Pemimpin Negara Gagal Bahas Solusi Penggundulan Hutan Amazon

157

When deforestation is going wayyyyy crazier….

In Amazon.
Another sad story from our Mother Earth. Kali ini, kita mau bahas soal penggundulan hutan aka deforestasi yang sampai sekarang terus terjadi, khususnya di Hutan Amazon di Amerika Selatan, yang merupakan hutan hujan terbesar di dunia. Nah kemarin, pemimpin negara-negara di Amerika Selatan ngumpul buat ngomongin masalah ini, guys. But you know what, pemimpin negara-negara ini disebut failed to share a common goal to save Amazon.

Hold on. I need some background. 
You got it. Jadi gini ceritanya. As we all know fungsi Hutan Amazon buat kelangsungan kehidupan di Bumi tuh kan vital banget yah. Hal ini karena emang hutan tuh memiliki banyak fungsi, kayak penghasil oksigen, menyerap karbon, you name it deh. Nah tapi, as the time goes by, dan seiring dengan climate crisis yang makin gila *uhuk, Hutan Amazon juga semakin vulnerable, guys. Iya, banyak terjadi deforestasi di sana. Tahun lalu, Global Forest Watch mencatat udah ada lahan seukuran negara Swiss yang hilang di Amazon gara-gara deforestasi.

:((((
Hal ini of course jadi concern tersendiri buat negara-negara di Amerika Selatan where Amazon is located kan. Mulai dari Brazil, Peru, Venezuela  Colombia, Guyana, Suriname, Bolivia, sampai Ecuador. Ada delapan negara tuh tepatnya, dan tergabung dalam Amazon Cooperation Treaty Organization. Nah karena ngeliat urgency masalah ini, pemimpin delapan negara ini pun kemarin ngumpul di Kota Belem, Brazil. But the thing is, mereka disebut gagal menyepakati tujuan bersama untuk menyelamatkan Hutan Amazon, guys.

HAHHH??
Gini gini. Jadi pada awalnya, narasi yang digaung-gaungkan selama bertahun-tahun tuh adalah soal menghentikan deforestasi di Hutan Amazon kan. Iya, by 2030 nanti, kudu tercapai yang namanya Zero Deforestation di Hutan Amazon. Tapi menurut mereka hal itu nggak possible, guys.

Kok gitu??
Yha karena menurut negara-negara ini, kelangsungan hidup Hutan Amazon, termasuk deforestasi tuh nggak bisa sepenuhnya dibebankan sama negara-negara Amerika Selatan aja, guys. Secara, yang mendapatkan sumber daya dan manfaat dari hutan itu kan juga negara-negara lain karena dipakai secara global. That being said, kalau mau nol deforestasi, negara lain khususnya negara kaya tuh kudu bantu mereka dalam hal ini, gitu ceunah.

I see…
Nah situasi mulai ribet ketika Presiden Kolombia, Gustavo Petro speak up. Gustavo Petro bilangnya negara lain tuh kudu stop cari dan gali bahan bakar fosil dari Hutan Amazon. Karena dengan pencarian dan penggalian bahan bakar fosil inilah,climate crisis tuh jadi berdampak lebih luas.

Huft…
Tapi on top of all, di saat pertemuan itu juga, negara-negara ini sepakat buat membentuk kerja sama dan make sure kelangsungan hutan tetap terjaga lewat pembangunan ekonomi yang berkelanjutan. Selain itu, Presiden Brazil Lula da Silva juga bilangnya bakal melakukan perlindungan hutan yang disertai dengan social inclusion, economic growth, serta inovasi teknologi.

Got it. Anything else I should know? 
Anyway, meski isu soal deforestasi ini makin mengkhawatirkan, tapi kamu harus tahu bahwa di bawah pemerintahan Presiden Brazil yang baru, Lula Da Silva, deforestasi Hutan Amazon tuh jauh menurun lo, guys. Bahkan angkanya sempat turun sampai 66% dibandingkan dengan yang terjadi tahun lalu, di bawah kepresidenan Jair Bolsonaro. Kalau kata Menteri Lingkungan Brazil, Marina Silva, kebijakan pemerintah yang sekarang, termasuk ningkatin pengawasan dan mendenda pelaku jadi salah satu faktor sih dalam hal ini.


Keep going Pak Lula!!!!
Advertisement