Klinik Aborsi Ilegal di Kemayoran, Pasukan Israel Menyerang Kota Jenin di Palestina, Penipu Kembar Rihana-Rihani Ditangkap, Film Barbie Tidak Akan Tayang di Vietnam

300

Good morning

Today we can’t calm down because the confirmation email for The Eras tour in Singapore will be sent outtt!!!! We really hope that US, you, and everyone reading this email will get the confirmation and later on July 7th, when we get the tickets! 
 
Lo punya duit, lo punya kuasa. Mari kita nonton Eras Tour di Singapura.

First stop: To the reveal of Klinik Aborsi Ilegal di Kemayoran….

Yang akhirnya ditangkap polisi.
Huft… Ngeri banget deh, guys. Karena baru aja nih terungkap di Kemayoran, Jakarta Pusat, ada sebuah klinik aborsi ilegal yang udah succeed melakukan aborsi terhadap 50 janin cuma dalam waktu 1,5 bulan! Si eksekutor aborsi ini pun akhir bulan lalu diamankan polisi deh.

Sh$I&t…. Tell me. 
We know, we know. Kita coba jelasin yah. Jadi cerita klinik aborsi ilegal ini dimulai dari kecurigaan warga soal satu rumah kontrakan di daerah Kemayoran, Jakarta Pusat, guys. Adapun curiganya tuh lebih ke karena banyak perempuan sering keluar masuk kontrakan itu. Terus si pemilik kontrakan juga nggak pernah say hi sama tetangga kiri kanan depan belakang. Padahal warga di sana cenderung aktif dan akrab.

Terus terus…
Nah terus, Pak RT setempat dan tetangga sekitar tuh juga udah capek banget tebak-tebak buah manggis, “Ada apaan sih di rumah itu? Siapa perempuan yang sering keluar masuk dari sana?” gitu kan. Awalnya mereka ngira itu pembantu, terus sempat kepikiran TKW juga, bahkan sampai TKI. Tapi belum sempat dicek secara langsung tuh guys di situ. Sampai akhirnya nggak lama kemudian ada telepon dari polisi minta izin buat gerebek rumah itu. So they be like, “Ya udah kebetulan. Gass.” Digerebek lah rumah itu di akhir bulan tanggal 28 Juni kemarin.

Ada apa tuh di sana?
Jeng jeng… Ternyata rumah kontrakan itu digunakan sebagai klinik aborsi ilegal, guys. Dan perempuan yang sering keluar masuk itu, adalah pasien-pasien mereka! Langsung diproses dong sama Polres Metro Jakarta Pusat. Polisi juga mengamankan sembilan orang yang kedapetan lagi ada di rumah itu. Di mana dua di antaranya udah ditetapkan sebagai tersangka. Yep, si eksekutor aborsi berinisial SM dan si tukang cari pasien sekaligus yang antar jemput berinisial NA udah ditetapkan sebagai tersangka. In that sense, penyelidikan kasus ini pun mulai berjalan.

Tell me what they got…
Well, disampaikan langsung oleh Kapolres Metro Jakarta Pusat Kombes Komarudin, sampai saat ini pihaknya masih terus mengumpulkan berbagai keterangan dan alat bukti terkait klinik aborsi ini. Adapun salah satu yang diselidiki di antaranya adalah keterangan dari pengakuan SM-nya sendiri. Yep, based on pengakuan SM, Kombes Komarudin menyebut bahwa klinik ini udah beroperasi sekitar 1,5 bulan-an dan udah melakukan aborsi terhadap kurang lebih 50 janinguys.

Jir merinding….
Wait until you hear about: Kombes Komarudin juga menyebut semua janin yang diaborsi itu semuanya dibuang ke… Inhale, exhale.. kloset! Kloset guys! Dan dari kloset larinya ke mana? Yak, selokan! In that sense, polisi dibantu sama Tim Forensik dari RS Polri dan RSCM langsung membongkar selokan yang ada di sekitaran TKP deh :(((. Sisa-sisa jaringan janin ini disebut dikirim ke lab buat penyelidikan lebih lanjut.

🙁
Terus guys, kamu harus tahu juga bahwa proses aborsi yang dijalani sama para pasien juga ngga safe sama sekali. Hal ini disampaikan oleh Kombes Komarudin yang bilang bahwa proses aborsinya tuh cuma butuh waktu lima sampai sepuluh menit, terus udahh. Nggak ada tindakan medis apa-apa lagi setelah itu. Cuma dikasih teh anget aja masa. Abis itu langsung dianter pulang. Alat-alatnya pun nggak steril dan nggak terjamin kebersihannya. Makanya bahaya banget ini tuh :(((

Gimana ya kalau ngomongin aborsi tuh…
Emang masalah aborsi ini jadi pro dan kontra di banyak negara, tak terkecuali di Indonesia. Basically, masyarakat terbagi dua dalam hal ini guys: Yang pro life, di mana mereka melarang aborsi karena yhaaa janin berhak hidup, mereka udah diciptakan Tuhan, dan mereka ngga salah apa-apa. Lalu on the other end of the spectrum ada yang pro choice, di mana sesuai namanya, ya perempuan harus punya pilihan penuh atas tubuhnya sendiri, termasuk apakah mereka mau mengaborsi anak yang mereka kandung apa engga. Lagian kan ga semua orang punya kapasitas untuk punya anak. Ada yang ngga siap, ngga punya duit, ngga punya laki, atau ya simply ga mau aja. Itu argumennya, guys.

Jadi w ngikut yang mana?
Ya bebas. Cuma kalau di Indonesia, lewat KUHP terbaru yang beberapa waktu lalu disahkan dan akan segera berlaku beberapa tahun mendatang tuh disebutkan bahwa dalam Pasal 463 tentang Aborsi, orang yang melakukan aborsi diancam pidana dengan hukuman maksimal 4 tahun penjara. Yang membantu aborsi juga sama terancam hukuman maksimal 15 tahun. Aturan ini berlaku as long as yang bersangkutan BUKAN korban perkosaan atau kekerasan seksual lainnya.

I heard there is some
 pasal karet soal ini…
You heard it right. Itu di Pasal 251guys. Di situ di-state: Setiap orang yang memberi obat atau meminta seorang perempuan untuk menggunakan obat dengan memberitahukan atau menimbulkan harapan bahwa obat tersebut dapat mengakibatkan gugurnya kandungan, dipidana dengan pidana penjara paling lama 4 (empat) tahun atau pidana denda paling banyak kategori IV. Adapun yang jadi masalah di sini tuh redaksinya, guys.

Maksud??
Well, menurut Ketua Solidaritas Perempuan Kinasih Yogyakarta, Sana Ullaili namanya, redaksi di dalam pasal itu yang nge-state “Setiap orang” tuh rancu banget, alias general banget. Orang kan bisa siapa aja yah. Nah gimana keadaannya kalau ada dokter atau tenaga medis yang kudu ada di posisi itu, untuk sebuah kasus yang sebenarnya nggak melanggar hukum? In that sense, Mbak Sana bilangnya hal ini bisa jadi ancaman tersendiri buat para tenaga kesehatan yang bantu proses aborsi, guys. Jadi ya gitu deh…

Ok anything else I should know?
Oh iya. Balik lagi ke klinik aborsi ilegal di daerah Kemayoran tadi. Kamu penasaran nggak sih dari sekian banyak tempat yang ada di Jakarta, di Jabodetabek, di dunia ini, kenapa itu para pelaku harus buka kliniknya di daerah Kemayoran? Well, kalau kata Kombes Komarudin sih, daerah ini sengaja mereka pilih karena yha emang nyaman aja, guys,. Tenang gitu. Nggak terlalu ramai. Akses keluar masuk mobil juga enak. Tapi, of course hal ini nggak bisa dijadikan excuse dong. Terlebih buat tetangga sekitar yang lebih dulu tinggal di situ. In that sense, Kombes Komarudin bilangnya peran masyarakat tuh penting banget dalam mengawal setiap tindak kejahatan yang dilakukan warga, guys. Biar cepet jatoh tuh tupai meskipun pandai melompat, ehehehehe….

When you’ve not heard about Israel-Palestine for a while….

There’s a huuuuge military operation there for the first time in 20 years!
Yep, Ini yang bikin masyarakat Dunia dari kemaren heboh dan geram banget, guys. Secara, Senin kemarin, pasukan Israel menyerang Kota Jenin di Palestina di mana serangan ini disebut sebagai operasi militer terbesar mereka di West Bank aka Tepi Barat dalam dua puluh tahun terakhir. Bentrokan hingga korban jiwa pun tak bisa dihindarkan.

Hold on. I need some background here. 
You got it. Jadi kan emang tensi antara Israel dan Palestina tuh naik terus ya. Selalu adaaa aja alasan yang bikin Israel harus melakukan serangan ke Palestina hingga menyebabkan korban jiwa. Kayak, ngga abis-abis. Nah yang terbaru adalah, dalam beberapa waktu belakangan ini, tension di Tepi Barat, Kota Jenin, Palestina lagi meningkat banget. Padahal, Kota Jenin merupakan rumah bagi belasan ribu pengungsi Palestina yang terusir dari tanahnya sendiri.

Hiks 🙁
Adapun situasi di sana tuh lagi mencekam banget karena adanya operasi militer oleh tentara Israel yang semena-mena. Dalam serangannya itu, tentara Israel menyerang kamp pengungsian dengan alasan mencari teroris dan mencegah supaya jangan sampe refugee camp itu jadi sarang teroris. Dengan alasan itulah, pasukan Israel yang udah dari 2006 nggak pernah melancarkan serangan ke Kota Jenin lagi, Senin kemarin akhirnya meluncurkan sejumlah drone ke sana.
 
Kenapa ujug-ujug…
Well, dalam argumennya, pihak Israel tuh ngeliat kamp pengungsian Jenin jadi breeding grounds buat para militan Palestina yang muda-muda dan masih penuh semangat untuk melawan Israel. Para militan muda ini mereka nilai membahayakan, karena mereka berani tuh, melancarkan roket sampe melakukan serangan pake senjata tajam (senjata tajam kayak pisau ya guys, bukan senpi) ke warga Israel (padahal belum pernah ada korban jiwa juga, beda sama serangan Israel yang hampir kudu selalu ada warga Palestine yang meninggal). Anyway karena itu, para “teroris” ini harus ditangkap dan diamankan. Dengan alasan inilah kamp pengungsian di Jenin diserang, guys.

Ya ampun…
Dalam melakukan aksinya, ribuan tentara Israel terjun langsung dengan naik tank dan menembak sana-sini hingga bikin keadaan jadi super chaotic nggak karuan. Mereka masuk ke camp-camp itu, literally rumah ke rumah, bahkan sampai memutus akses air dan listrik buat warga Palestina. Terussss begitu keadaannya all day long, bahkan sampai malam hari. Akibat kebrutalan ini, Kementerian Kesehatan Palestina kemudian nge-confirm bahwa udah ada sepuluh orang rakyat Palestina yang tewas, mostly anak-anak, dan lebih dari 50 orang mengalami luka-luka. Selain itu, tercatat udah ada 120 orang yang ditahan tentara Israel.

Sampai sekarang rusuhnya masih on going nih? 
Masih, guys. Yep, selain dianggap sebagai ancaman, pasukan Israel tuh juga suudzon dan curiga sama para pengungsi di mana mereka mengira para refugees tadi tuh nyimpen bom rakitan gitu yang tersembunyi somewhere around West Bank. That being said, tentara Israel yang arogan ini jadi punya misi untuk menemukan bom rakitan tersebut. Jubir pasukan militernya Israel bahkan bilangnya gini, “It could take hours, but it could also take days. We are focused on our goals,” katanya gitu.

Geeez….
Well, sampai berita ini ditulis, belum ada keterangan resmi dari pihak Palestina terkait bom rakitan yang diomongin Israel ini. Selain itu, gelombang kecaman juga datang dari banyak negara, termasuk dari Palestina sendiri. Presiden Palestina Mahmoud Abbas bilang bahwa serangan ini adalah kejahatan perang, dan negara tetangganya Mesir juga menyebut serangan ini sebagai agresi militer.
Advertisement

What about us?
Of course. Indonesia kan emang dari awal udah dukung banget perjuangan masyarakat Palestina untuk merdeka. Dalam keterangannya kemarin, Kementerian Luar Negeri RI menyebut tindakan tentara Israel yang menyerang Jenin tuh nggak bisa diterima dan bikin situasi yang udah kacau makin kacau lagi. Makanya peace juga susah tercapai. In that sense, Kemlu kemudian meminta Dewan Keamanan PBB buat bertindak tegas atas kejadian ini biar Resolusi Dewan Keamanan PBB juga bisa dijalankan secara konsisten.

Terus PBB ada tanggapan? 
Well, Sekjen PBB, Antonio Guiterres akhirnya speak up. Dalam keterangannya, Pak Antonio menegaskan kalau semua operasi militer tuh harus dijalankan dengan penuh respect dan ngikutin hukum kemanusiaan internasional. Yha jadi harusnya nggak boleh ada korban jiwa kayak yang terjadi kemarin. Tapi yang terpenting sekarang sih gimana bikin situasi di sana mereda dulu sih, itu yang terpenting ceunah.
 
Now wrap it up pls….
FYI a little bit history about West Bank. West Bank, Jalur Gaza dan Jerusalem ini sejatinya emang pure punya Palestina, guysIn an ideal world di mana suatu saat negara Palestina bisa berdiri, West Bank inilah yang diharapkan bisa jadi ibu kota Palestina di masa depan. Cuma waktu perang tahun 1967 lalu, West Bank dan wilayah lainnya di Palestina jadi diambilalih sama Israel kan. Jadi sampai sekarang tinggal camp-camp para ‘pengungsi’ aja yang masih ada di situ, which camps-nya diisi sama warga Palestina yang emang warlok.
 
When you can never wrap your head around the injustices in there…

When we talk about Rihanna but not about Fenty, Chris Brown, or Umbrella…

Tapi soal ‘si kembar’ Rihana-Rihani
I believe someday drama will be over. Salah satunya ya drama penipuan iPhone yang dilakuin si kembar Rihana-Rihani ini. Kemarin banget, mereka berdua akhirnya ditangkap di sebuah apartemen di Tangerang Selatan. Mereka ditangkap tanpa perlawanan setelah 22 hari buron kasus penipuan iPhone senilai Rp35 milyar. Once again, 35 milyar.

Geezzzz 
kok bisa?
Well, jadi di awal bulan Juni kemarin tuh Twitter sempet dihebohin sama thread dari seorang selebtwit yang nge-spill penipuan preorder iPhone-nya si kembar. Di thread itu dibeberin lah semuanya, mulai total kerugian korban yang lebih dari Rp35 milyar sampe adanya indikasi ancaman dari pelaku ke para korban. Selebtwit-nya juga bilang kalo si kembar ga cuman ngincer di skala basar doang, tapi orang-orang yang cuma beli satuan aja juga mereka tipu.

Go on…
Nah saking kezelnya sama pelaku, salah satu korban sampe ada yang bikin akun Instagram khusus buat bikin viral pelaku. Di akun Instagram ini diceritain tuh kronologi salah satu korban yang awalnya kegiur preorder iPhone si kembar yang surprisingly murah banget. Setelah beberapa waktu ngamatin dan tanya-tanya, akhirnya pesanlah korban pada Januari 2022. Awalnya si kembar kasih estimasi waktu sampe 12 minggu tuh. Eh tapi malah pesenan korban nggak kunjung dateng dengan berdalih ada masalah. Pas korban minta refund pun, si kembar juga ngeles mulu sampe akun jualan si kembar hilang.

Emang korban nggak lapor polisi?
Ya jelas lapor dong. Hingga berita ini ditulis, tercatat ada 17 laporan yang diterima kepolisian atas kasus penipuan si kembar. Menanggapi laporan itu pihak kepolisian sebenernya udah dua kali memanggil si kembar sebagai terlapor. Tapi dari kedua panggilan ini, si kembar sama sekali nggak pernah dateng, guys. Melihat masifnya jumlah laporan dan total kisaran kerugian korban, akhirnya Polda Metro Jaya turun tangan di kasus ini.

OK terus…
Nah setelah diambil alih Polda Metro Jaya dan status si kembar yang udah jadi tersangka, akhirnya awal bulan kemaren si kembar resmi masuk ke daftar pencarian orang. Nggak sampe situ doang, Pusat Pelaporan dan Analisis Transaksi aka PPATK juga udah ngeblokir 21 rekening atas nama si kembar. Meskipun nggak nyebutin besaran saldo rekening si kembar, tapi Kepala PPATK, Ivan Yustiavandana mengonfirmasi bahwa nilai transaksi rekening si kembar tuh gede banget, guys.

WOW.
Ternyata kasusnya si kembar ini nggak cuma tentang iPhone doang lho. Seorang pengusaha mobil rental di Jakarta Selatan juga mengaku mobil sewaannya udah digelapin sama si kembar. Awalnya pelaku merental mobil dari empat tahun yang lalu dan berjalan normal aja tuh. Sampe akhirnya enam bulan belakangan ini, pelaku nggak kunjung membayar uang sewa. Kasus ini juga udah dilaporin ke pihak kepolisian Kebayoran Baru.

HUH, untung mereka udah ketangkep ya…
Yep, akhirnya si kembar berhasil ditangkap pihak kepolisian di sebuah apartemen di Tangerang Selatan. Video penangkapan si kembar akhirnya mulai beredar di timeline sosial media. Netizen yang udah geram sama kelakuan si kembar malah dibikin makin panas gara-gara si kembar masih sempet ketawa ketika ditanya petugas. Sambil ketawa, si kembar menjawab enteng bahwa dirinya selama ini mencukupi kebutuhan makannya lewat supermarket di bawah apartemennya.

Memang agak lain sepertinya…
WKWK begitulah.. Setelah si kembar ditangkap, mereka digiring ke Polda Metro Jaya untuk pendalaman kasus. Menurut keterangan dari Wakil Direktur Reserse Kriminal Umum Polda Metro Jaya, Pak Imam Yulisdiyanto, si kembar sebenernya juga udah tau dirinya lagi buron. Makanya mereka tuh bersembunyi di sini dan diketahui beberapa kali pindah apartemen.

Anything else I should know?
Balik lagi ke dugaan ancaman si kembar ke para korban di awal yuk. Dari situ muncul spekulasi tuh dari para korban bahwa si kembar ini sebenernya punya ‘bekingan’ yang kuat. Masih di hari yang sama dengan penangkapan si kembar, ketua Indonesia Police Watch, Pak Sugeng meminta kepolisian untuk mendalami adanya pihak yang melindungi tersangka. Ini juga termasuk sama dugaan pencucian uang mungkin dilakuin si kembar.

Who’s (not) singing: Imma barbie girl, in a barbie world?

Vietnam.
Yang baru aja mengkonfirmasi bahwa fix nih, film “Barbie” yang dibintangi oleh Margot Robbie dan Ryan Gosling ga akan tayang di Vietnam. Alasannya? Polemik Laut China Selatan. Iya guys, gokil yah urusan politik ampe bisa ngaruh ke perfilman gini. Well, jadi initially, film “Barbie” harusnya tayang di bioskop pada pertengahan Bulan Juli ini kan. Namun otoritas perfilman Vietnam be like “I spy with my little eye…” ketika mereka menemukan satu scene di film ini yang nunjukin peta Laut China Selatan, dengan menggunakan gambar “nine-dash line”. Masalahnya, “nine-dash line” adalah gambar perbatasan versi China, yang mengklaim hampir seluruh area di Laut China Selatan sebagai teritorialnya. Padahal kan di situ ada juga klaim punyanya Vietnam, Filipina, Taiwan, hingga Malaysia. Nah balik ke film Barbie tadi, dengan menggunakan versi “nine-dash line”, maka jelaslah bahwa di film itu, area teritorialnya Vietnam jadi seolah-oleh punyanya China. Vietnam bete. Di-banned deh filmnya.
 
Nah ternyata guys, bukan cuma film Barbie aja yang pernah di-banned di Vietnam. Sebelumnya, udah ada dua film Hollywood yang dilarang di Vietnam gara-gara nampilin klaim China pada Laut China Selatan. Kedua film yang dilarang ini merupakan film animasi garapan DreamWorks berjudul “Abominable dan film aksi garapan Sony berjudul “Uncharted”. Padahal ya kalo dipikir-pikir, yang punya klaim kan bukan Vietnam doang ya, tapi yang paling galak mereka tu…

“Pendatang baru kok minta duduk di depan.”

Gitu guys kata Ketua DPP PKB Indah Dita Sari yang nyindir PAN soal usulan mereka yang pengen Pak Erick Thohir jadi cawapresnya Pak Prabowo Subianto di Pilpres 2024. To give you some context, jadi kan PKB sama Gerindra tuh udah duluan yah mengusung Pak Prabowo jadi capres, dan so far sih nama Ketum PKB Cak Imin muncul kuat sebagai cawapresnya. Nah tapi nih, ujug-ujug aja PAN muncul dan mengusulkan nama Pak ET aja sebagai capresnya Pak Prabowo. Jadi ya PKB gedeg aja gitu…

When you come late to class and try to find a seat…


Announcement


Thanks to Joy and Subvillain for buying us coffee today! 

(Mau ikutan nraktir tim Catch Me Up! kopi? Here, here…just click here Dengan mendukung, kamu nggak cuma beliin kopi yang menemani kami nulis, namun kamu juga udah men-support kami untuk terus berkarya dan membuat konten-konten berkualitas yang imparsial dan bebas dari kepentingan. Thank you so much!)

Catch Me Up! recommendations

Wanna be happier? Try this challenge.
Advertisement