Pembunuhan Casis Bintara AL, Anggota WKC Dibunuh Lewat Serangan Udara di Gaza, Kunjungan Luar Negeri Pertama Prabowo, Kembar Siam Asal Minnesota Menikah

20

Good morning

We’re halfway through the week, so just hang in there. We’re getting closer to Lebaran, THR is already on your account, and Ramadan is almost coming to an end. Crazy how time flies, rite? Now, to start your day right…

Let’s talk about: The murder of eks Casis Bintara….

(Attention! This news can be too gruesome to read this early in the morning. Proceed with caution!)
 
Meninggal dari 2022, baru ketahuan sekarang!
Jahat banget asli. Mimpi orang tua ngeliat anaknya jadi anggota TNI musnah gitu aja karena si anak udah tewas dibunuh. Kamu harus tahu guys, bahwa sang anak tewas di tangan seorang tentara berpangkat Serda atas nama Adan Aryan Marsal. Yang bikin perih adalah, selama lebih dari setahun, orang tua korban dibohongi abis-abisan seolah anaknya masih hidup. Ini serda bahkan dengan pedenya mintain duit buat ‘keperluan si anak’. Gila kan? Jahat kan? Everybody, let’s catch up! on kasus pembunuhan seorang eks Casis Bintara AL, Iwan Sutrisman Telaumbanua.
 
Tell. Me. Everything. 
Sure. Jadi tragedi ini berawal di tahun 2022 lalu saat pembukaan seleksi Bintara TNI AL gelombang II. As we all know ketat banget kan seleksi TNI tuh, semua putra-putri terbaik bangsa dari Sabang sampai Merauke pokoknya pada daftar deh, termasuk seorang pemuda asal Kabupaten Nias Selatan, Sumatra Utara, namanya Iwan Sutrisman Telaumbanua. Semua cara dilakuin sama Iwan dan keluarganya biar bisa lolos seleksi TNI. Salah satunya, adalah lewat ordal alias orang dalam.
 
Hmm okay…
Jadi one day, kakaknya Iwan ketemu sama si ordal yang diharapkan bisa bantu Iwan lolos seleksi. Ordal ini emang anggota TNI, guys, namanya Serda Adan Aryan Marsal. Serda Adan bilang bahwa doi bisa bantu Iwan lolos seleksi dengan jaminan bayar uang sebesar Rp200 juta. Buat bisa bayar uang tersebut, ortunya Iwan yang merupakan petani itu sampe rela menjual tanah dan mobil yang mereka miliki. Jadilah Iwan daftar dengan dibantu oleh Serda Adan.
 
Terus…
Terus guys, ternyata Iwan ngga lolos. Meanwhile, si Serda Adan ini udah menjanjikan kalo emang Iwan ga lolos, duitnya balik. Nah masalahnya duitnya udah abis dipake doi judol (ampun dosanya lipat-lipat ganda lu, Adannnn). Akhirnya karena didesak terus sama keluarganya Iwan, Adan berinisiatif bokis: “Gimana kalo kamu ikut seleksinya di Padang aja? Di sana ada om saya, kamu bisa dibantu lolos deh,” gitu kan. Akhirnya, berangkat lah Iwan bareng Serda Adan ke Padang, Sumatra Barat dan di sinilah rangkaian kebohongan si Adan dimulai.
 
I am reading…. 
Little did the family know, momen keberangkatan Iwan ke Padang adalah kali terakhir mereka ketemu sama Iwan :((((. Well, sesampainya di Padang, Serda Adan sempat ngabarin keluarga bahwa Iwan udah lolos jadi Calon Siswa Bintara, lengkap dengan ngirimin foto Iwan pake pakaian dinas, plus kepalanya yang udah dipangkas botak. Serda Adan juga bilang Iwan bakal segera masuk pendidikan di Tanjung Uban, Kepulauan Riau dan gabisa pegang hp dulu. Jadi keluarganya kayak, “Oh ya udah. Tenang nih,” gitu kan.
 
Tapi…
Tapi nih, dua hari setelah Serda Adan ngirimin foto, tepatnya di 24 Desember 2022, Iwan ternyata dibunuh sama itu serda :(((. Iya, jadi di hari itu, Iwan dikelabui dan dibilang bakal dibawa ke Lantamal II Padang. Dalam perjalanannya, Adan menjemput temennya Alfin di Kota Solok, terus lanjut ke Sawahlunto di mana Iwan kemudian dibunuh dengan cara dipiting kemudian ditusuk perutnya pake pisau sampe tewas. Untuk menutupi jejak, jasad Iwan kemudian dibuang ke sebuah jurang. Terus si Adan juga ngasi duit Rp25juta buat Alfin karena udah melakukan eksekusi tersebut.
 
HAH????
Iya. Disampaikan oleh Komandan Denpom Lanal Nias, Mayor Laut Afrizal, Serda Adan ngaku kepaksa membunuh Iwan karena udah gatau lagi gimana caranya meloloskan Iwan, Sementara keluarga juga mendesak terus, dan posisinya di situ duit Rp200 juta udah Serda Adan terima. Terus si om yang disebut Adan ada di Padang bisa bantu itu pun ternyata hoaxguys.  Alibinya dia aja supaya Iwan dan keluarganya percaya. Jadi, sambil nangis tuh Serda Adan cerita, dibilang, “Bagaimana saya meluluskan dia, kan nggak mungkin. Sementara uang sudah saya terima Rp 200 juta lebih. Jadi saya melakukan itu, membawa kawan saya, Alvin.”
 
:((((( keluarganya gimana? 
Ini yang bikin sedih, guys. Yang keluarganya tahu, Iwan kan udah pendidikan Casis Bintara di Tanjung Uban ya. Tapi nggak ada komunikasi samsek. Tiap ditanya ke Serda Adan, adaaa aja jawabannya. Tapi, itu serda masih terus memeras ayah ibunya Iwan, guys. Iya, nggak cukup dengan Rp200 juta tadi, Serda Adan terus mintain uang, padahal anaknya udah dibunuh sama doi. Mulai dari beliin burung buat keluarganya Adan yang udah bantu lolosin tadi senilai Rp14 juta, terus nggak lama minta lagi buat biaya pelantikan Iwan, sampai biaya beli tiket pesawat 4 orang keluarganya untuk menghadiri pelantikannya Iwan juga dimintain.
 
HAH?? PELANTIKAN???
You read it right. Iwan yang udah dibunuh dari Desember 2022 ini disebut Serda Adan bakal dilantik Oktober 2023 (???). Berangkat lah keluarganya ini dengan penuh excited dari Nias Selatan ke Tanjung Uban ya. Harapannya bisa ketemu nih sama Iwan setelah hampir setahun nggak komunikasi. Tapi apa yang mereka dapat, ya nggak ketemu juga lah sama Iwan. Serda Adan sih ngeklaim pelantikan itu ditunda sampe waktu yang belum ditentukan gara-gara Iwan kepilih jadi pasukan khusus marinir, katanya.
 
YA ALLAH KASIAN BANGET ORANG TUA :(((
YAKANN. Sampe kembali ke Nias Selatan, sampe tahun 2024, orang tua Iwan masih dibuat clueless sama keberadaan anaknya. Serda Adan pun tiap ditanya selalu ngeles kan. Puncaknya, tanggal 27 Maret kemaren, keluarga Iwan akhirnya melapor ke Denpom Lanal Nias. Di sinilah semua terbongkar. Pihak Denpom Lanal Nias kemudian langsung memanggil Adan dan ngga pake lama, Adan mengakui bahwa Iwan Sutrisman Telaumbanua udah dibunuh olehnya sejak 24 Oktober 2022.
 
The pain :((( Terus jasad Iwan ada di mana?
Nah itu yang sekarang lagi diselidiki sama Polres Sawahlunto, gengs. Yang harus kamu tahu adalah, Desember 2022 lalu, Polres Sawahlunto menemukan jasad seorang laki-laki yang nggak diketahui identitasnya. “Mr. X” disebutnya. Satreskrim Polres Sawahlunto sih menyebut alur dan lokasi pembunuhan Iwan match gitu sama temuan Mr. X. That being said, kepolisian sekarang lagi mau memanggil keluarga Iwan, buat tes DNA gitu. Buat make sure apakah Mr. X yang ditemukan itu jasadnya Iwan atau bukan.
 
Terus Serda Adan tadi???
Udah ditangkap dong. Yep, setelah kasus ini terkuak, Jumat kemaren, tim gabungan yang terdiri dari Pom Lamtamal II Padang, tim dari Satreskrim Polres Sawahlunto, dan Satreskrim Polres Solok udah menangkap Serda Adan. Dia ditahan Pom Lantamal II Padang untuk pemeriksaan lebih lanjut. So, in that sense, Serda Adan dijerat Pasal 340 KUHP tentang Pembunuhan Berencana dengan ancaman hukuman mati.
 
Got it. Now wrap it up….
Sure. Jadi ya gitu guys, intinya. Semua ini berawal dari ambisi sebagian orang mau berprofesi sebagai aparat. Either itu TNI/Polri. Makanya berbagai cara pun dilakukan, termasuk dari jalur ordal, sampai bayar berapa pun dijabanin. Ini yang kemudian rentan dimanfaatkan oknum buat nipuguys. Disampaikan oleh Komandan Lantamal II Padang, Laksamana Pertama Syufenri, daftar jadi TNI/Polri tuh nggak dipungut biaya sama sekali. Kalau nyogok sekalipun, nggak bakal mempan, katanya. In that sense, kasus Iwan ini harusnya bisa jadi pelajaran buat jangan coba-coba deh pake jalur ordal, apalagi sampe nyogok. Kalau ada prajurit yang janjiin begitu, “Laporin aja,” cenah.

When Israel is still bloodthirsty…

Now they killed seven humanitarian volunteers.
Tiap catch up soal update berita di Gaza tuh rasanya kayak mixed feeling banget gitu nggak sih? Like mostly kita ngerasain sedih plus marah di waktu yang bersamaan. Sedih ngeliat orang-orang Palestina yang begitu menderita atas genosida Israel dan super marah sama segala ulah Israel yang barbar level dewa. Kayak yang belum lama ini mereka lakuin ke para anggota World Central Kitchen yang dibunuh lewat serangan udara ketika lagi distribusiin makanan ke para pengungsi di Gaza.
 
Hold on I need some background.
Sure. Jadi buat yang masih belum connect, World Central Kitchen aka WCK ini tuh semacam badan amal berpusat di Washington DC, Amerika Serikat yang sering banget terlibat aktif dalam pendistribusian bantuan kemanusiaan berupa makanan di wilayah bencana sampe zona konflik. You name it lah, karhutla di Hawaii, gempa Maroko, sampe genosida di Gaza tuh mereka bener-bener bantu. Khusus di Gaza sendiri, WCK dalam beberapa bulan ini juga udah mengorganisir akses bantuan makanan masuk lewat jalur laut, guys. Totalnya mereka sampe berhasil membawa 200 ton makanan ke Gaza dan berniat untuk didistribusikan pada warga yang kelaparan.
 
Ok terus-terus…
Nah, kalo lembaga kemanusiaan UNRWA mungkin ada slek sama Israel karena ada diduga terlibat dalam ‘surprised attack’ Hamas ke Israel 7 Oktober lalu, WCK ini justru semacam jadi salah satu anak emasnya Israel di sektor badan amal bantuan kemanusiaan. Soalnya meskipun WCK ini berbasis di US, tapi Israel tuh kayak selalu nge-framing kepeduliannya soal Gaza lewat kedekatannya dengan WCK ini. Jadi kayak badan amal ini sering dapet donasi besar dari Israel dan juga nggak dipersusah izinnya buat masuk Gaza.
 
Ini cuma buat kedok kan…
Iyesss bener banget. Apalagi Senin malam kemarin, kedok Israel yang seolah peduli sama WCK dan para pengungsi Gaza udah bener-bener terbongkar after serangan udaranya yang justru ikut menyasar para anggota WCK yang lagi mendistribusikan makanan. Padahal kalo kamu tau, pihak WCK sendiri sebelumnya udah minta izin lho sama tentara Israel buat ngelaksanain kegiatan ini. Begitu izin didapat, gas lah para relawan WCK ini pergi ke gudang Deir al-Balah buat menyimpan stok bantuan yang sebelumnya mereka bawa lewat jalur laut tadi. Eh nggak jauh setelah keluar dari gudang, dua mobil lapis baja berlogo WCK yang mereka tumpangi langsung ditembak rudal dari Israel.
 
Geez:((
Bayangin aja deh, gimana rasanya pas kamu naik mobil tiba-tiba aja ada rudal yang jatuh di tengah mobil dan meledak saat itu juga. Nah seserem itu, guys kejadian yang dialami ketujuh anggota WCK yang ikut jadi korban genosida Israel di Gaza. Padahal enam dari tujuh korban meninggal merupakan WNA yang berasal dari Australia, Polandia, Inggris, dan seorang yang berkewarganegaraan ganda AS-Kanada. Meanwhile, ada seorang warga negara Palestina yang kerja sebagai driver sekalian translator yang ikut jadi korban atas insiden ini.
 
Sakit jiwaaaaa…
Ya bukan lagi. Kemudian, kabar dibunuhnya tujuh anggota WCK ini langsung direspons oleh CEO World Central Kitchen bernama Erin Gone yang ngerasa sangat patah hati ngelihat rekannya jadi target serangan tentara Israel. Selain Erin, Founder WCK, Jose Andres langsung mengutuk pembunuhan tanpa pandang bulu yang dilakukan Israel. In his words, Andres bilangnya gini, “The Israeli government needs to stop this indiscriminate killing. It needs to stop restricting humanitarian aid, stop killing civilians and aid workers, and stop using food as a weapon.”
 
Did anyone say something about it?
Ofc ada. PM Australia, Anthony Albanese juga nggak terima sama ulah Israel yang udah membunuh warga negaranya ketika dia lagi ngelakuin misi kemanusiaan. Kata Anthony, “This is completely unacceptable. Australia expects full accountability for the deaths of aid workers.”  Hal serupa juga disampein Kemlu Polandia yang baru-baru ini nge-twit“Poland objects to the disregard for international humanitarian law and the protection of civilians, including humanitarian workers.”
 
Israel is realllllly making everyone mad! 
Bener banget. Soalnya nggak cuma Australia sama Polandia aja yang berduka dan terpukul sama kejadian ini, tapi bestienya Amerika Serikat juga. Hal ini dilaporkan sama Jubir US National Security Council, Adrienne Watson yang nge-spill kalo kondisi White House lagi berduka banget setelah denger berita ini.
 
Terus Israel ada ngomong apa ngga?
Ya ada, tapi males banget gasi. Adalah Perdana Menteri Israel, Benyamin Netanyahu yang kemaren banget langsung mengakui bahwa ada “petugas bantuan” yang secara ngga sengaja jadi target serangan IDF aka tentaranya Israel. Kata Si Bibi: “It happens in war, and we are thoroughly investigating it. We are in contact with the governments and will do everything to prevent such occurrences in the future.”
 
Huft, anything else I should know?
Well gara-gara kejadian ini, WCK udah confirmed bakal nge-stop kegiatan distribusi bantuan kemanusiaan di Gaza, guys. Pihak WCK ini bener-bener takut dan nggak pengen ada anggota lain yang jadi korban genosida Israel. Kata Erin Gore, serangan Israel ke tim WCK bukan cuma sekedar serangan ke organisasi kemanusiaan. “This is an attack on humanitarian organisations showing up in the most dire of situations where food is being used as a weapon of war. This is unforgivable,” gitu kata Erin Gore.

Who’s going on a trip before starting on a new job?

It’s our Ministry of Defense, Prabowo Subianto.
Guys, biasanya kan kalo kita abis resign terus nunggu dimulainya kerjaan baru, kita suka healing dulu tuh. Jalan-jalan ke mana kekkk ya kan, mumpung belum mulai kerja. Nah, ini juga nih yang kayaknya lagi dilakukan sama Menteri Pertahanan, Prabowo Subianto yang dalam beberapa hari kemarin tengah berada di Beijing, China. Tapi bukan healing, doi di sana untuk memenuhi undangan dari Presiden China, Xi Jinping. Hadirnya Pak Prabowo ke China juga jadi kunjungan luar negeri pertama beliau nih sejak doi menang Pilpres 2024 kemarin.
 
Interesting. Tell me everything.
You got it. Jadi sebelum jauh bahas pertemuan Prabowo dan Xi Jinping, kamu perlu inget nih kalo sejak 20 Maret kemarin, Komisi Pemilihan Umum aka KPU udah netapin Prabowo Subianto dan Gibran Rakabuming Raka sebagai pemenang Pilpres 2024, guys. Yah meskipun drama gugatan kecurangan Pemilu masih terus berlangsung sampe hari ini, tapi udah banyak banget pemimpin negara lain yang ngasih ucapan selamat ke Pak Prabowo.
 
Emang segitu banyaknya…
Wah jangan salah, guys. Mulai dari kiriman surat dari PM Inggris Rishi Sunak atas kemenangan Prabowo dalam Pilpres, cuitan PM India Narendra Modi atas keberhasilan Prabowo dalam Pemilu, sampe Presiden AS Joe Biden yang sempet nelpon langsung Pak Prabowo buat ngasih ucapan selamat (Pak Prabowo please si Genocide Joe ini gausah ditemenin dlu, plz). But ya so far, kebanyakan ucapan yang diterima Pak Prabowo ini didapet ngga secara langsung in person gitu, guys. Sampe akhirnya akhir Maret kemarin Pak Prabowo dapet undangan khusus buat dateng ke Great Hall of the People in Beijing, China dari Presiden Xi Jinping.
 
Dalam rangka apa nih?
Kalo soal ini, Jubir Kemlu China bernama Lin Jian pada Jumat kemarin sebenernya juga udah nge-spill soal undangan Presiden Xi Jinping ke Prabowo. Pas itu Lin Jian bilang kalo pertemuan ini tuh terkait hubungan bilateral kedua negara sekaligus pembahasan isu-isu yang menjadi concern bersama. In his words, Jubir Kemlu China ini ada bilang gini, “Mr. Prabowo’s visit to China will be his first overseas visit as President-elect. It fully demonstrates the robustness of China-Indonesia ties.”
 
Tell me more about this meeting.
Yha jadi Senin kemarin, Pak Prabowo sama Presiden Xi Jinping beneran jadi ketemu di Beijing, China. Di situ Presiden Xi Jinping ada ngucapin selamat gitu ke Pak Prabowo yang udah berhasil terpilih jadi Presiden Indonesia. Kata Presiden Xi Jinping, Pak Prabowo tuh udah kayak, “Teman lama rakyat China.” Terus Presiden Xi Jinping juga ada commit secara verbal buat terus menjalin hubungan jangka panjang sama Indonesia dan siap buat bikin kerja sama proyek strategis lain setelah kereta cepat Whoosh Jakarta-Bandung berhasil direalisasikan.
 
Terus-terus…
Nah dari Pak Prabowo sendiri juga bilang makasih banget udah diundang sama Presiden Xi Jinping ke Beijing. “It’s a honour,” gitu-gitu lah. Then nggak lupa Pak Prabowo juga nyampein salam hangat dari Presiden Jokowi ke Presiden Xi Jinping. Di situ Pak Prabowo juga terlihat antusias banget dan sempet bilang gini, “Terkait kerja sama pertahanan, saya memandang China adalah salah satu mitra kunci dalam memastikan perdamaian dan stabilitas kawasan.”
 
So, anything from this meeting?
Well, meskipun pas itu kedua pihak sempet ngomongin soal sarana alutsista, stabilitas regional, sampe topik di bidang maritim, nggak ada tuh agreement apapun yang terjalin di pertemuan kemarin. Jadi ya pertemuan kemarin tuh pure ngobrol-ngobrol santai gitu. Hal ini di-confirm juga sama Ketua Harian DPP Gerindra, Sufmi Dasco yang bilang kalo emang belum ada komitmen apa-apa dan baru pertemuan silaturahmi biasa aja gitu.
 
Gercep juga Jinping.
Yaaa soalnya mereka kan emang lagi getol-getolnya investasi di Indonesia kan. Kunjungan ini juga jadi super penting, secara negara pertama yang dikunjungi presiden terpilih itu pretty much menunjukkan level prioritas negara tersebut buat kita. Meanwhile, ada juga yang sus terkait kunjungan ini. Kalo kata pengamat politik, Cak Ahmad Cholis Hamzah sih bilangnya, “Semoga kunjungan pertama kali Pak Prabowo ke China sebagai presiden terpilih bukan diartikan sebagai Pak Prabowo “dipanggil” pemerintah China.
 
Got it. Anything else?
Kalo kamu kira Pak Prabowo dan rombongan jauh-jauh terbang ke LN cuma buat datengin undangan Presiden Xi Jinping doang kamu salah, guys. Soalnya after dari China, kunjungan Pak Prabowo bakal lanjut ke Jepang pada hari Selasa sampe Rabu ini. Di situ, Pak Prabowo udah dijadwalkan bakal bertemu PM Jepang, Fumio Kishida sampe Menteri Pertahanan Jepang, Minoru Kihara.

When love is in the air…For Abby and Brittany Hensel.

Yoi guys, kembar siam asal Minnesota, Amerika Serikat yakni Abby dan Brittany Hansel baru aja bikin rame dunia perinternetan setelah Abby diketahui menikah dengan seorang laki-laki yang bernama Josh Bowling. Hal ini diketahui dari foto profil Facebook keduanya yang menggambarkan foto mereka lagi pake baju pengantin bersama Josh di sampingnya. Selain di Facebook, Josh juga kerap membagikan soal kehidupan barunya dengan Abby dan berbagai informasi soal background doi yang merupakan seorang perawat dan pernah jadi anggota tentara di sosial media.
 
FYI guys, Abby dan Brittany ini emang udah lahir dalam keadaan kepala mereka terbagi di satu tubuh yang sama. Kembar siam dichepalus nama kondisinya. Dalam kondisi ini, keduanya memiliki satu organ aja dari pinggang ke bawah di mana Abby mengontrol tubuhnya bagian kanan, dan Brittany di bagian kiri. Pernah dokter menyarankan keduanya buat menjalani operasi pemisahan gitu kan, tapi orang tua mereka nolak since peluang operasi itu berhasil kecil banget. Jadi ya tetep stay aja mereka sebagai kembar siam sampai dewasa.
 
FYI Abby-Brittany ini udah dari kapan tahu viral, guys. Banyak media yang udah ngeliput, bahkan pernah masuk di show-nya Oprah Winfrey maupun media TLC.

“Pak Hasyim tidur ya?”

Gitu guys bunyi pertanyaan sekalian teguran dari Ketua Mahkamah Konstitusi (MK) Pak Suhartoyo kepada Ketua Komisi Pemilihan Umum (KPU) Hasyim Asy’ariyang ternyata ketiduran pas lagi menjalani sidang lanjutan sengketa hasil Pemilihan Presiden (Pilpres) 2024 kemarin. Jadi dalam kesempatan itu, Pak Hakim nanya apakah dari KPU sebagai termohon ada tanggapan atas pernyataan dari saksi ahli yang dihadirkan penggugat. Eh, taunya Pak Hasyim ga sengaja lagi bobo ges.
 
When you’re fasting and just reallllllly tired…

Announcement


Thanks to sapopoeku and ORY for buying us coffee today 🙂

Mau ikutan nraktir tim Catch Me Up! kopi? Here, here…just click here Dengan mendukung, kamu nggak cuma beliin kopi yang menemani kami nulis, namun kamu juga udah men-support kami untuk terus berkarya dan membuat konten-konten berkualitas yang imparsial dan bebas dari kepentingan. Thank you so much!

Catch Me Up! recommendations

New to budgeting? This might come in handy.