Tiktoker Kritik Pemerintah Lampung, Dokumen Rahasia AS Perang Ukraina-Rusia Bocor, Indonesia Memasuki Musim Kemarau, Tupperware Mengalami Kebangkrutan

226

Good morning

It’s Monday everyone! And unlike any other Mondays, today is especially… weird because we know you’re already on your Lebaran mode. Well, it’s OK. Aren’t we all? Now, we can’t wait to catch you up! With aaaaall the drama from the weekend. Let’s go!

Now, here’s all you need to know about: Bima @Awbimax Reborn….

Tiktoker yang kritik Pemerintah Lampung.
You must have heard the news, rite? Over the wekeend kemarin, all eyes are on Bima Yudho Saputra aka Awbimax Reborn, pelajar Indonesia asal Lampung yang sekarang lagi menempuh pendidikan di Western Sydney University, Australia. Nama Bima mulai rame diomongin netizen seluruh Indonesia atas kontennya di TikTok yang mengkritik pemerintah Lampung jadi viral di mana-mana. Saying goodbye to free speech and criticism, Bima lalu dilaporkan ke polisi, bahkan orang tuanya yang ada di Lampung sampai didatangi pihak kepolisian, gengs.

WHATTTT???
 Kok bisa??
Ceritanya gini, gengs. Seluruh rangkaian panjang ini simply berangkat dari satu kontennya Bima yang dia upload di TikTok beberapa waktu lalu. Yep, dalam konten “Alasan Kenapa Lampung Gak Maju-Maju” itu, Bima jembrengin opini dan data yang dia punya yang mostly berkaitan sama kondisi Lampung yang menurut Bima jadi alasan ‘Kenapa Lampung Nggak Maju-Maju’ despite the fact that secara geografis letaknya dekat banget sama Jakarta dan jadi gerbang untuk ke Pulau Sumatera, gengs.

Apa aja opini sama datanya?
Well, in a nutshell, ada empat poin yang disampaikan sama Bima. Pertama, soal infrastruktur di Lampung yang terbatas di mana pembangunan dan pemeliharaan jalan masih nggak merata dan proyek-proyek yang dapat aliran dana dari pemerintah pusat senilai ratusan miliar rupiah banyak yang mangkrak. Nggak cuma itu, Bima juga mention soal sistem pendidikan di Lampung, khususnya waktu penerimaan siswa/mahasiswa baru, yang curang banget. Padahal Lampung sendiri nggak kekurangan orang pinter kalau kata Bima, tapi the phenomenon of “Guru nitipin anaknye. Rektor nitipin ponakannye. Ini apa sihh? Ape??” katanya gitu. Belum lagi fenomena kunci jawaban UN yang kesebar yang kalau kata Bima disebarinnya yha sama pemerintah juga, gengs.

Wkwkwkw. Terus terus?
Selain itu, alasan kenapa Lampung nggak maju-maju kalau kata Bima adalah the fact that Lampung yang terlalu bergantung sama pertaniannya. Yep, to give you more context, Lampung tuh emang dikenal banget sama sektor pertaniannya, guys. Beras, jagung, ketan, dll, which sektor ini tuh naik turun banget kan. In that sense, kalau lagi musim panen yha orang-orang bisa “cairrr” banget, gengs, bahkan sampai bisa nyekolahin anaknya ke LN kalau kata Bima. Tapi kalau udah anjlok, ya anjlok banget juga. Belum lagi masalah korupsi dan suap yang sampai sekarang masih merajarela juga.

Kalau itu sih no wonder eheheheh.
We know rite. Nah video Bima ini kemudian nge-trigger banyak pihak, mulai dari masyarakat Lampung sendiri yang juga ikutan speak up dan memvalidasi opininya Bima tadi terkait kondisi Lampung. Terus ada juga yang kontra dan menganggap opini Bima tadi tuh nggak berdasar dan nggak based on research. Yep, hal ini disampaikan oleh salah satu advokat atas nama Ginda Ansori Wayka yang bilang kontennya Bima kemaren tuh malah semakin memperburuk image Lampung dan menyudutkan banget, guys. Dari sini, akun TikTok Bima @Awbimaxreborn pun diadukan ke polisi atas pelanggaran UU ITE.

Apa si.
Makanya kan. Nah since udah berurusan sama polisi begini, Bima yang sekarang lagi di Sydney dengan student visa itu ngerasa nggak aman dong. Makanya, solusi terbaik yang bisa dia lakukan sekarang adalah ngajuin protection visa“. “Kalau memang di negara sendiri keselamatan gue nggak aman,” katanya gitu. Ngajuin, eh issued. That being said, Bima sekarang bisa tinggal, kerja, dan sekolah di Aussie secara permanen, bisa dapat layanan pemerintah, bisa travelling dari dan ke Australia selama 5 tahun, dan yang paling penting, bisa banget jadi permanent resident kalau memenuhi syarat.

Good for him, I guess….
TBH, we’re not so sure. gengs. Because here at homeorang tua Bima juga jadi sorotan dan berurusan sama kepolisian bahkan Gubernur Lampung himself. Yep, setelah videonya viral, pihak Polres Lampung Timur tuh gercep datang ke rumah orang tuanya Bima, ngobrol di sana. Dan dari pertemuan itu, ayahnya Bima, H. Julaiman kemudian minta maaf sama Gubernur Lampung, Arinal Djunaidi. Pak Gubernur disebut udah maafin juga. Lebih jauh, H. Julaiman juga udah video call-an sama Bima, disuruh nggak usah bikin konten kayak gitu lagi, karena kalau nggak, karier si papa sebagai PNS juga bakal terancam kan.

Terus gimana dong?
Nah makanya selain butuh perlindungan buat dirinya di Aussie, Bima juga butuh perlindungan buat keluarga nya yang di sini, gengs. Bayangin aja, dari pengakuannya, Gubernur Lampung Arinal Djunaidi bahkan sampai ngatain bapaknya Bima “Nggak bisa didik anak” just because satu konten itu, guys. Ditambah ada aduan ke polisi tadi. Makanya hal ini menarik perhatian Bang Hotman Paris Hutapea, yang menyatakan bersedia membantu Bima. “DM saya. Jelaskan apa kasusmu,” katanya gitu.

Sampai Gubernur turun tangan begitu….
Wait until you hear about: Polisi juga datang ke rumah orang tua Bima. Nah tapi berdasarkan klaim mereka, justru kedatangan polisi-polisi ini kemaren tujuannya yha biar menghindari intimidasi dan intervensi yang mungkin dialami sama keluarga Bima atas kejadian ini, guys. Disampaikan oleh Kapolres Lampung Timur, Rizal Muchtar, kapolsek dan anggota lainnya tuh udah dikasih perintah buat patroli supaya bikin rasa aman dan nyaman terutama buat keluarga Bima. Hal yang sama juga disampaikan Wakil Gubernur Lampung, Chusnunia Salim. Bu Nunik juga bilang pihaknya udah kasih instruksi ke Bupati Lampung Timur Dawam Rahardjo buat ngelindungin dan ngejamin keamanan keluarga Bima, gengs. In her words, Bu Nunik bilangnya gini, “Jangan khawatir. Semua orang boleh kok menyampaikan kritik, kita berdemokrasi. Tidak perlu khawatir,” katanya gitu.

I see. 
Yang harus kamu tahu adalah, even Anggota DPR RI Dapil Lampung 1 juga keliatan setuju sama opini Bima di videonya, gengs. Iya, anggota dari Fraksi NasDem Taufik Basari bilangnya masalah infrastruktur tuh emang merupakan satu hal yang harus diperbaiki di Lampung. Jalan desa, jalan kabupaten, bahkan sampai jalan provinsi tuh masih banyak yang belum dibangun secara proper. Jalan negara juga udah banyak yang rusak, katanya. That being said, “Why sampai harus aduin Bima ke polisi?” Kira-kira gitu. He said,  “Bima sedang memberikan pesan dan itu adalah aspirasi. Karena itu, tangkaplah aspirasi itu. Jangan berpikir untuk menangkap orangnya.” Pak Taufik sendiri juga udah ngobrol sama pihak Polda Lampung buat nggak usah nindaklanjutin aduan untuk Bima, dan sekarang udah direspons baik sama pihak Polda Lampung-nya.

Thank God. Now wrap it up….
Jadi ya gitu deh, guys. Gara-gara kontennya Bima, di media sosial sekarang banyak banget deh masyarakat Lampung yang menyayangkan hal yang sama, yang most likely berkaitan sama kondisi jalan yang ancur. Nah menyikapi hal ini, Gubernur Lampung Arinal Djunaidi langsung nge-post di IG dengan caption yang intinya, “Kerja nggak harus selalu ditampilkan di media sosial. Sema saran dan masukan buat kemajuan Lampung pasti dijadikan catatan,” katanya gitu.  Tapi netizen will always be netizen, gengs. Postingan Pak Gubernur ini langsung dapat banyak banget komentar yang isinya soal gimana Lampung emang nggak maju-maju di bawah kepemimpinan beliau, padahal udah menjabat dari tahun 2019. Makanya, heran nggak tuh hmmmm….

Someone just spilled the tea…

In United States. 
Yoi guys. For the past few days, dunia jadi heboh plus geger banget gara-gara ada orang yang ngebocorin dokumen rahasia dari Departemen Pertahanan AS tentang perang Rusia-Ukraina sampe isu soal Israel bocor lewat platform online chat Discord. Hal ini tentunya bikin rame, karena dokumennya classified banget kan. So, everybody, meet: Jack Teixeira.
 
Wait, I need some background here.  
You got it. Jadi materi intelijen yang bocor ini pertama kali muncur di chat room Discord yang dipegang sama Teixeira, which is katanya grup itu emang sering diskusi soal urusan geopolitik dan perang. Kalo menurut pernyataan tertulis dari Agen Khusus FBI alias Biro Investigasinya AS Patrick Lueckenhoff yang dikasih ke pengadilan, Teixeira mulai nge-upload dokumen rahasia Pentagon sekitar Desember 2022.
 
Go on…
Nah awalnya sih, dokumen yang dibocorin itu berupa teks aja, tapi lama-lama si Teixeira jadi mulai nge-upload foto dokumen pada bulan Januari. Akhirnya, pejabat Pentagon mulai tau soal kebocoran dokumen ini ketika ada materi yang di-upload di luar chat room dan otomatis mereka langsung cari pelakunya, dong. Teixeira, yang masih berusia 21 tahun ini, emang kerja jadi spesialis IT di sayap intelijen Garda Nasional Massachusetts, yang berbasis di Pangkalan Garda Nasinal Udara Otis di Cape Cod barat. Jadi, ya kalo emang soal nge-hack atau perkomputeran gini, kayanya bukan lagi jadi masalah deh buat dia.
 
Okayy.. 
After days of investigation, akhirnya si Teixeira ditahan juga pada hari Kamis lalu, guys. Awalnya, FBI tuh berencana buat menangkap Teixeira di tempat kerjanya, lalu membawanya ke tahanan dengan situasi yang lebih aman. Tapi turns out doi nggak masuk, tuh. Akhirnya, berubahlah rencana FBI. Maka dari itu, agen FBI berjaga di depan rumah ibunya Teixeira. Situasinya jadi tegang ketika jurnalis New York Times mengetuk pintu rumah, dan berbicara dengan orang di dalam. Kalo menurut rencana awal, agen FBI emang bakal menahan Teixeira ketika dia keluar rumah soalnya FBI nggak mau masuk ke dalam karena menduga ada senjata. And, finally, FBI berhasil menangkap Teixeira as easy as that. 
 
Seru abis.. 
Totally. Akhirnya, doi juga udah didakwa sama pengadilan federal dengan tuduhan menyalin dan mengirim materi rahasia secara tidak sah, satu hari setelah ditangkap. Teixeira dituntut dengan dakwaan melanggar UU Spionase, terkait penyalinan dan pengiriman materi pertahanan sensitif secara tidak sah. Kalo dari seluruh dakwaan ini, Teixeira terancam hukuman penjara maksimal 10 tahun. Kalo menurut perkiraan para ahli, Teixeira sih bisa aja menerima lebih banyak dakwaan ke depannya, soalnya kan pihak penyelidik juga masih menyelidiki setiap dokumen yang bocor. Terus, doi juga bisa aja dapet hukuman lebih banyak tergantung berapa kali dia nge-upload 
Advertisement
dan ngirim dokumen itu secara terpisah.
 
Emang isinya apaan aja sih? 
When you know it’s from the US, you know it’s not a simple thing. Basically, isinya banyak banget soal isu-isu geopolitik dunia. Mulai dari kegiatan Washington di Korea Selatan sampe masalah Israel. But, it’s mostly about Russia and Ukraine. Di dokumen itu, ketahuan nih soal rencana Kyiv buat menyerang Rusia, yang informasinya didapet dari intelijen AS yang menguping Presiden Ukraina Volodymyr Zelenskyy. Terus, ke-spill juga nih soal kelemahan utama dalam persenjataan Ukraina, pertahanan udara, ukuran batalyon sampe kesiapan di titik perang. Soalnya kan Ukraina emang lagi planning buat mengirim serangan balasan ke Rusia, jadi ya informasi kaya gini tuh jadi informasi yang berharga banget, ya especially buat Ukraina.
 
Ta-tapi, emang itu beneran dokumen punya AS? 
Yup. Soalnya, pejabat AS juga udah bilang kalo beberapa dokumen yang bocor emang merupakan dokumen sah. Terbukti dari pernyataan wakil sekretaris pers Pentagon, Sabrina Singh, yang bilang bahwa Washington udah ngelakuin upaya antar lembaga buat menilai dampak kebocoran itu.
 
So, what’s next? 
You know who’s most affected from this case? Yup, Ukraine totally. And of course, Ukraina juga marah banget nih soal bocornya dokumen rahasia ini. Secara kan, hampir semua kelemahan dan taktik perang dari negara itu kebongkar, and of course ini bikin Ukraina terpaksa muter otak buat ngubah strategi perang melawan Rusia. Menurut keterangan dari sumber terdekat presiden Ukraina, rencana buat nyerang Rusia otomatis mesti diubah gara-gara informasinya udah tersebar luas. Padahal, Ukraina sendiri udah lama ngerencanain serangan itu. On the other hand, kalo pihak Rusia sih bilangnya mereka lagi menganalisa dokumen yang bocor ini. Bahkan, kata Juru Bicara Kremlin Dmitry Peskov, ada unit satuan khusus yang bertanggung jawab buat memeriksa data-data tersebut. Duh, ini sih jadi harta berharga banget deh buat Rusia.
 
Can imagine…
Terusss guys, ada juga nih dokumen yang katanya sih bikin malu Mesir sama Uni Emirat Arab (UEA). Katanya, ada dokumen yang bilang kalo Mesir sepakat buat memasok roket, bubuk mesiu sama peluru buat Rusia. Tapi, hal ini sih udah dibantah sepenuhnya sama pejabat Mesir, yang bilang bahwa informasi tersebut nggak berdasar. Selain Mesir, ada juga dokumen lain yang bilang kalo UEA setuju ngebocorin informasi intelijen AS dan Inggris buat ngejilat Rusia. But, again, pihak UEA juga bilang kalo pernyataan tersebut salah.
 
Anything else? 
Sebenernya, ini bukan kali pertama dokumen AS dibocorin sama anak muda, gitu, guys. Sebelumnya, ada Chelsea Manning yang waktu itu masih berusia 22 tahun, dan ngebocorin soal laporan perang di Afghanistan, Iran dan juga dokumen dari Kementerian Luar Negeri AS. Terus, ada juga Edward Snowden yang bocorin ke media bahwa National Security Agency (NSA) memata-matai warga AS secara illegal. So, it’s kinda not a new thing buat kasus kaya gini terjadi di AS.

When you’ve been thinking “Gila hari ini panas banget”…

Welcome to Musim Kemarau, everybody.
Yep. Buat kamu yang ngerasa akhir-akhir ini cuaca panas banget, well itu bukan perasaanmu aja, gengs. Secara mulai April ini, Indonesia emang udah masuk ke musim kemarau, guys.

Wait, what??
Yoi. Kamu pasti udah nggak asing lagi dong sama fenomena La Nina dan El Nino? Nah setelah tiga tahun kemarin musim kemarau di Indonesia tuh kemarau yang basah dan curah hujan masih tinggi gara-gara fenomena La Nina, nah sekarang, Badan Meteorologi, Klimatologi, dan Geofisika aka BMKG bilangnya udah bukan La Nina lagi yang ada di musim kemarau tahun ini, guys. Tapi kebalikannya, El Nino.
 
Okayy….
Adapun dengan adanya El Nino, keadaannya bakal berubah berbanding terbalik sama keadaan tiga tahun lalu, guys. Misalnya, pemanasan suhu muka air laut aka SML di Samudera Pasifik tuh naik di atas kondisi normal yang bikin pertumbuhan awan di sana dan kemudian curah hujan juga jadi berkurang. Terus, you know what happened kalau curah hujan berkurang, rite? Yep, kekeringan. Kalau udah kekeringan, otomatis cuaca juga jadi lebih panas dari sebelumnya, gengs.

Gimme all the details….
Sure. Jadi menurut data yang dihimpun BMKG, Kepala BMKG, Dwikorita Karnawati bilangnya ada beberapa daerah di bagian barat, tengah, dan timur Indonesia yang udah masuk ke musim kemarau dan cuacanya jadi makin panas. Mulai dari Aceh, Sumatera Utara, Riau, Sulawesi, Nusa Tenggara, bahkan sampai Maluku dan Maluku Utara. Nah coming up next-nya, cuaca panas juga bakal melanda Jawa Timur dan Madura, guys.

Kalau Jabodetabek? 
Nah kalau Jabodetabek, sampai sekarang tuh masih pancaroba aka peralihan gitu dari musim hujan ke musim kemarau. Makanya sama-sama panas nyampe 33-34 derajat. Kalau kata Bu Rita sih, keadaan kayak gini bakal berlangsung sampai puncak Musim Kemarau ntar di bulan Agustus-September tahun ini, di mana emang fenomena El Nino yang tadi kita bahas di awal tuh biasanya emang terjadi sampai enam bulan ke depan, gengs.
 
I see….
Nah menyikapi hal ini, berbagai mitigasi bencana pun dilakukan supaya ancaman bencana yang dikhawatirkan terjadi selama musim kemarau, nggak kejadian. Yep, we’re talking about kebakaran hutan dan lahaneverybody. Mitigasi ini yang dilakukan beberapa wilayah kayak Aceh, Riau, Kalimantan Selatan. Prepare deh pokoknya mereka, kayak ngecek alat ngecek personel, terus saling koordinasi juga sama instansi terkait dan nyiapin berbagai strategi. Kayak di Kalimantan Selatan misalnya, yang bikin saluran air di sekitar bandara yang ada sistem buka tutup salurannya, biar rawa nggak kering meskipun nggak ada hujan, guys. Terus di daerah lain juga most likely sama sih. Biar nggak ada karhutla.

Got it. Anything else?  
Btw ngomong-ngomong soal cuaca panas, did you know kalau sekarang dunia tuh emang udah semakin panas, guys? Yep, banyak banget pihak yang dari kemaren wanti-wanti soal fenomena El Nino ini bakal jadi cuaca panas terparah dalam sejarah, guys. Ditambah suhu bumi yang dari tahun ke tahun emang meningkat, nah puncaknya takutnya terjadi di tahun 2023 ini gitu. Makanya, selain waspada sama bencana, kita juga kudu waspada sama masalah-masalah lain yang berpotensi bakal terjadi kalau cuacanya terus-terusan begini,. Kayak masalah pangan sampai biaya hidup.

When losing “Tutup Tupperware” is part of your childhood…

Millennials can relate.
 
Cung di sini yang memori masa kecilnya includes ngilangin tutup Tupperware terus kamu takut banget pulang ke rumah karena tau bakal diomelin emak? Nah say good bye untuk pengalaman yang may or may not give you PTSD itu *wkwkkw* karena chances are, perusahaan ompreng asal Amerika Serikat itu bakal mengalami kebangkrutan. Alasannya? Penurunan sales aka penjualan yang ga ngangkat samsek. Saking parahnya, saham Tupperware jatuh hingga 92% sepanjang bulan lalu. Perusahaan juga udah ngasih statement sebelumnya bahwa ada kemungkinan Tupperware mengajukan status “bangkrut” seiring dengan pendapatan yang terus menurun. Meski di AS lagi rame soal bangkrut-bangkrutan ini, namun di Indonesia, Marketing Director Tupperware Indonesia, Frangky Purnomo Angelo memastikan bahwa perusahaannya aman-aman aja. In his words to CNBC Indonesia: “Tupperware Indonesia dalam keadaan baik-baik saja, tetap beroperasi seperti biasanya, dan tetap memberikan pelayanan kepada konsumen serta para member-nya di Indonesia,” gitu guys.

“Sudahlah coret saja, tidak lagi dilibatkan dalam pembicaraan. Kan banyak yang sudah dikhianati.”

Gitu guys komentar dari Ketua Badan Pemenangan Pemilu Partai Demokrat (Bappilu) Andi Arief soal alasannya kenapa Partai Demokrat ngotot banget menolak Pak Sandiaga Uno masuk sebagai calon wakil presiden pendamping Anies Baswedan di Pilpres 2024.
Menurut Bang Andi, Pak Sandi tuh udah banyak melakukan pengkhianatan, jadi doi udah bukan lagi bagian dari perubahan.

When your friend says he/she will come for bukber, but then bailout at the last minute 🙁

Announcement


Thanks to Fnfauzani, Genio, Nindi, and Someone for buying us coffee today

(Mau ikutan nraktir tim Catch Me Up! kopi? Here, here…just click here Dengan mendukung, kamu nggak cuma beliin kopi yang menemani kami nulis, namun kamu juga udah men-support kami untuk terus berkarya dan membuat konten-konten berkualitas yang imparsial dan bebas dari kepentingan. Thank you so much!)

Catch Me Up! recommendations

Just broke up? Thinking about being friends with your ex? Read this first.
Advertisement