Gunung Merapi Erupsi, Tinggi Kolom Abu Mencapai 6.000 meter

111

For when Indonesia’s most active volcano erupts and spews ash…

Gambar: CNN Indonesia

Jadi kemarin, Gunung Merapi yang terletak di perbatasan antara DI Yogyakarta dan Jawa Tengah itu kembali mengalami erupsi aka meletus.

Hah whennn?
Kemarin, tepatnya jam setengah enam pagi. Tercatat bahwa letusan ini berdurasi 450 detik.

Whoaa terus-terus?
Jadi erupsi ini menyemburkan kolom abu setinggi 6.000 meter dari puncak, dan guguran abunya mengarah ke hulu Kali Gendol dengan jarak maksimal 2 kilometer. Akibat dari letusan ini, terjadi hujan abu di beberapa kota di Jawa Tengah kayak di Boyolali, Klaten, sampe Solo dan sekitarnya.

Go on…
Karena hujan abu ini, Bandara Internasional Adi Soemarmo kemudian ditutup karena landasan pacunya banyak dihujani abu vulkanik yang bisa membahayakan pesawat. Meski begitu, later that day, bandara kembali beroperasi normal, tapi yha at least selama penerbangan dihentikan, ada 13 penerbangan yang dibatalkan.

How’s the situation now?
Well, meski banyak warga yang terdampak abu vulkanik, namun kebanyakan dari masyarakat yang tinggal di sekitar Gunung Merapi masih beraktivitas seperti biasa. Anak-anak teteup sekolah, orang tua teteup bekerja, and FYI, saat ini status Gunung Merapi emang masih berada di level 2 (Waspada) yang telah ditetapkan sejak 21 Mei 2018.