Olahraga Menurunkan Sinyal Stress

11

When you’ve been feeling depressed lately…Seriously, exercise!

Yep, calling out to all remaja jompo yang super mager dan sering ngerasa dikit-dikit stres atau bahkan sampe depresi. Well, kalo kamu ngerasain kedua hal ini, salah satu solusi yang bisa kamu ambil adalah dengan berolahraga. Soalnya penelitian yang baru aja dirilis oleh Journal of American College of Cardiology pada Senin kemarin bilang kalo selain bisa menyehatkan buat tubuh, olahraga ternyata juga bisa berdampak ke penurunan sinyal stres di otak sekaligus menurunkan risiko penyakit kardiovaskular alias sakit jantung, guysYesss, penelitian ini udah mensurvei lebih dari 50 ribu orang dewasa berumur 60 tahun. Di situ mereka ngelacak segala aktivitas fisik dan kondisi tubuh tiap orang soal penyakit jantung dan depresi. Hasilnya didapati bahwa lebih banyak berolahraga tuh berdampak ke penurunan sinyal stres di otak manusia. Terus, penelitian ini juga bilang bahwa setelah berolahraga lebih dari 30 menit, risiko tubuh terkena penyakit jantung juga ikut menurun.
 
Well, olahraga yang dimaksud di sini tuh juga bebas aja. Nggak spesifik harus jogging, berenang, or apa pun itu. Yang penting ada aktivitas fisik yang rutin at least 30 menit sehari biar kesehatan jantung dan mental kamu tetep terjaga.
 
But still, kalo kamu merasa depressed-nya udah ga bisa terbendung nih, tetep seek for help from the professionals, ya guys!