Greta Thunberg Aktivis Lingkungan Swedia Dijatuhi Hukuman

150

When being an activist is too risky…

Kayak yang dialami aktivis lingkungan asal Swedia, Greta Thunberg.
Kamu tentunya udah ngga asing lagi sama Greta, seorang aktivis lingkungan asal Swedia yang keras banget menyuarakan tentang bahaya climate crisis. Greta yang masih berusia 20 tahun ini juga ga ragu-ragu nge-call out para pemimpin dunia yang dinilainya kurang maksimal dalam upaya mereka menanggulangi krisis iklim dalam berbagai kesempatan.
 
Nah yang terbaru, gara-gara aktivisme ini, Greta baru aja dinyatakan bersalah dan ngga mematuhi hukum oleh Pengadilan Swedia. Greta kemudian dijatuhi hukuman denda sebesar US$ 144 atau sekitar dua juta. Hukuman ini dijatuhkan setelah aksinya bersama kelompok aktivis Ta Tillbaka Framtiden di bulan Juni kemarin yang memblokir truk minyak di kawasan pelabuhan Malmo, Swedia. Karena Greta nggak mau nurut sama perintah polisi untuk segera pergi, dirinya kemudian dijatuhi hukuman denda tadi, guys
Advertisement
.
 
Padahal nih, Greta menilai dirinya nggak bersalah di dalam pengadilan. Dia mengaku tindakannya merupakan sebuah keharusan dalam konteks darurat iklim yang sedang terjadi sekarang. Hal ini juga diamini oleh juru bicara Ta Tillbaka Framtiden, Irma Kjellström yang bilang rasanya aneh, ketika Greta dituduh melakukan kejahatan setelah dirinya berusaha memblokir industri yang membakar masa depannya.
Advertisement