Debat Cawapres Akan Dilaksanakan Besok, Malaysia Larang Kapal Berbendera Israel Berlabuh di Pelabuhannya, Gubernur Maluku Utara Ditangkap KPK, Ingatan Sosial Kera Sebanding Manusia

104

Good morning

Hang in there, people. We know the work days are not exciting anymore since you’re already on your holiday mode, but you got this. Just one *vice*presidential*debate* away and you’ll be all set for the weekend. In the meantume, here’s your catch up!

When you can’t just be debating without crying…

Then, you’re not cut out to be a Cawapres (or capres)…
GUYS, merasa debat pilpres pertama kemarin seru banget? Dari adu gagasan, adu sindiran, sampe adu quote-quote-an? Terus kamu tiba-tiba kebayang nih, “Duh ga bisa sih gue jadi capres, gue kalo debat sama pacar aja cuma 10 menit udah pengen nangis…” nah tenang guys, kamu ga harus jadi capres kok. Cukup besok aja kita nonton langsung debat serunya para cawapres. Yep, siap-siap timeline X, Instagram TikTok bakal rame lagi karena ketiga cawapres bakal berdebat hari Jumat mendatang. Here’s all you need to know. Udah kita recap semuanya, guys. Scroll down deh.

Tell. Me. Everything. 
Sure. Jadi setelah kemaren masyarakat heboh banget sama debat ketiga capres, nah sekarang, we’re ready to move to another round of debate yekan. Adapun sesuai timeline-nya KPU, debat kedua dalam Pilpres 2024 ini bakal berlangsung hari Jumat ntar, guys. Terus, sesuai timeline-nya KPU juga, debat kali ini bakal menghadirkan calon wakil presiden dari masing-masing couple. Ada cawapres nomor urut 1, Muhaimin Iskandar, terus cawapres nomor urut 2,  Gibran Rakabuming Raka, dan cawapres nomor urut 3, Mahfud MD.

I heard 
katanya nggak ada debat cawapres? 
Ya emang nggak ada. Nggak ada debat yang mempertemukan tiga cawapres ini secara head-to-head, guys. Instead, Ketua KPU Hasyim Asy’ari beberapa waktu lalu bilangnya debat cawapres tetap bakal didampingi sama pasangannya. Ya sama kayak debat capres pertama kemaren, mereka kan tetap tampil berpasangan tuh. Cuma yang maju ke tengah capresnya kan, meanwhile cawapresnya duduk manis di tempat. Nah yang ini juga gitu, keadaannya dibalik. Cawapresnya yang maju ke tengah, capres duduk mendampingi.

I see
… Terus terus? 
Lebih jauh, masih dari keterangan Pak Hasyim, debat cawapres besok formatnya bakal sama persis dengan debat yang pertama, guys. Terbagi jadi enam segmen: Di mana segmen pertama tuh  menyampaikan visi misi dan program kerja. Terus segmen kedua dan ketiga, para cawapres bakal menjawab pertanyaan yang udah disusun panelis, lanjut ke segmen keempat dan lima di mana masing-masing cawapres bakal saling tanya jawab, terus udah.. closing dah tuh.

Literally
 sama persis nggak ada yang beda? 
Oh, ada bedanya, Podium. Kalau kamu liat debat yang pertama, ketiga capres tuh kan literally berdiri aja di tengah nggak ada apa-apa lagi di panggung ya, nah buat kali ini sampai debat seterusnya, KPU bakal sediain podium. Podium ini juga sebelumnya udah disarankan sama para tim sukses masing-masing paslon sih. Jadi KPU be like, “Make sense sih. Oke yuk,” gitu. Terus, selain adanya podium, tema debat ntar juga bakalan beda, guys.

Oh iya. Temanya apaan tu?
Nah speaking of tema, KPU juga udah nyiapin nih, guys. Adapun tema dalam debat cawapres besok meliputi ekonomi dan pembangunan sih. Jadi kita bakal mendengar banyak perdebatan dan pembahasan soal ekonomi kerakyatan, ekonomi digital, pajak, perdagangan, infrastruktur, dan APBN/APBD. Lebih jauh, karena temanya ekonomi nih, maka panelis yang ditunjuk KPU ya para ekonom, akademisi dari berbagai universitas di Indonesia, dll.

Terus tiga cawapres itu gimana kabarnya sekarang?
Ya lagi pada siap-siap meyakinkan kamu *tsaaaah*. Tapi deg degannya ada banget tuh, lol. Yep, dalam keterangannya Selasa kemarin, Cawapres nomor urut 1, Muhaimin Iskandar bilangnya doi deg-degan mau debat. That being said, sekarang Cak Imin lagi prepare, lagi baca-baca visi misinya AMIN, terutama di bidang ekonomi di mana 60% visi misinya AMIN kan ngomongin ekonomi ya. Jadi, kudu di-review lagi. gitu. Terus dua cawapres lainnya juga gitu.

Gitu gimana?
Ya sama-sama prepare. Kayak Cawapres nomor urut 2, Mas Gibran Rakabuming. Disampaikan oleh Ketua TKD Prabowo-Gibran D.I. Yogyakaarta, Nusron Wahid, Mas Gibran sekarang lagi menjalani persiapan khusus. Nggak dijelaskan sih persiapan khususnya gimana, pokoknya Pak Nusron bilang Mas Gibran lagi makan enak, tidur nyenyak, ketawa yang banyak, ceunah. Not to mention Mas Gibran disebut udah menguasai nih topik ekonomi, dengan pengalamannya sebagai kepala daerah. Jadi ya, we can expect Mas Gibran bakal ngomongin hal-hal yang sifatnya abstrak dan case-based ntar pas debat, guys. Last but not least, kita ke Prof. Mahfud MD, yang sampai sekarang juga masih diskusi-diskusi, baca-baca data, dll. Biar pengetahuannya juga makin oke gitu, dan akhirnya siap menjalani debat.

Okay. Anything interesting? 
Oh, wait until you hear about: Debat cawapres diliat sebagai ‘Pepesan kosong’. Yep, disampaikan oleh politisi Partai Demokrat, Andi Arief, wakil presiden tuh cuma sebatas “ban serep”, guys. Tanda tangannya nggak berlaku di setiap kebijakan, dan semua kewenangan ada di presiden. Jadi debat cawapres cuma sebatas ‘pepesan kosong’ ceunah.

Emang boleh se-kosong itu???
Ya sekosong-kosongnya debat cawapres, Direktur Eksekutif Indonesian Political Opinion aka IPO, Dedi Kurnia Syah justru ngeliatnya debat tuh bisa jadi bahan pertimbangan buat orang-orang yang masih undecided mau milih siapa.  Secara, dari data Litbangnya Kompas beberapa waktu lalu, undecided voters kita tuh masih tinggi, guys, ada di angka 28,7%. Lumayan kan itu. In that sense, di momen debat inilah undecided voters itu bisa kegaet buat milih salah satu paslon, guys, either itu 01, 02, atau 03.

Got it. Now wrap it up….
Jadi ya gitu intinya ya, guysWe can expect a fruitful perspective yang diharapkan bakal bikin kita mikir, “Gue tau harus milih siapa,” atau “Gue tahu gabakal milih siapa,” lol. Dan, buat kamu nih yang nggak cuma nonton streaming tapi juga experience hadir langsung dalam debat besok, PLS patuhi peraturan debat ya, guys. Jangan bikin keributan, jangan overhyped sampai bikin situasi jadi nggak kondusif, jadi kalem-kalem aja. Kan nggak lucu debatnya di-stop gara-gaara pendukungnya nggak bisa kondusif.

Who’s saying a firm “NO!” to Israel?

Malaysia.
Still on Gaza ya, guys. So, it’s been more than two months since Israel membombardir wilayah Gaza, Palestina pada awal Oktober kemarin. Sampe sekarang ini, udah hampir 20 ribu orang dibunuh tentara Israel dan menyebabkan dua juta masyarakat Palestina nggak punya tempat tinggal. Bayangin, dari total 2,1 juta penduduk Gaza, 2 juta-nya ga punya tempat tinggal. Gila ga tu? Kebiadaban Israel ini ofc bikin banyak pihak marah dan ngelakuin berbagai tindakan macem memboikot produk pro Israel dan terang-terangan kasih sanksi mandiri ke Israel. Terbaru, negara tetangga Malaysia menjatuhkan sanksi Israel dengan melarang semua kapal berbendera Israel atau yang mau on the way ke Israel untuk berlabuh di pelabuhan-pelabuhan mereka.

Nice. Tell me everything.
You got it. Jadi as we all know, banyak negara Islam dan negara berpenduduk mayoritas muslim tuh nggak menjalin hubungan diplomasi sama Israel, guysYou can name it lah, negara-negara macem Malaysia, Iran, termasuk Indonesia tuh sengaja nggak punya hubungan diplomatik sama Israel demi menghormati perjuangan Palestina untuk merdeka dari negara zionis ini. Nah, sejak gempuran Israel kembali menyerang Palestina di awal Oktober kemarin, banyak negara yang hilang respect nih sama Israel.

Hilang respect gimana tuh?
Jadi, negara-negara yang sebelumnya punya hubungan diplomatik sama Israel macem Bolivia, Kolombia, sampe Chile tuh udah menarik duta besar mereka dari sana. Meanwhile, negara-negara lain juga udah pada kasih sanksi ke Israel atas berbagai serangannya ke wilayah Gaza, Palestina. Kayak Yordania yang ngebatalin perjanjian pertukaran energi sama Israel. Terus yang terbaru adalah Malaysia, yang juga udah melarang aka nge-ban semua kapal berbendera Israel atau yang mau on the way ke Israel untuk berlabuh di pelabuhan-pelabuhan milik mereka.

Go on…
Sure. Jadi ban ini tuh baru diumumin kemarin banget sama Perdana Menteri Malaysia, Anwar Ibrahim. Kebijakan ini diambil sebagai respon Malaysia terhadap aksi genosida yang Israel lakukan kepada masyarakat Palestina. Sebelum ada aturan ini, kapal-kapal dari perusahaan Israel tuh masih diizinkan buat berlabuh di Malaysia. Izin ini udah mereka dapet dari tahun 2005 malah. Tapi karena ada aturan baru ini, ofc izin berlabuh buat kapal berbendera Israel atau yang mau on the way ke Israel pun dicabut dan bener-bener dilarang, guys.

That’s a good move.
Iyesss. Nggak cuma larangan berlabuh doang. Dari awal, Malaysia juga serius kasih sanksi mandiri ke Israel dengan memuat larangan bepergian ke Israel bagi warganya. Yep, di paspor Malaysia tuh tertulis aturan yang bilang, “Valid for all countries except Israel.” Jadi yah emang pemerintah Malaysia tuh serius banget buat melarang masyarakatnya ngelakuin perjalanan ke Israel. Pokoknya ke mana aja boleh asal nggak ke Israel.

Indonesia nggak pengen nge-ban Israel juga nih?
Well, kalo soal ini sih, Kemenlu Indonesia udah kasih statement di awal November kemarin. Pas itu, banyak tekanan dari beberapa pihak biar Indonesia minimal kasih sanksi mandiri lah ke Israel atas berbagai bombardirnya di wilayah Gaza. Nah, tekanan ini dijawab sama Jubir Kemenlu, Lalu Muhammad Iqbal yang bilang bahwa Indonesia udah kasih sanksi ke Israel dengan nggak pernah mengakui negara itu (???). Lebih lanjut, perwakilan dari Kemenlu juga bilang, “Pada saat sejumlah negara Islam membuka hubungan dengan Israel, dan mereka mendorong kita untuk ke Israel kita tetap pada prinsip sampai mereka mengakui kemerdekaan Palestina.”

Tapi urusan perdagangan Indonesia-Israel masih jalan lho.
Iya lagi. FYI aja nih, meskipun Indonesia nggak punya hubungan diplomatik sama Israel, tapi banyak juga lho kerja sama antara Indonesia sama Israel tuh. Salah satunya yha dari segi perdagangan di mana nilai ekspor Indonesia ke Israel tuh cenderung naik terus dari 2019 lalu. Malahan kalo diliat dari Badan Pusat Statistik aka BPS, per kuartal III tahun 2023, nilai impor Indonesia dari Israel tuh mencapai USD14,4 juta atau sekitar Rp226 miliar, guys.

WEH. GIMANA SI.
Makanya nih, guys. Lebih jauh, sebelumnya Wakil Ketua Kamar Dagang Israel dan Indonesia bernama Emanuel Shahaf pada 24 Oktober kemarin bilang kalo relasi perdagangan antara Indonesia dan Israel tuh dilakukan antar pihak swasta gitu. Jadi yha pelaku usaha Indonesia perlu pake pihak ketiga atau menghadiri agenda pameran dagang internasional untuk bisa menjalin bisnis relasi sama Israel. Kalo nggak, bisa juga dengan dateng ke Kamar Dagang Israel Indonesia yang ada di Kedutaan Israel di Singapura untuk dibantu dikoneksikan ke perusahaan Israel.
Advertisement

Kenapa pemerintah kita nggak nge-ban hubungan pedagangan juga?
Yak… gimana Pak Zulhas? Atau Bu Retno? Atau Pak Jokowi? Ehehehe anyway ya guys, sebelumnya juga Plt Kepala BPS, Amalia Adininggar pada 22 Oktober kemarin bilang kalo meskipun nggak ada hubungan diplomatik, hubungan dagang antar negara tetep bisa-bisa aja, guys. In her words, Ibu Amalia bilang, “Hubungan dagang tetap bisa dilakukan karena ini adalah sifatnya bisnis to bisnis.” Jadi yah, masih belum ada tindakan yang jelas nih dari pemerintah Indonesia buat kasih sanksi mandiri ke Israel kayak yang udah Malaysia lakuin.

WEIRD but OK.
 Anything else?
Nggak cuma soal perdagangan doang nih, hubungan antara Israel dan Indonesia juga sempet ada di berbagai sektorguys. Mulai dari sektor pertanian, kesehatan, pariwisata, sampe pendidikan ada semua. Tapi yha gitu, bisa dibilang sih kerja sama ini terjalin antar pihak swasta. Belum tau juga deh gimana updates perkembangan kerja sama mereka setelah Israel membombardir Gaza dalam lebih dari dua bulan ini. But yang jelas sih, banyak pihak yang mendesak pemerintah Indonesia untuk mengkaji sanksi mandiri yang lebih konkret buat Israel atas segala kelakuannya selama ini.

Now, let’s speed you up on to: Kepala Daerah Ditangkap KPK….

Same old story, no?
Nambah lagi deh list superrrr panjang kepala daerah yang terjerat korupsi. Mulai dari level bupati, sampai gubernur, ya ada aja yang harus pake rompi oranye gemesh-nya KPK. Kali ini, kita bakal bahas kasusnya Gubernur Maluku Utara, Abdul Gani Kasuba, yang diduga udah menerima suap sampai miliaran Rupiah. Akhirnya, Senin kemaren, Pak Gani udah berhasil ditangkap KPK dan ditetapkan sebagai tersangka.

Here we go again
. Yang ini gimana ceritanya?
Gini gini. Let’s fly to Provinsi Maluku Utara, shall we? Yang harus kamu tahu adalah, Provinsi Maluku Utara ini merupakan salah satu provinsi yang jadi prioritas pemerintah pusat buat pembangunan infrastruktur, guys. Dapat kucuran dana gede kan mereka tuh dari APBN. Dari situ, ada sejumlah pembangunan jalan dan pembangunan jembatan dengan nilai anggaran up to Rp500 M. Terus yang nge-handle siapa? Ya Gubernurnya lah. So now, everybody meet: Abdul Gani Kasuba.

I am reading…
Little did we know, Pak Gani ini cara mainnya agak laen nih, guys. Doi, sama tiga orang kepala dinasnya dengan sengaja ngatur dan nentuin kontraktor mana aja yang dapat proyek. Nah karena udah dapat proyek, kontraktor itu kemudian harus bayar semacam setoran gitu yang besarannya juga ditentuin sama Pak Gani. Simpelnya kayak, “Eh gue kan udah kasi lu proyek nih. Ya udah sini setor dulu sekian, mana duit lu,” gitu. Terus si kontraktor itu mau bayar? Ya mau. Duitnya bahkan ditransfer ke rekeningnya orang kepercayaan Pak Gani. Terus proyeknya? Sama Pak Gani, proyek ini disuruh dimanipulasi progresnya seolah udah kelar 50%, guys. Tujuannya, ya biar duit anggaran cepet cair.

Wah alig…. 
We know riteee. Makanya, atas laporan dari masyarakat, Komisi Pemberantasan Korupsi gercep dong menelusuri kasus ini. Hasilnya, jeng jeng… Senin kemaren, Pak Gubernur Abdul Gani Kasuba berhasil ditangkap KPK di sebuah hotel di Jakarta Selatan. Adapun selain Pak Gani, KPK juga menangkap sebanyak 18 orang lainnya yang diduga terlibat dalam kasus ini nih, guys. Ada yang ditangkap di Jakarta, dan ada juga yang ditangkap di Ternate, Maluku Utara. Diperiksa di KPK, dan akhirnya, KPK menetapkan tujuh orang sebagai tersangka. Mulai dari Pak Gani, terus tiga orang kepala dinas yang tadi diomongin, terdiri dari: Kepala Dinas PUPR Maluku Utara, Daud Ismail, Kepala Dinas Perumahan dan Pemukiman Maluku Utara, Adnan Hasanudin. Kepala BPPBJ, Ridwan Arsan. Terus orang kepercayaannya Pak Gani, Ramadhan Ibrahim. Plus si kontraktor pengusaha atas nama Stevi dan Kristian Wuisan.

Jadi, ini tuh jatohnya suap, ya? 
Ya iya. Adapun disampaikan oleh Wakil Ketua KPK, Alexander Marwata dalam keterangannya kemaren banget nih, Pak Gani diduga udah menerima suap sebesar Rp2,2 M, guys. Duitnya dikemanain? Well, Pak Alex sih bilangnya duit itu udah dipake buat keperluan pribadi, kayak bayar nginep hotel di Jaksel, sampai bayar dokter gigi. Makanya, waktu ditangkap kemaren, KPK juga berhasil menyita uang tunai alias cash sebanyak Rp725 juta yang dijadiin barang bukti deh.

HMMM. I believe 
Pak Gani has a say….
Of course. Dalam keterangannya kemaren, Pak Gani bilangnya dia nggak ngerti sama masalah korupsi yang sekarang happening melibatkannya ini, guys. Menurut doi, ya ini tuh risiko jabatan. FYI, Abdul Gani Kasuba udah jadi Gubernur Maluku Utara selama dua periode, ygy. In his words, gini nih Pak Gani bilangnya, “Artinya sudah berusaha selama dua periode. Tapi akhirnya jabatan terakhir tersandung persoalan seperti ini. Saya kira itu adalah risiko jabatan. Saya nggak ngerti,” katanya. But still, doi juga minta maaf guys ke masyarakat, khususnya masyarakat Maluku Utara, karena ada kejadian kayak gini.

Bisa-bisanya minta maaf… Anything else? 
Yakan, sekarang minta maaf, padahal dari tahun 2022 lalu, Presiden Joko Widodo tuh udah pernah ngingetin doi, gengs. Ngingetin hati-hati sama praktik korupsi. Iya, to give you some context, dari akhir tahun 2022 lalu, Pak Jokowi tuh udah aware bahwa pertumbuhan ekonomi di Maluku Utara tuh meningkat tinggi banget, sampai 27%. Harga-harga di pasar juga stabil. Inflasi juga rendah, which is good, dong. Makanya, Pak Jokowi ngingetin jangan sampai jadi nggak baik. Jangan main-main. Jangan salah policy. Eh, beneran kecebur sekarang :))). Pak Gani dan enam tersangka lainnya sekarang udah ditahan di Rutan KPK sampai at least 20 hari ke depan, guysLet’s see where this case is going, ya.

When you’re always forgetful…

So in this case, apes are better than you.
Yep, ini beneran lho, guys. Studi yang dilakukan pada kera yang ada di tiga kebun binatang di Skotlandia, Belgia, dan Jepang menunjukan bahwa seekor kera tuh ternyata bisa mengenali kera lain yang pernah ia temui meskipun mereka udah nggak pernah bertemu lagi selama 26 tahun. Jadi metode penelitian ini meminta seekor kera untuk ngeliatin dua foto kera. Salah satu dari foto itu adalah temennya yang pernah mereka lihat dalam kurun waktu 26 tahun yang lalu. Dan hasilnya ternyata kera tersebut cenderung jauh lebih lama menatap foto kera yang pernah ia temui dalam 26 tahun tersebut, guys. Ini membuktikan bahwa meskipun udah lama banget seekor kera nggak bertemu sama temennya, tapi mereka tetep masih inget dan mengenali kera tersebut.
 
Lebih lanjut, penelitian ini juga membuktikan kalo ingatan sosial kera tuh bisa aja sebanding sama manusia, guys. Yep, di penelitian itu disebutin kalo manusia cenderung lupa sama manusia lainnya setelah 15 tahun nggak bertemu. Meskipun ya ada juga yang tetep masih inget sampe 48 tahun nggak bertemu. Nah, para peneliti kera ini masih yakin kalo kera bisa punya ingatan sosial mendekati seumur hidup mereka. Penelitian ini juga diharapkan bisa jadi campaign nyata buat manusia biar nggak sembarangan merusak hutan yang jadi rumah para kawanan kera dan membuat mereka terpisah satu sama lain.

“Kami tidak khawatir,”

Gitu guys kata Wakil Sekretaris TPN Ganjar-Mahfud, Arwani Thomafi pas ditanya tanggapannya soal mantan cawapres Pak Jusuf Kalla yang baru aja mendeklarasikan dukungannya untuk pasangan Pak Anies Baswedan dan Muhaimin Iskandar (AMIN). Terkait dukungan ini, TPN sih ngga khawatir. Secara, semua orang berhak menyatakan dukungannya dalam pilpres, gitu katanya.
 
When your 2023 has been great and next year will be too…

Announcement


Thanks to MagaBan37 and Someone for buying us coffee today! 

Mau ikutan nraktir tim Catch Me Up! kopi? Here, here…just click here Dengan mendukung, kamu nggak cuma beliin kopi yang menemani kami nulis, namun kamu juga udah men-support kami untuk terus berkarya dan membuat konten-konten berkualitas yang imparsial dan bebas dari kepentingan. Thank you so much!

Catch Me Up! recommendations

If you’re gonna have your nephew/nieces at home for Christmas this year, here are things to keep them occupied…
Advertisement