36 Bencana Terjadi di Indonesia Dalam Sepekan

41

When there is so much misery in this country…

Due to disaster.
Yep. Belum lama kita celebrate Kemerdekaan Indonesia ke-77 yang full of happiness and joy, but at the same time kita juga sedih gara-gara banyaknya bencana yang terjadi di Ibu Pertiwi belakangan ini.

Ih iyaaa hiks…
Kamu ngeuh nggak sih, kalau ngeliat berita tuh, adaa aja berita bencana yang kejadian di Indonesia. Mulai dari banjir, kebakaran hutan aka Karhutla, sampai gempa bumi. In that sense, Badan Nasional Penanggulangan Bencana aka BNPB kemarin baru aja mencatat bahwa selama seminggu terakhir udah 36 bencana yang terjadi di seluruh penjuru negeri. In seven days loh!

:((((
Kita bahas satu-satu yah, Dimulai dari yang baru banget terjadi kemarin di Bali. Sore-sore tepatnya di jam setengah 4 sore, ada gempa bumi dengan kekuatan 5,8 SR yang menghantam Bali, guys. Dilansir dari keterangan BMKG, pusat gempanya sendiri ada di 74 km arah tenggara Kuta Selatan dan nggak berpotensi tsunami. Tapi yha namanya gempa, lumayan bikin panik kan. Belum lagi, getarannya juga kerasa sampai ke Lombok, Mataram, bahkan Banyuwangi, terus gerabah sampe pecah, dan dinding juga goyang.

Ya ampun…
Dari Bali kita ke Medan. Minggu lalu, ada hujan gede di sejumlah wilayah. Hujannya tuh awet, dari hari Rabu waktu 17-an kemarin sampai hari Minggu. Makanya banjir deh. Banjirnya tuh parah banget, sampai menyebabkan sejumlah ruas jalan dan sebanyak 6.323 rumah pun terendam banjir. Selain itu, fasilitas publik kayak sekolah dan tempat ibadah juga sama kerendam, gengs. Selain di Medan, ada 8 banjir lain yang terjadi di berbagai wilayah. Nggak cukup cuma banjir, tanah longsor juga ada, guys, dan udah menyebabkan satu orang meninggal akibat si tanah longsor di Medan ini.

🙁
Iya kan. Well, udah ngomongin gempa, banjir, now let’s talk about kebakaran hutan dan lahan. Kamu harus tahu nih, guys, berdasarkan datanya BNPB, dari 36 bencana yang terjadi selama seminggu terakhir, bencana yang paling banyak terjadi tuh yha.. Karhutla ini. Masih dari datanya BNPB, dalam tujuh hari aja, udah ada sebanyak 16 Karhutla yang terjadi di Indonesia, guys. Mulai dari Aceh, Riau, Kalimantan Barat, Kalimantan Selatan, Sumatera Utara, sampai NTT. Bahkan di Jawa Timur meskipun tanahnya nggak gambut, tapi karena kekeringan makanya bisa nge-trigger munculnya api dan terjadilah Karhutla.

I see. Now wrap it up…
Pokoknya banyak bencana deh, guys. Bencananya nggak cuman bencana alam aja, tapi juga bencana yang disebabkan sama ulah manusia terus diperparah sama climate crisis yang makin ke sini dampaknya semakin serius dan buktinya udah ada di depan mata. Mulai dari cuaca panas yang ngga nyantai, sampe polusi udara yang bikin sesek banget. Duh…