Dubai Updates Pasca Banjir Besar

12

Now, your 360º updates on the flooding in Dubai, United Arab Emirates…

Now, here’s what you need to know.
Yep, kamu pasti ngikutin kan, bahwa sejak seminggu yang lalu tuh Uni Emirat Arab aka UEA lagi di chaotic banget di mana Dubai yang jadi kota metropolitan terbesar di negara itu mengalami banjir besar setelah diguyur hujan dengan volume tinggi. Bayangin aja, pas itu Dubai mencatat curah hujan terbesar dalam 75 tahun terakhir. Yah meskipun sekarang ini banjir udah berangsur surut, tapi ofc kejadian banjir di Dubai kemarin bikin orang-orang kembali sadar soal dampak mengerikan cuaca ekstrem akibat adanya climate crisis.
 
Oiya, gimana update Dubai sekarang?
Nah as we all know UEA yang jadi salah satu wilayah terkering di dunia pada pekan kemarin tuh mengalami cuaca ekstrem berupa hujan lebat yang berdampak banjir di berbagai tempat. Landasan pacu di Dubai International Airport juga sampe full sama air dan jadi macem mirip danau gitu, guys. Cuma ya sekarang karena banjirnya udah pada surut makanya beberapa maskapai macem Emirates dan Flydubai juga udah balik normal sejak Sabtu kemarin.
 
Padahal di bandara sempet chaotic banget lho.
Bukan lagi. Yha bayangin aja, Dubai International Airport yang jadi bandara tersibuk nomor dua di dunia terpaksa buat sementara waktu nge-cancel flights mereka gara-gara banjir di landasan pacu bandara pada Selasa kemarin. Pesawat-pesawat yang mau landing di sana pun juga pada dialihkan gitu ke beberapa bandara lain. Sejak Selasa sampe Kamis kemarin, ada sekitar 400 penerbangan yang terpaksa dibatalin dengan penundaan penerbangan dengan jumlah yang lebih banyak lagi.
 
But, now it’s back to normal, rite?
Alhamdulilah begitu. Sebenernya dari Kamis kemarin tuh Dubai International Airport udah mulai membuka kembali jalur landasannya. Cuma ya gitu, semuanya serba step by step dengan memprioritaskan penerbangan-penerbangan yang sebelumnya terdampak sama banjir. Baru deh pada Sabtu kemarin, segala jadwal penerbangan di sana bisa kembali normal lagi, guys.
 
Ok go on.
Nah cuaca ektrem yang terjadi di Dubai pekan lalu nggak cuma bikin banjir di Dubai International Airport aja. Beberapa kawasan bisnis, terowongan, dan jalan raya Sheikh Zayed Road 12 juga ikut kerendem banjir ini, guys. Di situ ada banyak supercar sampe mobil-mobil mewah yang ikut kerendem banjir di jalanan Dubai. Pas itu, kebanyakan dari kendaraan mogok karena melintas di genangan air dan terpaksa ditinggal sama pemiliknya gitu aja buat sementara waktu.
 
Kok bisa sampe separah itu sih?
Well, kamu perlu tau nih kalo hujan lebat sampe bikin banjir gini tuh jarang banget terjadi di UEA. Cuma badai ekstrem yang terjadi di UEA pekan kemarin kayak anomali gitu, guys. Bayangin aja, curah hujan hampir sebesar 100 mm tiba-tiba turun dalam kurun waktu 12 jam aja. Padahal curah hujan sebesar ini tuh udah setara sama curah hujan di Dubai sepanjang tahun ini. Beberapa ilmuwan menilai, hujan ekstrem yang terjadi di Dubai ini ada sangkut pautnya sama climate crisis gitu.
 
Tell me more about the climate crisis.
You got it. Jadi setelah rame-rame soal cuaca ekstrem dan banjir yang terjadi di Dubai pekan lalu, para peneliti lingkungan di PBB belum lama ini bilang kalo pemanasan global yang sekarang ini terus terjadi bisa berdampak ke intensitas dan lebih seringnya hujan ekstrem yang terjadi di wilayah Timur Tengah termasuk UEA. Apalagi kalo pemanasan global ini dibiarin, yha nggak menutup kemungkinan kalo dalam beberapa dekade ke depan, kejadian cuaca ekstrem kayak gini bakal lebih sering terjadi, guys.
 
Geez…
Temuan ini lanjut di-confirm juga sama CEO Greenmetrics AI bernama Tiago Marquez yang menyebut bahwa climate change yang bikin curah hujan di UEA kemarin tiba-tiba tinggi tuh nggak di-prepare sama sistem drainase Dubai yang cenderung sering kali ngadepin kondisi kering. Lebih lanjut dalam responnya soal banjir Dubai kemarin, Tiago lanjut bilang gini, “You get a saturation of the drainage system that doesn’t have any way of draining the amounts water that have been falling recently. This ends up coming to the surface and causing urban flooding, whether you’re talking about tunnels, highways or the lowest parts of the city.”
 
Ok now wrap it up please…
Well, badai dengan curah hujan yang tinggi ini nggak cuma terjadi di UEA aja nih, guys. Soalnya badai yang sama juga melanda Oman dalam kurun waktu beberapa hari terkahir ini. Parahnya, badai di Oman juga sampe bikin banjir di beberapa tempat dan berdampak ke puluhan orang yang dilaporkan meninggal dunia. So far, udah ada 21 orang meninggal dunia di Oman akibat badai yang terjadi di beberapa negara Timur Tengah kemarin.