Kahutla di Taman Nasional Baluran, Jawa Timur

174

When Hutan Jati is making the headlines…..

Gara gara terbakar (or dibakar?)
Nggak di luar negeri, nggak di Indonesia, semuanya lagi pada menghadapi masalah yang sama ya, guys. Yep, kebakaran hutan dan lahan aka karhutla. Nah di Indonesia, karhutla baru aja terjadi Minggu malam kemarin di Blok Pangarengan Resort Pengelolaan Taman Nasional aka RPTN Watunumpuk di Taman Nasional Baluran, Situbondo, Jawa Timur. The thing is kebakaran ini disebut bisa kejadian karena ulah manusia.
 
Hadeh. Tell me everything.
SureBtw, kamu tahu pohon jati kan? Iya, segala perkakas di rumah kamu yang kayu-kayuan mulai dari meja makan, lemari, sampai tempat tidur tuh mostly terbuat dari kayunya pohon jati (apalagi kalo kamu old money eheh eheh). Nah, karena makin masifnya produksi untuk dibikin perabotan dan banyak barang turunannya lagi, maka pohon jati nih harus dikonservasi biar ngga punah, dong. Nah konservasinya tuh dilakukan di Taman Nasional yang dilindungi sama undang-undang, guys. Adapun salah satu Taman Nasional yang di dalamnya ada hutan jati tuh ada di Situbondo, Jawa Timur, Taman Nasional Baluran namanya.

Oh, I know it.
Iya kan, yang cantik banget kayak di Afrika taman nasionalnya. Nah tapi ternyata guys, Minggu malam kemarin, ada kejadian nggak mengenakkan di sana. Yep, jam setengah sembilan malam kemarin, tiba-tiba ada api yang keluar dan membakar area taman yang dilindungi itu. Panik lah warga sekitar, terus langsung manggil pemadam kebakaran, terus nggak lama polisi juga datang. Tim dari Taman Nasional Baluran juga datang, plus pihak Badan Penanggulangan Bencana Daerah Situbondo juga datang.

Separah itu sampe semua orang datang? 
Yoi. Tapi untungnya pihak pemadam dan BPBD gercep datang dan api jadi bisa dikendalikan dan nggak merembet kemana-mana. Iya, disampaikan oleh pihak BPBD Situbondo, Pak Priyono namanya, madamin apinya juga cukup manual aja guys, cuma di-kepyok aja. Alias titik apinya dipukul-pukul pake ranting. Sama pakai jet shooter. Jadi dari jam setengah sembilan malam, api berhasil dipadamkan pada pukul 20.40 WIB. Tapi ya gitu, gara-gara kejadian ini, Pak Priyono menyebut ada seluas 1.9 hektar lahan yang abis terbakar. Dan yang terbakar tuh yha daun jati kering, semak, sama rumput gitu katanya.

Gara gara apa bisa sampai kebakar?
Nah ini dia yang masih jadi pertanyaan, guys. Sampai sekarang, BPBD setempat dibantu sama anggota kepolisian juga masih terus melakukan penyelidikan buat cari tahu penyebabnya apa. Jadi kalau udah tahu, kedepannya masalah itu bisa di-tackle
Advertisement
jadi kebakaran kayak gini nggak keulang lagi kan. Nah, yang harus kamu tahu adalah, kalau menurut Humas Taman Nasional Baluran, kebakaran kali ini disebabkannya karena ulah manusiaguys.

Lagi-lagi manusia…
Ya gitu deh. Menurut Humas Taman Nasional Baluran, Joko Mulyono, berdasarkan pengamatan dan penelusuran tim mereka di lapangan, kebakaran kali ini tuh most likely disebabkan oleh ulah manusia. Secara, kalau diliat lagi, titik api yang menyebabkan kebakaran tuh deket banget sama jalan raya. In that sense, yha mungkin banget emang ada pelakunya yang akhirnya bikin kawasan itu jadi kebakaran, guys. Lebih jauh, Pak Joko juga bilangnya yang terbakar tuh cuma dedaunannya aja. Batang pohonnya nggak.

Jadi sengaja gitu?
Well, hanya Tuhan dan pelaku yang tahu lah ya. Pak Joko sih bilangnya satu kesalahan kecil, yang most likely nggak disengaja dan dilakuin manusia tuh bisa banget menyebabkan kebakaran kayak gini. Iya, since sekarang di bulan Juni tuh udah masuk ke peralihan musim kemarau kan. Hal ini tentu bikin pohon jatinya jadi kering banget, rapuh, dan daun-daunnya juga kering.

Hubungannya sama kebakaran apa?
Ya jadi kalau ada puntung rokok dibuang sembarangan aja di situ, ya bisa banget menyebabkan percikan api dan end up jadi kebakaran hutan. Skenario kayak gini yang disebut Pak Joko udah sering banget kejadian di Taman Nasional Baluran. Makanya yang sekarang ini curiganya Pak Joko juga kayak gitu. Doi juga bilang pihaknya selalu siap kalau ada kebakaran, karena emang sesering itu, guys.

Okay anything else I should know? 
Btw, kayak yang udah sering banget kita bahas nih, kebakaran hutan dan lahan tuh sekarang udah jadi kayak trend gitu yah, guys (not in a good way of course). Secara, dengan mengepulnya asap-asap karhutla ini ke udara, emisi gas tuh bakalan makin memperparah yang namanya climate crisis which sekarang aja udah parah banget. Makanya penting banget buat aku, kamu, pemerintah, pihak swasta, dan kita semua deh untuk menjaga hutan kita. Biar nggak kebakaran mulu. Biar climate crisis juga nggak makin parah.
Advertisement