Corona Updates, Resolusi Dewan Keamanan PBB, Ninja Studies

55

Hi, good morning.

Today we want to take the opportunity to wish our high school graduates all the best for your UTBK-SBNPTN 2020 tests. We are now seeing the historical moment where your commitment, hard-work, and months-long focus will be put in national tests, all while facing a global pandemic. Whoa, you’re incredibly strong. Now go take those tests with confident and pride, and tell yourself that just like any other thing you’ve faced in life, you’ll fight. Because you’re the generation of fighter. Myyy goodness we’re so proud of you.


As usual, we start your Monday morning with Covid-19 updates…

Nationally, globally, read it, skip it, your call. We will just here, give you updates starts from…
 
Home.
  • Per kemarin banget nih, total kasus positif Covid-19 di Indonesia adalah sebanyak 62.142 kasus, dengan total sembuh 28.219 orang, dan 3.089 meninggal.

  • Provinsi yang paling banyak kasus Covid-19-nya adalah Jawa Timur (13.461 kasus), DKI Jakarta (12.183 kasus), Sulawesi Selatan (5.754 kasus), Jawa Tengah (4.403 kasus), Kalimantan Selatan (3.520 kasus).

  • Kota Bekasi bakal menerapkan adaptasi tatanan hidup baru (ATHB) atau new normal mulai 3 Juli – 2 Agustus 2020.  Sektor-sektor yang bakalan mulai dibuka adalah:  layanan kesehatan, keagamaan, area tempat kerja, dan berbagai fasilitas lain, dengan teteup menuruti protokol kesehatan.

  • Per kemarin, udah ada 3.586 orang pasien Covid-19 di Rumah Sakit Darurat (RSD) Wisma Atlet, Kemayoran, Jakarta, yang sembuh. Jumlah ini adalah akumulasi dari tanggal 23 Maret 2020.
  • Pembatasan Kegiatan Masyarakat (PKM) Kota Semarang diperpanjang indefinitely aka sampai tanggal yang belum ditentuin (Whoaaa!). Kata Wali Kota Semarang Hendrar Prihadi, PKM baru bakal di-stop kalau jumlah penambahan kasus corona di kota tersebut menurun.
  • Udah kangen jalan-jalan ke Pangandaran? Nah, mulai minggu lalu, warga Jawa Barat yang mau wisata ke Pangandaran udah boleh masuk tanpa pake rapid tests. Meski begitu, Gubernur Jabar Kang Emil mengingatkan bahwa meski aturannya udah diperlonggar, tapi warga teteup harus waspada karena sebagai tujuan pariwisata, tentu resiko penularan Covid-19 di Pangandaran tinggi.
  • PSBB di Kota Ambon, Maluku bakal diperpanjang sampai 19 Juli mendatang.  Hal ini karena Kota Ambon masuk ke dalam zona merah dari 53 Kabupaten dan kota di Indonesia.
  • Di Nusa Tenggara Barat aka NTB, penerbangan rute Sumbawa-Lombok dari dan menuju Bandara Udara Sultan Muhammad Kaharuddin III udah dibuka lagi.  Sebelumnya rute ini ditutup karena covid 19.
  • Seiring dengan ekonomi masyarakat yang mulai bergerak lagi, jumlah permintaan KPR bersubsidi juga meningkat. Hal ini disampaikan sama Bank BTN yang menyebut bahwa angka masyarakat yang apply KPR bulan Juni lalu meningkat sampe 75 persen dan angkanya diprediksi bakal meningkat terus.
  • Ga cuma KPR, tapi seiring dengan berlakunya new normal, konsumsi bensin masyarakat juga udah kembali naik. Jadi kata Pertamina, pas PSBB itu angka konsumsi BBM masyarakat turun sampe 26 persen, lalu memasuki fase new normal sekarang, terjadi kenaikan konsumsi sebesar 10 persen. Jadi teteup belum kembali ke jumlah normal sih, tapi yha meningkat aja.
Internationally…
  • Per kemarin, total kasus kasus positif Covid-19 di dunia udah mencapai 11.304.534 kasus, dan ada 531.659 orang meninggal.

  • Negara-negara dengan jumlah kasus tertinggi adalah Amerika Serikat (2.841.124 kasus), Brazil (1.577.004 kasus), Rusia (680.283 kasus), India (673.165 kasus), dan Peru (299.080 kasus).

  • Kemarin, WHO baru saja melaporkan bahwa ada lebih dari 212,000 kasus baru Covid-19 secara global. Ini adalah angka penambahan kasus terbanyak dalam satu hari, sejak pandemi Covid-19 dimulai. WOW.

  • Filipina juga baru saja mencatat kenaikan kasus terbanyak dalam satu hari, yaitu 2.434 kasus.  Kata Kementerian Kesehatan Filipina, peningkatan kasus terjadi karena pelonggaran lockdown yang baru aja diterapkan. Saat ini, total kasus Covid-19 di Filipina mencapai 44.254 kasus, dan 1.297 orang meninggal.

  • Angka penyebaran Covid-19 juga meningkat seiring dengan pelonggaran kebijakan lockdown di dua negara dengan ekonomi terbesar di Timur Tengah, Arab Saudi dan United Arab Emirates. Saat ini, jumlah kasus positif di Arab Saudi adalah lebih dari 200ribu kasus, dan di UAE juga tercatat ada lebih dari 50ribu kasus.

  • Sekitar tiga ribu orang bakal di-lockdown di sebuah kompleks perumahan yang ada Melbourne, Australia, setelah ditemukannya 27 kasus positif di kompleks tersebut. Terkait hal ini, pemerintah Australia minta para warga yang tinggal di sana untuk nggak keluar rumah dulu, dan biaya sewa bakal digratisin selama dua minggu.

  • New York City, AS, bakal menerapkan pembukaan covid-19 fase ketiga pada Senin hari ini.  Dalam fase ini, indoor dining masih belum diperbolehkan.

  • Jepang baru aja melaporkan 274 kasus baru pada Sabtu minggu lalu, dan setengah dari kasus ini ditemukan di Tokyo.  Saat ini, total kasus Covid-19 di Jepang ada 22.234 kasus, dengan 990 orang meninggal.

  • Brasil baru aja memasuki hari ke-50 tanpa Menkes pas lagi menghadapi…pandemi global. Saat ini, posisi tersebut diisi sementara sama seorang jenderal, namanya Eduardo Pazzuello yang nggak punya background medis. Sebelumnya, jabatan tersebut diisi sama seorang menkes yang terus-terusan mengkritisi presidennya sendiri, Jair Bolsonaro karena dianggap terlalu sans dalam menghadapi Covid-19. Karena kritikan ini, Bolsonaro kemudian memecat si menteri dan dia digantiin sama orang lain yang cuma menjabat selama kurang dari sebulan. Abis itu, posisinya kosong deh. Sampe sekarang.

Who’s having an announcement…

UN Security Council, aka Dewan Keamanan PBB.

Wait, what kind of announcement?
Jadi minggu lalu, DK PBB baru aja secara kompak mengumumkan resolusi yang baru disetujuinya bersama. Isinya, seruan global untuk menghentikan berbagai krisis kemanusiaan aka konflik selama 90 hari seiring dengan menyebarnya Covid-19.

Now? Just now?
Yep. Jadi emang setelah nego berbulan-bulan, DK PBB yang diisi sama 15 negara itu akhirnya mengumumkan resolusinya yang disetujui oleh semua negara. Jadi emang sejak Maret lalu, Sekjen PBB Antonio Guiterrez udah menyerukan supaya pandemi Covid-19 ini dinyatakan sebagai tantangan global bersama, yha tapi setelah nego-nego panjang, resolusinya baru keluar tiga bulan kemudian, which is minggu lalu.

Uhm…emang apa sih isi resolusinya?
Intinya menyerukan supaya semua konflik-konflik yang menyebabkan krisis kemanusiaan global di seluruh dunia dihentikan dulu selama 90 hari.

Biar…
Biar seluruh negara bisa fokus dulu menghadapi pandemi global Covid-19 yang lagi menyerang hampir semua negara di dunia. Resolusi ini juga menyerukan seluruh elemen PBB untuk mempercepat responsnya dalam membantu negara-negara konflik dalam menghadapi Covid-19.

Go on…
Meski begitu, penghentian ini nggak berlaku buat operasi militer terhadap kelompok teroris kayak Islamic State, Al-Qaida, Al-Nusra front, dan kelompok-kelompok teroris lainnya.

I see…
Nah, terkait hal ini, sekjen PBB Antonio Guterres menyambut baik tercapainya resolusi tersebut. Menurut beliau, resolusi ini penting banget supaya pihak-pihak yang lagi berkonflik mau mengubah sikapnya di lapangan.

Olrite. Anything else I should know?
Selain Guterres, Paus Fransiskus juga menyampaikan apresiasinya atas resolusi ini. Dalam misa mingguannya yang digelar di Vatikan kemarin, beliau menyebut bahwa bahwa resolusi ini bakal turut menciptakan perdamaian dan keamanan yang dibutuhkan supaya penyaluran bantuan kemanusiaan bisa dilakukan.


For when you wants to be super anti-mainstream…

Meet Genichi Mitsuhashi, orang pertama di dunia yang meraih gelar Master dari jurusan “Ninja Studies” aka studi soal ninja. Jadi Genichi yang merupakan orang Jepang ini baru aja meraih gelar masternya dari Mie University di Jepang, yang juga merupakan kampus pertama di dunia yang menawarkan jurusan “Ninja Studies”. Untuk meraih gelarnya ini, Genichi nggak cuma belajar di kelas dan nulis paper, tapi juga menjalani hidup ala ninja dengan tinggal di perkampungan dan hidup dari bercocok tanam. Genichi bilang, mengambil jurusan ninja ini bikin dia lebih bisa mempelajari skill untuk bisa hidup mandiri dan tetap berkecukupan. Nah, abis lulus S2, Genichi pengen lanjut S3. Dan tebak dia pengen ngambil kuliah doktor soal apa? YEP, pencak silat.

Eh maksudnya ninja lagi deeeeng…

“I am running for president of the United States.”

Gitu isi twitnya rapper sekaligus pebisnis Kanye West yang di-post tiba-tiba di akun Twitternya kemarin. Postingan West yang merupakan suaminya Kim Kardashian ini tentunya bikin kaget orang-orang, secara pendaftaran jadi capres baik dari Partai Demokrat maupun Republik udah ditutup. Twit ini kemudian dibales sama bosnya Tesla, Elon Musk dengan jawaban “you have my full support!” dan dibales sama istrinya sendiri, Kim Kardashian, dengan gambar bendera USA.
 
So, Kim K for the first lady?

Angel’s Stories 

1. Jadi aku sama teman2 mahasiswa sekarang lagi sibuk2nya ngurus UKT baik itu penurunan maupun pembebasan bayar buat mahasiswa akhir. Selama pandemi ngurusnya lewat online saja, tapi karena sulitnya komunikasi, dapat responnya lama dari birokrasi karena mereka juga sibuk jadi harus ekstra sabar banget. Dan ternyata banyak dari teman2ku yg ketinggalan info tentang pengurusan UKT ini. Di sini aku kagum banget sama HMPS yang benar2 ngurus mahasiswa lainnya yang bahkan mereka nggak kenal sama sekali. Mereka rela dicap dan dihafalkan sama petinggi karena biasanya ada debat yang kurang mengenakkan terkait ini sebelum pandemi juga. Salah satu temanku adalah ketuanya, dia nanyain kabar kami tentang kondisi kami supaya bisa bantu juga. Baik banget. Dan apa yang mereka lakukan itu benar2 ngubah mindset aku tentang himpunan yang orang2 bilang ‘ngga usah gabung di himpunan atau organisasi sejenisnya, ganggu akademik’ . Dan balik lagi sama visi dari organisasi itu, aku kira semuanya baik selama mindset kita baik. Agak menyesal nggak gabung di organisasi apa2 pas jadi mahasiswa normal hehe.

-Tuti-

2. Several days ago, aku terpaksa pergi ke minimarket buat beli keperluan pokok sehari hari yg udh menipis selama hampir 1 bulan self quarantine . Karena lagi dalam kondisi gini, aku juga gak lupa dong, buat pakai masker pas lagi keluar rumah. Pas didepan minimarket, aku panik mau gimana buka pintunya. Kayaknya kalo pake siku itu ribet banget. Yaudahlah, aku coba. Akhirnya berhasil…wkwk (maklum, kelamaan gak ke minimarket). Aku pun milih-milih barang belanjaan. Setelah aku mau keluar minimarket, eh…pintunya dibukain sama salah seorang karyawan minimarket (padahal dianya lagi sibuk nyusunin barang-barang di rak). Ya gak nyangka aja gitu…hehe, masih banyak org yg care sama keadaan gini. Mungkin dia tau kalo aku kesulitan buka pintunya pas awal masuk tadi. May God bless you, dude!
-NSAR-
2. so.. di deket rumah aku emang ada pabrik tahu sama pabrik air minum. karena pandemi ini kedua pabrik ini break. finally, semua pekerja di break juga. sampe tetangga sebelah rumah aku bingung gimana maw makan. belum selesai itu di wilayahku dilanda banjir. akses jalan pun sulit. dan ini bener-bener membuat kita harus #dirumahaja.really:) tapi untungnya masih ada orang baik yang maw turun langsung banjir-banjiran buat nga bagiin mie instan. siapa pun namanya, pada yang baik terimakasih
-Anonim

(We believe that angels, just like superheroes and cats, come in different costumes, but they’re here for the same reasons: to make our days brighter, our smiles wider, and our feelings happier. So during these uncertain times, we’ve decided to replace the love letter with stories about kindness, because now more than ever, our community needs that. Shoot us your kindness stories here (can be something you see or experience first hand (or no), basically, anything!) and we will feature it here. Come, share us your versions of angels!)


Catch Me Up! Recommendations

This exercise had proven to reduce anxiety and stress. Breath in, breath out..