Penurunan Kualitas Udara Indonesia

292

Now, let’s talk about the air…..

Yang kualitasnya menurun over 2022.
Serius. Pemerintah menyebut udara di Indonesia mengalami penurunan kualitas, gengs. Hal ini ofc concerning banget dong mengingat udara tuh vital banget karena kita hirup setiap hari. Kalau kualitasnya buruk, gimana dong.

Ya ampun gimana ceritanya??
Kapan terakhir kali kamu liat langit cerah biru cantik bagus sampai difoto terus di-post IG Story? Kapan terakhir kali kamu liat bintang bertaburan cantik bagus sampe baawaannya mau baring aja di bawah bintang-bintang mikirin hidup? Well, kalau jawaban kamu adalah: Been a long time alias udah lama banget, hal itu karena kualitas udara kita emang udah nggak kayak dulu lagi, guys. Udah ada banyak banget gangguan yang bikin langit Jakarta dan daerah lain nggak sebiru dulu, dan bintang-bintang keliatan nggak sebanyak dulu. Salah satunya, ya karena kualitas udara kita juga nggak sebagus dulu, guys.

Penyebabnya apaseh?
Banyak faktor sih. Kayak polusi asap kendaraan yang bikin karbon jadi lebih banyak keluar, terus pembangkit listrik yang masih pake bahan-bahan nggak ramah lingkungan. Belum lagi limbah industri, penebangan hutan, terus kebakaran hutan dan lahan. Nah semuanya berakibat terjadinya pencemaran udara dan bikin kualitas udara kita jadi menurun kualitasnya, guys. Nah ini yang terjadi sekarang, bahkan di tahun 2022 kemarin, puluhan kabupaten/kota di Indonesia tuh mengalami penurunan kualitas udara.

Tell. Me. Everything
.
Sure. Dari data yang dihimpun Kementerian Lingkungan Hidup dan Kehutanan aka KLHK, in general indeks kualitas udara di Indonesia emang mengalami kenaikan sebesar 0,97 poin karena ada sebanyak 215 kabupaten/kota udah mengalami perbaikan, gengs.  But other than that, penurunan kualitas udara tetap terjadi di 57 kabupaten/kota yang tersebar di 162 titik.  Angka-angka ini mereka dapat dari perhitungan mereka terkait kualitas udara yang jadi salah satu parameter nentuin kualitas lingkungan hidup, guys.

Dimana aja tuh yang menurun?
Well, KLHK nggak jelasin secara detail sih 57 kabupaten/kota yang mengalami penurunan kualitas udara tuh di mana aja, titik-titiknya juga nggak disebutin. But now, let’s talk about Jakarta. Dari pantauan satu company teknologi kualitas udara namanya iQAir menyampaikan Jakarta beberapa waktu terakhir tuh udah relatif baik kualitas udaranya, guys
Advertisement
.  Nah biar makin bagus lagi nih, pemerintah dan lembaga terkait pun sedang berupaya gimana caranya supaya udara Jakarta bisa lebih baik lagi.

Gimana tuh??
Adapun salah satunya adalah dengan mengembangkan kendaraan tenaga listrik, guysSpeaking of kendaraan tenaga listrik, hal ini emang udah diinstruksikan Presiden Joko Widodo supaya ada percepatan pelaksanaan penggunaan kendaraan listrik. Hal ini diturunkan Jakarta salah satunya lewat transportasi umum mereka yaitu TransJakarta. In case kamu nggak nyadar, sekarang tuh udah ada sebaanyak 30 unit bus listrik yang beroperasi di Jakarta, guys. Terus, Kepala Dinas Perhubungan DKI Jakarta bilang pihaknya udah kerja sama dengan BUMD PT Transportasi Jakarta ini dan bakal menambahkan 190 bus listrik lagi. Jadi bakalan ada 220 unit TJ ntar.

Is that it?
Belum selesai, beb. Pj Gubernur DKI Jakarta sendiri menargetkan ada 300 bus listrik buat tahun 2023 ini di mana duitnya dari APBD, gengs. Terus selain pengadaan bus listrik, bakalan ada pengadaan motor listrik yang bakal dipake jadi kendaraan operasionalnya Dishub Jakarta. Harapannya sih polusi di Jakarta bisa ditekan dan kualitas udara Jakarta juga jadi lebih baik.

Got it. Anything else? 
Btw, did you know kalau nggak cuman di ruang terbuka kualitas udara tuh bisa nggak bagus, gengs. Di dalam ruangan juga. Dan kita seringkali nggak sadar sama hal ini dan menimbulkan berbagai efek deh karena kelamaan di ruangan itu. Jadi, kamu harus tahu tanda-tanda kalau ruangan kamu kualitas udaranya nggak bagus, guys. Contohnya kayak ruangan kamu yang kerasa pengap atau panas, ada bau-bau yang nggak enak, tidurmu jadi nggak enak, bahkan menyebabkan kamu jadi sering sakit dan muncul iritasi pada kulit. Jadi yang harus kamu perhatikan ya sirkulasi udaranya kudu dibenerin, kelembabannya diperhatikan, plus jangan pake wewangian yang berlebihan.
Advertisement