Sampah Plastik Peninggalan Abad Pertama

23

What lasts longer than your relationship?Plastics.

Jujur sedih banget sih. Nggak di mana-mana kita selalu berhadapan sama yang namanya plastik ygy. Dari di darat, sampai di laut, pasti ketemu sampah plastik. Terus nggak di masa sekarang, sampai (amit-amit) di masa depan, most likely kita juga bakal berhadapan sama ini plastik, guys. Tapi pernah nggak kamu kebayang ketemu sampah plastik nih, tapi di endapan tanah yang udah tersimpan dari jaman abad pertama atau kedua Masehi?
 
Yep, baru aja ditemukan sampah plastik yang nyangkut di barang peninggalan dari abad pertama masehi, guys. Hal ini yang diungkap oleh para peneliti dari University of York di Inggris, lewat jurnal mereka yang terbit Jumat kemarin. Dalam penelitiannya, endapan tanah ini pertama kali digali tahun 1980an lalu. Endapan ini kemudian diobservasi, dan hasilnya adalah para peneliti menemukan ada 16 jenis sampah plastik berbeda yang ada di endapan tanah itu. Ukurannya kecil banget pula, sampai mikro gitu. Seukuran biji wijen lah kalau mau dibandingin.
 
Hal ini ofc concerning banget dong, terutama dari bidang lingkungan atau kesehatan. Tapi lebih dari itu, penemuan mikroplastik di benda bersejarah itu jadi mendorong adanya sejumlah perubahan dalam bidang arkeologi, guys. Secara, namanya benda bersejarah udah terkontaminasi, hal ini membahayakan nilai ilmiah dari peninggalan itu sendiri kan. That being said, harus dicari tahu lebih lanjut tuh sejauh mana kontaminasi plastik ini membahayakan peninggalan tersebut, dan apa dampaknya buat peninggalan ini. FYI, temuan ini juga mengungkap bahwa sampah plastik ini berada dalam lingkungan tergenang air anaerobik selama lebih dari 1000 tahun, guys.