Penyebaran Nyamuk Wolbachia Tekan Angka DBD

49

Now everybody meet…

Wolbachia Mosquitoes.
Guys kalian pasti punya mutual dari temen, keluarga, tetangga, atau mungkin diri kamu sendiri yang pernah kena demam berdarah, rite? Yep, penyakit infeksi oleh virus Dengue yang ditularin sama nyamuk Aedes aegypti ini kayak selalu ada aja tiap tahun. Tahun 2022 kemarin aja, ada lebih dari 130 ribu kasus demam berdarah dengan angka kematian lebih dari 1.100 orang. Nah buat menekan banyaknya jumlah kasus demam berdarah ini, pemerintah kita berupaya berinovasi, salah satunya lewat penyebaran nyamuk Wolbachia.

Nyamuk apa lagi tuh?
Jadi sebenernya Wolbachia tuh bukan nama nyamuk, guys. Wolbachia tuh merupakan nama bakteri yang cuma hidup di serangga, termasuk nyamuk. Nah, Wolbachia yang ada di tubuh nyamuk Aedes aegypti tuh dapat menurunkan replikasi virus dengue. Jadinya kapasitas nyamuk sebagai vektor dengue tuh bakal berkurang. Penting diinget juga kalo nyamuk ini juga bukan hasil modifikasi genetik, ygy. Wolbachia yang dimasukkan ke dalam tubuh Aedes aegypti udah identik dengan Wolbachia yang ada di inang aslinya.

Tell me more about it.
You got it. Di Indonesia sendiri, penelitian soal nyamuk Wolbachia udah mulai dari 2011 lalu. Nah nyamuk jantan ber-Wolbachia yang kawin sama nyamuk betina tanpa Wolbachia tuh telurnya nggak akan menetas, guys. Tapi kalo nyamuk betina ber-Wolbachia kawin dengan jantan tanpa ber-Wolbachia, seluruh telurnya tetep bakal menetas. Cuma telur yang menetas ini bakal mengandung Wolbachia semua tuh. Kalo udah gitu, mayoritas nyamuk Aedes aegypti bakal punya vektor dengue yang berkurang. Dan ofc tenang aja, Wolbachia nggak akan bisa hidup di tubuh manusia.

Tapi tetep aja nyamuk kan?
Ya memang, guys. Bentuk dan suaranya yang “ngunnggg ngunnggg” gitu tetep aja berisik, wkwkwk. Tapi ya balik lagi, kalo nyamuk Wolbachia tuh bisa menurunkan kasus demam berdarah hingga 70 persen. Bukti nyatanya juga udah ada dan dialami sendiri sama masyarakat Yogyakarta dari 2017 lalu. Lewat sosialisasi yang baik dengan masyarakat setempat, dimulailah uji coba nyamuk Wolbachia di empat dusun yang ada di Yogyakarta. Hasilnya pun memuaskan banget, guys. Tiga RW yang ada di Kelurahan Cokrodiningratan, Yogyakarta samsek nggak ditemuin kasus demam berdarah sejak uji coba tersebut.

Emang gapapa ya kalo kena gigit nyamuk Wolbachia?
Palingan ya bentol-bentol sama gatel gitu doang sih. Hal ini juga legit disampein sama peneliti utama nyamuk Wolbachia di Yogyakarta sekaligus Guru Besar Fakultas Kedokteran UGM bernama Adi Untarini yang bilang kalo efek gigitan nyamuk Wolbachia tuh sama dengan nyamuk biasa. Lebih lanjut beliau juga memastikan kalo nyamuk ini tuh aman karena bakteri Wolbachia cuma bisa hidup dan berkembang di serangga doang.

Terus kenapa nggak langsung disebar aja ke seluruh Indo?
Yha sabar dong, guys. Bertahap gitu lho. Lagian sekarang tuh Kemenkes udah bersiap menyebarkan nyamuk Wolbachia ke lima kota yang ada di Indonesia. Hal ini disampein sama Staf Teknis Komunikasi Transformasi Kesehatan Kemenkes, Ngabila Salama pada Senin kemarin yang bilang sesuai dengan SK Kemenkes, nyamuk Wolbachia bakal disebar ke Jakarta Barat (DKI Jakarta), Bandung (Jawa Barat), Semarang (Jawa Tengah), Bontang (Kalimantan Timur), dan Kupang (NTT).

Sooo everybody’s OK with this policy?
Well, ternyata nggak juga sih, guys. Rencana penyebaran telur nyamuk Wolbachia di Bali terpaksa ditunda karena menuai pro dan kontra di masyarakat. Padahal MoU dengan Pemerintah setempat udah dikantongi tuh. Tapi, karena masih ada pro dan kontra di tengah masyarakat soal nyamuk Wolbachia ini, pihak terkait perlu kembali memperjelas sosialisasi ke masyarakat soal efek positif nyamuk ini.

Got it. Now wrap it up, please.
Gara-gara penelitian nyamuk Wolbachia didanai Bill & Melinda Gates Foundation pada 2010 lalu, muncul istilah ‘nyamuk Bill Gates’ di kalangan netizen untuk menamai nyamuk ini. Nggak cuma sekedar nama doang nih, tapi banyak juga kabar bohong alias hoaks yang disebarkan soal nyamuk ini. Mulai dari bisa bikin radang otak, senjata baru Bill Gates, dan macem-macem lah. Huh, emang sebenernya Bill Gates pernah salah apa sih, guys? Dari vaksin Covid-19 lalu sampai nyamuk Wolbachia ini, pasti ada aja nama Bill Gates buat jadi konten hoaks di Indonesia.
Advertisement