Pemilu Flash 18 September 2023

85

As always. Meet Monday, meet….Pemilu Flash!

DUARRR… It’s official, everybody. PKS yang dari kemaren nggak pernah keliatan di berbagai acara Anies Baswedan-Muhaimin Iskandar akhirnya fix mantep mendukung pasangan bakal capres-cawapres ini. More on those, just scroll down.

  • PKS made a move on AMIN. Well, as we all know Ketua Umum Partai NasDem, Surya Paloh tuh kan udah men-declare Muhaimin Iskandar sebagai Bakal Cawapres pendamping Anies Baswedan yah. Nah, move ini tuh rada-rada one sided, guys, aka dari Nasdem doang. Makanya The OG Koalisi Perubahan yang juga diisi oleh Partai Demokrat dan PKS langsung bereaksi. While Demokrat langsung cabut, Partai Keadilan Sejahtera aka PKS tuh awal-awal masih kayak galau gitu lo. Katanya dukung, tapi dua kali meeting pertama pasca deklarasi AMIN, para Pak Ustad ga ada yang keliatan. So, people were like, jadi dukung AMIN gak, taaaaz?
  • ACC donk. Nah akhirnya, the result is hereeverybody. Melalui hasil Rapat Majelis Syuro yang digelar Jumat lalu, Presiden PKS Ahmad Syaikhu legit men-declare “Menyetujui dan mendukung” Cak Imin mendampingi Pak Anies di Pilpres mendatang. In their words: “PKS optimistis dapat mengokohkan kemenangan yang didasari semangat ukhuwah Islamiyah, ukhuwah wathaniyah kebangsaan, dan ukhuwah insaniyah.”
  • Nggak bisa langsung diputuskan. Yep, lebih jauh, Sekjen PKS Aboe Bakar Al-Habsyi juga menyebut partainya itu sepakat nge-acc Cak Imin karena sosok Cak Imin lah yang dinilai dibutuhkan Koalisi Perubahan. Pak Aboe bilangnya gini: “Ahlan wa sahlan. Cocok. Bersambut. Hanya tidak bisa langsung diputuskan.”
  • Respons Anies-Cak Imin. Menyikapi keputusan PKS ini, ya mereka berdua sih seneng-seneng aja ya, guys. Bersyukur gitu. Makin solid makin kuat. Bahkan, Cak Imin menilai dengan kekuatan ini, pihaknya bisa banget meraup suara sampai 39%. Khususnya di DKI Jakarta, Jawa Barat, dan beberapa wilayah Sumatera (which udah jadi basisnya PKS dari dulu).
  • Talking about Cak Imin… Kamu pasti kepo kalau dua bakal capres lainnya, Prabowo Subianto dan Ganjar Pranowo pendampingnya siapa. Nah kalau dari kubu Prabowo sih proses penjajakan cawapres masih terus berlangsung. Salah satunya ada nama Ridwan Kamil nih yang Rabu kemarin ketemu Prabowo dalam sebuah momen makan bersama. Pertemuan ini tuh sampe di-upload Prabowo Instagram pribadinya dengan caption Bahasa Sunda yang ngomongin soal cilok, wkwkwk.
  • Kemungkinan sih bahas Pilpres. Yep kalimat ini tuh disampaikan Sekretaris Jenderal Partai Gerindra, Ahmad Muzani ketika ditanya terkait pertemuan Prabowo dengan Ridwan Kamil, Kamis kemarin. Lebih lanjut, Pak Muzani juga bilang kalau momen makan bersama ini tuh jadi pertemuan dua sahabat lama aja, gitu.
  • Sebelumnya udah ketemu Megawati. Nah iya nih. Padahal Minggu lalu tuh Kang Ridwan Kamil udah duluan ketemu sama Ketua Umum PDIP, Megawati. Yha meskipun Sekretaris Jenderal PDIP, Hasto Kristiyanto bilang pertemuan ini cuma bahas pembangunan monumen Plaza Ir. Soekarno di Bandung, tapi masak sih nggak ada obrolan soal potensi Ridwan Kamil buat jadi cawapres Ganjar?
  • Ridwan Kamil as cawapres atau cagub? Nah ini yang lagi ditegaskan Partai Golkar, guys. Sabtu kemarin, Ketua DPP Partai Golkar, Dave Laksono tuh tegas kalau cawapres dari Golkar tuh yha Airlangga Hartarto. Nah kalau Ridwan Kamil ini tuh emang lagi disiapkan buat Pilgub DKI atau Jawa Barat. Tapi karena ini kontestasi politik, katanya semua masih bisa berubah.
  • Respon Pak Airlangga gimana? Well, Ketua Umum Partai Golkar, Airlangga Hartarto mengaku bahwa dirinya udah tau bahwa Kang Emil bakal bertemu Pak Prabowo Sabtu kemarin. Doi juga bilang bahwa dirinya tau pertemuan itu bahas apa. Katanya, pertemuannya sih bersifat kekeluargaan aja dan topiknya nggak melulu soal politik, guys.
  • Golkar spilled the tea. Masih dari Airlangga Hartarto yang nge-spill nih bakal ada partai baru di Koalisi Indonesia Maju (KIM)  pengusung Prabowo Subianto. Kamis kemarin, Pak Airlangga cuma bilang nih kalau ciri partai yang akan gabung ini tuh punya warna yang sama dengan partai yang udah ada di KIM. Lebih lanjut Pak Airlangga juga nggak mau nge-spill 
    Advertisement
    ini terlalu jauh.
  • Fix Demokrat kah? Indikasinya sih gitu ygy. Jumat kemarin, Wakil Sekretaris Jenderal PAN, Fikri Yasin lebih mengerucutkan ciri-ciri partainya lagi nih. Beliau bilang kalau yang akan bergabung tuh partai parlemen, guys. Dari sini dinalar aja lah, kan cuma tinggal Demokrat nih yang belum punya koalisi setelah memutuskan mencabut dukungan ke Anies Baswedan.
  • Demokrat fix gabung? Wah ini seru banget nih. Soalnya kemarin banget, Ketua Majelis Tinggi Demokrat, SBY berserta Ketua Umum Demokrat, AHY dan rombongan bertamu ke kediaman Prabowo di Hambalang, Jawa Barat. Di sana rame banget soalnya para anggota KIM tuh ada. Mulai dari Ketua Umum Golkar, Airlangga Hartarto, Ketua Umum PAN, Zulkifli Hasan, Ketua Umum Gelora, Anis Matta, sampai Jenderal TNI (Purn) Agum Gumelar dan Jenderal TNI (Purn) Wiranto juga ikut hadir.
  • Fix dukung kan berarti? Iyesss. Pas banget nih waktu mimin nulis semalem, ternyata pada sambutannya, Pak SBY menyatakan bahwa Demokrat menyatakan dukungannya secara resmi ke Prabowo Subianto sebagai Capres di Pilpres 2024 nanti. Hal ini dikonfirmasi langsung sama Wakil Ketua Umum PAN, Viva Yoga Mauladi, kemarin Minggu. Kata Pak Viva, salah satu alasan Demokrat mendukung Prabowo karena udah nyaman, guys.
  • Anies dan Prabowo udah sama-sama dapet dukungan baru nih, Ganjar piye? Well, after kemarin rame-rame karena ‘endorse’ adzan, Pak Ganjar ternyata sempet ngopi-ngopi nih sama Menteri Koordinator bidang Politik Hukum, dan Keamanan, Mahfud MD, Minggu lalu. Pertemuan ini sampai diabadikan Mas Ganjar lewat akun Instagram miliknya. Nah, apakah pertemuannya ngomongin soal cawapres? Kata Prof Mahfud sih engga, gengs..
  • Ada siapa lagi selain Mahfud MD? Well, bursa cawapres Pak Ganjar emang masih dalam tahap penjajakan banget nih sekarang. Salah satu nama cawapres adalah Ridwan Kamil, mantan Gubernur Jawa Barat yang kini kader Golkar. Adapun isu Kang Emil berpotensi jadi cawapresnya Mas Ganjar tuh muncul setelah Wakil Ketua Umum Golkar, Melchias Markus Mekeng menyebut Kang Emil lebih pas berduet dengan Mas Ganjar, padahal  kita sama-sama tahu kalau saat ini, Golkar ada di kubunya Prabowo, rite?
  • Soal anggaran Pilpres aman? Kalau kata Presiden Jokowi sih aman, guys. Yha meskipun anggaran Pilpres 2024 mendatang baru cukup untuk satu putaran aja, tapi kalau kata Pak Jokowi mah nanti bisa dianggarin lagi buat putaran kedua sama Menteri Keuangan, gitu.
  • Kalo jadwal pemilu gimana? As we all know, KPU emang baru aja memajukan jadwal pendaftaran Capres dan Cawapres mulai dari 10 Oktober sampai 16 Oktober 2023. Jadwal ini tuh maju dari sebelumnya yang dijadwalkan pada 19 Oktober sampai 25 November 2023. Pemajuan ini dilakukan atas berbagai pertimbangan seperti meredakan ketegangan politik lebih cepat, masyarakat dapat mengetahui lebih awal soal capres dan cawapresnya, dan tiap capres dan cawapres punya waktu lebih lama untuk bersaing.
Advertisement