Friday Pause: I wanna be your end game 🐍

46

Good morning

Friday is finally here, everyone! Hope you’re as excited as we are. On today’s newsletter, we got you memes, tips, recs and some cool stuff to welcome the weekend. Let’s dig in!

For the love of meme: You, lately, during the electiin szn…


When mulut u gatel pengen complain A-Z…..Tapi gimana bilanginnya ya…

We know, we know. Bayangin kamu lagi di kosan mau nitip makanan sama pacarmu yang mau dateng. Dari awal kamu udah jelas pesennya cumi saus asem manis. Terus pas doi dateng, ternyata yang dibeliin malah kepiting saus blackpepper. Kayak, jauh banget kan. Di momen ini, segala komplain pasti udah di ujung mulut kan tuh. Pengen ngedumel, “Kamu gimana sih ga dengerin aku ya?? Kan aku maunya asem manis. Jadi nggak mood deh mau makan begini, mana lagi laper ah elah.” :)))).
 
Yep, buat orang yang mulut dulu daripada otak, alias ngomong dulu baru mikir, (Lol), apa yang disampein ke orang lain tuh kadang bisa banget jadi boomerang untuk kita sendiri, guys. Contohnya ya ketika kamu complaint. Understandable. Apaan banget sih titipan begitu aja bisa salah. Not to mention kalau ngomongin situasi lain, Temen kantor salah ngerjain tugas misalnya. Atau waitress yang kelamaan nganter makanan kita. APA BANGET KAN?? Kamu tahu kamu harus komplain, which is gapapa banget.

However, at the same time
, otakmu juga harus kerja gimana caranya supaya komplain yang kamu sampaikan bisa diterima dengan baik sama lawan bicaramu, guys. Yaa yang nggak kasar-kasar banget gitu. Secara, sekali kita udah bersikap kasar, yang ada orang-orang malah jadi disrespect. Selain itu, penting juga memastikan komplain-mu bener-bener diterima dan ditindaklanjuti oleh orangnya. Jadi ngga cuma sekedar burst of emotion aja. Nah, gimana caranya komplain yang produktif? Gini gini:
  • Paham dulu sama tujuannya. Yep, first thing, yang harus kamu pahami dulu adalah, tujuan kamu komplain tuh apa? Hasil yang kamu mau kayak apa? Clear dulu di situ. Kalau sekadar speak up doang tapi nggak ada tujuannya mah, buang-buang energi, guys. Nggak worth it. Nggak akan ngubah apapun juga. Jadi mending concern kamu itu disampaikan aja dengan jelas. Kondisinya kayak apa, maunya seperti apa, solusinya mending kayak gimana, dll. Misalnya aja nih, kalo pesennya kopi item, tapi dianternya cappucino. Sebelum complain marah-marah ke baristanya, kamu mikir dulu barang semenit dua menit untuk nge-assess: OK ini salah. Solusinya ganti baru. Kalo mereka ngga mau ganti gue mau negotiate sama managernya, kalo ga dikasih juga mau XXXX dll… gitu, guys.
  • Pls be polite. Nah ini penting nih. Semarah-marahnya kamu sama orang, pls tetap kedepankan etika ygy (ETIKA gatuuuu). Hadapi masalah kamu dengan kepala dingin, bukan malah langsung meledak-ledak dan point out ke orang. Nggak sopan banget kan. Kayak, drama banget kan tiba-tiba teriak-teriak. Kan malu diliatin orang hehehehe. Jadi coba balik lagi ke poin awal. Omongin tujuan kamu tadi itu dengan kepala dingin, dan tenang. Hal ini berlaku juga kalau kamu komplain via online ygy. Whether itu DM Instagram, telpon customer service, dll. Jangan ngegas.
  • Try some positive notes. Yep, daripada ngegas dan nggak menghasilkan apa-apa, coba deh ubah cara kamu complain. Jadi kalau kamu mau complain, coba mulai dengan omongin dulu hal-hal positifnya, puji dulu. Misal, “Aku suka banget deh ambience tempat ini. Cozy, pelayanannya ramah. Tapi tadi kayaknya eror, aku pesen spaghetti carbonara tapi somehow rasanya kok beda kayak biasa ya? Nggak seenak kemarin. Ada bahan yang diganti kah?” See? Lebih enak kan dengernya juga. Ini juga bisa jadi bahan evaluasi mereka, guys. “Oh berarti kita stick ke resep lama aja, guys. Customer pada sukanya yang itu soalnya.”
  • Dont talk behind their back. Masih ngomongin soal cara complain yang proper, salah satu cara yang bisa kamu lakukan adalah dengan complaint langsung secara privat. Jangan malah gosip di belakang, talk behind their back, dll. Terutama dalam konteks kerjaan. Kamu complaint kerjaan temenmu nggak ada yang bener, tapi ngomongnya ke temenmu yang lain. Yang namanya jelek siapa coba jadinya? Bukan bawahanmu itu, tapi kamu sendiri. Ehehehehe. Makanya, kalau ada masalah, ngomong langsung ke orangnya in private
    Advertisement
    , guys. Biar sama-sama enak kan.
  • Be risky. Last but not least, kalau mau complaint, pls be aware sama risiko apa yang bakalan come up once kamu udah melakukannya. Hati orang nggak ada yang tahu kan. Nggak ada yang bener-bener tahu gimana seseorang merespons sebuah bentuk complaintIn that sense, professionally, hubungan kamu sama anak kantor bakal keganggu mungkin. Terus secara personal, hubungan kamu sama doi ya bisa aja mengalami gejolak-gejolak, guys. Atau kalau di tempat publik nih, ya siap-siap aja viral. Ehehehehe. Are you ready for it?


Finally, your weekly recs is just a scroll away!

On the weekend, there are so many possibilities. You can spend it with your loved ones, going outdoors, or just…. stay in. Well, whatever you decide, our weekly recs is here for you to enjoy. Let’s go! 

But before…

Rekomendasikan hal-hal yang seru menurut kamu (Bisa buku, podcast, video YouTube, apa pun itu, dengan cara mengisi form ini). Nanti, rekomendasimu bakal kita share di weekly tips aka below and let other people know how cool you are! Remember, sharing is caring!

  • Kalo suka makanan yang jelly-like, cobain dodol rumput laut khas Lombok. Ini enak banget, teksturnya jelly keras tapi chewy, enak deh. Ada varian low sugar juga wkwk, mayan buat aku yg lagi diet. Di toko oren banyak yg jual (Anonymous)
  • Buat kalian yang bingung weekend mau ngapain, aku mau rekomendasiin limited series dari Netflix judulnya Fool Me Once. Series ini bener-bener sesuai sama judulnya, genre-nya thriller mystery, enjoy guys. (Anon)
  • Kalo lagi suntuk atau mellow, coba liat langit yang lagi cerah deh. It could make you realise how amazing the sky is. Lebih bikin tenang juga. (Anonymous)
  • If you like Laufey, Mitski, please do listen to WASIA PROJECTtheir music will soothe your soul too! (Anonymous)
  • Teman-teman yang concern sama kesehatan, boleh banget lihat-lihat reels di IG nya @drningz , beliau dokter Spesialis Penyakit Dalam dan passionate banget mengedukasi masyarakat, apalagi menumpas hoaks yang tersebar di grup WA keluarga atau grup RT. Wkwk. Beliau juga sering banget bahas pertanyaan masyarakat awam kayak kita yang receh-receh, penjelasannya enak banget dan mudah dipahami. Cuss ke IG nya, biar tambah pinter 👌. (Bea)
  • Akhirnya ada parkiran mobil dan motor di stasiun MRT Fatmawati, di Jl. Taman Cilandak Raya. Mobil seharian Rp 20K, motor seharian Rp 10K. (VSL13)
  • Baru tahu lagunya Rossa yang judulnya Bulan Dikekang Malam tuh terrnyata sesakit dan sesedih itu ya. Well, penciptanya aja Teh Melly Goeslaw, ya they never failed sih. Liriknya bagus banget, “Aku ikhlaskan segalanya. Walau cintaku lebam membiru. Sakit namun aku bahagia, kuterima segala takdir, cinta.” Gurlll, who hurt you??? (Anon)
Yuk guys, jangan lupa kasih rekomendasimu ya! Caranya gampang, klik aja di sini!

Quote of the day

“Darkness cannot drive out darkness, only light can do that. Hate cannot drive out hate, only love can do that.”
-Martin Luther King Jr-

Thank you note


Thanks to HiRiR, Caramelalo, and Someone for buying us coffee today!

(Mau ikutan nraktir tim Catch Me Up! kopi? Here, here…just click hereDengan mendukung, kamu nggak cuma beliin kami kopi yang menemani kami nulis, namun kamu juga udah men-support kami untuk terus berkarya dan membuat konten-konten berkualitas yang imparsial dan bebas dari kepentingan. Thank you so much!)
Advertisement