Friday Pause: It’s been a long time coming 👯

54

Hello

What a week it has been right? Although the weather has been nice, the political climate has not. Thus, it is always good to take a breather and enjoy some pause from the daily news. We got memes, tips, recs, and more fun things for you to enjoy this weekend. Let’s go!

For the love of meme: Happens everytime…


When you think makan cuma buat kenyang…Maybe you’re just not familiar with mindful eating.

Hayooo siapa yang masih sering jajan sembarang makanan? Jangan mentang-mentang kamu habis gajian atau emang lagi burnout banget terus jadi mewajarkan tubuhmu buat sembarangan makan dan cenderung berlebihan ygy, karena emang apapun yang berlebihan tuh nggak baik. Apalagi ya soal makanan nih. Risiko angka timbangan naik, sakit perut, dan berbagai macem ancaman penyakit lainnya bisa aja nyamperin kamu. So, penting nih buat kamu sekarang kenal dan ngepraktekin yang namanya mindful eating alias pola makan yang melibatkan kesadaran penuh diri kita sendiri sewaktu makan.
 
Jadi buat yang masih asing apa itu mindful eating, ini tuh semacam kamu ngelibatin emosi pas waktu makan dan mulai memahami isyarat tubuh ketika menerima makanan tersebut. Dalam mindful eating ini, kamu bakal bisa memahami makanan-makanan yang menyehatkan tubuh dan mendorong apresiasi lebih ke setiap makanan, setiap suapan, sampe setiap bahan makanan. Jadi bite per bite makanan bisa kamu rasain sensasinya dengan memaksimalkan panca indra kita buat memperhatikan rasa, tekstur, suhu, dan setiap sensasi pada makanan.

So mindful eating
 ini beda sama diet yah. Soalnya ya pola makan ini nggak dikembangkan buat menurunkan berat badan atau mengubah bentuk badan. Pure buat bikin kamu bisa memahami isyarat tubuh sewaktu kamu makan. Terus ada juga beberapa manfaat yang bisa kamu dapetin ketika kamu udah mulai nerapin mindful eating. Beberapa manfaatnya ada di list ini, guys.
  • Help recognize physical and mental cues around food. Pernah nggak sih kamu ngerasa kalo semua makanan tuh sama aja. Ya enak sih enak, tapi kayak nggak ada yang bener-bener spesial gitu. Kalo kamu ngerasain ini, mungkin kamu emang kurang mindful eating nih. Soalnya kalo kamu nerapin mindful eating, bakal muncul kesenangan baru pas kamu makan. Kamu jadi bisa lebih menikmati secara detail rasa berbagai macem makanan kayak sushi, burger, gitu-gitu deh. Terus kamu jadi bisa lebih ngerti deh apa yang bener-bener kamu pengen makan dan memuaskan rasa lapar dan menikmati makanan yang ada.
  • Lebih mendengarkan suara hati. Bayangin kalo kamu diet, pasti bakal ada beberapa rules pola makan yang perlu kamu paksain biar kamu bisa defisit kalori, rite? Nah kalo di mindful eating ini tuh sebenernya nggak ada rules kayak gitu. Yang ada kamu cuma harus bikin dirimu senyaman mungkin aja dan ngerasain sendiri secara detail makanan yang masuk ke tubuhmu dan kayak gimana reaksi dari tubuh. Nah kalo kamu udah terbiasa banget buat mindful eating, kamu nggak perlu lagi tuh memaksa diri kamu buat mematuhi setiap rules pola makan yang baik. Soalnya ya poin-poin yang ada di rules pola makan yang baik udah tertanam sendiri di dalam tubuhmu dan bisa kamu praktekin setiap waktu.
  • Lower stress and improve digestion. Iyesss ini beneran udah ada penelitiannya lho yang bilang kalo mindful eating tuh berpengaruh buat mendukung baiknya kinerja pencernaan. Hal ini legit disampein sama ahli gizi dari Washington, US bernama Minh-Hai Alex yang biang kalo mindful eating bisa bikin pencernaan kita lebih sehat sekaligus bikin nutrisi yang diserap tubuh tuh makin banyak, guys. Nggak cuma itu, Alex juga bilang nih kalo mindful eating tuh cenderung bikin kita lebih chill dan bebas stres juga, lho.
  • Menjauhkan pilihan makanan yang nggak sehat. Kalo kita udah sadar nih soal respon badan kita terhadap makanan, so udah pasti deh kita juga nggak akan sembarangan lagi pilih makanan yang nggak sehat. Lewat mindful eating, kita jadi lebih care sama diri kita sendiri dan nggak mau bikin tubuh kita kenapa-kenapa karena jajan makanan yang nggak sehat. Emang sih junk food kek gitu godaannya gede banget, tapi kalo kita udah sadar sama mindful eating mah ke depan bakal fine-fine aja deh.
  • More confident with food choices. Kadang emang kita suka bingung buat milih lunch nanti mau makan apa. Terus kalo ayang nanya mau makan apa, kita juga cuma bisa bilang ‘terserah’ karena saking ragunya mau milih makanan. Mau makan nasi padang kok berlemak banget, tapi kalo makan rice bowl doang kayak kurang karena seharian belum makan. Nah kebimbangan kayak gitu mostly bakal berkurang nih kalo kamu nerapin mindful eating. Soalnya lewat pola makan ini, kamu pasti jadi bakal lebih ngerti isyarat tubuh kita buat milih makanan yang paling dibutuhin sama tubuh.
So, sampe sini, kamu udah cukup informed ya, manfaat dari mindful eating tuh apa aja? Nah kalo kamu mau mulai memperaktekkan mindful eating dalam kehidupan sehari-hari, ini dia caranya!
  • Ground yourself. First of all, kamu perlu bikin dirimu sendiri senyaman mungkin. Kamu perlu brace yourself dan niatin dirimu sendiri buat mulai menghargai dan menikmati setiap makanan yang masuk ke tubuhmu lewat mindful eating. Yakinin dirimu sendiri kalo kamu ngelakuin ini tanpa pressure apa pun dan dari siapapun. Penting juga nih buat pastiin di lingkunganmu yang sekarang nggak ada yang toxic dan bikin kamu serba insecure buat melakukan hal-hal baru kayak mindful eating ini. Nah kalo semuanya udah bisa terpenuhi dengan baik, bisa dibilang kamu udah siap nih buat cobain mindful eating
    Advertisement
    sehari-hari.
  • Start with one, small, mindful eating exercise. Sesuatu yang kita mulai nggak melulu harus jadi berhasil dan jadi besar. Kalo dalam konteks mindful eating, nggak harus kamu paksain dan rutin lakuin setiap hari. Kamu bisa mulai dulu aja nerapin mindful eating sehari sekali di waktu senggang kamu. Kalo udah mulai terbiasa, pelan-pelan baru deh kamu tingkatin terus dan bikin mindful eating ini jadi kebiasaan kamu.
  • Start with technical mindful eating. Last but not least, kamu bisa nih langsung praktekin mindful eating dengan cara perhatikan dengan baik-baik dulu bentuk tiap detail suatu makanan. Kalo udah, mulai deh ambil satu gigitan dengan penuh perasaan setiap kali makan. Jangan lupa, better ambil napas dulu ya biar kamu kembali fokus ke rasa makanan ini. Jauhin juga dulu dari barang-barang yang bakal mengganggu kayak handphone, laptop, etc. Coba fokusin diri kamu ke tekstur, rasa, suara, bau, dan wujud makanan kamu. Habis itu coba rasain deh gimana tubuhmu merespon makanan yang yang masuk. Nah yang paling penting, coba sesuai juga dengan kondisimu saat itu. Kalo bener-bener lagi laper kamu bisa makan dengan lebih cepat, kalo nggak terlalu laper ya chill aja dan nikmatin makananmu.


Now, it’s our weekly recs, everybody!

Yep, we understand. You just want to chill this weekend, unplug from the news, and just doing some self-care. That’s why we’re here with some cool recs and tips to help you unwind. Let’s scroll down!

But before…

Rekomendasikan hal-hal yang seru menurut kamu (Bisa buku, podcast, video YouTube, apa pun itu, dengan cara mengisi form ini). Nanti, rekomendasimu bakal kita share di weekly tips aka below and let other people know how cool you are! Remember, sharing is caring!

  • Buat yang masa kecilnya ditemani sama Aang, Katara, sampe pangeran Zuko di animasi Avatar, Netflix baru aja ngeluarin trailer pertama live action Avatar: The Last Airbender nih. Yah meskipun rilisnya masih Februari besok, tapi kamu udah bisa nonton trailer-nya dulu buat tau alur ceritanya nanti kayak gimana. Tertarik buat nonton nggak, guys(Sokka)
  • I just want to remember the weather is not great right now, so don’t let your system immune down. By eating healthy food, getting your exercises or yoga, sleeping well, hydrating with some water and taking Vitamin C, you can be healthy and strong like an Ultramannn;) (Yori)
  • Baru tau Tatjana Saphira rilis lagu dan vibes-nya lagu jazz lawas yang asik dibuat joget-joget kecil. Selamat mendengarkan Kemanakah Cinta, all! @Ikkoanata
  • Teruntuk yang suka galau sambil nyetir, lihat hujan, coba dengerin lagu pop-rock band Korea Selatan, The Rose, yang judulnya “Sour” sama “She’s in the Rain” deh. Lagu-lagunya yang lain juga ada yang full english, ada yg mix sama bahasa Korea juga. Terus warna suara vokalis utamanya, khas banget! Hoarse, smooth, cold, sweet, ringan, tebel, rendah, tinggi jadi satu. Flawless banget. Pernah cover lagunya Lany yang “ILYSB” juga berasa dininaboboin. Gua bukan yang ngefans banget sampe masuk fandom-nya mereka, tapi suaranya Woosung (vokalisnya) bener-bener on another level(Anon)
  • Self-reward terbaik sih salah satunya sunmori alias Sunday morning ride sama temen-temen sekedar muter-muter pake motor ke mana pun with coffee. It’s as simple as happiness. @Yunafan__
  • Why Women Kill (season 1). Serial drama Amerika ciptaan Marc Cherry yang menceritakan tiga wanita dari tiga era berbeda (60an, 80an dan 2000an) yang semuanya memiliki masalah kesetiaan dengan pasangannya. Serial ini punya ciri khas Marc Cherry, dengan style dramatisala soap opera di dialog dan gesture, serta alur cerita yang sulit ditebak. Binge material banget! Bisa ditonton di Prime Video. (VSL13)
  • Cobain explore manual brewed coffee. Kalau buat kalian yang di area Malang bisa dateng ke Motiv Coffee Company. Mereka punya banyak pilihan beans filter dan macem-macem dripper buat yang pengen explore. Seru aja kalau explore dan bisa sharing how you want your coffee. (Anon)
Yuk guys, jangan lupa kasih rekomendasimu ya! Caranya gampang, klik aja di sini!

Quote of the day

“I’ve been searching for ways to heal myself, and I’ve found that kindness is the best way.” 
 
– Lady Gaga –

Thank you note

Thanks to HiRiR, Caramelalo, and Someone for buying us coffee today!

(Mau ikutan nraktir tim Catch Me Up! kopi? Here, here…just click hereDengan mendukung, kamu nggak cuma beliin kami kopi yang menemani kami nulis, namun kamu juga udah men-support kami untuk terus berkarya dan membuat konten-konten berkualitas yang imparsial dan bebas dari kepentingan. Thank you so much!)
Advertisement