Dugaan Korupsi Bansos, Rencana Pembuatan Armada Kapal Selam Bertenaga Nuklir, Hanya 13 Negara Yang Punya Kualitas Udara Baik, April – Mei Akan Terjadi PHK Di Meta

229

Good morning

Thursday is here, everyone! It’s almost the weekend, so if you’re feeling a little tired, it’s OK. It will get better soon. Now, we have the recap from the newest updates on Bansos KPK corruption case. Yep, it’s from the COVID-19 era. Dig in…

Here’s your A to Z recap on: Dugaan Korupsi Bansos….

Yang Dikabarkan Udah Ada Tersangkanya.
Well, kamu pasti masih inget kan sama kasus korupsi dana Bansos yang menjerat Mantan Menteri Sosial Juliari Batubara? Nah rupanya, kasus Korupsi Dana Bansos ini nggak berhenti sampai di sini aja, guys. Karena kemarin banget nih, Komisi Pemberantasan Korupsi aka KPK membuka penyidikan baru terkait korupsi Dana Bansos ini. Bahkan KPK disebut-sebut udah menetapkan tersangkanya.

Background pls. 
You got it. Kamu pasti masih inget kan di tahun 2020 when COVID-19 hit us very hard, pemerintah Indonesia tuh kan mengucurkan dana terkait penanganan pandemi COVID-19 sebesar Rp204,95 triliun. Dari dua ratusan triliun ini, lebih dari setengahnya sebesar Rp127,146 triliun tuh dikelola sama Kementerian Sosial, guys. Nah anggaran segini banyak ya dialokasikan ke berbagai program bantuan buat rakyat, kayak bantuan sembako, bantuan tunai, dan program keluarga harapan, dll.

Okay terus…
Cuma ya gitu, guys. Budaya korupsi di negeri +62 ini nggak bisa ilang sampai sekarang. Iya, dana Bansos itu dikorupsi dan end up Mantan Menteri Sosial Juliari Batubara ditangkap KPK, dan kemudian dinyatakan bersalah, kemudian divonis 12 tahun penjara. But the thing is pejabat tuh kan nggak bergerak sendiri yah di sini. Ada pihak swasta yang kongkalikong sama mereka di sini. That being said, KPK pun membuka penyidikan baru terkait dugaan korupsi bantuan sosial, tepatnya bantuan beras.

Shizz kongkalikong gimana?
Now, everybody meet: Kuncoro Wibowo. Kuncoro ini adalah Mantan Direktur Utama PT Bhanda Ghara Reksa (Persero) aka BGR Logistics. Nah back in 2020, Kuncoro ini ngelobi-lobi pejabat supaya perusahaannya yang dapet project bansos, guys. Jadi kayak, “Udah sama kita aja biar kita yang urus sini,” gitu kira-kira. Lebih jauh, disebut-sebut Kuncoro Wibowo ini udah ditetapkan sebagai tersangka. Cuma ya gitu, sampai berita ini ditulis, Kepala Bagian Pemberitaan Ali Fikri belum mau nge-spill informasi lebih lanjut mengenai hal ini.

I see…. 
Cuma pas ditanya apakah bener Kuncoro Wibowo udah ditetapkan sebagai tersangka, Pak Ali Fikri diem aja. Pak Ali juga diem aja waktu ditanya apakah ada lebih dari satu tersangka dalam kasus ini. Dalam keterangannya secara tertulis, Pak Ali cuman bilang gini, “Ketika penyidikan ini kami anggap telah tercukupi untuk pengumpulan alat buktinya, maka identitas dari pihak yang telah ditetapkan sebagai tersangka, kronologi, dugaan perbuatan pidana, sekaligus pasal yang disangkakan akan kami sampaikan ke publik.”

Ditunggu ya pak…
Same here. Nah, yang harus kamu tahu adalah, sejak Januari lalu, Kuncoro Wibowo ini ditunjuk Pj Gubernur DKI Jakarta Heru Budi Santoso untuk menjabat sebagai Direktur Utama Transjakarta, guys. Terus Senin kemarin, Kuncoro diketahui udah ngajuin resign. Nggak ada yang tahu alasannya resign apa, pihak Transjakarta bilang “Silakan tanyakan ke Pemprov ya,” terus besokannya ketika dikonfirmasi sama Pak Heru Budi Santoso, Pak Heru juga nggak tahu pasti. “Mungkin alasan kesehatan atau apa,” katanya gitu.
 
Sounds fishy…
Rite? Nah tapi di hari yang sama itu juga, keluar surat dari Dirketorat Jenderal Imigrasi yang mencegah Kuncoro Wibowo untuk bepergian ke luar negeri. Pencegahan ini sendiri atas usulan KPK sih, dan berlaku selama enam bulan start dari 10 Februari sampai 10 Agustus mendatang. Cuma ya balik lagi, Pak Ali Fikri nggak mau nge-spill apakah pencegahan ini ada kaitannya sama dugaan korupsi bansos itu. Pak Ali cuma bilang, “Pokoknya kalau mereka kami undang untuk dimintai keterangannya, semoga bisa kooperatif dan bersedia memenuhi undangan.”

Kuncoro doang yang di-ban?
Nggak, guys. Selain Kuncoro, ada juga lima nama lain yang dicegah KPK pergi ke luar negeri. Yaitu atas nama Ivo Wongkaren, April Churniawan, Richard Cahyanto, Roni Ramdani, dan Budi Susanto. Kelima orang ini dicegah KPK karena dugaan kasus korupsi Bansos yang sama dengan Kuncoro, guys. Periodenya pun sama, sampai 10 Agustus mendatang. Kalau kata Pak Ali, masa pencegahan ini bisa diperpanjang if it’s necessary. Jadi ya gitu deh, sekarang masih diselidiki kasusnya sama KPK. Just wait and see deh yah.

Got it. Anything else I should know? 
Balik lagi ke posisi Kuncoro Wibowo sebagai Direktur Utama Transjakarta yang baru dilantik Januari lalu, Kuncoro sendiri tuh di awal masa jabatannya dapet target dari Pak Heru Budi soal manajemen Transjakarta, khsususnya gimana caranya mengurangi kecelakaan, dan ningkatin skills para drivers-nya, terus juga nambah armadanya di jam sibuk biar antrean penumpangnya juga nggak panjang. Cuma ya keburu resign dan berurusan dengan KPK si bapak. Therefore, jabatan Direktur Utama kemudian diamanahkan ke Direktur Teknik dan Digital Mohamad Indrayana. Pak Indra akan menjabat sampai Direktur Utama definitif ditentukan nantinya.

When the strong ones are getting stronger…

Because of AUKUS. 
Soalnya, para pemimpin AS, Inggris dan Australia baru aja ngumumin soal rencana pembuatan armada kapal selam bertenaga nuklir (SSN) generasi berikutnya di bawah pakta keamanan AUKUS.

Hold on. 
AUKUS tuh apa?
Semacam kesepakatan pertahanan gitu guys yang disetujui di September 2021 lalu dan sesuai namanya, agreement ini melibatkan tiga negara, Australia, UK, dan US. Pakta keamanan AUKUS  ini tujuannya adalah bikin wilayah Indo Pasifik jadi bebas, terbuka, aman dan stabil, di mana tujuan yang nggak kalah penting adalah, bareng-bareng menghadapi pengaruh China di kawasan itu. Looking more at the agreement, di bawah kesepakatan ini, Australia tuh bisa membangun kapal selama tenaga nuklir dengan bantuan teknologi dari Inggris dan AS.

HEM…….
Sebenernya, banyak banget sih pihak yang kontra sama kesepakatan ini. Also, bisa-bisa ini tuh melanggar Perjanjian Non-Proliferasi Nuklir (NNT). Soalnya, kalo berdasarkan kesepakatan internasional, cuma negara-negara anggota tetap DK PBB yang bisa punya senjata nuklir, which is China, AS, Inggris, Prancis, dan Rusia. Nah, makanya ketika Australia jadi punya kesempatan buat punya senjata nuklir, hebohlah dunia persilatan..

I believe China has a say…
Of course. Secara kesepakatan AUKUS ini seakan-akan buat bareng-bareng ngelawan China, kan. Soalnya, nggak lama setelah AUKUS disepakati, China langsung nuduh AUKUS tuh seakan-akan punya mental perang dingin. Terus juga Eropa, gara-gara mereka tuh merasa, “Kok gue nggak diajak sih?” dalam upaya membendung pengaruh China. Pihak Uni Eropa juga bilang bahwa ini tuh bikin mereka bingung soal pendekatan terhadap China. Soalnya sebelum si AUKUS ini ada, Uni Eropa lebih pengen deketin China dengan cara yang lebih persuasif.

Tell me more about the kapal selam…
Nah, jadi armada kapal selam ini tuh pake teknologi yang super canggih. Soalnya, reaktor yang dipakai aja dibuat sama Rolls-Royce. Kapal selam ini sebenernya cuma kapal yang punya tenaga nuklir. Tapi, lewat proyek pengembangan kapal ini, bisa aja tuh ada transfer teknologi nuklir dari Inggris dan AS ke Australia. Terus para pemimpin ketiga negara kaya PM Inggris Rishi Sunak, PM Australia Anthony Albanese sama Presiden AS Joe Biden tuh nge-highlight banget bahwa kapal selam ini nggak akan punya senjata nuklir dan nggak bakal ngotak-ngatik soal komitmen Australia buat jadi negara bebas nuklir. Terus kalo PM Albanese sih bilang bahwa lewat pembangunan kapal ini, bakalan ada ribuan lapangan pekerjaan baru dan jadi investasi tunggal terbesar di bidang pertahanan Australia.

Terus China tantrum lagi ehehehehe 
True. Pemerintah China  bilangnya kalo ketiga negara itu menapaki jalan yang berbahaya, gitu istilahnya. China bilang kalo mereka tuh egois banget dan mentingin geopolitik mereka sendiri tanpa memperhatikan keprihatinan komunitas internasional. Pokoknya, mereka going to the wrong direction
Advertisement
 banget, deh. Terus, ada juga Rusia yang prihatin soal kapal selam bertenaga nuklir itu. Soalnya, kalo kata Jubir Kepresidenan Rusia, Dmitry Peskov, rencana kapal selam itu bikin publik jadi punya pertanyaan besar soal proliferasi nuklir. Ketiga, ada juga Malaysia yang secara terang-terangan minta AUKUS buat patuh sama aturan soal laut, which is Konvensi Perserikatan Bangsa-Bangsa tentang Hukum Laut (UNCLOS) 1982, Perjanjian Zona Bebas Senjata Nuklir Asia Tenggara (SEANWFZ), dan Deklarasi Asean tentang Zona Damai, Kebebasan, dan Netralitas (Zopfan).

I believe Indonesia is there.. 
Yep, Kementerian Luar Negeri Indonesia juga ikutan komentar nih soal ini, gengs. Lewat pernyataan di Twitter resmi Kemlu, Indonesia dengan tegas meminta Australia supaya patuh sama kesepakatan non-proliferasi senjata nuklir dan Pengamanan Badan Tenaga Atom Internasional. Terus, Indonesia juga bakal terus memantau nih gimana sih skema kerja sama si AUKUS ini. And also, ada komentar juga dari anggota Komisi I DPR dari Partai Demokrasi Perjuangan (PDIP) Tubagus Hasanuddin yang bilang bahwa jalur laut Indonesia nggak boleh dipake sama kapal selam bersenjata nuklir Australia, soalnya AUKUS dibentuk buat berperang.

Anything else? 
Anyway, gara-gara China nggak seneng nih soal kapal ini, Joe Biden sih katanya mau ngomong sama Xi Jinping langsung soal ini. Tapi, so far Biden masih belom mau ngasih tau kapan pembicaraan itu bakal berlangsung. Terus juga, masalah soal AUKUS ini tuh bikin hubungan AS-China jadi makin kacau, soalnya makin banyak aja deh masalah-masalah yang bikin kedua negara itu jadi makin saling sensi.

What’s more toxic than your ex?

Air that we breathe.
Soalnya, menurut laporan di 2022, cuma ada 13 negara dan wilayah di dunia yang punya kualitas udara yang baik.

OH NOOO.. 
Yep, laporan oleh IQAir, perusahaan yang melacak kualitas udara di seluruh dunia, nemuin bahwa di 2022 kemarin, tingkat polusi udara tuh udah sampe ke level mengkhawatirkan. Soalnya, rata-rata polusi udara tahunan di 90 persen negara, punya kualitas udara yang lebih buruk dari standar WHO. And overall, cuma ada 13 negara dan wilayah yang punya kualitas udara yang baik.

Please tell me we’re safe. 
Sorry to inform you that it’s a no. Soalnya dari 131 negara dan wilayah yang dianalisis kualitas udaranya, cuma ada 13 negara dan wilayah yang kualitasnya masih baik. Unfortunatelywe’re not in the list. Negara yang dinilai baik itu di antaranya adalah Australia, Estonia, Finland, Grenada, Iceland, New Zealand, dan tujuh wilayah di Pasifik dan Karibia termasuk di antaranya Guam dan Puerto Rico. It means they’re quite safe. Cuma mereka yang bisa memenuhi pedoman kualitas udara WHO, yang artinya rata-rata polusi udaranya cuma 5 mikrogram per meter kubik, or even less.

Terus, yang paling parah di mana? 
Ada tujuh negara yang kualitas udaranya jauuuh lebih buruk dari pedoman WHO. They are Chad, Iraq, Pakistan, Bahrain, Bangladesh, Burkina Faso, Kuwait, and India. Even worse, Chad yang jadi negara dengan kualitas udara terburuk, punya tingkat polusi udara 18 kali lipat lebih tinggi dari batas aman WHO.

Tell me more. 
Studi itu juga nemuin bahwa partikel halus sekaligus polutan terkecil, called PM2.5, jadi polutan paling berbahaya. Kalo dihirup, PM2.5 ini bisa masuk jauh ke dalam jaringan paru-paru dan bisa masuk ke aliran darah. Polutan ini sih biasanya berasal dari pembakaran bahan bakar fosil, badai debu ama kebakaran hutan. PM2.5 ini juga erat banget kaitannya sama sejumlah masalah kesehatan kaya asma, dan penyakit jantung hingga pernapasan lainnya.
 
Unfortunately, this is what happened in Thailand. 
Soalnya, 1,32 juta warga Thailand baru aja diketahui menderita berbagai penyakit pernapasan akibat polusi udara yang parah banget. Kalo menurut laporan dari Departemen Pengendalian Polusi Thailand, PM2.5 yang melebihi tingkat aman, which is 50 mikron, terdeteksi selama tiga hari berturut-turut di sejumlah wilayah. Ini termasuk Chiang Mai, Chiang rai, Phrae, Phayao, Lamphun, Lampang, Mae Hong Son, Uttaradit, Sukhothai, Tai, Phitsanulok, Nan, Nonthaburi, Phetchabun, dan 50 distrik lainnya di Bangkok. Sebenernya, ada 36 provinsi lain lagi yang juga mencatat lebih dari 50 mikron PM2,5, tapi kondisinya nggak sampe tiga hari berturut-turut juga, sih. Parahnya lagi, Chiang Mai has the world’s worst air pollution dengan indeks kualitas udara 180.
 
Anything else? 
Sebenernya, kalo menurut peneliti dunia, sumber utama dari this problem tuh kebakaran hutan dan pembakaran bahan bakar fosil buat transportasi dan produksi energi. Soalnya kan dunia tuh masih bergantung banget sama bahan bakar fosil yang bikin polusi udara muncul dimana-mana.

When you’ve been thinking about “Rapiin CV”….

Meta Employees can relate.
Iya, guys. Diumumkan oleh CEO Meta, the one and only Mark Zuckerberg kemarin banget nih, bakalan ada pemutusan hubungan kerja aka PHK kelompok teknologi dan kelompok bisnisnya Meta yang bakal berlangsung dari akhir April sampai akhir Mei nanti. Kalau diitung-itung nih, ada 10 ribu orang yang bakal mengalami PHK ini.
 
Nggak cuma nge-cut karyawan, Mark juga menyebut Meta bakalan menutup lima ribu posisi yang masih available dan belum ada orangnya sampai sekarang. Nggak diketahui secara pasti apa alasannya Meta melakukan PHK dan freeze recruitment kayak gini. Tapi most likely sih berkaitan sama inflasi, resesi, dan high demand pasca-COVID-19.
 
Terus, hal ini tuh juga nggak pertama kali terjadi di dunia tech companies kayak gini, guys. Iya, di November 2022 lalu, Meta nge-PHK 13% karyawannya atau setara dengan 11 ribu orang. Amazon juga gitu. Jadi ya gitu deh eheheh.
 
Good luck ya, everyone! Always remember Gold will always be Gold di manapun berada kok.

“Kalau dia clean, tak jadi soal.”

Gitu guys komentar dari Wakil Presiden Ma’ruf Amin pas dimintai komentar soal Menkominfo Johnny G Plate yang kemarin baru aja diperiksa jadi saksi terkait kasus korupsi penyediaan BTS 4G Bakti Kominfo di Kejaksaan Agung (Kejagung). Menurut Kiai Maruf, ya itu kan proses hukum, jadi ya silakan aja. Karena kalo Pak Menteri clean ya yaudah, ngga jadi soal.

When you’re doing a background check on your bestie’s new crush…


Announcement


Thanks to Ces, Someone, Pacific, Indinna & Cutesijeuni for buying us coffee today!

(Mau ikutan nraktir tim Catch Me Up! kopi? Here, here…just click here Dengan mendukung, kamu nggak cuma beliin kopi yang menemani kami nulis, namun kamu juga udah men-support kami untuk terus berkarya dan membuat konten-konten berkualitas yang imparsial dan bebas dari kepentingan. Thank you so much!)

Catch Me Up! recommendations

This is why you should consider eating more greek yoghurt.
Advertisement