Situasi Panas Politik di Rusia

29

Now, this is why opposition is very IMPORTANT in politics…

Meet: Alm. Alexei Navalny
Yep, nggak cuma Indonesia aja yang sekarang ini kondisi politiknya lagi rame banget setelah tengah pekan kemarin baru aja selesai nyelenggarain coblosan buat pemilu. Rusia yang bulan depan bakal nyelenggarain pemilu ternyata juga lagi ngadepin situasi panas dalam politik internal negaranya setelah pemimpin oposisi ter-famous di Rusia, Alexei Navalny dilaporkan meninggal dunia di dalam penjara. Kejadian ini bikin aksi protes di Rusia meningkat sampai kepolisian setempat menangkap lebih dari 400 pengunjuk rasa di seluruh Rusia.

Hold on, I need some background.
You got it. Jadi kalian pasti udah tau dong kalo Presiden Rusia, Vladimir Putin tuh udah memimpin Rusia dari lama banget, guys. Total doi udah menjabat jadi Presiden Rusia selama lebih dari 20 tahun dan yhaaa gabisa dibilang jadi pemerintah selama itu doi lurus-lurus aja yah. Namanya memimpin lama, Putin tentu banyak diserang isu pemerintahan yang ngga baik kayak korupsi, pelanggaran HAM, sampe menggunakan kekuasaannya untuk membungkam orang yang ngga suka sama doi. Nah, salah satu pemimpin oposisi paling terkenal di Rusia itu bernama Alexei Navalny.

Ok terus-terus…
Nah Navalny sama kawan-kawannya ini juga udah dari lama aktif mengkritik Presiden Putin gitu, guys. Adapun isu yang paling vokal disampein sama Navalny ini salah satunya soal dugaan korupsi Presiden Putin. Navalny yang juga jadi aktivis anti korupsi di Rusia ini udah beberapa kali keluar masuk penjara karena berbagai tuduhannya ke jajaran pemerintah Rusia. Nggak cuma dipenjara aja nih, Navalny ini juga sempet diracun pada Agustus 2020 lalu yang diduga kuat dilakukan karena kritiknya ke Presiden Putin dan pemerintah Rusia pada saat itu.

WHAT?
 Sampe diracun??
Iyesss, guys. Cuma pas itu sih untungnya Navalny masih bisa diselamatkan setelah timnya berhasil bawa doi terbang langsung ke Jerman buat mendapatkan perawatan khusus. Setelah sekitar lima bulan dirawat di Jerman, Navalny yang udah pulih akhirnya memutuskan buat pulang ke Rusia. Cuma ternyata pihak kepolisian Rusia udah nunggu doi buat pulang dan langsung menahan Navalny begitu dirinya landing di bandara Moskow pada Januari 2021. Pas itu Navalny dituduh terlibat dalam beberapa kasus mulai dari pencucian uang sampe tuduhan ekstremisme yang membuatnya dapet hukuman sampai 19 tahun penjara.

Bjirrr, lama banget.
Bukan lagi sih ini. Soalnya yha kalo ditotal nih, Navalny tuh baru bakal bebas pas doi umur 70 tahun. Ofc banyak pihak yang menilai kalo berbagai hukuman yang dijatuhkan ke Navalny ini bemotif politik dan cuma upaya pemerintah Rusia buat membungkam Navalny aja. Apalagi sebulan sebelum Rusia ngadain Pemilu, Navalny tiba-tiba aja dilaporkan meninggal dunia di dalam penjara terpencil IK-3 yang ada di Lingkaran Arktik, Rusia pada Jumat kemarin.

HAH meninggal kenapa katanya?
Well, pihak penjara sih nggak dijelasin pasti gimana Navalny bisa tiba-tiba meninggal dunia pada Jumat kemarin. Pihak penjara cuma bilang kalo Navalny sempet ngeluh kalo kondisi dirinya lagi nggak enak badan setelah dirinya jalan kaki biasa di sekitar wilayah penjara. Nggak lama setelah itu, Navalny langsung nggak sadarkan diri dan meninggal dunia ketika tim medis penjara dateng. Pihak keluarga juga cuma diberi kabar kalo Navalny kena ‘sudden death syndrome’
Advertisement
 tanpa tau pasti penyebab pasti kematian sang aktivis.

OMG:((
Anyway, the drama is not over. Pihak keluarga yang dateng langsung tempat Navalny juga sempet dihalang-halangi buat ketemu jenazah korban. Petugas berdalih kalo masih perlu ada pemeriksaan ulang buat jenazah Navalny. Hal ini nih yang bikin temen-temen dan keluarga Navalny pada sus banget sama para petugas yang cenderung lagi nutupin sesuatu gitu. Terus para petugas ini juga mastiin jenazah Navalny langsung dikembalikan ke keluarga tanpa perlu ada pemeriksaan ulang selain dari pihak pemerintah Rusia.


Gils, sus abis.
Emang, guys. Nah setelah kabar meninggalnya Navalny ini kesebar, banyak masyarakat Rusia yang berdukacita. Warga pada berbondong-bondong dateng ke monumen perjuangan buat meletakkan bunga dan lilin sebagai bentuk penghormatan terakhir buat Navalny. Seiring dengan berita soal tewasnya Navalny, warga yang juga udah bosen bet sama pemerintahannya Putin mulai pada turun ke jalan untuk melakukan protes anti pemerintah. Total udah ada lebih dari 400 orang dari 36 kota di seluruh Rusia yang ditangkap karena gelombang protes ini.

Ouch 🙁 anyone said anything?
Well, sekarang ini banyak pemerintah dunia yang lagi mendesak Presiden Putin dan pemerintahannya buat bertanggung jawab atas kematian Navalny. Salah satunya dateng langsung dari Presiden AS, Joe Biden yang bilang kalo kematian Navalny ini merupakan konsekuensi nyata dari ulah Presiden Putin dan para penjahatnya lakuin ke Navalny (Kayak dia juga ga jahat sama Gaza ygy). Hal serupa juga disampein sama Menlu Inggris, Lord Cameron yang kasih statement bahwa pihaknya bakal ngambil tindakan dengan bilang, “When appalling human rights outrages like this take place, what we do is we look at whether there are individual people that are responsible and whether there are individual measures and actions we can take.”

Terus Presiden Putin ada ngomong apa gitu nggak?
Samsek nggak dong. Sampe berita ini ditulis, Presiden Putin belum ada ngeluarin statement apapun soal kasus meninggalnya Navalny. Aktivis HAM sekaligus jurnalis Rusia bernama Eva Merkacheva sempet bersaksi kalo selama ini, Navalny udah sering banget ditempatin di sel isolasi sampe setidaknya 27 kali. Padahal based on Undang-Undang Rusia, tahanan cuma boleh dimasukan ke sel isolasi selama 15 hari doang. So, kata Eva sih, hal-hal macem ini yang memungkinkan Navalny dalam kondisi yang nggak sehat dan meninggal dunia.

:(( Anything else I should know?
FYI, beberapa tahun ini pihak-pihak oposisi Rusia tuh dikabarkan meninggal nggak wajar lho, guys. Sebelum Navalny, Pemimpin oposisi Rusia bernama Boris Nemtsov ditembak mati di jembatan Moskow, Rusia pada 2015 lalu. Terus selain itu, Agustus tahun kemarin dunia internasional juga sempet heboh setelah pemimpin kelompok Wagner, Yevgeny Prigozhin tewas dalam kecelakaan pesawat yang nggak wajar setelah dirinya memimpin tentara bayaran buat ngelakuin pemberontakan bersenjata di tengah perang Rusia-Ukraina.
 
Kayak, tbl gasi…
Advertisement