Indonesia Emas 2045

16

When you really want Indonesia Emas 2045 to come true…

In a good way, especially on environmental sector.
Siapa sih yang nggak pernah denger sama istilah Indonesia Emas 2045? Kayaknya hampir semua pejabat baik generasi tua or muda pada gembor-gemborin ini slogan ini nggak sih waktu kampanye kemarin? Emang sebenernya apa sih Indonesia Emas 2045? Seperti apa benefitnya? Dan kenapa harus banget di tahun 2045?
 
Interesting, tell me everything.
You got it. Sebelum menuju slogan Indonesia Emas 2045, kamu perlu tau dulu nih kalo sejak negara ini merdeka pada tahun 1945, Indonesia bercita-cita banget bisa jadi bangsa yang maju. Dari masa ke masa, transisi Indonesia sebagai negara berkembang yang memproduksi pertanian dan berbasis komoditas mentah menjadi negara maju yang berbasis industri, jasa, dan teknologi terus mulai dilakukan. Cuma kayak yang udah kamu tau, nggak semuanya bisa berjalan mulus nih, guys.
 
Emang ada apa deh?
Ya as we all know, di masa pemerintahan Presiden Soeharto dulu, Indonesia sempet tuh diyakinin bakal mulai lepas landas menjadi salah satu negara maju di Asia. Cuma ya gitu, krisis keuangan yang mulai melanda Indonesia pada 1997 yang akhirnya memaksa Presiden Soeharto turun bikin cita-cita kita menjadi bangsa yang maju, at least di Asia aja harus ya ditunda dulu, gitu.
 
Ditunda sampe kapan nih?
Well, meskipun kita berulang kali dilanda krisis keuangan dan ekonomi global, tapi semangat bangsa buat jadi bangsa yang maju terus hidup. Salah satunya lewat Presiden SBY yang pada Juni 2013 lalu menyampaikan rangkaian waktu dalam visi dan misi yang telah ia susun untuk menjadikan Indonesia Emas dalam kuatnya perekonomian, demokrasi matang, peradaban makin berkembang, serta berkeadilan bener-bener bisa tercapai pada peringatan seratus tahun Indonesia merdeka.
 
Is it possible?
So far sih, penerus Pak SBY, which is Presiden Jokowi juga pengen visi Indonesia Emas 2045 bisa berjalan dengan lancar, guys. Nggak tanggung-tanggung, Presiden Jokowi juga menargetkan Indonesia menjadi negara dengan perekonomian terbesar kelima di dunia. Cuma ya buat sampe ke sana, kita berarti perlu setara dulu nih dengan beberapa negara maju macem AS, Jepang, dan Korsel. Setara secara ekonomi sih mau-mau aja, cuma kita nggak mau dong ngorbanin masalah iklim untuk jadi negara maju kayak beberapa negara tadi?
 
Sorry nggak dulu.
Iyakan. Yah meskipun hidup di negara maju kayaknya bakal jauh lebih menyenangkan dengan pembangunan yang merata, tapi kalo tiap hari polusi udara masih tebel dan ancaman climate crisis terjadi di mana-mana ya sama aja boong, guys. Yang ada juga cuma ‘elo lagi-elo lagi’ yang terus diuntungin dari segala macem pembangunan atas nama Indonesia Emas 2024.
 
So, Indonesia Emas 2045 beneran bisa nggak nih?
Ofc jawabannya bisa dong. Selagi kita masih bisa terus berkembang dan memastikan nggak ada kerusakan lingkungan serta ketidakadilan sumber daya yang terjadi di masyarakat, chance to shine in 2045 masih terbuka lebar, tsay. Apalagi kalo Indonesia mampu buat mengadopsi ekonomi restoratif di mana ambang batas lingkungan dalam kegiatan ekonomi bener-bener bisa lebih diperhatikan lagi. Jadi, semuanya bisa memenuhi kebutuhan individu dengan tetap memastikan semua tetap dapet berkembang dan sejahtera.
 
Give me the examples.
Well, contohnya tuh sesimpel tiap lembaga pemerintahan atau swasta yang harus mempertimbangkan pemulihan lingkungan alam dan masyarakat dalam tiap lingkup kegiatan perekonomian mereka. Hal ini udah dilakuin sama beberapa inisiatif ekonomi restoratif di Indonesia macem Walhi lewat Ekonomi Nusantara, Yayasan Eco Nusa lewat Penciptaan Kesempatan Ekonomi Setelah Pengakuan Hak Masyarakat Adat, dan PT Alam Siak Lestari lewat Upgrade Kearifan Lokal dengan Teknologi Tepat Guna.
 
Serius bisa impact ke Indonesia Emas nih?
Jelas bisa dong. Soalnya lewat ekonomi restoratif, segala aktivitas ekonomi perlui punya landasan sosial yang harus dipenuhi serta batasan ekologis yang nggak boleh dilewati. Contohnya lewat ketahanan pangan yang terjangkau dan mudah diakses, kemerataan sosial di masyarakat, hingga penggunaan dan promosi sumber energi bersih dan terbarukan untuk meminimalkan dampak lingkungan, guys.
 
Got it, anything else I should know?
So, ekonomi restoratif bisa diartikan sebagai model ekonomi yang memperhatikan keseimbangan kegiatan ekonomi dan lingkungan gitu, guys. Lewat karakteristiknya yang selaras, berpusat pada masyarakat lokal, kolektif, berkolaborasi dengan berbagai pihak, dan inovatif bikin model ekonomi ini relatif mudah diterapin di Indonesia.