Pemilu Flash 17 Juli 2023, Pemanis Buatan Berpotensi Menimbulkan Kanker, K-Link Tower di Setiabudi Kebakaran, Kebijakan Paris Untuk Subsidi Perbaikan Pakaian

201

Good morning

Welcome to Monday everyone. Hope you had a great weekend, so today feels a little less demanding. Today, we’re bringing you all the updates from the election, sweet things that are not that “sweet”, fire in Jakarta and France’s new regulation on clothing. Let’s go!

Here we welcome you to your weekly: Pemilu Flash!

From wacana Pilkada Ditunda until Pilpres stuff, ada semua!
Anyways, in case you’re too swamped with your daily routines, here’s a little reminder. We’re already in the past-mid of July and that means we are really close to our democratic party alias Pemilihan Umum aka Pemilu 2024.

Otw
 Pemilu, banyak banget update seru semingguan terakhir, guys. Yang bikin heboh sih ini nih…
  • Bawaslu usulkan Pilkada Serentak ditunda. Yep, you read it right. Jadi Rabu kemaren, kan ada Rapat Koordinasi Kementerian dan Lembaga Negara bareng sama Kantor Staf Presiden yah. Nah di kesempatan itu, Badan Pengawas Pemilu aka Bawaslu tuh menyampaikan, “Possible ga yah kalau Pilkada tahun depan tuh ditunda? Mau dibahas ga?” gituu.
  • Karena yang jadi concern-nya Bawaslu di sini tuh…. Timeline dari Pilpres dan Pilkada ini, guys. Iya, Pilpres kan 14 Februari yah, di mana pelantikannya most likely bakal diselenggarakan Oktober 2024. Meaning sebulan dua bulan dari situ harusnya masih masa transisi kan. Nah tapi bulan depannya, di November, udah ada Pilkada Serentak lagi. Makanya terdapat potensi gangguan keamanan di situ kalau kata Pak Bagja.
  • Pemilu 2024 lebih soft dari 2019. Speaking of potensi gangguan keamanan, Menko Polhukam Mahfud MD sih ngeliatnya justru Pemilu 2024 mendatang bakal lebih soft dan lebih tenang dari Pemilu 2019. Yep, disampaikan Sabtu kemarin, Prof Mahfud melihat bahwa dari situasi dan dinamika politik belakangan ini, harusnya sikon tahun depan tuh better. Soalnya beliau ngeliat, tahun 2019 kemarin tuh sebelum pemilu aja udah ribut, sampe ada gelombang kekerasan. Sekarang kan nggak. “Semoga lebih tenang,” cenah. AMIN PALING SERIUS, YA ALLAH.
Now, let’s talk about Bakal capres-cawapres….
  • Tiga bakal capres ngumpul di Makassar. Kamu harus tahu nih guys. Hari Kamis kemarin, Asosiasi Pemerintah Kota Seluruh Indonesia aka Apeksi tuh ngadain Rakernas yang dihadiri para Wali Kota Seluruh Indonesia, guys. Nah yang menarik, Rakernas yang diadain di Makassar ini juga dihadiri oleh tiga bakal calon presiden yang namanya udah muncul, yakni: Anies Baswedan, Ganjar Pranowo, dan Prabowo Subianto.
  • Ngapain? Nah, di hadapan para wali kota itu, Mas Ganjar, Pak Anies, dan Pak Prabowo sama-sama presenting visi dan misi mereka soal membangun kota. First stop, ada Mas Ganjar yang fokus di isu korupsi, lingkungan hidup, dan birokrasi pemerintahan. Terus Pak Anies ngomongin pendidikan, lingkungan hidup, dan cerita perks of living in Jakarta. Meanwhile Pak Prabowo, sesuai background-nya sebagai Menteri Pertahanan, beliau bahas soal masalah pertahanan dan hilirisasi di Indonesia.

Abis dari Makassar, tiga tokoh ini kembali disibukkan sama agenda mereka masing-masing bareng sama partai dan koalisi masing-masing deh. Kita bahas satu-satu yah, scroll down

  • Anies Baswedan di Jakarta. Well, bareng sama Partai NasDem dan anggota koalisi perubahan yang lain (PKS, Partai Demokrat), kemarin banget nih, Pak Anies menghadiri Apel Siaga Perubahan Partai Nasdem yang berlangsung di Gelora Bung Karno, Jakarta. Adapun dalam pidato politiknya, Pak Anies berdoa untuk kemajuan dan persatuan Indonesia. Nggak cuma itu, Pak Anies juga doa supaya Partai NasDem dilindungi dari kezaliman dan nggak jadi sasaran fitnah. In his words, Pak Anies bilang, “Ya Tuhan Yang Maha Perkasa dan Yang Maha Kuat, dalam perjalanan ke depan lindungi kami dari kedengkian dan kezaliman. Jangan engkau jadikan kami sasaran fitnah, sibukkanlah orang zalim dengan yang zalim lainnya, selamatkan kami dari tipu daya dan kejahatan, limpahkanlah kesabaran kami dan teguhkan pendirian kami,” gitu ceunah.
  • Pidato Surya Paloh coming up. Iya, selain pidatonya Pak Anies, Ketua Umum Partai NasDem juga menyampaikan pidato politiknya, guys. Di situ Pak SP bilang bahwa bangsa Indonesia tuh udah berubah. Nggak lagi gotong-royong, tapi berubah jadi keakuan, individualis, penuh sama kepuraa-puraan, dan munafik. “Itulah kita, Indonesia hari ini,” kata Pak SP gitu.
  • PKS-NasDem: “Kita kompak-kompak aja gasi?” gitu guys kata Irma Suryani Chaniago, Ketua DPP Partai NasDem dan Jubir PKS, Ahmad Mabruri. Menurut dua partai ini, komitmen mereka mendukung Pak Anies tuh gak pernah luntur even until today dan mereka juga udah commit ngikut arahan Pak Anies when it comes to pemilihan bakal cawapres.
  • Golkar semoga segera join kita… Gitu guys kata Presiden Partai Keadilan Sejahtera (PKS) Pak Ustaz Ahmad Syaikhu pas dimintai keterangan terkait kehadirannya di acara Apel Siaga Partai Nasdem. Pernyataan ini dilontarkan seiring dengan hadirnya beberapa politisi Golkar di acara apel siaga tersebut.
  • Ganjar di Jawa Timur. Meanwhile Pak Anies di Jakarta, Mas Ganjar over the weekend kemarin juga sibuk safari politik di wilayah Jawa Timur, guys. Mulai dari Gresik sampai Ngawi semuanya disapa, termasuk di ibu kota Surabaya. Yep, di Surabaya, Pak Ganjar ada agenda ketemu sama kepala desa se-Jawa Timur, guys. Di situ Pak Ganjar yha bilang terima kasih karena belakangan ini elektabilitas dia tinggi sekali di Jawa Timur katanya gitu.
  • Eits, ada yang lagi di Jawa Timur juga nih. Yep, the one and only our Papa Online, Sandiaga Uno. Meskipun beda daerah sih, Pak Sandi di Madiun kan. But still, kegiatannya yha sama-sama safari politik, guys. Dalam keterangannya kemarin, Pak Sandi bilang dia optimis bakal dipilih Pak Ganjar sebagai Bakal Cawapres. In his words, beliau bilang, “Tapi kita harus siap. Kita harus optimis.”
  • Prabowo Subianto dan koalisinya. Nah, kalo yang ini nih udah keliatan hilal capresnya nih, guys. Disampaikan politisi Gerindra Habiburokhman, ada kemungkinan Golkar dan PAN bakal join ke Koalisi Kebangkitan Indonesia Raya yang saat ini digawangi oleh Gerindra dan PKB. Pak Habib juga minta doanya nih guys, supaya Golkar dan PAN makin mantap langkahnya mendukung Pak Prabowo Subianto.
  • Prabowo Subianto X Persija. Sama kayak Mas Ganjar dan Pak Anies, Pak Prabowo juga sibuk safari politik, guys. Kali ini, beliau bertemu sama para pemain tim sepakbola Persija dan pendukungnya. Dalam kesempatan itu, Pak Prabowo ngizinin para pemain Persija buat menggunakan lapangan di akademi yang dia bangun untuk latihan. “Sepak bola yang kuat melahirkan masyarakat yang kuat,” katanya gitu.

When your favorite sweetener should be only your crush’s smile…

Karena kalo “literally” sweetener-nya, itu bahaya guys. 
Calling all of you sweet tooth yang cinta banget sama makanan dan minuman manis, hati-hati deh, guys. Emang ya selama ini kita ngga bosen-bosennya ngingetin efek dari kebanyakan makan manis, kayak kenaikan berat badan, sampe diabetes. Tapi ada penemuan baru nih yang juga mengkhawatirkan soal pemanis
 
Which is…
Well, aspartam, atau pemanis buatan yang banyaaak banget digunakan dalam produksi makanan dan minuman kemasan manis ternyata ada kemungkinan berpotensi menimbulkan kanker atau karsinogenic. Hal ini berdasarkan penelitian dari komite semi independennya World Health Organization (WHO) yang bernama International Agency for Research on Cancer aka IARC. Jadi dalam hasil penelitiannya yang dirilis Kamis lalu, IARC mengumumkan adanya indikasi penyakit kanker di dalam aspartam. Padahal ya aspartam sendiri sering banget jadi pengganti gula di beberapa produk makanan dan minuman bebas gula.

Bentar, emang aspartam apaan?
Jadi tuh, aspartam merupakan salah satu senyawa buatan pengganti gula yang paling umum digunakan di dunia. Paling nggak ada sekitar 6.000 produk terdaftar yang termasuk ke dalam produk bebas gula (macem diet coke) dan obat-obatan di seluruh dunia yang pake aspartam sebagai pemanis buatan. Selain karena rasanya yang lebih manis, aspartam juga punya kalori yang lebih sedikit dibanding gula.

So, most of less-sugar products
 tuh pake aspartam ya?
Betul banget. Tapi nih tapi, baru-baru ini IARC mengklasifikasikan aspartam sebagai “possibly carcinogenic to humans” atau memungkinkan munculnya zat kanker pada manusia. Kesimpulan ini mereka hasilkan setelah melakukan uji coba terbatas senyawa aspartam pada manusia dan hewan. Hasilnya, ditemukan adanya indikasi ancaman aspartam yang dapat memicu kanker hati.

WHAT?
 Kok bisa baru ketahuan sekarang sih?
Well, sebenernya bukan kali ini aja nih aspartam bikin galau peneliti dan konsumen. Udah sejak pertama kali diizinkan penggunaanya pada olahan makanan dan minuman di tahun 1974, senyawa ini sempet ditangguhkan karena disinyalir bisa memicu tumor otak pada tikus. Baru kemudian pada tahun 1981, Food and Drug Administration aka FDA Amerika Serikat mengizinkan kembali aspartam ada di makanan setelah dilakukan berbagai penyesuaian.

Oke…
Nah meski udah dibolehkan sejak tahun 1981, WHO juga udah ngasih batas maksimal konsumsi aspartam. WHO bilangnya, setiap hari seseorang cuma boleh mengkonsumsi 40 miligram aspartam per kilogram berat badannya. Batas aman ini yang juga dikonfirmasi WHO masih berlaku setelah adanya indikasi aspartam memicu sel kanker. Kalo diitung-itung nih, seorang yang punya berat 83 kilogram
Advertisement
 dapat meminum 33 kaleng diet coke dalam sehari dan masih dalam batas aman. Tapi ya ngapain minum diet coke segitu banyak, yang ada malah kembung doang xixixi.

Serius gapapa?
Well, kata WHO sih gitu. Selain WHO, Food and Drug Administration aka BPOM-nya Amerika Serikat juga menilai aspartam ini aman-aman aja. FDA nggak setuju sama temuan terbaru IARC yang menilai aspartam bisa memicu sel kanker pada manusia. Lewat situs resminya yang diunggah Jumat kemarin, FDA menilai masih banyak kekurangan yang signifikan pada uji coba yang dilakukan IARC. Malahan FDA juga bilang bahwa mereka nggak nemuin apa-apa ketika seseorang mengonsumsi aspartam lebih dari batas aman (tapi, ya gausah juga wkwkwk).

Ok, kalo di Indonesia regulasinya gimana?
Good question. Sampe sekarang, Badan Pengawas Obat dan Makanan aka BPOM juga masih memperbolehkan makanan atau minuman yang mengandung aspartam. Hal ini didasari oleh peraturan BPOM Nomor 11 tahun 2019 tentang Bahan Tambahan Pangan yang menyertakan aspartam di dalamnya. Sedangkan untuk batas maksimum konsumsi aspartam masih sama dengan ketentuan WHO.

Anything else I should know?
Meskipun kesimpulannya terdengar masih nggak masalah mengkonsumsi aspartam dalam jumlah yang wajar, akan tapi menurut direktur Department of Nutrition and Food Safety WHO dr Francesco Branca, kalo bisa sih kita tetap menjadikan air mineral sebagai pilihan utama produk minuman. Hal ini karena emang pada dasarnya konsumsi makanan dan minuman manis emang perlu dibatasi, baik itu dari gula asli atau buatan.

When your group chat kantor is talking about fire….

They’re talking about K-Link Tower.
Yoi. Kamu yang berdomisili di Jakarta dan ngantor di sekitaran Setiabudi must have heard the news, rite? Sabtu kemarin, K-Link Tower di Setiabudi kebakaran. Padahal lagi ada kawinan pada saat kejadian.

WHAT??
 Gimana ceritanya??
Well, yang harus kamu tahu adalah, K-Link Tower yang ada di Jalan Gatot Subroto, Jakarta Selatan ini kan punya 25 lantai yah. Nggak jauh beda sama gedung-gedung tinggi di sekitarannya. Banyak kantor, ballroom, supermarket, restoran, cafe, ada semua dah di gedung itu. Terus kalau kamu familiar sama K-Link Tower nih, kamu pasti ngeh dong kalau di lantai tujuh, ada satu restoran di situ, guys.

Oke terus…
Nah di sini yang diduga jadi masalahnya. Jadi Sabtu kemarin sekitar pukul 10 pagi, tower itu kebakaran, guys. Empat unit damkar pun diturunkan buat memadamkan apinya. Nah disampaikan langsung oleh Kasiops Suku Dinas Damkar Jakarta Selatan, Pak Triyanto, kebakaran ini bisa kejadian tuh berawal dari api di restoran lantai tujuh tadi. Ada gas bocor katanya. Terusss menjalar sampai ke luar gedung, sampai videotron di sana juga kena.

OMGGGG….
Apinya di sini tuh mayan gede. Bahkan, empat unit damkar pun nggak cukup, jadi ditambah sampai 20 unit dan 100 pemadam. Butuh waktu satu jam buat madamin apinya di sini, guys. In that sense, 15 lantai gedung ini hangus semuanya.  Nggak cuma itu, korban luka pun nggak bisa dihindarkan. Pak Triyanto mengkonfirmasi ada sebanyak tiga orang karyawan restoran yang mengalami luka bakar dalam kejadian ini, guys.  Dua orang udah dilarikan ke rumah sakit, yang satu udah bisa pulang.
 
Weekend sih yha….
Weekend emang nggak banyak orang yang ngantor, but wait until you hear about: Ada kawinan di situ. Tepatnya di lantai lima, nggak jauh dari dugaan sumber api. Kasian banget deh, guys. Acara mereka tuh diketahui mulai jam 11 kan, udah prepare tuh semuanya. Hingga suatu ketika ada yang mencium bau asap, ada percikan api, di situ lah pada panik orang-orang. Menyelamatkan diri mereka semua lewat tangga darurat. Akhirnya selang beberapa jam, kondisinya udah aman, baru deh tuh acara dilanjut lagi.

Bakal dikenang seumur hidup sih. Anything else I should know?
Well, sampai berita ini ditulis, penyebab pasti kejadian kebakaran ini sih masih terus diselidiki sama kepolisian, guysBut, on top of all, yang harus diapresiasi di sini adalah pihak Damkar Jakarta Selatan, petugas keamanan, dan pihak lain yang beneran gercep menangani kebakaran ini. Manajemen K-Link Tower yang diwakili oleh GM Irma Sri Wahyuni juga bilangnya gitu. Lebih jauh, Mbak Irma juga bilangnya pengoperasian sistem hidran dan drainase yang bagus juga jadi faktor pendukung penanganan pemadaman dengan segera sat set sat set.

When you can get discount…

To fix your clothes in France.
Ngomongin soal Prancis tentu nggak afdol kalo kita nggak ngomongin fashion-nya. Yep kamu tau lah ya, kalo Prancis begitu iconic dengan hal-hal terkait fashion, terlebih salah satu event-nya yaitu Paris Fashion Week yang udah pasti jadi tontonan. Nah tapi kita lagi nggak bahas Paris Fashion Week (udah lewat sebulan yang lalu juga soalnya) guys. Kita lagi mau bahas soal kebijakan baru Prancis soal fashion, di mana negara bakal ngasih subsidi atas perbaikan pakaian yang dilakukan masyarakatnya.
 
Kebijakan ini diumumin langsung sama menteri untuk ekologi dan lingkungan, namanya Madame Bérangère Couillard Selasa kemarin. Nggak tanggung-tanggung Pemerintah Prancis bakal kasih subsidi mulai dari US$7 buat perbaikan ringan sampe US$28 untuk perbaikan yang paling rumit. Rencana sih, Prancis bakal kerja sama dengan organisasi swasta bernama Refashion untuk mencoba skema ini pada bulan Oktober besok.
 
Sounds a little bit weird, but honestly tujuannya bagus lho. Kebijakan ini diambil pemerintah Prancis untuk berusaha menekan limbah tekstil di negaranya yang mencapai 700.000 ton setiap tahunnya. Harapannya sih masyarakat Prancis akan lebih memilih memperbaiki barang fashion yang sudah rusak ketimbang membuangnya, sehingga limbah tekstil bisa berkurang. Bu Menteri juga bilang ada misi menumbuhkan ekonomi sirkular dari kebijakan ini yang membuat produk fashion bisa bertahan lebih lama. Untuk melancarkan kebijakan ini, pemerintah Prancis juga bakal menggandeng penjahit dan brand pakaian untuk sama-sama mendorong komsumennya untuk memperbaiki pakaian instead of membuangnya.

“Memang rumit.”

Gitu guys kata Presiden Joko Widodo pas cerita soal kompleksnya memimpin negara gede kayak Indonesia ketika memberi sambutan dalam acara Rakernas Relawan Arus Bawah Jokowi (ABJ) di Bogor, Jawa Barat yang digelar Sabtu kemarin. Jadi dalam sambutannya itu, Pak Jokowi cerita bahwa ada pemimpin negara lain yang bingung banget dengan kompleksitas Indonesia yang gede banget dan terdiri dari belasan ribu pulau ini. Terus kata Pak Jokowi ya emang rumit. Karenanya, para pemimpin di Indonesia nih ga bole santuy-santuy dan harus kerja maksimal.

When people ask how your life has been…


Announcement


Thanks to Syarfina and Bintang for buying us coffee today! 

(Mau ikutan nraktir tim Catch Me Up! kopi? Here, here…just click here Dengan mendukung, kamu nggak cuma beliin kopi yang menemani kami nulis, namun kamu juga udah men-support kami untuk terus berkarya dan membuat konten-konten berkualitas yang imparsial dan bebas dari kepentingan. Thank you so much!)

Catch Me Up! recommendations

Just some… make up essentials that belongs in your bags. Always.
Advertisement