatan sehat-sehat aja. Dengan begini, warga yang terinfeksi corona bisa cepet ketauan dan ditangani sejak awal. Hal ini beda banget dengan kebanyakan negara yang emang kapasitasnya cuma terbatas buat pasien yang udah menunjukkan gejala corona atau yang udah sakit banget.
  • Masih good news, kali ini dari Kanada, di mana istri Perdana Menteri Justin Trudeau, Sophie Trudeau, udah dinyatakan sembuh dari corona setelah menjalani perawatan selama dua minggu.
  • China juga punya good news nih, di mana pada 8 April mendatang, kebijakan lockdown yang berlaku di Provinsi Hubei, yang merupakan tempat virus ini bermula, akan berakhir. Penerbangan domestik dan layanan kereta juga akan kembali beroperasi di provinsi tersebut. FYI, kemarin China melaporkan hanya 45 kasus corona baru, dan 44 di antaranya berasal dari pengunjung luar negeri.
  • Meanwhile, Jumat lalu, Perdana Menteri Inggris Boris Johnson positif kena virus corona. Meski begitu, Boris bilang bahwa dia bakal terus memimpin Inggris dalam menangani virus ini.
  • Angka kasus positif corona di Amerika Serikat meningkat sampai mencapai total 121,289 kasus, dengan total 2,046 pasien meninggal. 

We’ll keep you updated.