KPU Resmikan Nomor Peserta Pemilu 2024

324
berbagai pihak. Salah satunya adalah pihak Partai Gelora. Disampaikan oleh Wakil Ketua Umum mereka, Fahri Hamzah, aturan ini sebagai bentuk diskriminasi, guys. Menurut Bang Fahri, partai new player kayak partainya itu udah nggak punya akses buat dapat semua nomor since kemungkinan udah ke-lock sama partai lain. Jatohnya jadi kayak dapet sisaan, katanya. Makanya dia menyebut aturan ini di Pemilu selanjutnya nggak boleh ada lagi.
 
Emang siapa aja yang pake nomor lama?
Out of 17 parpol, totalnya ada delapan partai yang memilih pakai nomor lama. Diantaranya, Partai Gerindra, PKB, Partai Golkar, PDI-Perjuangan, Partai Nasdem, PKS, PAN, dan Demokrat. Jadi kalau kamu inget partai-partai ini nomor urut berapa kemarin, mereka bakal tetep pakai nomor yang sama di upcoming Pemilu. Tapi ada juga yang memilih buat cabut undi ulang, guys. Everybody, meetPartai Persatuan Pembangunan aka PPP. Disampaikan oleh Ketua DPP PPP, Achmad Baidowi, pihaknya pengen ada variasi nomor yang berbeda, guys. “Politik dinamis,” katanya gitu. Jadi yang sebelumnya mereka nomor urut 10, mereka cabut nomor undi baru jadi nomor urut 17. Cabut nomor undi ini juga dilakukan partai lain mulai dari partai baru kayak Partai Gelora dan Partai Buruh, sampai partai yang 2019 kemarin nggak lolos ke DPR RI kayak Partai Hanura, dapat nomor undian baru.
Advertisement

Good luck with the numbers,
 Pak dan Bu. Anything else I should know?
Well, karena udah ada nomor urut kayak gini, meaning partai politik dan KPU bakalan semakin sibuk mempersiapkan Pemilu ygy. Partai Politik sibuk mempersiapkan strategi  ngambil hati rakyat, KPU juga sibuk mempersiapkan hal-hal teknis terkait Pemilu. Nah terkait hal itu, Presiden Joko Widodo beberapa waktu lalu sempat mengingatkan KPU hal-hal teknis jangan sampai jadi politis. Makanya segala kegiatannya kudu ada aturan dengan koridor hukum yang jelas, kata Pakde. Biar mengantisipasi dan mengatasi persoalan yang bisa banget muncul di kemudian hari,  Presiden ngingetin, “Hati-hati.”
Advertisement