Prabowo-Gibran Dengan Program Makan Siang Gratisnya

36

When people keep talking about: Makan siang gratis….

It comes with… terms and conditions. 
Sekarang kita mau bahas program unggulan salah satu paslon nih, guys. Program ini, dari zaman debat capres, kampanye, sampai sekarang udah kelar nyoblos, ruameee banget diomongin netizen seluruh Indonesia. Yep, we’re talking about Prabowo-Gibran dengan program makan siang gratisnyaSo, without further ado, let the story unfold, shall we?
 
Tell. Me. Everything. 
You got it. Gini gini, kita rakyat Indonesia milih Presiden dan Wakil Presiden tuh kan based on some considerations ya. Banyak lah pertimbangannya. Mulai dari isu personal si capres dan cawapres, track record, sampai program yang ditawarkan. Speaking of which, now let’s zoom in to capres-cawapres yang most likely akan memenangkan Pilpres 2024 ini, which is Prabowo-Gibran. FYI aje nih, per kemarin di jam 20:00 malam WIB, berdasarkan real count-nya Komisi Pemilihan Umum, pasangan Prabowo-Gibran udah memperoleh suara sebesar 58,72%. Mereka berpeluang banget menang satu putaran, guysIn that sense, program-program yang dijanjikan mereka meaning harus terealisasi dong.
 
Asikkk mam siang gratis…
Salah satunya, dan yang paling di-highlight sejak jaman kampanye, ya program makan siang gratis, guys. Yep, capres Prabowo Subianto di beberapa forum tuh bahkan berkali-kali kan ngomong bakal kasih makan siang gratis ke berbagai lapisan masyarakat Indonesia, terutama anak-anak sekolah, balita, dan ibu hamil. Tujuannya apa? Banyak sih. Kayak mencegah stunting misalnya. Terus meningkatkan gizi anak, meningkatkan konsentrasi dan prestasi akademik, terus juga mengurangi tingkat kelaparan, mengurangi ketidaksamaan, sampai mendukung keluarga berpenghasilan rendah.
 
Wah udah siap nih anak w dikasih makan siang sama Pak Prabowo….
Ehehehe tidak secepat itu kak :(. First of all, Pak Prabowo kudu resmi dilantik dulu jadi Presiden RI. Secondly, program makan siang gratis ini nggak bakal langsung “jebret” seluruh Indonesia langsung dapet. Iya, bertahap gitu. Hal ini legit disampaikan oleh Komandan Tim Komunikasi TKN Prabowo-Gibran, Budisatrio Djiwandono. Dalam keterangannya Jumat kemaren, maksi gratis ini bakal dieksekusi secara bertahap as soon as Prabowo-Gibran dilantik, dengan skala prioritas.
 
W baca di X katanya 2029 baru jalan programnya…
Well, kalau kata TKN sih itu hoax dan misleadingguys. Iya, Pak Budi mengklarifikasi program ini bakal MEMENUHI TARGET sebanyak 82,9 juta anak Indonesia di tahun 2029 ntar. Nah buat memenuhi target itu, start dari 2025 udah mulai disebar lah tuh maksi gratisnya di daerah-daerah prioritas, kayak daerah 3T, dll. Terus lanjut lagi di daerah lain di 2026, 2027, sampai akhirnya di 2029.
 
Cakeppp…
Sounds good, rite? Nah tapi, tentunya ada terms and conditions yang comes with it, guys, karena literally, ga ada mam siang yang gratis. Ihihihiyyy salah satunya, soal rame-rame asumsi bahwa maksi gratis ini anggarannya bakal memotong dari subsidi BBM.

 
Beneran ta? 
Well, emang saat ini, isunya subsidi BBM dan LPG 3kg bakal dipangkas buat memenuhi anggaran makan siang ini. Secara anggarannya nggak main-main, guys, dibutuhkan Rp460 T buat mam doang (oh sama susu jangan lupa!). Mengklarifikasi hal ini, Wakil Ketua TKN, Eddy Soeparno. Pak Eddy be like, “Enggak kok, nggak bakal mangkas subsidi BBM.”
 
Yang bener gimana pak?
Yang bener, Pak Eddy bilang subsidi energi, termasuk BBM Pertalite dan LPG 3kg ini bakal mengalami efisiensi, guys. Skenarionya gini nih: Subsidi energi ini bakal dibatasi jadi yang bisa terima cuma yang beneran butuh aja, jadi tepat sasaran gitu lah istilahnya. Jadi jelas yang nerima siapa, dari kalangan mana aja, dll. Dari situ, anggarannya kan auto kepotong tuh. Nah di situ baru deh anggarannya bisa dialihkan buat program makan siang gratis, gengs. Nggak sampai di situ, kalau subsidi energi ini beneran jalan, maka APBN juga bisa lebih hemat, guys. Terus karena udah hemat, duitnya bisa dipake buat kebutuhan program lain, salah satunya ya program makan siang gratis ini.
Advertisement
 
Terus penyalurannya ntar gimana?  
Nah soal ini juga. Disampaikan oleh Jubir TKN Pemilih Muda-nya Prabowo-Gibran, Dedek Prayudi, ntar program ini bakal dipimpin, dikelola, dan dijalankan sama dua kementerianguys, which is Kementerian Pendidikan dan Kementerian Kesehatan. Jadi Kementerian Pendidikan yang menyalurkan, Kemenkes yang make sure itu makanan gizinya terpenuhi, in case you’re thinking, “Kasian dong ibu kantin gaada yang beli.” Jangan sedih, guys, karena Mas Dedek bilangnya program ini bakal didukung penuh sama UMKM dan pengusaha dalam negeri.
 
Now tell me about susu gratis….
Nah soal susu, kan udah dijalankan sama Mas Gibran jaman kampanye kemaren ya, yang di CFD itu looo.  Nah yang harus kamu tahu adalah, program makan siang gratis ini juga bakal dibarengi sama susu gratis, guys. Rame banget dari kemaren di mana dari statement-nya Pak Prabowo, pihaknya bakal mengimpor 1,5 juta sapi dari India. Terus ntar susunya berkembang biak, jadi 3 juta ekor kan tuh. Nah 3 juta ekor sapi ini kemudian bakal diperah dan menghasilkan 40 juta liter susu buat dibagi-bagiin. TKN Prabowo-Gibran sih mengklaim pihaknya bakal hati-hati banget sma impor susu ini.
 
… Any words from 01 dan 03?
Ada dong. Kamu harus tahu nih, guysBoth Pak Anies dan Mas Ganjar tuh sama-sama nggak setuju sama program ini. Hal ini bahkan udah pernah Mas Ganjar sampaikan dalam debat capres beberapa waktu lalu. Karena menurut Mas Ganjar, telat bgt kalau mau ngasih makan anak sekolah tujuannya mencegah stunting. “Harusnya tuh dari anak dalam kandungan gitu lo, Pak”. Terus soal susu, Pak Anies juga nggak setuju. Secara, anak-anak di Indonesia tuh banyak yang mengidap lactose intolerant alias alergi susu. Pak Anies bahkan bilang, “Cuma pabrik-pabrik susu yang bakal hidup dari proyek ini.” Makanya ini bukan solusi, katanya gitu. Mending dikasih ikan. Akses lebih mudah, harga terjangkau.
 
Mari kita kawal program maksi dan susu gratis ini kalau 02 beneran menang ygy. Sekarang wrap it up dulu….
WAJIBBB!!! Dari tadi ngomongin makan siang gratis, did you know kalau program ini tuh bukan program baru lagi di dunia internasional? Iya, di negara-negara lain, mau itu negara berkembang atau negara maju sekalipun, makan siang gratis ini tuh udah ada. Let’s say kayak Inggris, AS, Swedia, Finlandia, Swedia, Brazil, India, bahkan sampai ke Estonia semua anak-anak sekolahnya udah pada menerima makan siang gratis. Dananya juga disediakan sama negara. Apakah Indonesia akan join the group? Mari kita kawal bersama, sip.
Advertisement