Mantan PM Thailand Kembali Setelah Pengasingan 15 Tahun

185

Ada drama Thailand, tapi bukan Nanno…

Tapi mantan Perdana Menteri Thailand, Thaksin Shinawatra.
Thailand lagi heboh nih guys, soalnya Selasa kemarin banget, salah satu mantan Perdana Menteri mereka yang iconic dan legendaris akhirnya kembali setelah lebih dari 15 tahun hidup di pengasingan. Nggak tanggung-tanggung, itu orang langsung dijebloskan ke penjara nggak lama setelah mendarat. So now, everybody meet: Thaksin Shinawatra.

Wait, Thaksin who? 
Thaksin Shinawatra. To give you some background, Khun Thaksin ini adalah salah satu politisi yang berpengaruh dan dikenal mendominasi politik Thailand selama beberapa dekade, guys. Terpilih sebagai Perdana Menteri tahun 2001 lalu, Thaksin pinter banget mainin basisnya di mana doi berhasil bikin kebijakan yang bikin masyarakat pedesaan suka sama dia. Kayak kebijakan ketenagakerjaan, kesehatan, dan kesejahteraan ekonomi.

So, is he good? 
Wait until you hear about: Sama kaum-kaum elit dan konservatif Krungthep Mahanakhon alias Bangkok, dia dituduh melakukan korupsi, bertindak otoriter, dan melakukan pelanggaran HAM. Later on, berangkat dari tuduhan inilah, pada tahun 2006 lalu, terjadi peristiwa sejarah super penting bagi Thailand yang ended up menggulingkan posisi Khun Thaksin dari jabatannya, guys.

Apatuu? 
Ada kudeta yang dipimpin sama pasukan militer di sana. Iya, kayak yang sekarang terjadi di Myanmar tuh juga pernah terjadi di Thailand, guysLet’s go back to that moment, shall we? Tepatnya tanggal 19 September 2006, Thailand tuh heboh banget sama pasukan militer lengkap dengan tank-tank nya yang menyebar di seluruh jalanan Bangkok. Darurat militer pun diumumkan. Kantor perdana menteri juga disebut udah direbut sama pasukan militer. Pokoknya chaos banget lah keadaanya pada hari itu, guys.

OMG…
Nah Khun Thaksin yang pada saat itu lagi ada di New York untuk UN General Assembly pun nggak bisa apa-apa. Iya, dia nggak bisa balik ke Thailand sejak saat itu, guys. Dia pun lengser dari jabatannya sebagai perdana menteri. Meaning, kudeta yang dilakukan pasukan militer ini berhasil dong. Dan sejak saat itu, pemimpin kudeta atas nama Letjen Sonthi Boonyaratglin pun diangkat sebagai Perdana Menteri Thailand. Khun Thaksin? Doi mengasingkan diri dan nggak pernah balik lagi sejak 2008, gengs.

FOR REALLL?
Serius. Imagine dia dituduh melakukan pelanggaran HAM, terus diduga terlibat ‘perang narkoba’, sampai dugaan abuse of power. Ya Khun Thaksin juga mikir dong, “Tuduhan gini pasti motifnya politik” dan bahaya banget kalo doi malah balik. Makanya instead of pulkam, doi memilih untuk berkelana, guys. Ke Inggris, ke Dubai, dll. Nah update-nya, setelah lebih dari 15 tahun in exile nih, Selasa kemarin, Thaksin Shinawatra akhirnya kembali ke Thailand deh.

Wow…
Yep. Mendarat di Bandara Don Mueang dari SG, Khun Thaksin pun akhirnya kembali ke Thailand, guys. Banyak lah yang nyambut dia dari jajaran pendukungnya. Cuma ya gitu, nggak lama setelah dia mendarat, doi langsung diarahkan menuju pengadilan untuk menjalani proses hukum. Yep, Mahkamah Agung Thailand udah menetapkan Khun Thaksin dipenjara selama delapan tahun, guys.

Terus kenapa mau balik kalau tahu dipenjara?
Nah soal itu. Para analis dan pengamat ngeliatnya ya ini nggak terlepas dari situasi politik yang sekarang lagi happening di Thailand, guys. Yep, FYI di Thailand tuh sekarang tuh lagi parliamentary election, yang bakal memilih Perdana Menteri baru kan. Tebak siapa coba yang kepilih? Yep, politisi Partai Pheu Thai bernama Sretha Thavisin. Yang harus kamu tahu adalah, Partai Pheu Thai ini adalah partai bentukan Khun Thaksin.


OMG, I know where this is going…
We know, rite? In that sense, para analis dan pengamat tuh ngeliatnya yha Thaksin mau balik gara-gara yang jadi Perdana Menteri orang partainya sendiri. Meaning, kalau dia balik nih, hukuman atas segala tuduhan yang disebutkan tadi bakalan dikurangi atau mungkin bisa jadi ngga dijatuhkan, guys. Tapi hal ini juga langsung dibantah sama pihak keluarga. Adiknya Khun Thaksin bahkan bilang kakaknya itu emang mau balik karena udah kangen sama anak dan cucunya. Jadi ya gitu deh.

Got it. Anything else I should know?
FYI speaking of adiknya Khun Thaksin, means we’re talking about Yingluck Shinawatra. Yingluck ini juga Mantan Perdana Menteri Thailand yang berkuasa di tahun 2011 lalu, guysAnd guess what? Kepemimpinan Yingluck juga diruntuhkan oleh kudeta militer yang terjadi Mei 2014 lalu. Kudeta Militer waktu itu Prayut Chan-O-Cha di mana beberapa bulan setelahnya, Prayut juga diangkat sebagai Perdana Menteri Thailand.
Advertisement