And We’ll Never Be Royals…

3619

Good morning! It’s Wednesday and if you can’t get enough royal story other than Meghan and Harry for your week…

Sumber Gambar: Kompas

Hah apaan tuh?

Iya gengs, jadi baru-baru ini, masyarakat di Purworejo, Jawa Tengah, dihebohkan dengan kemunculan sebuah kerajaan baru. Nama kerajaannya ya tadi, Keraton Agung Sejagad yang ada di Desa Pogung Juru Tengah, Bayan, Purworejo, Jawa Tengah.

OK OK I know. Tell me more.

Jadi gengs, kata pemimpinnya, Keraton Agung Sejagat ini merupakan kerajaan atau kekaisaran dunia yang muncul karena telah berakhirnya perjanjian 500 tahun yang lalu, terhitung sejak hilangnya Kemaharajaan Nusantara, yaitu imperium Majapahit pada 1518 sampai  dengan 2018. Karena udah berakhir perjajian tadi maka muncullah keraton baru ini.

Perjanjian 500 tahun apa sih?

Kata mereka sih, perjanjian 500 tahun tersebut dilakukan oleh orang namanya  Dyah Ranawijaya sebagai penguasa imperium Majapahit dengan Portugis sebagai wakil orang barat atau bekas koloni Kekaisaran Romawi di Malaka pada tahun 1518. Dengan berakhirnya perjanjian tersebut, maka berakhir pula dominasi kekuasaan barat mengontrol dunia yang didominasi Amerika Serikat setelah Perang Dunia II. Oleh karena itu, kekuasaan tertinggi atas dunia harus dikembalikan pada pemiliknya, yakni Keraton Agung Sejagat yang ada di Purworejo.

Dude, I am not… ok pemimpinnya siapa?

Nah, raja dari Keraton Agung Sejagat adalah Totok Santosa Hadiningrat alias Sinuhun. Sedangkan ratunya adalah istrinya sendiri, Dyah Gitarja alias Kanjeng Ratu. Oh iya lanjut ni gengs. Jadi menurut Sinuhun ini,  mereka berhak mengubah sistem politik global.

Terus mereka punya pengikut?

Punya. Si Sinuhun ini mengklaim bahwa jumlah pengikutnya berjumlah 450 orang.

I want to know what the Central Java government says about these…

Jadi Gubernur Jawa Tengah Ganjar Pranowo minta dinas terkait termasuk Pemerintah Kabupaten Purworejo untuk menjalin komunikasi dengan pimpinan keraton tersebut.Selain itu, dia juga mengimbau Pemkab Purworejo untuk segera melakukan pendekatan ke pihak keraton agar tidak menimbulkan polemik di tengah masyarakat.

Terus polisi ada komentar ga?

Ada. Terkait kemunculannya, Direktorat Reserse Kriminal Umum (Ditreskrimum) Polda Jawa Tengah uda  mengamankan sang raja dan permaisurinya kemarin. Kata polisi, mereka mau nanya-nanya karena keduanya diduga telah berita bohong dan melakukan penipuan.
Here’s to start you Wednesday so randomly…

What’s making the Philippines in high alert?

Sumber gambar: kumparan

Letusan gunung Taal.

Jadi pada awal minggu lalu, gunung Taal yang terletak di Luzon, Filipina meletus. Hal ini menyebabkan pemerintah setempat harus mengungsikan belasan ribu warganya yang tinggal di sekitar gunung.

Gunung Taal? Kayak pernah denger…

You may, karena gunung ini termasuk ke salah satu tempat wisata yang cantik banget dan terletak ga jauh dari ibu kota Filipina, Manila. Gunung Taal juga disebut sebagai gunung berapi terkecil di dunia, dan dikelilingi oleh danau yang pemandangannya nggak kalah indah. Yhaa kalo di Indonesia katanya sih kayak Danau Toba.

I see.Tell me more about the eruption.

You got it. Jadi emang dalam setahun terakhir ini uda keliatan tanda-tanda bahwa Gunung Taal ini bakal erupsi. Nah, Hari Minggu lalu, Gunung Taal yang cuma berjarak 60 kilometer dari Kota Manila itu menumpahkan abu volkanik yang ketinggiannya mencapai 1 kilometer. Akibat letusan ini, penerbangan dari dan ke Bandara Internasional Ninoy Aquino di Manila sempet ditunda.

Terus, Manila-nya kena nggak?

Kena. Ibu kota Filipina ini sejak Gunung Taal meletus uda mulai diselimuti abu pekat hingga melumpuhkan berbagai aktivitas warganya. Akibat letusan ini, berbagai aktivitas masyarakat kayak sekolah, bisnis, dan pemerintahan dihentikan. Para ahli juga ngingetin bahwa aktivitas Gunung Taal ini meningkat terus dengan sangat cepat, dan berpotensi memunculkan tsunami.

Ouch. Should I be worried?

Nggak sih, kata Badan Nasional Penanggulangan Bencana (BNPB), Indonesia nggak akan terdampak dengan abu vulkanis maupun erupsi dari Gunung Taal. Hal ini karena abu vulkaniknya bergerak menjauhi Indonesia.

“So disappointed that #MarkZuckerberg values profit more than truthfulness that I’ve decided to delete my @Facebook account. I know this is a big “Who Cares?” for the world at large, but I’ll sleep better at night. #PatriotismOverProfits”

Kata Mark Hamill aka pemeran Luke Skywalker di Twitter. Hamill kecewa sama keputusan CEO facebook Mark Zuckerberg karena masih mempertahankan iklan politik di Facebook. Sebagai informasi gengs, iklan politik di Facebook lagi jadi sorotan karena sekarang lagi mendekati pemilu 2020 di Amerika dan banyak warga AS yang mengecam Facebook karena masih banyak iklan politik yang bermuatan propaganda dan kebohongan.

Kalo kita sih sleep better banget kalo chat kita udah dibales gebetan wqwqwq