AI Akan Mempengaruhi 40% Lapangan Kerja Global

41

AI, AI apa yang bikin takut?

Artificial intelligence. Karena kalo AI yang A ketemu Y, justru bikin seneng :))))
 
-_____-
Ehehehehehe… Anyway guys, calling out all of you yang tiap hari buka ChatGPT atau model Artificial Intelligence aka AI lainnya buat kelarin kerjaan kantor atau tugas kuliah. Cepuin nggak nih? But, ya trend AI di mana-mana emang lagi hype banget, guys. Nggak cuma individu aja yang pada manfaatin AI macem ChatGPT gitu-gitu, beberapa kantor sekarang juga udah mulai mengadopsi teknologi ini. Saking masifnya nih, Ketua International Monetary Fund (IMF), Kristalina Georgieva sampe bilang kalo AI bakal mempengaruhi 40 persen lapangan kerja global di masa depan. Meaning in the near future, 40% dari kerjaan manusia udah bisa digantiin sama AI.

Takut 🙁 Tell me everything.
Yes, jadi emang rasanya serba salah yah gimana caranya kita nyikapin perkembangan AI yang lagi masif banget beberapa tahun ini. Pengen ikut seneng karena banyak kerjaan yang jadi cepet kelar berkat AI, tapi kok takut juga nih kalo lahan kita cari cuan bakal direbut sama AI. Soalnya temuan IMF yang dirilis hari Minggu kemarin bilang kalo hampir 40 persen pekerjaan di seluruh dunia udah terpapar sama yang namanya AI, guys. Malah jumlahnya bakal makin besar nih di negara-negara maju.

Emang AI secanggih itu yah?
Balik lagi, ini tergantung sektor pekerjaan dan di mana tempat tinggal kita. Soalnya kata Bu Kristalina, ada beberapa faktor nih yang bakal mempengaruhi banyak tidaknya pengaruh AI ke lini sektor pekerjaan. Kata Bu Kristalina sih, pekerja kantoran punya risiko lebih besar terdampak AI daripada pekerja kasar macem teknisi dan orang yang kerja di sektor tambang gitu. Terus juga dari negara maju, berkembang, dan berpendapatan rendah juga punya dampak AI yang beda-beda. Terbanyak sih ada negara maju di mana ada 60 persen pekerjaan yang sekarang masih bisa di-handle manusia, di masa depan mungkin banget kena dampak AI.

Lho kok bisa?
Yah sesimpel di negara maju tuh lebih banyak orang kerja kantoran daripada mereka yang jadi pekerja kasar. Lebih lanjut, Bu Kristalina juga bilang kalo AI bisa menjalankan lebih dari separuh pekerjaan manusia di negara maju. Meskipun nggak dirinci apa aja jenis pekerjaannya, tapi Bu Kristalina yakin nih kinerja AI bisa sampe mengurangi perekrutan tenaga kerja, menurunkan upah pekerja, dan yang paling ekstrem yha jenis pekerjaan tersebut bisa ilang diambil alih AI.

Terus kalo di Indonesia gimana?
Kalo buat sekarang ini sih, AI masih jarang-jarang ada di negara kita yah. Hal ini diungkapin juga sama Managing Partner Skystar Capital, Abraham Hidayat yang bilang bahwa sekarang ini startup dan perusahaan Indonesia masih lagi nyari bentuk AI yang sesuai sama konteks Indonesia. Perlu diinget juga kalo Indonesia nih negara pemakai AI ya guys
Advertisement
, bukan produsen. Jadi ya kalo kata Pak Abraham sih, perlu dua sampe tiga tahun lagi sampe ada perusahaan yang sounding berhasil nerapin AI secara masif di Indonesia.

Berarti bisa
 chill dulu dong kita.
Well, nggak juga guys. Soalnya AI ini juga diperkirakan bakal berdampak buat 40 persen tenaga kerja di negara-negara berkembang macem India, Brazil, dan termasuk juga Indonesia. Meanwhile di negara berpendapatan rendah kayak Burundi dan Sierra Leone, dampaknya ada di angka 26%. Jadi yang paling tinggi tetap efeknya di negara-negara maju, guys.
 
TBL. TBL. TBL.
Wait until you heard about its side effect. Yep, lebih jauh Bu Kristalina juga bilang bahwa AI punya peluang buat makin memperburuk kesenjangan masyarakat. Jadi gini, kalo perusahaan-perusahaan udah nerapin AI nih, para pekerja yang bisa bertahan tuh ya cuma mereka-mereka yang bisa nge-develop dan ngerti cara pake AI. Buat yang cuma ngerti basic atau bahkan udah terlanjur kudet banget yah cuma bisa jadi pekerja kelas bawah atau apesnya ya bisa wasallam, guys. Jadi ya potensinya emang sengeri itu deh.


So, what should we do?
Well, nggak cuma nakut-nakutin doang, IMF juga kasih beberapa saran nih buat pemerintah dunia dan masyarakatnya. Pertama emang chance AI buat berkembang itu ada banget. Makanya IMF bilang kalo pemerintah perlu bikin macem-macem pelatihan yang bisa ningkatin basic skill tenaga kerjanya biar nggak tergantikan sama AI. Kita yang jadi masyarakat juga perlu mau terus ningkatin skill biar nggak kalah sama kualitas AI. Terus IMF juga bilang kalo perlu ada dasar peraturan yang kuat buat aplikasi AI itu sendiri. Jadi yah pemerintah perlu rumusin tuh gimana peraturannya sesuai dengan konteks di negaranya.

Got it. Anything else from 
IMF?
Kalo dari tadi ngomongin soal sisi negatif AI di masa depan, ternyata ada juga loh sisi positif dari teknologi ini. Yep, selain emang bikin jadi lebih produktif, para experts juga bilang kalo penerapan AI secara luas bisa ningkatin Gross Domestic Product aka GDP global sampe tujuh persen, guys. Hal ini diperkirakan juga bakal bikin pendapatan seluruh negara di dunia bakal naik dan mengubah perekonomian global.
Advertisement