Friday Pause: I’m not missing you 💔

289

Good morning

Finally it’s Friday! The day to wind down, take a little break, listen to our podcast, and enjoy some memes/tips/recs on our newsletter here. So, what’s your plan for the weekend? Well, whatever you’ve decided to do, we wish you a restful and enjoyable days. Let’s go!

For the love of Meme: Adulting is such a scam…


When you’re not scared of ghosts but scared of….The future.

Kalau kata pepatah mah yesterday is history, today is a gift, and tomorrow is a mystery. Tapi emang bener, guys. Misteri banget masa depan tuh alias nggak ada yang tahu. Bisa aja hari ini kita karyawan biasa tiba-tiba besok diangkat jadi manajer. Hari ini pergi ke kantor/sekolah masih naik KRL besok tiba-tiba besok udah bawa mobil sendiri. Who knows….
 
Tapi paitnya yha gitu. Dunia kan nggak berputar buat kita doang, dan kadang kita nggak selalu bisa dapetin apa yang kita mau, rite? Iya, dari banyaknya ambisi dan keinginan yang mau kita capai dalam hidup, pasti adaaa aja berbagai obstacles yang end up bikin kita bertanya-tanya, “Kok jadi gini sih?” Huft…
 
Nah guys, dengan berbagai ketidakpastian dalam hidup, wajar bangetkalo kita ngerasa takut akan masa depan. Ketakutan itu sendiri asalnya dari pikiran negatif yang ada di kepalamu, yang kalau kamu nggak atasi dengan baik, yha bisa driving to trauma, stres, bahkan depresi. Jadi di sini, kita bakal kasih kamu tips yang hopefully bisa bantu kamu buat nggak terlalu takut sama masa depanguys. Caranya gini nih:
  • Be active. First things first, jangan sampai kamu gabut dan akhirnya jadi merenung mikirin hal yang nggak-nggak, termasuk ketakutanmu tadi. Yep, coba cari distraction deh. Pagi abis baca newsletter kita *uhuk, terus langsung nge-gym, terus lanjut fokus kerja sampai sore, terus maleman olah raga kayak muay thai, basket, atau renang. Terus, kalau belum ngantuk coba nonton film atau baca buku, abis itu baru tidur. Besokannya gitu lagi. Dengan begitu, kamu jadi nggak punya waktu buat ovt soal masa depan.
  • Create clarity. Yha kalau kamu nggak mau overthinking mikirin masa depan dan masih bertanya-tanya, ya temuin jawabannya, gengs. Biar semuanya jelas. Nah si kejelasan ini juga kudu di-create. Adapun cara nge-create kejelasan aka clarity tuh salah satunya bisa dengan nge-break down semua poin-poin ketakutan kamu. Misalnya, takut aku nggak lolos interview di company A. Terus takut nggak bisa adaptasi di lingkungan kantor baru. Terus takut tahun depan nggak jadi nikah (Eh?). Tulisin semuanya di satu kertas terus kamu pikirin gimana cara mengatasinya, tulis di situ. Jadi setiap kali kamu ngerasa takut akan masa depan, kamu tinggal perlu ngeliat lagi di kertas itu and you know how to handle it. 
  • Look from a different perspective. Nah ini yang penting banget, guys. Kadang kalau kita udah takut, pikiran kita tuh seolah-olah mentok nggak bisa lagi mikirin kemungkinan-kemungkinan lainnya. Padahal, kalau diliat dari perspektif yang berbeda, that would change things loh. Kayak, coba dipikirin aja apakah yang kamu takutin itu emangnya bisa kejadian beneran apa nggak? Seberapa besar kemungkinannya? Dan apa dampaknya? Sebesar apa pengaruh dan dampaknya terhadap hidupmu nantinya? Yang kayak gitu loh. Dengan melihat dari perspektif lain kayak gini, kamu most likely bakal lebih tenang realizing, “Ah nggak yang gimana banget sih sebenarnya.”
  • Fokus ke pikiran positif. Again, segala ketakutan kamu tentang masa depan tuh mulainya dari pikiran negatif yang ada di kepalamu. Makanya untuk menghilangkan ketakutan itu, pikiran negatifnya dulu yang harus diusir jauh-jauh. Kamu bisa banget menghempaskan pikiran negatif tadi dan nge-switch-nya jadi pikiran positif. Pikiran positif ini bisa dimulai dengan manifesting kayak, “Ah tenang aja. Nggak akan terjadi apa-apa kok. Everything is gonna be fine. All is well,” yang gitu-gitu. Atau, kamu juga bisa buat meditasi atau yoga yang bantu kamu lebih maksimal lagi buat berpikiran positif, guys. Cobain deh.
  • PD ajaLast but not least, salah satu cara paling ampuh untuk men-tackle segala ketakutan kamu akan masa depan adalah dengan… PD aja. Iya, percaya diri. You should believe in yourself, guys. Believe that you can make it. Believe that kamu udah melalui berbagai rintangan yang bahkan lebih besar dari ini. And everything up until now is going well, rite? Ya udah, kalau kemaren kamu bisa. Maka hari ini dan besok kamu pun bisa. Percaya deh.
  • Advertisement

Percaya. Itu kata kuncinya, guys :))



Hi, It’s me. I am the weekly recs.

Here comes our weely recs again, where you got cool recommendations from books to songs. All you had to do is scroll down! 
 
But before…
Rekomendasikan hal-hal yang seru menurut kamu (Bisa buku, podcast, video YouTube, apa pun itu, dengan cara mengisi form ini). Nanti, rekomendasimu bakal kita share di weekly tips aka below and let other people know how cool you are! Remember, sharing is caring!
  • Lagunya Ocan yang dulu nyanyi Ekspektasi, guys. Udah setahun lalu sih, tapi aku baru tau. Ternyata musiknya catchy abis. Cus, dengerin Ocan – “Lima Sore” (Anon).
  • Kalau kamu suka banget sama lagu “Mencintaimu“-nya Mimi Kris Dayanti, kamu harus dengerin versi remake-nya yang baru keluar kemarin, guys. Yang nyanyi tetep Mimi, tapi dengan versi yang lebih grande dan lebih indah dan lebih DIVA gitu. Sekali seumur hidup kamu wajib banget dengerin lagu-lagunya Kris Dayanti, guys. Serius deh. (Anonymous)
  • Ada satu drama yang aku tonton akhir-akhir ini judulnya The Good Bad Mother. Kamu pasti udah nggak asing sama pemainnya, which is uri Lee Do-hyun yang sebelumnya main di The Glory sama ada Ahn Eun-jin yang sebelumnya berperan sebagai Chu Min-ha di Hospital Playlist. Ceritanya relatif ringan sih kalau kata aku, tapi message-nya tentang hubungan ibu dan anak beneran deep banget. Cus nonton. (Anon)
  • Buat kamu yang suka banget sama cerita Bridgerton, kamu wajib nonton spin off-nya yang nyeritain soal Queen Charlotte, gengs. Cerita gimana rebelnya dia waktu muda, cerita gimana dia ketemu sama raja, dan kisah cinta mereka yang of course, juicy abis. Queen Charlotte: A Bridgerton Story udah bisa kamu tonton di Netflix, guys.  (Anonymous)
  • Di TikTok ada yang share playlist lagu-lagu yang asik banget didengerin sambil ngeliat Jakarta’s city lights. Dan ternyata waktu aku cobain beneran enak banget, guysFeel-nya kerasa banget. Nih aku spill playlist: City light vibes. (Anonymous)
  • Kamu tau lagu “Tak Segampang Itu” kan? Nah itu kan penciptanya Mario G Klau yang dinyanyiin jebolan Indonesian Idol namanya Anggi Marito. Nah baru-baru ini mereka berdua ngeluarin single duet yang enak banget judulnya “Tak Ingin Kau Terluka” dan lagunya nggak kalah enak sama lagu-lagu Anggi sebelumnya, guys. Asik banget! (Anonymous)
  • Kalian harus baca Gadis Kretek, novel fiktif sejarah karya Ratih Kumala yang bakalan diangkat di Netflix. Awalnya emang fomo karena mau dijadiin series sama Netflix dan yang main Dian Sastro, Ario Bayu, sama Arya Saloka. Tapi setelah kubaca bagus, tentang sejarah kretek di Indonesia gimana.  (Anon)
  • Our podcast! We’re talking about pertemuan Presiden Jokowi dengan enam Ketum Parpol, cerita korban tewas di lift Bandara Kualanamu, dan drama menjelang penobatan King Charles III dan Queen CamillaLeggooo
Yuk guys, jangan lupa kasih rekomendasimu ya! Caranya gampang, klik aja di sini!

Quote of the day

“I’m a greater believer in luck, and I find the harder I work the more I have of it.”
-Thomas Jefferson-

Thank you note


Thanks to Chev for buying us coffee today!

(Mau ikutan nraktir tim Catch Me Up! kopi? Here, here…just click hereDengan mendukung, kamu nggak cuma beliin kami kopi yang menemani kami nulis, namun kamu juga udah men-support kami untuk terus berkarya dan membuat konten-konten berkualitas yang imparsial dan bebas dari kepentingan. Thank you so much!)
Advertisement