Pemilu Flash 17 Juli 2023

126

Here we welcome you to your weekly: Pemilu Flash!

From wacana Pilkada Ditunda until Pilpres stuff, ada semua!
Anyways, in case you’re too swamped with your daily routines, here’s a little reminder. We’re already in the past-mid of July and that means we are really close to our democratic party alias Pemilihan Umum aka Pemilu 2024.

Otw
 Pemilu, banyak banget update seru semingguan terakhir, guys. Yang bikin heboh sih ini nih…
  • Bawaslu usulkan Pilkada Serentak ditunda. Yep, you read it right. Jadi Rabu kemaren, kan ada Rapat Koordinasi Kementerian dan Lembaga Negara bareng sama Kantor Staf Presiden yah. Nah di kesempatan itu, Badan Pengawas Pemilu aka Bawaslu tuh menyampaikan, “Possible ga yah kalau Pilkada tahun depan tuh ditunda? Mau dibahas ga?” gituu.
  • Karena yang jadi concern-nya Bawaslu di sini tuh…. Timeline dari Pilpres dan Pilkada ini, guys. Iya, Pilpres kan 14 Februari yah, di mana pelantikannya most likely bakal diselenggarakan Oktober 2024. Meaning sebulan dua bulan dari situ harusnya masih masa transisi kan. Nah tapi bulan depannya, di November, udah ada Pilkada Serentak lagi. Makanya terdapat potensi gangguan keamanan di situ kalau kata Pak Bagja.
  • Pemilu 2024 lebih soft dari 2019. Speaking of potensi gangguan keamanan, Menko Polhukam Mahfud MD sih ngeliatnya justru Pemilu 2024 mendatang bakal lebih soft dan lebih tenang dari Pemilu 2019. Yep, disampaikan Sabtu kemarin, Prof Mahfud melihat bahwa dari situasi dan dinamika politik belakangan ini, harusnya sikon tahun depan tuh better. Soalnya beliau ngeliat, tahun 2019 kemarin tuh sebelum pemilu aja udah ribut, sampe ada gelombang kekerasan. Sekarang kan nggak. “Semoga lebih tenang,” cenah. AMIN PALING SERIUS, YA ALLAH.
Now, let’s talk about Bakal capres-cawapres….
  • Tiga bakal capres ngumpul di Makassar. Kamu harus tahu nih guys. Hari Kamis kemarin, Asosiasi Pemerintah Kota Seluruh Indonesia aka Apeksi tuh ngadain Rakernas yang dihadiri para Wali Kota Seluruh Indonesia, guys. Nah yang menarik, Rakernas yang diadain di Makassar ini juga dihadiri oleh tiga bakal calon presiden yang namanya udah muncul, yakni: Anies Baswedan, Ganjar Pranowo, dan Prabowo Subianto.
  • Ngapain? Nah, di hadapan para wali kota itu, Mas Ganjar, Pak Anies, dan Pak Prabowo sama-sama presenting visi dan misi mereka soal membangun kota. First stop, ada Mas Ganjar yang fokus di isu korupsi, lingkungan hidup, dan birokrasi pemerintahan. Terus Pak Anies ngomongin pendidikan, lingkungan hidup, dan cerita perks of living in Jakarta. Meanwhile Pak Prabowo, sesuai background-nya sebagai Menteri Pertahanan, beliau bahas soal masalah pertahanan dan hilirisasi di Indonesia.

Abis dari Makassar, tiga tokoh ini kembali disibukkan sama agenda mereka masing-masing bareng sama partai dan koalisi masing-masing deh. Kita bahas satu-satu yah, scroll down

  • Anies Baswedan di Jakarta. Well, bareng sama Partai NasDem dan anggota koalisi perubahan yang lain (PKS, Partai Demokrat), kemarin banget nih, Pak Anies menghadiri Apel Siaga Perubahan Partai Nasdem yang berlangsung di Gelora Bung Karno, Jakarta. Adapun dalam pidato politiknya, Pak Anies berdoa untuk kemajuan dan persatuan Indonesia. Nggak cuma itu, Pak Anies juga doa supaya Partai NasDem dilindungi dari kezaliman dan nggak jadi sasaran fitnah. In his words, Pak Anies bilang, “Ya Tuhan Yang Maha Perkasa dan Yang Maha Kuat, dalam perjalanan ke depan lindungi kami dari kedengkian dan kezaliman. Jangan engkau jadikan kami sasaran fitnah, sibukkanlah orang zalim dengan yang zalim lainnya, selamatkan kami dari tipu daya dan kejahatan, limpahkanlah kesabaran kami dan teguhkan pendirian kami,
    Advertisement
    ” gitu ceunah.
  • Pidato Surya Paloh coming up. Iya, selain pidatonya Pak Anies, Ketua Umum Partai NasDem juga menyampaikan pidato politiknya, guys. Di situ Pak SP bilang bahwa bangsa Indonesia tuh udah berubah. Nggak lagi gotong-royong, tapi berubah jadi keakuan, individualis, penuh sama kepuraa-puraan, dan munafik. “Itulah kita, Indonesia hari ini,” kata Pak SP gitu.
  • PKS-NasDem: “Kita kompak-kompak aja gasi?” gitu guys kata Irma Suryani Chaniago, Ketua DPP Partai NasDem dan Jubir PKS, Ahmad Mabruri. Menurut dua partai ini, komitmen mereka mendukung Pak Anies tuh gak pernah luntur even until today dan mereka juga udah commit ngikut arahan Pak Anies when it comes to pemilihan bakal cawapres.
  • Golkar semoga segera join kita… Gitu guys kata Presiden Partai Keadilan Sejahtera (PKS) Pak Ustaz Ahmad Syaikhu pas dimintai keterangan terkait kehadirannya di acara Apel Siaga Partai Nasdem. Pernyataan ini dilontarkan seiring dengan hadirnya beberapa politisi Golkar di acara apel siaga tersebut.
  • Ganjar di Jawa Timur. Meanwhile Pak Anies di Jakarta, Mas Ganjar over the weekend kemarin juga sibuk safari politik di wilayah Jawa Timur, guys. Mulai dari Gresik sampai Ngawi semuanya disapa, termasuk di ibu kota Surabaya. Yep, di Surabaya, Pak Ganjar ada agenda ketemu sama kepala desa se-Jawa Timur, guys. Di situ Pak Ganjar yha bilang terima kasih karena belakangan ini elektabilitas dia tinggi sekali di Jawa Timur katanya gitu.
  • Eits, ada yang lagi di Jawa Timur juga nih. Yep, the one and only our Papa Online, Sandiaga Uno. Meskipun beda daerah sih, Pak Sandi di Madiun kan. But still, kegiatannya yha sama-sama safari politik, guys. Dalam keterangannya kemarin, Pak Sandi bilang dia optimis bakal dipilih Pak Ganjar sebagai Bakal Cawapres. In his words, beliau bilang, “Tapi kita harus siap. Kita harus optimis.”
  • Prabowo Subianto dan koalisinya. Nah, kalo yang ini nih udah keliatan hilal capresnya nih, guys. Disampaikan politisi Gerindra Habiburokhman, ada kemungkinan Golkar dan PAN bakal join ke Koalisi Kebangkitan Indonesia Raya yang saat ini digawangi oleh Gerindra dan PKB. Pak Habib juga minta doanya nih guys, supaya Golkar dan PAN makin mantap langkahnya mendukung Pak Prabowo Subianto.
  • Prabowo Subianto X Persija. Sama kayak Mas Ganjar dan Pak Anies, Pak Prabowo juga sibuk safari politik, guys. Kali ini, beliau bertemu sama para pemain tim sepakbola Persija dan pendukungnya. Dalam kesempatan itu, Pak Prabowo ngizinin para pemain Persija buat menggunakan lapangan di akademi yang dia bangun untuk latihan. “Sepak bola yang kuat melahirkan masyarakat yang kuat,” katanya gitu.
Advertisement