Friday Pause: Daddy’s home, home for me 👨🏻

37

Hello

It’s our most favorite day of the week! Yep, throw all those works and deadlines, because we’re taking you to all the fun things in life. We only got memes, tips and recs, and no news today. You really deserve a break. Go.

For the love of meme: When your taste in love is soooo questionable…


When you’ve had enough of silent treatment…Here’s how to handle it.

Guys, pernah nggak sih kalian tiba-tiba dicuekin sama ortu, adik, kakak, atau pacar tanpa alasan yang jelas. Tiba-tiba doi kayak diem aja seribu bahasa dengan gesture nggak suka ke kamu padahal kamu ngerasa nggak ngapa-ngapain. Hal ini kemudian bikin kamu bingung, bertanya-tanya, dan serba salah aja gitu. Nah, kalo kamu sering diperlakuin gitu, besar kemungkinan kalo orang tersebut punya model komunikasi silent treatment dalam menghadapi suatu masalah. Jadi yah mereka berpikir dengan bersikap cuek ke orang lain, orang tersebut bakal tau kesalahannya apa dan membujuk dirinya untuk maafin kesalahannya.
 
Nah yang perlu kamu tau, model komunikasi silent treatment ini tuh toxic, guys. Lah gimana nggak, yang harusnya kamu bisa langsung ngomong dan jelasin pokok permasalahannya justru milih cara yang susah dengan ngediemin orang dan berharap dirinya sadar sama kesalahannya. Padahal nggak semua orang bisa peka loh. Toh ini riskan banget jadi salah paham karena mungkin aja orang tersebut punya alasan lain ketika ngelakuin hal yang menurutmu salah.
 
So, solusinya sebenernya ya tinggal ngomong aja baik-baik. Terbuka aja gitu lho, guys. Kalo ada apa-apa yha diobrolin jangan disimpen sendiri dan justru ngambek nggak jelas gitu. Terbuka akan segala hal sama orang terdekat bakal jauh lebih baik daripada apa-apa ngambek dan sering ngelakuin silent treatment.
 
Cuma kalo ternyata orang terdekatmu ternyata masih sering ngelakuin silent treatment dan kamu juga sering jadi korban, yang sabar ya, guys. Coba ikutin aja beberapa langkah ini biar kamu tau gimana sih caranya ngadepin orang dengan model komunikasi silent treatment.
  • Try to avoid giving in. First of all, coba jangan terlalu rendahin harga dirimu buat selalu minta maaf ke orang yang sering kasih silent treatment. Meskipun mungkin kamu orangnya nggak enakan gitu, tapi please kamu emang harus tegas dan coba kasih ruang ke orang tersebut. Soalnya kalo kamu cenderung easy to say sorry ke segala hal random yang doi permasalahin, yang ada orang tersebut bakal masih menganggap wajar model silent treatment yang dirinya lakuin.
  • Be compassionate with yourself. Yep, kamu perlu inget kalo dirimu sendiri juga perlu diberi belas kasih. So, jika kamu emang ngerasa nggak ngelakuin kesalahan apa-apa, yaudah fine-fine aja dong. Kamu bisa lakuin aktivitasmu seperti biasa. Kalo respon silent treatment yang orang lain lakuin ke kamu membebani mentalmu,  kamu bisa loh melakukan beberapa hal positif buat lupain hal itu untuk sementara waktu. Yah beberapa kegiatan kayak baca buku, jogging, yoga, atau apapun deh yang bisa bikin kamu happy.
  • Calmly start a conversation with your partner. Well, mencoba memulai komunikasi emang perlu buat ngadepin orang dengan model komunikasi silent treatment. Cuma yang perlu bener-bener di-mention ya soal timing-nya, ygy. Untuk beberapa saat, kasih waktu dulu deh buat doi diemin segala yang kita lakuin. Kalo udah beberapa saat dan doi udah mulai kasih kode kalo dirinya terbuka, coba deh ajak ngomong baik-baik. Kamu bisa deeptalk soal apa yang terjadi dan kalo udah sama-sama paham nih, coba deh kasih masukan biar doi bisa lebih terbuka dan langsung ngomong aja apa yang dirinya rasain.
  • Set boundaries. Meskipun doi sering ngambek nggak jelas dan kamu dicuekin, kamu tetep harus punya batasan yang jelas ygy. Kalo orang tersebut bisa nggak suka sama apa yang kamu lakukan, so kamu juga bisa dong nggak suka sama silent treatment yang doi sering lakuin. Cuma ya silent treatment jangan dibales silent treatment juga. Jadi komunikasi macem Limbad ntar. Di momen yang tepat, coba ungkapin kalo kamu juga ngerasa nggak nyaman dicuekin dan it’s okay to langsung ngomong apa adanya.
  • Coba curhat ke temen deket/terapis. Meskipun curhat nggak selalu menyelesaikan masalah, tapi seringkali curhat jadi meringankan masalah kita nggak sih? Nah kamu bisa ngobrol tuh ke temen deket atau bahkan terapis buat nyeritain silent treatment yang sering kamu alamin. At least segala curhatmu pasti bakal didengerin dan syukur-syukur ada masukan dari profesional untuk masalah yang kamu alamin.
Terus kalo ternyata justru kamu yang suka nge-silent treatment orang, kamu harusnya kamu sadar kalo model komunikasi ini tuh nggak sehat. So, please stop it. Pelan-pelan dulu aja, step by step aja dulu gitu. Kalo kamu nggak tau mulai dari mana, so here’s the way to communicate people without silent treatment.

  • Practice healthy conflict-resolution skills. Yep, kamu perlu sadar dulu nih kalo silent treatment tuh justru nggak nyelesein masalah. Iya kalo doi sadar kalo kamu lagi ngambek. Kalo nggak gimana dong? Yang ada justru kamu makin sebel karna ulah doi yang menurutmu nggak tepat dan jadi makan ati karna doi justru nggak peka. So, please
    Advertisement
    coba terbuka aja. Semua masalah nggak bisa selese kalo kamu justru diem dan ngambek.
  • Don’t think about “winning” and “losing.” Kalo kamu sama doi lagi ada masalah, better kamu punya perspektif untuk cenderung berpikir “us versus the problem,” not “you versus me.” Jadi yah apapun masalahnya, coba hadapin itu bareng-bareng sama pasanganmu. Terus kalo lagi sama-sama ngambek gitu, bukan berarti yang ngajak ngomong duluan tuh sebagai pihak yang kalah, ygy. Apapun masalahnya, kita perlu buat menyikapinya secara dewasa, gitu.
  • Kalo butuh ‘break’ bilang aja pelan-pelan. Nah, last but not least, emang ada kalanya buat kita punya waktu me-time untuk happy-happy dan nyenengin diri sendiri. Waktu me-time ini juga bisa jadi momen refleksi dan evaluasi kita soal hubungan yang sedang dijalani. Tapi sebelum itu, komunikasiin dulu baik-baik ke pasanganmu soal dirimu yang butuh waktu untuk ‘break’ dulu. Jangan lupa perjelas juga kalo maksud ‘break’ ini gimana, sampe kapan, dan untuk apa gitu-gitu.


Finally, the weekly recs is here!

Yep, now that the election’s over, you can pose with those fingers again. But, don’t you think you deserve some fun things other than politics? We got all the cool recs here all wrapped up just for you…
 
But before…

Rekomendasikan hal-hal yang seru menurut kamu (Bisa buku, podcast, video YouTube, apa pun itu, dengan cara mengisi form ini). Nanti, rekomendasimu bakal kita share di weekly tips aka below and let other people know how cool you are! Remember, sharing is caring!

  • Mau rekomendasi film Indonesia yang bagus baget judulnya Susah Sinyal karyanya Ernest Prakasa. Mereka set tempat shoot-nya di Sumba gais! Jadi, bisa manjain mata banget buat kamu yang belum sempat liburan karena kerjaan dan moral message film ini juga bagus banget dengan hal itu lho. Ga akan bosen karena ada komedinya juga. Happy watching!! (Anon)
  • Everyone should subscribe Outdoor Boys YouTube channel. A great man, great adventures, anda a great father figure. @Akhyarus
  • Buat kalian yang suka baca novel genre Islamic-Romantic tapi kalian juga Korean Lovers, aku mau rekomendasiin kalian untuk baca novel Laut Tengah dan Langit Goryeo by Berliana Kimberly! Kedua novel ini menampilkan sisi realistis dari negara Korea Selatan yang dilapisi apik dengan nasihat-nasihat Islami yang kekinian banget buat anak muda <3. Semoga kalian suka ^^ (Kia)
  • Aku mau rekomendasiin buku judulnya Cosmos karya Ann Druyan, buku ini berisi tentang sejarah dunia dari alam semesta dan sejarah peradaban manusia. Gaya penulisannya ga ngebosenin jadi betah lama bacanya. (Dani)
  • Hi Catch Me Up Readers, buat kalian yang bingung tontonan apa yang cocok buat nemenin weekend kalian, coba mampir ke Disney Hotstar buat nonton A Shop for Killers, genrenya action dan seru banget, enjoy(Mawar)
  • Mau rekomendasiin lagu “Rona Merah Langit” by Kunto Aji! Calming, soothing, and everything in between(Anon)

Yuk guys, jangan lupa kasih rekomendasimu ya! Caranya gampang, klik aja di sini! 


Quote of the day

“Many of life’s failures are people who did not realize how close they were to success when they gave up.”
-Thomas A. Edison-

Thank you note

Thanks to Ari, Nindya, Ben Kasyafani, Alfianto, Avisena, Ibunya Orlin, Mir, Riena, Goola, and Someone for buying us coffee today!
 
(Mau ikutan nraktir tim Catch Me Up! kopi? Here, here…just click hereDengan mendukung, kamu nggak cuma beliin kami kopi yang menemani kami nulis, namun kamu juga udah men-support kami untuk terus berkarya dan membuat konten-konten berkualitas yang imparsial dan bebas dari kepentingan. Thank you so much!)
Advertisement