Rakernas 2024 Kementerian Kesehatan

8

When you care so much about your health…

Let’s hear Pak Jokowi’s thoughts about that.
Yep, karena sejak kemarin Rabu sampe hari Kamis ini, Kementerian Kesehatan lagi ngadain Rapat Kerja Kesehatan Nasional aka Rakerkesnas 2024 yang berlangsung di International Convention Exhibition BSD, Tangerang Selatan, Banten. Rakerkesnas kali ini mengambil tema, Transformasi Kesehatan: Melesat Menuju Indonesia Emas. Acara ini dihadiri langsung sama Pak Presiden Jokowi, Menteri Kesehatan Budi Gunadi Sadikin, dan Sekretaris Kabinet Pramono Anung.
 
Tell me everything.
You got it. Jadi dalam rangka memaparkan hasil capaian kinerja Kementerian Kesehatan sepanjang tahun 2023 sekaligus merumuskan langkah-langkah strategis buat mencapai target kinerja Kemenkes pada tahun 2024, so dibuatlah acara Rakerkesnas 2024 ini, guys. Nah dalam acara ini, Presiden Jokowi yang kemarin hadir langsung secara resmi udah membuka kegiatan Rakerkesnas sekaligus juga ngasih beberapa sambutan.
 
Pakde ngomong apa aja nih?
Ofc banyak dong. First of all, karena tema Rakerkesnas tahun ini nge-mention soal Indonesia Emas, Presiden Jokowi juga membahas soal potensi Indonesia jadi negara maju setelah negara kita mendapatkan bonus demografi. Yep, kata Pak Jokowi, 68 persen penduduk kita tuh bakal ada di usia produktif pada sekitar tahun 2030-an. So, buat mastiin bonus demografi ini beneran bisa bawa Indonesia jadi negara maju, butuh banget peran penting sektor kesehatan yang disebut fundamental banget buat ngewujudin rancangan Indonesia Emas.
 
Tapi masyarakat kita harus sehat dulu dong.
Yha memang. Makanya di sambutannya kemarin, Presiden Jokowi juga nyebut stunting alias kondisi kurangnya asupan nutrisi pada masa pertumbuhan anak masih jadi PR besar buat Indonesia. Di situ, Presiden Jokowi juga menyebut bahwa dalam sepuluh tahun terakhir, angka stunting di Indonesia udah turun nih dari 37,6 persen jadi 21,5 persen pada akhir tahun 2023 kemarin. Meskipun udah turun hampir separuh, tapi Presiden Jokowi pengennya tahun ini angka stunting kita bisa terus turun sampai 14 persen ajah.
 
Wih flexing pencapaian tuh.
Wkwkwk, oke gas! Nah selain membahas soal stunting sebagai PR besar Indonesia, Presiden Jokowi juga bilang kalo salah satu problem terbesar kesehatan Indonesia saat ini adalah masih kurangnya jumlah dokter dan dokter spesialis. kata Presiden Jokowi, rasio dokter di Indonesia tuh masih 0,47 dan berada di-rangking 147 dunia. So kata Presiden Jokowi, “Ini yang akan kita kejar. Oleh sebab itu, perlu yang namanya rencana pembangunan jangka panjang, rencana pembangunan jangka menengah di bidang kesehatan.”
 
Dengan bikin 300 fakultas Kedokteran bukan, Pak?
Well, itu sih janjinya Pak Prabowo sebagai presiden, ygy. Kalo kemarin sih Presiden Jokowi nggak ada tuh ngomong gitu. Yang ada, Presiden Jokowi ada kasih notes soal tingginya animo masyarakat Indonesia buat berobat ke luar negeri. Kata Presiden Jokowi, secara hitungan ekonomi tuh Indonesia udah kehilangan Rp180 triliun setiap tahunnya gara-gara banyak masyarakatnya yang berobat ke luar negeri.
 
Ya gimana ya… 
Nah itu dia, Presiden Jokowi sebenarnya juga udah punya data kalo faskes di Indonesia emang masih agak kureng kualitasnya, di mana hal ini bisa dilihat dari 90 persen kesediaan bahan baku obat serta 52 persen alat kesehatan di Indonesia yang masih impor. In his words, Presiden Jokowi bilang gini, “Enggak apa-apa alat yang saya sampaikan tadi mungkin belum, tapi urusan misalnya hal yang kecil-kecil, jarum, ranjang di rumah sakit, alat infus, selang ya jangan, harus kita berani memproduksi sendiri.”
 
Pak Menkes diem-diem aja nih?
Ofc nggak dong. Jadi di sela-sela kegiatan Rakerkesnas kemarin, Pak BGS sapaan akrab Pak Menkes sempet ngasih keterangan pers nih yang bilang kalo pihaknya juga nge-highlight soal masalah kesehatan mental di Indonesia. Kata Pak Menkes, skrining kejiwaan di Indonesia tuh jumlahnya masih kureng banget. Makanya, Pak BGS punya impian agar semua puskesmas di Indonesia bisa ngelakuin skrining kejiwaan. Soalnya kata Pak Menkes, kesehatan mental harus jadi prioritas utama selain penyakit menular dan tidak menular.
 
Terus doi ada bilang apa lagi?
Selain nge-mention soal pentingnya kesehatan mental, kemarin Pak BGS juga ngomongin soal topik Indonesia Emas tadi, guys. Dalam statement-nya, Pak Menkes sempet menyebut bahwa rata-rata pendapatan masyarakat Indonesia harus bertambah biar Indonesia bisa beneran jadi negara maju, gitu. Nggak tanggung-tanggung, Pak BGS bilang kalo pendapatan per kapita masyarakat Indonesia yha perlu sampe Rp15 juta/ bulan, guys.
 
Berapa kali UMR Jogja tuh:( Anything else?
Well, Rakerkesnas yang tiap tahun diadain ini emang merupakan forum strategis seluruh badan dan instansi kesehatan di Indonesia. Hal ini karena emang acaranya dihadiri oleh seluruh dinas kesehatan dan Bappeda provinsi/kabupaten/kota, RSUD, nakes, Unit Pelayanan Kesehatan Kemenkes, perwakilan kementerian, sampe para mitra pembangunan kesehatan di Indonesia.
 
Jadi yang mau punya pacar dokter, swiping di BSD aja, kita?