Gempa Bumi 7.7 SR Guncang Turki

282

Where people are mourning…

In Turkiye alias Turki. 
Iya guys, berita sedih baru aja datang dari Turki, di mana gempa bumi baru aja mengguncang daerah namanya Gaziantep, di Turki tengah pada Senin (6/2) dengan kekuatan magnitudo 7,7 Skala Richter.

Hiks 🙁 Tell me.
Jadi menurut laporan dari Lembaga Penelitian Geoscience Jerman (GFZ), pusat gempa berada di kedalaman 10 kilometer dekat Kota Gaziantep. Terus, menurut laporan dari Lembaga Survei Geologi Amerika Serikat (USGS), gempanya berkekuatan magnitudo 7,8 dengan kedalaman 17,9 kilometer. Sementara kalo menurut Manajemen Darurat dan Bencana Kantor Kepresidenan Turki (AFAD) gempa tersebut berkekuatan magnitudo 7,4.

Go on…
Terus gempanya terjadi nggak cuma sekali, guys. Setelah terjadi gempa yang terbesar, selanjutnya Turki diguncang sedikitnya 18 kali gempa susulan yang rata-rata berkekuatan lebih dari magnitudo 4. Bahkan terjadi juga sebanyak 7 kali gempa susulan yang kekuatannya mencapai di atas magnitudo 5. Selain itu, gempa susulan yang terkuat bahkan terjadi hingga 11 menit. So, it was a very huge earthquake then. It’s even predicted kalo gempa susulan bakal masih terjadi dalam beberapa hari ke depan.

Kalo korbannya gimana?
Menurut update terakhir ketika berita ini ditulis, sudah lebih dari 2,100 orang yang meninggal akibat gempa ini di Turki dan Suriah. Iya guys, gempanya tuh kerasa sampe Suriah, bahkan Israel. Hal ini tentunya bikin infrastruktur Suriah yang udah ambyar gara-gara perang jadi makin ambyar kena gempa. Kalo dari sejumlah video yang beredar di sosial media, akibat dari gempa tersebut banyak gedung sama bangunan yang rusak. Ini juga termasuk beberapa masjid yang terkena dampak dari gempa.

Our WNI was also affected..
Our fellow Indonesians juga menjadi korban dari bencana alam besar tersebut. Tiga orang WNI dilaporkan mengalami luka-luka. Posisi mereka ada di Kahramanmaras dan dua orang di Hatay. Selanjutnya, pihak KBRI Ankara bilang kalo mereka udah dirujuk ke rumah sakit terdekat. Through the official statement, KBRI juga menyatakan bahwa pihaknya berkoordinasi sama otoritas lokal di Turki, termasuk Satgas Perlindungan WNI dan PPI di sekitar lokasi buat menangani WNI yang terdampak gempa. Selain itu, KBRI juga udah kasih imbauan buat WNI di Provinsi Kahramanmaras, yang menjadi pusat gempa, buat meninggalkan apartemen mereka karena mengalami kerusakan parah. KBRI juga udah evakuasi sejumlah WNI yang terdampak.
Advertisement
 
Any rescue efforts?
Oh iya. Secara Turki tetanggaan sama Eropa, bala bantuan banyak datang dari negara-negara benua biru tersebut. Misalnya, Uni Eropa yang langsung ngirimin tim rescue gabungan untuk melakukan upaya penyelamatan para korban. Yunani sebagai negara tetangganya Turki juga ngirimin pesawat C-130 untuk mendistribusikan bantuan bagi mereka yang terdampak. Ada juga Rusia yang udah standby dengan 100 orang tim SAR dan siap kapan aja untuk cussss ke Turki maupun Suriah.

OK. Anything else?
Ternyata gempa kali ini jadi gempa terbesar di Turki dalam 100 tahun terakhir. Sebelumnya, gempa berkekuatan magnitudo 7,7 juga pernah melanda Turki timur pada tahun 1939. Korban jiwa dari gempa tersebut mengakibatkan lebih dari 30 ribu orang yang tewas. Kalo menurut Asisten profesor di Sekolah Ilmu Bumi dan Atmosfer Universitas Teknologi Georgia, Kar Lang sih bilang bahwa daerah yang dilanda gempa itu emang rentan sama aktivitas seismik. FYI guys, saking kuatnya gempa ini, Eropa sampe mengeluarkan peringatan tsunami. Departemen Perlindungan Sipil Italia menyebutkan kalo muncul potensi maremoto alias tsunami di pantai Italia.
Advertisement