Rakernas PDI-Perjuangan, Bendungan Nova Khakovka di Kherson Selatan Meledak, Tiket FIFA Matchday Timnas Indonesia VS Argentina Habis Dalam 2 Menit, Film Barbie Habiskan Supply Cat Pink Dunia

383

Hello

Wednesday is here, and so is our podcast. Yep, enjoy our news in audio here. Today we will catch you up! with things from politics, Timnas vs Argentina, to Barbie. Yep, because on Wednesdays, we wear pink. Enjoy!

When you lovvveeee surprises…

PDI Perjuangan might have some.
Siapa di sini yang suka dikasih surprise? Yep, PDI Perjuangan disebut punya kejutan nih, guys. Kejutan itu yang sekarang kita tunggu-tunggu di Rapat Kerja Nasional aka Rakernas yang kemarin banget udah dimulai di Sekolah Partai PDI-P, di Lenteng Agung, Jakarta.

Tell me.
Jadi di tengah situasi politik yang makin memanas belakangan ini, ada yang abis meeting gede-gedean untuk bahas all about 2024. And It’s none other than PDI-Perjuangan. Yep, partai berlambang banteng itu mulai dari kemaren udah menggelar yang namanya Rapat Kerja Nasional aka Rakernas, dan emang sengaja banget dimulainya kemaren di tanggal 6 Juni yang bertepatan sama hari ulang tahunnya Presiden pertama RI, Ir. Soekarno.

Tell me more about this 
Rakernas… 
Sure. Jadi Rakernas ini sendiri dihadiri sama ratusan kader PDI Perjuangan mulai dari Presiden Joko Widodo, dan Capres usungan mereka, Ganjar Pranowo. Kepala daerah lainnya yang merupakan kader PDI Perjuangan juga hadir, kayak Wali Kota Solo, Gibran Rakabuming Raka, Wali Kota Semarang, Hevearita Gunarnyanti Rahayu, Wali Kota Surabaya, Eri Cahyadi, dll.

Bahas apa aja tuh?
Namanya juga rapat kerja, Hasto Kristiyanto, Sekjen PDI Perjuangan bilangnya yang dibahas kali ini tuh ya gimana kader-kader ini bisa kerja menjalankan perintah partai dan perintah konstitusi dengan sebaik-baiknya. Of course nggak cuma itu dong yang mereka bahas. Mas Hasto juga bilang Rakernas kali ini bakalan bahas strategi mereka biar ‘menang’ ntar Pemilu tahun depan, guys. Strategi ini sendiri akan disampaikan sama Pak Jokowi dan Bu Mega. Cuma ya gitu, namanya strategi, maka pembahasan terkait hal ini bakalan digelar secara tertutup.

Yahhh penonton kecewa….
But worry not, everybody. Pak Hasto bilangnya, “Nanti ada element of surprise dalam Rakernas kali ini.” Nggak dijelasin lebih detail sih surprise-nya bakal kayak gimana (ya iyalah). Tapi yang jelas, surprise-nya bukan soal sosok bakal cawapres pendamping Ganjar Pranowo. In that sense, PDI Perjuangan nggak mau buru-buru nentuin cawapres. “Masih ada waktu,” kata Mas Hasto.

Tipis-tipis pun nggak ada nih clue cawapres? 

Ada tapi dikitttt banget. Mas Hasto cuma bilang bakal cawapresnya nanti adalah orang yang punya spirit yang sama dengan Proklamator RI, Ir. Soekarno. Since spirit ini yang nanti bakal dijabarkan dalam visi misi dan agenda strategis ke depan. Nah, speaking of agenda strategis, kalian juga harus tahu bahwa dalam Rakernas kali ini, PDI Perjuangan bakal membahas masalah kemiskinan yang udah jadi masalah utama di Indonesia for… God knows when.


Kemiskinan??
Iya. Sesuai sama tema rapatnya, Fakir Miskin dan Anak Terlantar Dipelihara Negara, PDI Perjuangan dan Ganjar Pranowo disebut bakal committed melanjutkan program pengentasan kemiskinan kayak yang sekarang udah dilakukan Presiden Joko Widodo. Selain itu, permasalahan bonus demografi juga dibahas dan dipetakan ni gimana solusinya biar para milenial Gen Z dll ini bisa tetap kerja di tengah dunia yang semakin kompetitif.

Got it. Anything else I should know?
Btw buat kamu yang ada di Jakarta Selatan, khususnya daerah Lenteng Agung, Pasar Minggu, dan sekitarnya, most likely jalanan bakal macet banget karena adanya Rakernas PDI Perjuangan kali ini, guys. Yhaa acaranya sih sampai Kamis besok. Makanya Pak Hasto minta maaf buat kamu-kamu pengguna jalan yang lewat Lenteng Agung tapi macet. Dimaafin nggak nih, guys? Hehehehe.

When things are getting worse….

In Ukraine.
Yep. Belom kelar sama urusan perangnya sama Rusia, Ukraina lagi-lagi jadi headline dan diomongin masyarakat dunia nih, guys. Kemaren banget nih, Bendungan Nova Khakovka di Kherson Selatan diketahui meledak hingga menyebabkan banjir besar.

Background pls.
Sure. Jadi as we all know,  salah satu trigger awal yang menyebabkan pecahnya invasi/perang yang terjadi di Ukraina-Rusia tuh kan karena Rusia yang melakukan pencaplokan wilayah di Ukraina yah. Adapun salah satu wilayah yang Rusia kuasai sekarang tuh wilayah Kherson. Kherson ini cantik banget karena berbatasan sama Sungai Dnipro di bagian selatannya.

Okay…
Nah the fact that wilayah Kherson ini berbatasan sama sungai, maka dibangunlah Pembangkit Listrik Tenaga Air alias bendungan, Nova Kakhovka namanya. Gede banget ini dibangunnya, guys. Dari titik paling utara di Ukraina, teruss sampai ke Laut Selatan. In that sense, kebayang dong berapa air yang ditampung di sini? Yep, hampir nyamain Great Salt Lake di Utah, AS bahkan.

Oke kebayang. Go on…
But the thing is, kemaren banget nih, Bendungan Nova Khakovka ini diketahui meledak. Temboknya jebol. Luber lah semua airnya di situ, sampai menyebabkan banjir di wilayah Kherson dan sekitarnya. Menurut laporan setempat, ada 22 ribu warga di 14 pemukiman yang terdampak dalam kejadian ini, guys. Warga pun sekarang udah diminta buat evakuasi.

Tapi kenapa bisa meledak gitu btw? 

Nah soal itu juga. Sampai saat ini, belum diketahui secara pasti penyebab bendungan ini meledak tuh kenapa. Tapi yang pasti, sekarang both Ukraina dan Rusia tuh masih saling tuduh-tuduhan. So the situation kurang lebih kayak gini:

Ukraina: “Ini ulah lo kan? It’s you from the very beginning!”
Rusia: “Enak aja! Elo kali. Kita nggak tahu apa-apa yah!”

Lah….
Ya gitu deh. Jadi Ukraina tuh sekarang masih nuduh Rusia sengaja ledakin bendungan itu karena takut pihak Ukraina bakalan manfaatin bendungannya sebagai bagian dari serangan balasan mereka. Meanwhile, Rusia juga sampai sekarang masih kekeuh mengaku bahwa mereka nggak terlibat sama sekali dalam ledakan ini. Malahan, pihak Rusia ngeklaim kalau ledakan ini adalah tindakan sabotase. Ukraina sengaja ledakin bendungan itu dengan niatan menghilangkan Semenanjung Krimea, another wilayah Ukraina yang dikuasai Rusia since 2014 lalu.

Got it. Anything else I should know?
FYI Bendungan Nova Khakovka ini emang jadi salah satu saksi pergolakan antara Rusia-Ukraina, guys. Waktu pasukan Rusia menduduki Crimea 2014 lalu, pasukan Ukraina pun melakukan balasan dengan nge-block saluran air di bendungan itu. Ending-nya, krisis air pun terjadi di sekitaran situ. Makanya waktu Februari 2022 kemaren, ketika Rusia melancarkan invasinya, saluran air itu dibuka lagi sama pihak Rusia.

When you couldn’t get what you want….

Advertisement

For the second time.
Gini banget 2023 yah. Udah nggak dapet tiket Coldplay, eh tiket FIFA Matchday Timnas Indonesia VS Argentina juga nggak dapet. Gimana nggak, di hari kedua yang kemarin banget nih, baru dua menit open, udah sold out aja tiketnya masa.

HAH?? Indonesia mau lawan Argentina?
Iya. Lionel Messi dkk dipastikan bakalan mampir ke Indonesia dan melakukan FIFA Matchday sama Timnas Indonesia, guys. Adapun dikonfirmasi oleh Ketua Persatuan Sepakbola Seluruh Indonesia aka PSSI yang juga Menteri BUMN, Mas Erick Thohir, Matchday ini bakalan digelar di Stadion Utama Gelora Bung Karno 19 Juni mendatang. (Read the full story here).

I am reading…
Nah karena ini momen yang bersejarah buat both parties, Mas Erick bilangnya Timnas kita butuh banget masyarakat untuk datang langsung memenuhi GBK dan support our timnas, guys. That being said, penjualan tiket pun mulai dibuka selama tiga hari mulai dari Senin kemarin, kemarin, dan hari ini nih last day. Tiketnya sendiri dibuka untuk 60.000 seats dalam beberapa kategori, mulai dari VIP Barat dan Timur, which is yang paling mahal yaitu senilai Rp4,25 juta, lanjut di Kategori 1, 2, dan 3.

War lagi udah…
Yoi. Again, karena ini momen bersejarah, maka dari awal Mas ET ngumumin FIFA matchday ini, antusias masyarakat pun luar biasa heboh. And you know what happened next, rite? Yak, ticket war. Di hari pertama aja, yang khusus dibuka buat nasabah BRI, tiketnya udah ludes terjual cuma dalam waktu 12 menit. Terus di hari kedua, di public sales. lebih gila lagi itu, guys karena tiketnya ludes terjual cuma dalam waktu dua menit.

WOW internet lemot can’t relate…
Rite. Terus kamu harus tahu juga bahwa dari total 70.000++ kuota di Gelora Bung Karno, PSSI emang sengaja jualin tiket cuma sebanyak 60.000 aja. Sisanya yha buat sponsor dan tamu undangan. Jadi kalau kamu bukan sponsor dan nggak dapat undangannya tapi pengen bnget nonton, tenang, guys. Masih ada hari ini di mana PSSI bakalan jualin sisa 20.000 seats lagi yang bisa kalian rebutin *Terus abis itu langsung update di Twitter WTS Argentina VS Indonesia #zonauang lol. Anw good luck war-nya yah.

Langsung w hack akunnya wkwkw. Anything else?
Tapi kalaupun emang belom rejekinya kamu nonton FIFA Matchday Argentina VS Indonesia kali ini, jangan sedih. Mas ET bilangnya di waktu yang akan datang bakalan ada lagi match Timnas Indonesia sama Timnas-timnas kelas dunia lainnya, guys. Kayak Brazil, Maroko, Portugal, dll. Semuanya juga udah kasih respons positif. Cuma sayangnya satu tahun emang cuma satu nih jatahnya. Nah kalau tahun ini jatahnya Argentina, meaning FIFA Matchday selanjutnya yha bakal digelar most likely tahun depan deh.
 
*Brb siapin amunisi war biar ga kalah lagi :))

And since it’s Wednesday… we wear pink!

Yep, pink emang selalu jadi warna yang iconic buat film, mulai dari “Legally Blonde”, “Mean Girls”, sampe yang terbaru… “Barbie”. Nah, specifically on “Barbie”, kamu harus tahu nih guys bahwa dalam proses produksinya yang besar-besaran, ternyata film ini sampe “ngabisin” cat warna pink yang ada di seluruh dunia. Yep, terdengar lebay sih, tapi itu beneran yang dibilangin sama sutradara dan production designer film Barbie, Greta Gerwig dan Sarah Greenwood. Jadi dalam wawancaranya sama Architectural Digest, Gerwig dan Greenwood mengklaim bahwa demi membikin set film Barbie yang emang seukuran manusia, tim produksi sampe menghabiskan supply cat pink dunia. “The world ran out of pink,” gitu ceunah. Nah meskipun klaim ini sulit diverifikasi, namun perusahaan yang men-supply cat pink ke film “Barbie” yakni Rosco bilang bahwa emang mereka menyalurkan “sebanyak mungkin” cat pink yang mereka miliki buat film ini. VP-nya Rasco, namanya Lauren Proud juga menjelaskan bahwa ya emang kita men-supply cat-nya sebanyak mungkin yang kita bisa, tapi habisnya cat pink ini juga disebabkan oleh gangguan supply chain gara-gara pandemi COVID-19, dan extreme weather di Texas yang bikin produksi cat pink mereka terhambat.

Well, whatever the reason is, pink is a way to go!

“Big question, maunya apa?”

Gitu guys pertanyaan dari Ketua Umum Partai Demokrasi Indonesia Perjuangan (PDIP) Megawati Soekarnoputri pas diminta tanggapan soal prediksi bakal adanya chaos atau kekacauan politik terkait perubahan sistem pemilu. Kata Bu Mega, semua pihak harusnya ngga ngeliat politik sebagai barang baru, karena kita tuh udah ngadain pemilu sejak tahun 1955. Jadi ya yang bahas chaos-chaos tuh, maunya apa?
 
When you’ve been in a situationship for too long…

Announcement

Thanks to Someone, Ory, Merekam, and Chev for buying us coffee today! 


(Mau ikutan nraktir tim Catch Me Up! kopi? Here, here…just click here Dengan mendukung, kamu nggak cuma beliin kopi yang menemani kami nulis, namun kamu juga udah men-support kami untuk terus berkarya dan membuat konten-konten berkualitas yang imparsial dan bebas dari kepentingan. Thank you so much!)

Catch Me Up! recommendations

Been working too long behind the desk? Now this is what you should do…

Advertisement