Debat Cawapres Akan Dilaksanakan Besok

45

When you can’t just be debating without crying…

Then, you’re not cut out to be a Cawapres (or capres)…
GUYS, merasa debat pilpres pertama kemarin seru banget? Dari adu gagasan, adu sindiran, sampe adu quote-quote-an? Terus kamu tiba-tiba kebayang nih, “Duh ga bisa sih gue jadi capres, gue kalo debat sama pacar aja cuma 10 menit udah pengen nangis…” nah tenang guys, kamu ga harus jadi capres kok. Cukup besok aja kita nonton langsung debat serunya para cawapres. Yep, siap-siap timeline X, Instagram TikTok bakal rame lagi karena ketiga cawapres bakal berdebat hari Jumat mendatang. Here’s all you need to know. Udah kita recap semuanya, guys. Scroll down deh.

Tell. Me. Everything. 
Sure. Jadi setelah kemaren masyarakat heboh banget sama debat ketiga capres, nah sekarang, we’re ready to move to another round of debate yekan. Adapun sesuai timeline-nya KPU, debat kedua dalam Pilpres 2024 ini bakal berlangsung hari Jumat ntar, guys. Terus, sesuai timeline-nya KPU juga, debat kali ini bakal menghadirkan calon wakil presiden dari masing-masing couple. Ada cawapres nomor urut 1, Muhaimin Iskandar, terus cawapres nomor urut 2,  Gibran Rakabuming Raka, dan cawapres nomor urut 3, Mahfud MD.

I heard 
katanya nggak ada debat cawapres? 
Ya emang nggak ada. Nggak ada debat yang mempertemukan tiga cawapres ini secara head-to-head, guys. Instead, Ketua KPU Hasyim Asy’ari beberapa waktu lalu bilangnya debat cawapres tetap bakal didampingi sama pasangannya. Ya sama kayak debat capres pertama kemaren, mereka kan tetap tampil berpasangan tuh. Cuma yang maju ke tengah capresnya kan, meanwhile cawapresnya duduk manis di tempat. Nah yang ini juga gitu, keadaannya dibalik. Cawapresnya yang maju ke tengah, capres duduk mendampingi.

I see
… Terus terus? 
Lebih jauh, masih dari keterangan Pak Hasyim, debat cawapres besok formatnya bakal sama persis dengan debat yang pertama, guys. Terbagi jadi enam segmen: Di mana segmen pertama tuh  menyampaikan visi misi dan program kerja. Terus segmen kedua dan ketiga, para cawapres bakal menjawab pertanyaan yang udah disusun panelis, lanjut ke segmen keempat dan lima di mana masing-masing cawapres bakal saling tanya jawab, terus udah.. closing dah tuh.

Literally
 sama persis nggak ada yang beda? 
Oh, ada bedanya, Podium. Kalau kamu liat debat yang pertama, ketiga capres tuh kan literally berdiri aja di tengah nggak ada apa-apa lagi di panggung ya, nah buat kali ini sampai debat seterusnya, KPU bakal sediain podium. Podium ini juga sebelumnya udah disarankan sama para tim sukses masing-masing paslon sih. Jadi KPU be like, “Make sense sih. Oke yuk,” gitu. Terus, selain adanya podium, tema debat ntar juga bakalan beda, guys.

Oh iya. Temanya apaan tu?
Nah speaking of tema, KPU juga udah nyiapin nih, guys. Adapun tema dalam debat cawapres besok meliputi ekonomi dan pembangunan sih. Jadi kita bakal mendengar banyak perdebatan dan pembahasan soal ekonomi kerakyatan, ekonomi digital, pajak, perdagangan, infrastruktur, dan APBN/APBD. Lebih jauh, karena temanya ekonomi nih, maka panelis yang ditunjuk KPU ya para ekonom, akademisi dari berbagai universitas di Indonesia, dll.
Advertisement

Terus tiga cawapres itu gimana kabarnya sekarang?
Ya lagi pada siap-siap meyakinkan kamu *tsaaaah*. Tapi deg degannya ada banget tuh, lol. Yep, dalam keterangannya Selasa kemarin, Cawapres nomor urut 1, Muhaimin Iskandar bilangnya doi deg-degan mau debat. That being said, sekarang Cak Imin lagi prepare, lagi baca-baca visi misinya AMIN, terutama di bidang ekonomi di mana 60% visi misinya AMIN kan ngomongin ekonomi ya. Jadi, kudu di-review lagi. gitu. Terus dua cawapres lainnya juga gitu.

Gitu gimana?
Ya sama-sama prepare. Kayak Cawapres nomor urut 2, Mas Gibran Rakabuming. Disampaikan oleh Ketua TKD Prabowo-Gibran D.I. Yogyakaarta, Nusron Wahid, Mas Gibran sekarang lagi menjalani persiapan khusus. Nggak dijelaskan sih persiapan khususnya gimana, pokoknya Pak Nusron bilang Mas Gibran lagi makan enak, tidur nyenyak, ketawa yang banyak, ceunah. Not to mention Mas Gibran disebut udah menguasai nih topik ekonomi, dengan pengalamannya sebagai kepala daerah. Jadi ya, we can expect Mas Gibran bakal ngomongin hal-hal yang sifatnya abstrak dan case-based ntar pas debat, guys. Last but not least, kita ke Prof. Mahfud MD, yang sampai sekarang juga masih diskusi-diskusi, baca-baca data, dll. Biar pengetahuannya juga makin oke gitu, dan akhirnya siap menjalani debat.

Okay. Anything interesting? 
Oh, wait until you hear about: Debat cawapres diliat sebagai ‘Pepesan kosong’. Yep, disampaikan oleh politisi Partai Demokrat, Andi Arief, wakil presiden tuh cuma sebatas “ban serep”, guys. Tanda tangannya nggak berlaku di setiap kebijakan, dan semua kewenangan ada di presiden. Jadi debat cawapres cuma sebatas ‘pepesan kosong’ ceunah.

Emang boleh se-kosong itu???
Ya sekosong-kosongnya debat cawapres, Direktur Eksekutif Indonesian Political Opinion aka IPO, Dedi Kurnia Syah justru ngeliatnya debat tuh bisa jadi bahan pertimbangan buat orang-orang yang masih undecided mau milih siapa.  Secara, dari data Litbangnya Kompas beberapa waktu lalu, undecided voters kita tuh masih tinggi, guys, ada di angka 28,7%. Lumayan kan itu. In that sense, di momen debat inilah undecided voters itu bisa kegaet buat milih salah satu paslon, guys, either itu 01, 02, atau 03.

Got it. Now wrap it up….
Jadi ya gitu intinya ya, guysWe can expect a fruitful perspective yang diharapkan bakal bikin kita mikir, “Gue tau harus milih siapa,” atau “Gue tahu gabakal milih siapa,” lol. Dan, buat kamu nih yang nggak cuma nonton streaming tapi juga experience hadir langsung dalam debat besok, PLS patuhi peraturan debat ya, guys. Jangan bikin keributan, jangan overhyped sampai bikin situasi jadi nggak kondusif, jadi kalem-kalem aja. Kan nggak lucu debatnya di-stop gara-gaara pendukungnya nggak bisa kondusif.
Advertisement