Erupsi Gunung Ruang di Sulawesi Utara

15

Now here’s a full update on…

Erupsi Gunung Ruang di Sulawesi Utara.
We got a sad news from Gunung Ruang di Sulawesi Utara yang dari Senin sampe Selasa kemarin mengalami erupsi. Yep, gunung aktif yang ada di Kabupaten Sitaro, Sulut ini dilaporkan pertama kali erupsi pada hari Senin malam dengan kembali disusul pada Selasa dini hari. Akibat erupsi ini, ratusan kepala keluarga yang tinggal di sekitar Gunung Ruang dievakuasi ke tempat yang lebih aman.
 
Tell me everything.
Sure. Jadi udah dari hari H Lebaran kemarin tuh Gunung Ruang ini mencatatkan beberapa gempa vulkanik, guys. Hal ini di-confirm langsung sama Pusat Vulkanologi dan Mitigasi Bencana Geologi aka PVMBG yang mencatat jumlah gempa vulkanik di sekitar Gunung Ruang dari tanggal 10-16 April kemarin tuh cenderung meningkat gitu. Mulai dari ada empat kali gempa vulkanik di tanggal 10 April sampe jumlahnya meningkat drastis jadi 691 kali gempa vulkanik pada hari Selasa kemarin.
 
Terus terus.
Ofc gempa vulkanik yang terjadi ratusan kali di sekitar Gunung Ruang ini berkaitan sama aktivitas magma di gunung tersebut. Secara Gunung Ruang ini juga masuk dalam gunung berapi aktif gitu. Dan bener aja, Gunung Ruang akhirnya erupsi eksplosif pada pukul 21.45 WITA dengan estimasi tinggi kolom erupsi sampe dua ribu meter dari puncak gunung tersebut.
 
Geez, tinggi bener.
Yes. Terus guys, erupsi ini nggak cuma terjadi sekali doang. Kepala Badan Geologi, Muhammad Wafid menyebut bahwa erupsi eksplosif Gunung Ruang kembali terjadi pada Rabu dini hari kemarin pukul 01.08 WITA dengan kolom erupsi setinggi 2.500 meter dan disertai suara gemuruh plus dentuman gitu, guys. Erupsi ini terus terjadi lagi pukul 05.05 WITA dengan kolom erupsi mencapai 1.800 meter.
 
Berarti levelnya juga udah dinaikin yah?
Yep bener banget. Kata Kepala Pusat Data, Informasi dan Komunikasi Kebencanaan BNPB, Abdul Muhari tuh level Gunung Api Ruang udah dinaikin dari Level II Waspada jadi Level III Siaga dari hari Senin pukul empat sore waktu setempat. It means, kenaikan level ini tuh terjadi sebelum adanya erupsi pertama Gunung Raung, guys. Di kesempatan itu, Pak Abdul juga bilang kalo Desa Pumpete dan Desa Patologi yang ada di Pulau Ruang ikut kena dampak dari erupsi ini.
 
So, any victims from this eruption?
Well, so far sih Kepala PVMBG Badan Geologi, Hendra Gunawan pada Selasa kemarin ada bilang kalo nggak ada korban jiwa dalam erupsi Gunung Ruang ini. Kata Pak Hendra, sekarang ini Pulau Ruang udah dikosongkan dan penduduk udah seluruhnya dievakuasi. Total ada 272 kepala keluarga atau 838 warga yang udah dievakuasi ke tempat yang lebih aman.
 
Pada dievakuasi ke mana tuh?
Lokasinya ofc ada di beberapa tempat di luar Pulau Ruang. Soalnya emang Pak Wafid sendiri bilang kalo masyarakat buat sementara waktu ini dilarang mendekati Gunung Ruang dengan radius empat kilometer dari pusat kawat aktif. So, masyarakat di sana pada dievakuasi pake dua unit kapal ferry KMP Lokong Banua dan KMP Lohoraung plus ditambah beberapa perahu penyeberangan milik warga.
 
Got it. Anything else I should know?
FYI, Gunung Ruang di Sulawesi Utara udah lama banget nggak erupsi, guys. Gunung ini terakhir erupsi ada tahun 2002, which means gunungnya udah tertidur selama 22 tahun! Nah karena masih aktifnya status erupsi Gunung Ruang, pemerintah daerah setempat lewat Bupati Sitaro udah netapin Status Tanggap Darurat selama 14 hari mulai dari 16-29 April mendatang.