Mexico Akan Ganti Patung Columbus Dengan Patung Pribumi

25

Who got cancelled?

Christopher Columbus.
Yoi guys, kalo kamu inget pelajaran sejarah pas di sekolah dulu, tentunya kita pernah diajarin kalo Christopher Columbus adalah orang Italia yang pertama kali “nge-discover” benua Amerika dalam ekspedisinya. Padahal kenyataannya, udah ada peradaban suku asli di Benua Amerika (termasuk Meksiko) yang punya kebudayaan, bahasa, hingga cara hidupnya sendiri sebelum kedatangan Bangsa Eropa. Justru ekspedisi Colombus ke benua Amerika ini mendatangkan penjajahan dan pendudukan baru yang nggak cuma merugikan kelompok suku asli, namun juga jadi peristiwa kelam yang penuh kisah penaklukan, pembunuhan, hingga perampasan tanah maupun harta benda.
 
Nah, fast forward to now, jadi di Mexico City itu ada patung Christopher Colombus yang berdiri di bundaran tengah kota paling iconic di sana, tepatnya di Paseo de la Reforma. Akibatnya patung ini sering jadi salah satu objek protes masyarakat karena dianggap mengglorifikasi penjajahan bangsa Eropa di Benua Amerika seperti Mexico ini gengs.
 
Akhirnya pada hari Senin tanggal 5 September 2021 kemaren tepat di hari peringatan Indigenous Women, Wali Kota Mexico City Claudia Sheinbaum bilang bahwa pemerintah setempat bakal mengganti patung Columbus dengan patung salah satu figur indigenous woman. Hal ini untuk menghormati perjuangan dan kontribusi para perempuan suku asli di negara tersebut.
 
Nah, sebenernya ni tahun lalu, patung Columbus emang lagi di-remove buat direstorasi gengs, deket-deket hari di mana pertama kali Columbus menginjakkan kaki di peradaban Meksiko jaman dulu yang kini dikenal oleh warga setempat sebagai “Dia de la Raza” atau “Day of the Race” pada 12 Oktober 2020. Akhirnya sekarang, patung tersebut resmi diganti.
 
Yep, we can always rewrite history…