Kebakaran Lapas Tangerang, Taliban Resmi Rumuskan Jajaran Kabinet Pemerintahannya, Bitcoin Resmi Jadi Alat Pembayaran Sah di El Salvador, Singapura Jadi Negara Yang Paling Kelelahan di Dunia

36

Hello

Good morning. Raise your hand if you get a solid 8 hours of sleep last night! Now hands down. Folks, we know we said this too many times already, but look, getting enough sleep will keep you in a good mood, healthy metabolism, and shoo away dark circles around your eyes. Yep, let’s try again tomorrow night. See you!


Let’s catch you up on: Kebakaran Lapas Tangerang.

Iya guys, kemaren banget ni tanggal 8 September 2021 dini hari, telah terjadi kebakaran di Lembaga Pemasyarakatan (Lapas) Kelas 1 Tangerang. Api akhirnya berhasil dipadamkan pukul 03.15 WIB.  Akibat dari kejadian ini, 40 napi meninggal di tempat, 1 napi meninggal saat dalam perjalanan ke rumah sakit, dan 72 mengalami luka bakar dan sisanya selamat dari total 122 narapidana yang ditahan di blok yang terbakar, Blok C2 (Chandiri Nengga 2).

OMG… Gimana kejadiannya?
Menteri Hukum dan HAM (Menkumham) Yasonna Laoly menjelaskan kronologi kejadian ini kemaren pagi ni gengs. Jadi, kebakaran dimulai pukul 01.45 saat petugas pengawas melihat api dari atas tempat pengawasan. Petugas langsung menelepon pemadam kebakaran, dan 13 menit kemudian 12 damkar tiba di lokasi. Nah, bentuk dari tahanan di lapas ini adalah paviliun dengan kamar-kamar yang terkunci di dalamnya gengs. Kata Yasonna, kamar-kamarnya selalu dikunci setiap malam karena emang itu udah protokol tetapnya.

Oh no 🙁 Kok bisa kebakaran?
Sampe kemaren malem, polisi masih menyelidiki penyebab kebakaran ini. Tapi, dugaan sementara adalah korslet listrik arus pendek karena ditemukan kabel yang terbuka di titik kebakaran. Dugaan ini makin menguat karena Lapas Tangerang ini adalah gedung bangunan yang usianya udah tua gengs, 42 tahun lamanya. Sejak dibangun pun gak ada perbaikan instalasi listrik, padahal ada penambahan daya over the years.

Astaga…
Polisi juga lagi melakukan pemeriksaan kepada 20 saksi yang merupakan petugas piket di lapas tersebut untuk dimintai keterangan ni soal apapun yang membantu penyelidikan terkait kasus ini. Diperkirakan proses olah TKP yang dilakukan polisi ini baru bisa diumumkan ke publik beberapa hari lagi.

🙁 What’s the govt gonna do about this?
Menteri Koordinator Bidang Politik, Hukum, dan Keamanan (Menkopolhukam) Mahfud MD bilang ni kalo pemerintah langsung ngebentuk lima tim untuk menangani kejadian ini. Adapun kelimanya akan memiliki tugas masing-masing, seperti identifikasi, pengantaran, pemulasaraan, pemulihan terhadap keluarga korban, hingga hubungan masyarakat untuk memastikan bahwa informasi yang disampaikan nggak simpang siur.

OK. Anyone say anything about this?
Ada peneliti Institute for Criminal Justice Reform (ICJR) Meidina Rahmawati yang bilang kalo insiden ini sebenernya bisa dicegah kalo aja pemerintah, khususnya Kemenkumham, mengalokasikan anggaran yang besar gak cuma buat konsumsi para napi aja, tapi juga di perbaikan infrastruktur. Meidina juga menyoroti soal anggaran lapas yang sampe 50% dialokasikan ke konsumsi napi, sedangkan untuk infrastruktur dan kesehatan masih minim. Menurutnya, jumlah konsumsi yang tinggi ini adalah karena banyaknya napi, aka overcrowded. Makanya mending pemerintah juga mikirin deh, gimana solusinya biar penjara-penjara ini nggak kelebihan penghuni. Gitu katanya.

Terus terus?
Direktur Amnesty International Usman Hamid juga setuju ni gengs sama ICJR. Menurut beliau, sebenernya supaya penjara nggak overcapacity, gampang aja. Pemerintah bisa mulai dengan membebaskan para narapidana kasus UU ITE aka pasal karet yang emang nggak seharusnya ditahan. Selain itu, Bang Usman juga ngingetin guys, bahwa para napi juga manusia yang berhak atas kondisi penjara yang layak dan hak atas kesehatan.

I also heard about 2 napi WNA yang ikutan jadi korban?
Nah, dari 41 napi yang meninggal akibat insiden ini, dua di antaranya adalah warga negara asing atau WNA gengs. Keduanya berasal dari Portugal dan Brasil dengan kasus pidana pembunuhan dan terorisme. Kemenkumham udah tektokan sama kemenlu, duta besar, dan konsuler negara-negara asal WNA tersebut..

I see. Anything else on this?
FYI, beberapa lapas di daerah lain sekarang langsung melakukan pencegahan supaya gak terjadi hal serupa ni, kayak di Jember yang langsung cek seluruh instalasi listrik, dan seluruh lapas di Bali yang mengadakan simulasi penanggulangan kebakaran ke para napi dan petugas di sana. Terus, tragedi ini memunculkan kembali permasalahan soal penjara overcapacity yang emang udah jadi masalah lama di urusan perlapasan guys. Dalam data dari Direktorat Jenderal Pemasyarakatan (Ditjenpas) per 6 Mei 2021, lapas di Indonesia mengalami kelebihan muatan hingga 131,077%. Menurut Sekretaris Direktorat Jenderal Pemasyarakatan (Sesditjenpas) Kemenkumham Heni Yuwono, narapidana terbanyak yang memenuhi lapas yaitu berkaitan dengan kasus narkoba. Karenanya, sebenernya banyak juga yang bilang guys bahwa napi narkoba itu, kalo pengguna sih (bukan pengedar), mendingan direhab aja.


Who just announced their lineup?


The Taliban on their cabinet.
Yoi guys, inget kan kemaren kita sempet bahas Taliban lagi merumuskan kabinetnya abis US cabut dari Afghanistan? Nah, udah official alias resmi nih jajaran kabinet interim atau sementara dari pemerintahan Taliban akhirnya hari Senin tanggal 6 September 2021 kemaren. Dengan ini, Taliban resmi mendeklarasikan Afghanistan sebagai “Islamic Emirate”.

Whoa, tell me more about the lineup.
Kabinet interim ini bakal dipimpin oleh Perdana Menteri Mullah Muhammad Hasan Akhnud, salah satu tetua Taliban. FYI, Mullah Muhammad masuk ke dalam salah satu blacklist orang yang disanksi PBB. Terus, co-founder Taliban Abdul Ghani Baradar bakal menjabat sebagai wakilnya.

Keep going.
Selain itu, ada Sirajuddin Haqqani yang menjabat sebagai Menteri Dalam Negeri. Sirajuddin sendiri merupakan ketua kelompok militan yang bergerak di Afghanistan dan Pakistan, Haqqani Network. Jadilah Sirajuddin merupakan salah satu buronan FBI yang kepalanya dihargai sebesar US$10 juta. Doi disebut bertanggungjawab terhadap beberapa serangan teroris over the years, termasuk yang terjadi di Kabul tahun 2008 dan menewaskan 6 orang termasuk beberapa warga US. Terus klan Haqqani yang lain adalah Khalil Haqqani, yang merupakan om-nya Sirajuddin tadi. Doi menjabat sebagai menteri untuk urusan pengungsi, dan dirinya juga merupakan buronan FBI dan kepalanya dihargai US$5 juta.

OMG… terus terus ada siapa lagi?
Ada Mullah Yaqoob sebagai Menteri Pertahanan, di mana doi adalah anak dari salah satu supreme leader Taliban dahulu Mullah Omar. Setelah Mullah Omar meninggal di tahun 2015, Mullah Yaqoob ni yang ngumpulin personel-personel Taliban buat kembali berkumpul. Selain itu, Menteri Luar Negeri kemudian dipegang oleh Amir Khan Muttaqi, yang memiliki peran besar dalam negosiasi withdrawal US kemaren ni gengs.

I see. Anyone comment anything on it?
Nah, pada banyak yang komen ni gengs dengan bilang, “Katanya mau menjunjung tinggi martabat perempuan, tapi kok di kabinet tersebut gak ada anggota perempuannya ni?” Menanggapi pertanyaan ini, Taliban bilang bahwa emang kabinetnya sebenernya belom final. Jadi, bisa banget bakal ada perubahan-perubahan, termasuk meng-include perempuan di dalam kabinet interim tersebut.

Terus?
Pas banget ni hari Senin kemaren pas diumumin kabinet baru ini, para perempuan di Kabul mengelar aksi protes terhadap pemerintahan Taliban karena hal ini dianggap menjadi setback terhadap perjuangan perempuan di negara tersebut selama beberapa tahun belakangan ini. Para perempuan ini menuntut supaya hak-hak dasar perempuan diberikan dan adanya perwakilan perempuan di pemerintahan.

Got it. Anything else?
Nah sampe saat ini, administrasi pemerintahan Joe Biden belum mengakui Taliban sebagai pemimpin yang sah di Afghanistan, meskipun kemaren udah banyak tektokan buat negosiasi deadline withdrawal tentara US. Jumat kemaren, Menteri Luar Negeri US Antony Blinken bilang kalo suatu pemerintahan buat diakui oleh dunia internasional harus mau bekerja sama dengan negara lain, termasuk memastikan keamanan perjalanan keluar masuk, counterterrorism, dan menghargai hak perempuan dan anak.


Who just bought up a lot of Bitcoins?

El Salvador.
 
Whoaaa, why?
In case you forgetEl Salvador baru aja nih mengumumkan di Juni kemaren kalo negara tersebut bakal melegalkan Bitcoin sebagai alat pembayaran yang sah di sana. Terus beberapa bulan kemudian which was Senin tanggal 6 September 2021 kemaren, Presiden El Salvador Nayib Bukulele bilang kalo pemerintah El Salvador udah beli Bitcoin sebanyak 200 koin, karena besokannya kebijakan penggunaan Bitcoin mulai berlaku gengs. Nah terus, di hari berlakunya kebijakan tersebut, Bukulele beli 150 koin lagi. Hal ini dilakukan demi ngebantu transisi aset kripto tersebut jadi mata uang legal di El Salvador.
 
I see.
Dengan begini, resmi deh El Salvador jadi negara pertama yang menggunakan aset kripto jadi alat bayar yang sah di negaranya. Hal ini dianggap sebagai eksperimen ni gengs karena belom pernah dicoba sebelumnya. Di negara-negara lain, Bitcoin dan aset kripto lainnya cuma dipakai sebagai alat investasi setara saham, obligasi, bahkan emas.
 
Interesting… Keep going.
Oleh karenanya, Bitcoin wajib diterima jadi alat pembayaran yang sah di semua transaksi yang dilakukan di El Salvador. Gak cuma itu, warga El Salvador juga bisa melakukan pembayaran pajak pake Bitcoin juga ni gengs. Fancy banget gak siiiih~
 
Terus mekanisme buat warganya gimana tu buat pake Bitcoin?
Nah jadi, warga El Salvador bakal diminta untuk nge-download aplikasi “Chivo Wallet”, aplikasi dompet digital yang dibikin oleh pemerintah El Salvador buat warganya ni. Dari pemakaian pertama, semua warganya bakal dapet Bitcoin yang seharga 30 USD untuk nge-promote pemakaian awal Bitcoin ni gengs sebagai alat pembayaran transaksi yang sah di El Salvador.
 
Got it. Anything else?
Nah ngomong-ngomong dompet digital, di Indonesia udah ada beberapa aplikasinya loh. Salah satunya adalah Zipmex untuk memudahkan kamu berinvestasi aset kripto. Gak cuma jadi platform investasi digital aja ni gengs, di Zipmex kamu bisa dapet banyak keuntungan dengan menggunakan dua fitur andalan Zipmex yaitu ZipUp dan ZipLock. Cuuuus dicoba, siapa tau jadi sarang cuan baru kamu gengs!
 
*This is a sponsored content. Meaning, we got something in return from posting this.

What’s the most tired country in the world?

Singapore.
Yep kalo kamu sering kecapean, coba cek lagi KTP-mu mungkin kamu orang Singapura guys *krik-kriiik* karena according to a study by sleepseeker.co.ukSingapura adalah the most fatigued country in the world alias negara yang paling kelelahan di dunia. Skor kelelahannya adalah 7,2/10, which is super high dibanding negara-negara di bawahnya yaitu Meksiko dengan skor 7,01 dan Brasil 6,28. Even US aja yang hustle culture-nya terkenal tinggi banget ni skornya cuma 5,57 gengs.
 
Padahal, warga Singapura menghabiskan waktu bekerja dan online lebih sedikit daripada Meksiko. Tapi, mereka tetep lebih merasa lelah dibandingkan warga Meksiko. Selain waktu bekerja dan waktu online, indikator lainnya adalah berapa rata-rata waktu yang dimiliki oleh warganya untuk tidur setiap harinya.
 
Terus, setelah ditotal-total ni, akumulasi waktu bekerja warga Singapura mencapai 2.238 jam per tahun. Total ini bahkan melebihi akumulasi waktu kerja warga China yang sebanyak 2.174 jam per tahun, even warga Jepang yang terkenal workaholic dan rata-rata jam kerja warganya cuma 1,723 jam per tahun.
 
Gak cuma itu, rata-rata warga Singapura gak mendapatkan waktu istirahat yang disarankan yaitu sebanyak 8 jam perhari, di mana rata-rata warganya cuma beristirahat selama 7 jam 2 menit seharinya.

“Jangan senang-senang dulu, jangan euforia. Bekerja, ya tapi jangan terlalu euforia,”

Gitu guys kata Pak Presiden Joko Widodo kepada para pengusaha yang merupakan perwakilan para ketua asosiasi di bidang ekonomi dan bisnis kemarin. Pada kesempatan itu, Pak Jokowi memaparkan bahwa kondisi terkini pengendalian covid-19 yang semakin membaik, tapi yha jangan seneng dulu, karena teteup harus kerja.

 
When your boss approves your cuti, but then gives you unrealistic workloads…

Announcement


Thanks for Xxx for buying us coffee yesterday!

(Mau ikutan nraktir tim Catch Me Up! kopi? Here, here…just click here Dengan mendukung, kamu nggak cuma beliin kopi yang menemani kami nulis, namun kamu juga udah men-support kami untuk terus berkarya dan membuat konten-konten berkualitas yang imparsial dan bebas dari kepentingan. Thank you so much!)

Ajak-ajak yuk!

Yep, kamu bakal langsung dapet merchandise eksklusif dari Catch Me Up! kalo kamu ngajak teman-teman kamu berlangganan! Caranya gampang banget, kamu tinggal klik link di bawah ini dan mulai deh, sebar-sebar referral code kamu ke teman, sodara, gebetan, rekan kantor, pokoknya siapa aja boleee….

Atau, kamu juga bisa langsung nge-klik share button di bawah ini! Kumpulin terus referral kamu untuk dapetin merchandise-nya ya! Gratis!


Catch Me Up! recommendations

Been having a lot of breakouts lately? Check these maps and find out why.

Angel’s Stories

1. Haiii min, aku mau cerita, jadi waktu itu lagi dikejar-kejar sama skripsi tapi aku lagi gak sanggup ngejar rasanya kayak berat dan sedih mulu. Bawaannya ga happy dan ga enjoy pokoknya mau nyeraaahh bangetttt. Terus pas banget waktu itu lagi ramai banget 2PM comeback karena dulu pas jaman sekolah suka dengerin lagunya jadi iseng-iseng nontonin mulu. Eh lama-lama kepincut sama salah satu membernya namanya Minjun (jun.k). Makin lama setiap nontonin dia, aku kayak dapet tenaga gitu buat menyelesaikan skripsi. Aku bisa mengerjakan dengan enjoy dan bahagia sambil dengerin suaranya. Aku bisa bangun pagi tanpa nangis lagi karena makin kesana hari-hari aku jadi enteng. Aku mau makasih banget rasanya sama Minjun udah hadirin perasaan suka kayak gitu dan buat aku jadi enjoy ngerjain skripsi sampai alhamdulillah aku bisa sidang tepat waktu. IT MEANS A LOT….hebat yah hal-hal kecil seperti ini tuh bisa jadi kekuatan untuk nggak menyerah, semoga temen-temen Catch Me Up juga punya kekuatan2 seperti ini untuk nggak nyerah ya!
-ya²-
 
2. Kalau flashback 1,5 tahun ke belakang, waktu nganggur rasanya sedih campur haru. Ternyata banyak banget hal-hal yang kerasa banget beruntungnya waktu itu, padahal waktu nganggur and looking for job everyday sampe capek banget pengen nangis. Now, aku di fase udah dapet kerjaan di tempat yang ngga disangka-sangka (read-masih banyak yang harus diperbaiki dalam sistemnya) tapi disini aku belajar dari masalah-masalah tersebut. Bahkan aku buat tulisan ini harus cari sinyal parah banget. Aku cuma mau nyampein terima kasih buat semua cerita-cerita di CMU selama ini, mungkin sekarang kalau mau baca harus cari waktu, ngga kayak waktu itu. So, semua yang lagi struggle cari kerjaan pasti akan dapet kok tapi jangan lupa dunia kerja juga punya tantangannya sendiri. Semangat semuanyaaa..
-Salam dari anak Bandung yg merantau ke pulau surganya Nikel-
 
(We believe that angels, just like superheroes and cats, come in different costumes, but they’re here for the same reasons: to make our days brighter, our smiles wider, and our feelings happier. So during these uncertain times, we’ve decided to replace the love letter with stories about kindness, because now more than ever, our community needs that. Shoot us your kindness stories here (can be something you see or experience firsthand (or no), basically, anything!) and we will feature it here. You can also check our previous angel stories on our angel’s Instagram. Go go go!)