Friday Pause: I feel like the Zombies gone… ūüĎĽūüĎĹ

96

Good morning :))

Friday is here, finally! Now readers, before you scroll down, let’s talk. Since the beginning, our goal is to give you all the best & coolest content possible, so we need to know what you want *think of us like Ryan Gosling on The Notebook*. Good thing is, you can tell us¬†here, and we will try to make it true for you! Yep, that easy. Go!


For the love of Meme: Thank God the week is done…


When you want to feel better every day…

Mentally and Physically.

Guys, raise your hand if you’ve been feeling gloomy lately?¬†Kayak, capek banget, sedih mulu nggak tau kenapa, nggak semangat, males kerja, pokoknya¬†overall¬†unwell¬†deh. *Us raising hands*. Yep, kondisi sekarang yang bikin kita nggak bisa ke mana-mana, ditambah berita soal covid-19 yang nggak selesai-selesai emang mungkin banget berpengaruh negatif sama¬†mood¬†dan kondisi mentalmu. Dan kalau kamu punya perasaan negatif dan pikiran buruk,¬†kadang efeknya ngaruh banget ke fisik, dan hal kayak gini nggak bisa diabaikan. Soalnya, bisa jadi itu mengarah ke¬†psikosomatik¬†aka rasa sakit yang dirasakan sama tubuh karena kondisi psikologi yang gak sehat.
 
So at this point you might ask, “What can I do to feel better?” Mau nggak¬†guys, tetap bisa merasa lebih baik meskipun kondisi di sekeliling kita lagi nggak baik-baik aja? Kalau kamu jawab iya, ini dia¬†hal-hal kecil¬†yang bisa kamu lakukan buat ngerasa lebih baik dan sehat setiap harinya. Pssst… hal-hal ini udah terbukti ampuh oleh¬†science,¬†lho!¬†Let’s check it out!
  • Smile, even when you don‚Äôt feel like it.
    Iya guys, senyum adalah koentji. Sebuah penelitian psikologi tahun 2014 membuktikan bahwa senyum bisa nge-trigger psikologis dan saraf otak kita untuk memunculkan emosi positif. Selain itu, tersenyum juga bisa bikin kita recover lebih cepat dari stress (Jadi penelitiannya itu, para objek dibikin stres, dengan diminta ngerjain ujian dan mencelupkan tangannya di air es. Hasilnya, mereka yang diminta tersenyum ketika melakukan hal-hal tadi menunjukkan detak jantung yang lebih normal dan rileks dibanding mereka yang nggak senyum) Yep, jadi bisa dibilang, senyum bisa jadi langkah awal buat kita jadi hepi.
  • Take a real lunch break.
    Calling all WFH warrior….¬†yuk¬†guys, kalo lagi makan, usahain fokus makan aja ya, jangan sambil ngerjain kerjaan lain (kayak main hape atau laptopan!) Hal ini karena riset menunjukkan bahwa karyawan¬†yang menggunakan jam istirahatnya dengan maksimal untuk¬†take a break¬†setiap harinya cenderung menghasilkan pekerjaan yang lebih memuaskan. Selain itu, diketahui juga bahwa kalo kamu¬†break¬†20 menit aja dari kerjaanmu di tengah hari, maka¬†mood, kreativitas dan energimu bisa meningkat.
  • Turn any possible activity into a ‚Äúme time‚ÄĚ.
    Buat kamu yang kerja di sektor esensial dan kritikal dan masih ke kantor, maka kamu bisa menggunakan waktu kamu lagi naik kereta/MRT/busway untuk me time, guys. Misalnya, dengan dengerin lagu, podcast, atau nonton Kdrama di perjalanan. Meanwhile, kalo kamu masih WFH, kamu juga bisa kok nyuri-nyuri waktu me time di kegiatanmu. Misalnya pas lagi break cuci piring atau bersih-bersih, nah selama itu kamu bisa banget sambil dengerin podcast atau nyalain playlist meditasi kamu. Pokoknya, turn any activity into a fun one, even when it seems too far from it.
  • Do some¬†‚Äúmicro-excercise‚ÄĚ.
    Mirip-mirip kayak sebelumnya ni gengs, kamu bisa ngelakuin hal-hal kecil yang ujungnya kamu jadi sedikit olahraga juga. Kayak misalkan jalan-jalan di sekitar rumah kamu pagi-pagi sebelum mulai kerja. Atau kalo mau di rumah aja kamu bisa beres-beres rumah sambil sedikit lebih aktif gerakannya. Pokoknya inget bahwa badan kamu nggak di-design buat diem aja, jadi emang perlu gerak gengs.
  • Eat dark chocolate as a snack.
    Aka our favorite snack. Iya guys, jadi emang dark chocolate ini terbukti banyak banget manfaatnya buat kesehatan kita. Kandungan di dark chocolate diketahui bisa melancarkan aliran darah kita ke otak gengs, jadinya otak kita bisa mikir lebih cepet. Selain itu, dark chocolate dari dulu emang terkenal bisa ngurangin stres dengan dimakan. Udah enak, banyak manfaatnya ternyata… *brb stok dark chocolate*
  • Use ‚ÄúIf‚ĶThen‚Ķ‚ÄĚ mantra.
    Atau mantra apapun yang biasa kamu gunakan¬†to stay positive,¬†dan selalu inget-inget mantra ini kalo suatu hal buruk terjadi. Contohnya gini: ‚ÄúKalo hari ini aku dikasih kerjaan numpuk sama si ¬†bos‚Ķ‚ÄĚ kamu bisa lanjutin dengan hal positif yang bisa kamu lakuin kayak ‚ÄúMaka aku bakal¬†chill¬†aja dan kelarin semua kerjaannya”.¬†Self-pep talk¬†kayak gini juga diketahui bakal nge-trigger¬†otak kamu kalo semua bakal baik-baik aja,¬†and if otherwise, yaudah gapapa¬†at least you try your best. Apresiasi diri kamu setinggi mungkin karena udah bertahan sejauh ini.
  • Use social media wisely.
    Pernah gak kamu¬†stressed and anxious¬†ngeliat¬†update-an orang-orang di¬†social media? Kayak mikir, ‚ÄúIh kok mereka masih bisa hepi¬†or live their lives to the fullest meanwhile¬†aku¬†stuck¬†gini-gini aja?‚ÄĚ Nah ini yang sebaiknya kamu kontrol gengs. Emang natural banget si ngebanding-bandingin hidup kita sama orang lain, apalagi di saat gak ada hiburan lain. Tapi, kamu cukup tanamin aja ke diri kamu sendiri bahwa ‚Äúeveryone has their own battle that you don‚Äôt know about, as they don‚Äôt know yours.‚ÄĚ Harapannya, kamu punya perspektif baru yang gak nyakitin diri kamu sendiri dengan sirik sama orang lain¬†guys.
  • Eat strawberry and blueberry.
    Iya gengs, kedua buah beri ini terbukti banyak banget manfaatnya. Gak cuma kandungannya yang sehat buat nutrisi badan kita, tapi buah-buahan ini bisa nurunin risiko terkena serangan jantung loh. Daaan, gak cuma rasanya yang enak (apalagi dicampur yogurt, nyammm) stroberi juga punya kandungan alami yang bisa memutihkan gigi. Another reason to smile widely :D.
  • Take a walk outside.
    Kalo sebelumnya jalan-jalan di sekitar komplek, yang ini lebih ke jalan-jalan ke taman gengs. Tapi inget, tetep harus hati-hati yaa lagi pandemi gini. Taman deket rumah yang banyak pepohonannya terbukti bagus banget buat meningkatkan imunitas tubuh. Gak cuma itu, sinar matahari pagi juga baik banget buat kita. Nah, biar semakin bervariasi, kamu bisa ajak jalan anabul kamu ke taman loh. Or, kamu bisa foto-foto atau bikin video ala-ala. Dijamin makin hepi kan?
  • Take a bath

    Kalo di rumah kamu ada bathtub, nah ini bisa kamu cobain banget ni. Kamu bisa berendam dengan naburin garam Epsom, karena garam yang penuh dengan magnesium ini terbukti banyak manfaatnya, kayak meningkatkan kualitas tidur dan bikin otot kamu rileks. Kalo kamu mau nyobain, caranya adalah dengan masukin 2 gelas garam Epsom ke air anget, dan tunggu sampe meresap selama 20 menit. Abis itu kamu bisa berendem deh.

  • Have an off-screen time one hour before bed
    Udah jadi kebiasaan kita kan buat scroll timeline sebelum tidur? Nah menurut para ahli, hal ini berbahaya banget guys. Soalnya, layar handphone yang terang bisa nge-suppress melatonin, hormon yang ngasih sinyal ke otak kalo ini udah saatnya tidur. Dengan gitu, kualitas tidur kita jadi menurun banget. Karenanya, kamu bisa ganti kegiatan tersebut dengan baca buku, meditasi dengan aromaterapi, nulis jurnal, dan lain-lain yang gak melibatkan layar elektronik.
Nah, ternyata banyak ya guys, hal-hal yang bisa kamu lakukan buat merasa lebih baik dengan cepat! Nah yang perlu diingat, hal-hal di atas bisa dilakuin untuk mencegah atau mengatasi symptom yang masih ringan aja, dan efeknya baru bisa kerasa kalo rutin dilakukan. Terus, kalo kamu ngerasa butuh pertolongan profesional, don’t be afraid to reach out. Remember, we’re all in this together.


Finally, all cool things for the weekend. 

Yep. Just because we are all sheltered @home a lot lately, doesn’t mean your weekend should be dull. So, scroll down to find all the coolest recs for you to enjoy during your unwinding times!¬†
 
But before…
Tell us everything you like! Rekomendasikan hal-hal yang seru menurut kamu (bisa buku, podcast, video YouTube, apa pun itu, dengan cara mengisi form ini). Nanti, rekomendasimu bakal kita share di weekly quarantips aka below and let other people know how cool you are! Remember, sharing is caring! 

  • Our¬†podcast!¬†Today we’re talking about¬†polemik cat baru pesawat kepresidenan, Indonesia keluar dari resesi, hingga kebakaran hebat Turki. Click, clack!
  • Hi! Aku mau rekomen¬†10 Days Survival Challenge-nya seorang¬†skin-diving fisherman¬†asal Jepang bernama Masaru. Dia pergi ke sebuah¬†deserted island¬†tanpa makanan/minuman trus ngasih¬†tips&trick¬†apa yang perlu diprioritasin kalo kita ada di posisi kayak gini (gimana caranya mencari air minum, bikin api, dan tempat tidur yang aman).¬†Overall it feels really wholesome watching it. It reminds us to be grateful for all the little things that we have¬†ūüôā¬†Check the 1st ep¬†here.¬†(Anonymous)
  • Binge-watching¬†Bones¬†series in Disney +¬†(Anonymous)
  • I’d recommend some French series¬†kayak Call My Agent!, The Hook Up Plan, atau mungkin¬†Spanish one¬†kayak Daughter from Another Mother !!!¬†Random¬†banget tapi¬†ended up¬†seruu : )¬†(@annedewanto)
  • Mau ngerekomendasiin¬†Quarantine Tales¬†di Netflix. Buatannya orang Indonesia.¬†Vibes-nya itu mirip kayak Black Mirror.¬†If you like Black Mirror, I think you’ll like this series too. Per episodenya cuma 20menitan! ūüėČ(Avvina A)
  • Mau rekomendasiin¬†Kitchen for Singles¬†di YouTube. Ceritanya sederhana dan¬†warm¬†tentang kehidupan¬†after office¬†cewek di Jepang pulang ngantor masak dan¬†journaling¬†dan dikemas dengan sinematik yang keren.¬†Story¬†di tiap episodenya juga¬†deep.¬†(Anonymous)
  • Buku “Gadis Minimarket” karya Sayaka Murata. Novel tipis yang cuma 164 halaman ini padat banget isinya. Berkisah tentang Keiko yang menghabiskan 18 tahunnya menjadi pegawai minimarket. Kita bisa baca sebagian POV-nya Keiko dalam hidup bermasyarakat, yang mana masalahnya bisa jadi¬†relate¬†banget sama kehidupan kita. Super duper rekomen!¬†(@pakhajizorororo)
  • If you want to know more about failure and how to deal with it, maybe a book named¬†Failosophy¬†by Elizabeth Day¬†can help! (P.S: she’s also hosting a podcast on Spotify:¬†How to Fail¬†by Elizabeth Day.¬†(Fia)
  • Belakangan ini, suka dengar lagu-lagu dari¬†Scarlet Pleasure!¬†Terutama¬†Push-Ups¬†(@lintang13prtw)

Quote of the day

‚ÄúIf you think about human nature, our favourite pair of shoes are the ones we bought yesterday, our favourite thing is the newest thing that we have‚Ķand the thing we‚Äôve seen the most and for the longest period of time is our reflection in the mirror, so obviously that‚Äôs going to be our least favourite thing.‚ÄĚ

-Taylor Swift-


Thank you note

Thank you Bebek <3 for buying us coffee yesterday!
 

(Mau ikutan nraktir tim Catch Me Up! kopi?¬†Here, here…just click¬†here. ¬†Dengan mendukung, kamu nggak cuma beliin kopi yang menemani kami nulis, namun kamu juga udah men-support¬†kami untuk terus berkarya dan membuat konten-konten berkualitas yang imparsial dan bebas dari kepentingan.¬†Thank you so much!)


Ajak-ajak yuk!

Yep, kamu bakal langsung dapet¬†merchandise¬†eksklusif dari Catch Me Up! kalo kamu ngajak teman-teman kamu berlangganan! Caranya gampang banget, kamu tinggal klik link di bawah ini dan mulai deh, sebar-sebar¬†referral code kamu ke teman, sodara, gebetan, rekan kantor, pokoknya siapa aja boleee….

Atau, kamu juga bisa langsung nge-klik share button di bawah ini! Kumpulin terus referral kamu untuk dapetin merchandise-nya ya! Gratis!

Angel’s Stories

1. Mau kasih¬†bunch of thanks¬†buat Anonymous yang Jum‚Äôat kemarin rekomendasiin channel Boho Beautiful Yoga.¬†Sooo glad to find the channel right when I need it.¬†Sabtu kemarin badan ngerasa nggak enak tapi pingin gerak. Yang bikin senang adalah di¬†channel¬†itu ada berbagai Yoga dengan durasi berbeda, and¬†I chose the 20min yoga. Rasanya enak banget setelahnya.¬†Hope many people will find that channel too.¬†ūüôā
-Kiks-

2. Hari ini… ¬†Aku baru aja dapet info kalo aku gagal meraih impian. Sebelum aku tau itu, aku udah antisipasi untuk tetap sabar dan berserah diri ke Tuhan walaupun gagal. ¬†Dan saat aku tau gagal, reaksiku tenang walaupun merasa perjuanganku seperti sia-sia. Tapi aku berusaha untuk berprasangka baik ke Tuhan. Lalu saat aku tidur, aku seperti diberi petunjuk oleh Tuhan. Aku mimpi tentang bagaimana cara ikhlas menghadapi ujian dan tetap konsisten beribadah. Bangun tidur di waktu subuh, aku denger suara seseorang yang memimpin solat di masjid dekat rumah. Rasanya bersyukur banget. ¬†Lalu siangnya, ada orang yang seperti minta bantuan. Jujur, sulit bagiku untuk bantu dia tapi lama-lama aku sadar lagi bahwa seharusnya kebaikan itu bukan hanya dilakukan karena suka/cinta ke seseorang tapi kebaikan adalah bentuk pengabdian kita ke Tuhan, yang pastinya berujung baik juga buat kita. Lalu aku membantu dengan ikhlas. Dan aku tenang. ¬†Terima kasih sudah baca. ¬†Semoga kita selalu jadi orang baik yaa.
-Anonymous-

(We believe that angels, just like superheroes and cats, come in different costumes, but they’re here for the same reasons: to make our days brighter, our smiles wider, and our feelings happier. So during these uncertain times, we‚Äôve decided to replace the love letter with stories about kindness, because now more than ever, our community needs that. Shoot us your kindness stories here (can be something you see or experience firsthand (or no), basically, anything!) and we will feature it¬†here.¬†Come, share us your versions of angels!)