Hari Ini Putusan Sengketa Hasil Pilpres 2024, Menteri Luar Negeri China Datang ke Indonesia, Nilai Tukar Dolar AS Naik, Judi Online di Indonesia

14

Good morning

It’s the new week again! Hope your weekend was fun and relaxing, so today doesn’t feel too dull. Know what else won’t make your Monday dull? Putusan MK. Today. Scroll down…

Ladies and gentlemen, today is The Day….

Untuk Putusan Sengketa Hasil Pilpres 2024.
Buckle up, guys. Karena hari ini, tepatnya jam 9 WIB nanti, Mahkamah Konstitusi bakal membacakan hasil putusannya terkait Sengketa Hasil Pilpres 2024. Yep, so today is the D-day, everybody. Scroll down to catch up!
 
Tell. Me. Everything.
Sure. Dari sekian banyak sengketa Hasil Pilpres 2024 yang digugat oleh kubu Anies-Muhaimin dan Ganjar-Mahfud, hari ini, Ketua MK Suhartoyo bakal membacakan putusannya, guys. Iya, dengan keputusan ini, maka legit nggaknya penetapan Prabowo Subianto dan Gibran Rakabuming Raka sebagai capres dan cawapres terpilih juga bakal ditentukan hari ini. Makanya semua orang menunggu, termasuk para penggugat aka pemohon itu sendiri, yakni Pak Anies, Cak Imin, Mas Ganjar, dan Prof Mahfud.
 
Gimana sikon mereka?
Ya nunggu. Pak Anies sih kemaren bilangnya doi yakin Hakim MK bakal bikin putusan yang berani. Yep, dalam keterangannya Sabtu lalu, Pak Anies menyebut MK bakal bisa kasih putusan yang berani, berdasarkan hati nurani, dan untuk menyelamatkan praktik konstitusi dan demokrasi di Indonesia. Lebih jauh, Pak Anies juga bilang putusan ini bakal kasih dampak yang besar bagi kehidupan bernegara Indonesia.
 
Terus, kalau Ganjar-Mahfud gimana?
Ya sama. Timnya Ganjar-Mahfud juga berharap MK bakal kasih keputusan yang merefleksikan kemajuan MK dalam beberapa bulan terakhir. Yep, you heard it right. Ada kemajuan di MK kalau  menurut TPN Ganjar-Mahfud, guys. Wakil Deputi Hukum mereka, Firman Jaya Daeli, menyebutkan bahwa sepanjang sidang gugatan, majelis hakim tuh turut mempertanyakan aspek-aspek kualitatif dalam perkara ini, Kayak, dari rangkaian awal Pilpres semua dibahas, so it’s a good thing. Karenanya, Pak Firman berharap semoga putusan ini jangan sampai jadi antiklimaks dan antitesis buat kemajuan yang udah dicapai MK tadi.
 
Terus kan ada amicus curiae-nya Bu Mega tuh kan?
Nah iya, guys. Nggak cuma Bu Mega bahkan, tapi sejumlah guru besar, mahasiswa, sampai tokoh masyarakat kayak Habib Rizieq dan Din Syamsuddin juga turut mengajukan diri jadi ‘Sahabat pengadilan‘ untuk perkara ini. Sahabat pengadilan ini jelas bukan intervensi, guys. Secara hakim MK juga punya independensi dan kemandirian yang terjamin dan dilindungi kan. Pak Firman sendiri ngeliatnya rame-rame amicus curiae ini ya, “Merefleksikan dan menunjukkan tingginya, dalamnya, dan luasnya perhatian, kepedulian, dan tanggung jawab masyarakat dan bangsa Indonesia untuk menegakkan dan mengukuhkan konstitusi, demokrasi, dan kedaulatan rakyat,” gitu.
 
Okay.. So how is MK doing now?
Well, sampai berita ini ditulis, Mahkamah Konstitusi masih terus melakukan berbagai persiapan ya, guys. Termasuk, mengundang kedua kubu pemohon, KPU, Bawaslu, sampai pihak terkait. Adapun disampaikan oleh Jubir MK, Fajar Laksono, putusan buat kedua permohonan ini bakalan digabung di satu ruang yang sama, satu majelis yang sama, tapi tetap dipisah per permohonan. Mulainya jam sembilan ntar deh tu.
 
Wowww so excited. Anything interesting so far?
Ada dong. Yang menarik adalah, menjelang putusan MK yang bertempat di Gedung Mahkamah Konstitusi di Jakarta, Polda Metro Jaya mengimbau warga buat mengaktifkan sistem keamanan lingkungan aka siskamling. Secara, dengan putusan MK ini, ketertiban dan keamanan masyarakat kan berptensi keganggu ya. Makanya, buat menghindari hal-hal yang nggak diinginkan, Direktur Pembinaan Masyarakat Polda Metro Jaya, Kombes Badya Wijaya bilang mending diakifkan lagi itu siskamling.
 
SISKAMLING BANGET NIH???
Yoi, soalnya hal ini penting menurut Kombes Badya, guys. Buat bikin situasi tetap kondusif, aman dan sejuk di tengah panasnya situasi pembacaan putusan MK. Selain itu, Siskamling ini juga diliat bisa ngurangin kasus-kasus curanmor atau kasus lainnya yang bisa ganggu ketertiban masyarakat. Pokoknya gitu lah intinya, biar lingkungan sekitar tetap terus diijaga ketertiban dan keamanannya pokoknya.
 
Is that it?
Ya nggak cuma itu. Masih dari keterangan Kombes Badya, pihak Polda Metro Jaya juga mengimbau supaya warga supaya lebih bijak dalam menanggapi berita di media sosial. Jangan sampe kemakan hoaxguysIn that sense, kamu harus pinter pinter nih menentukan mana berita yang bener, mana hoax. Biar kita sebagai masyarakat juga nggak terpecah belah kan. Dan masyarakat juga nggak ribut gaduh.
 
Noted. Anything else?
Well, balik lagi ke persiapan pembacaan putusan MK hari ini, kamu bisa nebak nggak permohonan Anies-Muhaimin dan Ganjar-Mahfud bakal diterima atau ditolak? Well, kalau menurut Pak Anies sih ya, permohonan ini tuh kayak pertandingan bola gitu, gengs. Ada kemungkinan pulang dengan menang, ada juga kemungkinan pulang dengan kalah. Jadi ya ditunggu aja kata Pak Anies.
 
Let’s see…

Now, over to Istana Merdeka…

Where China’s Foreign Minister, Wang Yi, just met Pak Jokowi.
Yep, setelah awal April ini Menteri Pertahanan, Prabowo Subianto ada mengunjungi China dan bertemu sama Presiden China, Xi Jinping, minggu lalu giliran Menteri Luar Negeri China, Wang Yi yang dateng ke Indonesia dan ketemu sama Presiden Joko Widodo, guys. Dari pertemuan ini, ada banyak banget topik yang dibahas mulai pembangunan transportasi di IKN, proyek kereta cepat Jakarta-Surabaya, sampe kondisi global di Timur Tengah.
 
Mesra ya kita sama China…
Ya gituuu. Secara emang hubungan diplomatik antara Indonesia dan China beberapa tahun ini tuh lagi intens banget yee kan. FYI aja nih, China udah jadi mitra dagang terbesar Indonesia dengan volume perdagangan sampe lebih dari USD127 miliar. Terus sepanjang 2023 kemarin, China juga udah jadi investor asing terbesar di negara kita dengan arus investasi lebih dari USD7,4 miliar. So, nggak berlebihan kalo kedua negara ini emang lagi punya hubungan yang mesra gitu.
 
Nice
Nah terkait kunjungan ini, disampaikan langsung sama Juru Bicara Kementerian Luar Negeri China, Lin Jian pada Selasa kemarin, diketahui bahwa kunjungan Menteri Wang Yi ke Indonesia tuh secara garis besar adalah buat memperkuat kerja sama antara kedua negara. Hal ini juga di-confirm langsung sama Menteri Luar Negeri Indonesia, Retno Marsudi yang Kamis kemarin bilang kalo pertemuan antara Presiden Jokowi dan Menteri Wang Yi ini yha bahas soal peningkatan kerja sama ekonomi yang bisa saling menguntungkan gitu.
 
Ok go on…
Nah di dalam pertemuan Presiden Jokowi sama Menteri Wang Yi kemarin, ada beberapa topik nih yang jadi poin bahasan mereka berdua. First, adalah soal Presiden Jokowi yang berharap agar China dapat ikut mendukung pembangunan infrastruktur transportasi di IKN sekaligus ngelanjutin proyek kereta cepat Jakarta-Surabaya. Yep kamu nggak salah baca, guys. Setelah kerja sama Indonesia China soal proyek pembangunan kereta cepat Jakarta-Bandung kemarin selesai, Presiden Jokowi menyampaikan harapannya supaya ada transfer teknologi dari China buat infrastruktur transportasi di IKN dan percepatan studi kelayakan trayek kereta cepat sampe Surabaya, Jawa Timur.
 
Gileeee Jakarta-Surabaya banget?
Yep, kedengeran menjanjikan banget nggak sih? Hal ini juga lanjut segera di-follup sama Menko Bidang Kemaritiman dan Investasi, Luhut Binsar Pandjaitan yang Jumat kemarin sama-sama hadir di Pertemuan ke-4 High Level Dialogue and Cooperation Mechanism RI-RRT di Labuan Bajo, NTT bareng sama Menlu China, Wang Yi. Di kesempatan itu, Opung Luhut meminta China buat serius membantu Indonesia buat ngerjain kereta cepat Jakarta-Surabaya. In his words, Opung said: “Saya harap Pemerintah Tiongkok, China Development Bank, dan China Railway terus memberikan atensi prioritas dan dukungan finansial, serta pengalihan teknologi pengoperasian kereta cepat Jakarta Bandung, dan pembentukan joint task-force untuk kereta cepat Jakarta-Surabaya.”
 
Terus bahas apa lagi?
Ya banyak. Dalam pertemuan itu juga, Presiden Jokowi dan Menteri Wang Yi membahas soal isu ketahanan pangan serta pembukaan akses pasar produk Indonesia ke China. Lebih jauh, Presiden Jokowi juga terus berharap perdagangan bilateral kedua negara bisa lanjut terus dan volumenya yang terus meningkat.
 
Ada pembahasan soal yang lagi panas ga?
Timur Tengah you mean? Ada donk, secara saat ini, tengah terjadi genosida di Gaza dan suasana yang memanas antara Iran dan Isral. Nah merespon hal ini, Presiden Jokowi pas bertemu Menteri Wang Yi ada bilang kalo Indonesia dan China berada di posisi yang sama dan nggak pengen ada peningkatan eskalasi di Timur Tengah. Hal ini disampaikan langsung sama Bu Retno dengan bilang, “Di dalam komunikasi tersebut Indonesia menekankan tiga hal. Yang pertama pentingnya menahan diri. Yang kedua, pentingnya terjadi deeskalasi. Dan yang ketiga, meminta negara-negara untuk menggunakan pengaruhnya untuk menghindari terjadinya eskalasi.”
 
Got it. Now, wrap it up please.
Selain ketemu sama Presiden Jokowi, Bu Retno, dan Opung Luhut, pada trip-nya ke Indonesia kali ini Menteri Wang Yi juga sempet ketemu sama Menteri Pertahanan, Prabowo Subianto. Overall, Pak Wang yi menyebut bahwa pertemuannya daging banget, karena membahas berbagai kerja sama bilateral di berbagai bidang kayak pertahanan, ekonomi, sampe sosial dan budaya. Menteri Wang Yi pun menyampaikan rasa terimakasihnya atas kunjungan Pak Prabowo ke China awal April kemarin.

What’s rising but not your paycheck?

USD.
Yep. Nilai tukar Dollar Amerika Serikat terhadap Rupiah sekarang lagi tinggi-tingginya nih, guys. Per kemarin, 1 USD masih dihargai senilai Rp16.218. Hal ini ofc bikin trigger semua orang dong. Kayak, apa yang bakal terjadi nih kalau dolar semakin tinggi kayak gini. Apakah kita bakal wisata masa lalu kayak jaman Orde Ba…. *Sebagian teks hilang.
 
Hold on. I need some background. 
Well, yang harus kamu tahu adalah, for some reasons, nilai rupiahnya Indonesia terhadap dollar Amerika Serikat tuh sekarang lagi lemah banget, guys. Dari yang biasanya kita tahu 1 USD tuh sekitaran Rp14 ribu, sekarang, 1 USD tuh meningkat jadi Rp16 ribu.
 
Why??
Well, kalau menurut Direktur Laba Forexindo Berjangka sih, Ibrahim Assuaibi, hal ini dinilai cukup wajar. Adapun pelemahan Rupiah ini disebut Pak Ibrahim berkaitan erat sama berbagai peristiwa yang sekarang kejadian. Kayak inflasi di AS, situasi di Ukraina-Rusia, sampai perkembangan di Timur Tengah. That being said, masyarakat tuh banyak yang beralih ke dolar, invest pake dolar, dan meninggalkan mata uangnya. Termasuk Rupiah.
 
Terus terus?
Masih dari keterangan Pak Ibrahim, di case-nya Rupiah, sekarang tuh kan lagi libur Lebaran ya. Cuti panjang. Jadi pasar juga seolah mati kan. In that sense, nggak ada perlawanan nih dari rupiah kita. Dollar pun jadi semakin kuat deh. Makanya nilai tukarnya pun jadi lebih tinggi.
 
Terus gimana dong tuh?
Ya kemungkinan terbesarnya, kita bakal inflasi. Iya, menanggapi kondisi semakin tingginya dolar AS bagi Rupiah, Menteri Keuangan Sri Mulyani Indrawati sih bilangnya ada plus minusnya. Minusnya, Bu Ani bilang sektor impor kita bakal kena nih, di mana end up bikin ekonomi jadi inflasi. Tapi, on the other side, sektor ekspor kita diuntungkan dari kejadian ini. Karena penerimaan juga jadi lebih tinggi.
 
Okay….
Tapi ya tetep. Fenomena kenaikan harga dollar ini harus terus diantisipasi, guys. Dalam keterangannya kemaren, Bu Ani bilang pemerintah bakal tetap menjaga stabilitas ekonomi baik dari sisi mikro ataupun makro. Terus dari sisi moneter dan fiskal juga bakal terus diperhatikan. Nggak sampe di situ, Bu Ani bilang pihaknya juga terus koordinasi sama Bank Indonesia buat beradaptasi sama tekanan yang ada. In her words, Bu Ani bilang, ”Di tengah kondisi suku bunga dan inflasi global yang tinggi seperti saat ini, saya yakin ekonomi Indonesia akan tetap terjaga sesuai target, didukung oleh sisi ekspor yang kuat dan neraca perdagangan yang surplus.”
 
I see….
Now; let’s take a look atBUMN. Merespons menguatnya dollar AS, Menteri BUMN Erick Thohir bilang BUMN kudu ambil langkah nih, especially buat perusahaan yang tergantung sama bahan baku dari luar negeri dan punya utang luar negeri kayak Pertamina, PLN, BUMN Farmasi, MIND ID, dll. Mas Erick memberi arahan supaya BUMN-BUMN ini memborong dolar AS dalam jumlah besar dalam waktu singkat.
Doi juga ngeliatnya better langsung beli aja itu dollar dengan tepat guna dan sesuai prioritas, guys. Biar semua kebutuhan juga tetap terpenuhi.
 
Gpp tu?
Ya well, kalau menurut Menko Perekonomian Airlangga Hartarto, nggak bijak kalau di masa-masa sekarang justru borong dolar AS. Secara, kita tuh kudu meredam kebutuhan terhadap dolar. Terus Mas ET mengklarifikasi statement-nya tadi: “Oh iya emang nggak ngeborong kok” gitu. In that sense, Mas ET  juga meminta BUMN untuk melakukan kajian sensitivitas terhadap pembayaran pokok dan atau bunga utang dalam dolar yang akan jatuh tempo dalam waktu dekat. Beliau juga mengklarifikasi bahwa yang dimaksud adalah lebih ke mengoptimalkan pembelian dolar AS secara tepat dan bijak.
 
Got it. Anything else?
Intinya gitu sih, guys. Dolar AS sekarang lagi gila-gilanya. So, what we can do adalah tahan dulu buat impor di masa sekarang. Apalagi impor-impor konsumtif yang nggak mendesak. Karena kalau kita terus-terusan impor nih, ya balik lagi kata Bu Ani tadi, potensi inflasi bakal terbuka lebar, dan semakin lebar.

Who’s singing: Judol is my best friend…?Millions of Indonesians

Yep, mengsedih emang kalo denger soal update kasus judi online alias judol di Indonesia tuh. Banyak yang terlilit utang judol sampe melakukan berbagai tindakan kriminal kayak mencuri, menipu, hingga membunuh.
 
Emang bahaya banget ancaman judol tuh, guys, mending kamu gausah coba-coba deh. Jangan kayak sekitar 2,7 juta penduduk Indonesia yang terjerat judol. Hal ini disampaikan oleh Menteri Komunikasi dan Informatika, Budi Arie Setiadi minggu lalu. Pak Budi bilang, ada sekitar 2,7 juta warga Indonesia yang terjerat judol, dan mayoritasnya berusia 17 sampe 20 tahun. Muda banget kan?? Yep, di usia yang harusnya mereka menempuh pendidikan tingkat atas dan masuk kuliah, eh jutaan dari anak muda  justru sekarang ini tengah terjerat judol yang perputaran uangnya mencapai Rp327 triliun pada 2023 kemarin.
 
Makanya, pihak pemerintah lewat Pak Budi terus tegas sama judol dengan berupaya semaksimal mungkin memblokir konten dan situs yang berkaitan dengan judol. Kata Pak Budi sih, pihaknya udah memblokir sekitar 1,6 juta konten judol, guys. Pak Budi dan pemerintah juga beranggapan kalo pihak-pihak yang terjerat sama judol ini tuh ya korban dari bandar judol yang perlu banget diselamatkan. Apalagi sepanjang 2024 ini udah ada empat korban bunuh diri yang dilaporkan gara-gara aktivitas judol. So, pemerintah sekarang pun tengah on progres bikin Satuan Tugas aka Satgas pemberantasan judol gitu.

“Semakin banyak calon semakin baik,”
 
Gitu guys kata Mantan Gubernur Sumatera Utara, Edy Rahmayadi yang baru aja menyatakan kesiapannya untuk maju lagi dalam Pemilihan Gubernur Sumut 2024 mendatang. Bang Edy bilang, doi siap maju lagi dan beliau sih oke-oke aja tuh kalau calon pesaingnya makin banyak. Hal ini karena menurut Bang Edy, keputusannya ada di tangan rakyat, jadi yaaa siapa aja boleh maju.
 
The same principle goes to the list of your potential lovers…

Announcement

Thanks to Nanamin, someone, and Andi for buying us coffee today 🙂
 
Mau ikutan nraktir tim Catch Me Up! kopi? Here, here…just click here Dengan mendukung, kamu nggak cuma beliin kopi yang menemani kami nulis, namun kamu juga udah men-support kami untuk terus berkarya dan membuat konten-konten berkualitas yang imparsial dan bebas dari kepentingan. Thank you so much!

Catch Me Up! recommendations
If you’ve been having a bad lower back pain, try these.