Tingkat Obesitas di Indonesia Meningkat

107

Everybody, we need to talk about this….

Obesity. 
Yep. Rumit emang kalo ngomongin kesehatan. Adaaa aja challenge-nya. Mulai dari pandemi Covid-19, nakes yang banyak meninggal, drama-drama BPJS, dugaan bullying di kalangan dokter dan dokter spesialis, RUU Kesehatan yang kontroversial, sampeee masalah kesehatan publik yang harus banget dicari solusinya, karena sesuai namanya, ya menyangkut kesehatan publik. Nah kali ini guys, kita mau zoom in on… data dari Kementerian Kesehatan yang menunjukkan bahwa tingkat obesitas di Indonesia tuh meningkat selama 10 tahun terakhir.
 
How is that “masalah kesehatan?”
Ya masalah dong, karena obesitas tuh ngga stand alone gitu. Kalo seseorang udah obese, biasanya mereka ada penyakit tambahannya, mulai dari yang butuh penanganan serius kayak jantung atau diabetes, sampe as simple as sakit lutut kalo jalan karena berat badannya yang ngga ideal. Nah kalo yang obese banyak, kan masalah penyakit-penyakit tadi jadi banyak juga ya, guys

Gimme an example.
Well, kamu pasti masih inget nih baru akhir bulan lalu, ada cowok berusia 27 tahun, Fajri namanya yang meninggal karena komplikasi di jantung dan paru-paru. But the thing is, Fajri ini berat badannya mencapai 300kg. Jadi most likely than not, meninggalnya tuh ada faktor kontribusi dari obesitasnya tadi. Makanya hal ini jadi salah satu concern-nya Kementerian Kesehatan, guys. Yep, dalam Rencana Pembangunan Nasional Jangka Menengah aka RPJMN, pemerintah committed bakal menahan laju obesitas sampai cukup di 21,8% per 2024 mendatang.

Terus so far gimana update-nya? 
Nah ini yang jadi masalah. Instead of ketahan peningkatannya, selama 10 tahun terakhir, laju obesitas di Indonesia justru malah nambah banyak. Iya, data dari Kementerian Kesehatan menunjukkan bahwa dari tahun 2007 di mana obesitas ada di angka 10,5%, di tahun 2018 kemarin angkanya naik drastis sampai 21,8%. Mirisnya lagi, obesitas ini dialami sama 1 dari 5 anak usia sekolah, meaning anak-anak ini masih kecil, bahkan belum masuk ke usia produktif :(.

🙁 Terus solusinya apa?
Well, Direktur Pencegahan dan Pengendalian Penyakit Tidak Menular Kemenkes, Eva Susanti menyebut emang kudu ada intervensi secara komprehensif terkait obesitas ini, guys. Di samping emang banyak banget faktor yang bikin angka obesitas ini meningkat terus. Adapun faktor-faktor yang bikin angka obesitas meningkat di Indonesia itu meliputi aspek sosial, ekonomi, budaya, lingkungan, semuanya deh.
 
Break it down, baby. 
Misalnya, jenis makanan yang tinggi pemanis buatan atau tinggi kalori itu berkontribusi banget sama meningkatnya berat badan. Nah sekarang, makanan dan minuman manis-manis itu banyak banget, murah dan mudah diakses kan di mana-mana. Faktor kedua adalah juga penurunan aktivitas fisik (Looking at u, kaum rebahan) di mana orang jadi jarang olahraga. Padahal olahraga itu penting banget, at least
Advertisement
 30 menit aja per hari. Selain itu, ada juga fenomena urbanisasi yang bikin ruang publik jadi berkurang sehingga masyarakat jadi jarang gerak. Iya kan, kamu kalo mau main bulutangkis di gang aja kagok banget pasti kalo ada motor lewat. Perlu lapangan yang gede. Nah gimana mau ada lapangan kalo banyak area lahan yang beralihfungsi jadi gedung-gedungan…

Kayak ponakan w kerjanya gadget mulu….
Ya kannn. Akses teknologi yang serba mudah sekarang juga turut jadi penyumbang meningkatnya obesitas di Indonesia, guys. Secara, nggak tua nggak muda, dari pagi sampai malam kerjanya di depan gadget mulu.  Makanya ngembang dah itu badan ehehehe. Hal ini yang harus kita cariin solusinya. Yep, gimana caranya supaya obesitas di Indonesia bisa dikendalikan, atau kalau bisa dicegah sekalian. Bu dr. Eva sih bilangnya ada tiga pilar utama yah terkait upaya pengendalian dan pencegahanmya.


Apa aja tu? 
Satu, mendorong masyarakat supaya lebih awas dengan fenomena obesitas. Hal ini dinilai penting karena persepsi orang terkait obesitas perlu diubah. Ya kan di kita kalo anak gendut tuh masih diliatnya lucu atau gmz ya guys, nah tapi kalo udah overly gendut, itu bahaya. Persepsi kayak gini nih yang perlu dipahami oleh masyarakat, khususnya ayah bunda. Setelah mengubah persepsi, dr. Eva bilang bahwa masyarakat juga perlu paham bahwa obesitas itu masalah. Dan sebagai masalah, tentu harus ditemukan solusinya. Dengan begitu, baru deh pencegahan dan pengendalian obesitas bisa berjalan.

Got it. Anything else I should know? 
Nowif you’re reading this far and thinking, “Duh, takut obese nih..,” tenang aja, guys. Mencegah obesitas tuh ngga susah kok. Cuma butuh niat. Ehehehe. Hal-hal kecil yang bisa kamu lakukan misalnya dengan lebih banyak makan buah dan sayur, hindari kebanyakan makan/minum yang mengandung pemanis buatan tinggi, terus olahraga bentar juga gpp asal tiap hari. Kalo susah banget, kamu bisa exercise di rumah pake YouTube atau jalan-jalan cantik di depan kompleks. Makin seru kalo sambil nanya, “Eh, udah baca Catch Me Up! hari ini belum?” ke tetangga sebelah, terus lanjut gosip berfaedah deh. Sabi kannnn…
Advertisement