Kondisi Israel Memanas

18

Now, newest update on Israel’s genocide in Gaza…

Israel lagi ngga baik-baik aja. 
Yep, belakangan ini, kondisi dalam negeri Israel lagi memanas sejak Perdana Menteri mereka, Benjamin Netanyahu terus-terusan didemo biar mundur karena dinilai ngga becus dalam melakukan operasi pembebasan para sandera yang ditawan kelompok Hamas di Gaza. Bibi, panggilan akrab Netanyahu (sok imut bgt u) juga in the middle of those complexities, harus menjalani operasi hernia karena kesehatannya yang menurun.
 
Hold on I need some background.
Jadi kan totalnya udah enam bulan nih guys, serangan aka genosida Israel dilancarkan di Jalur Gaza, Palestina. Udah lebih dari 32 ribu orang meninggal, puluhan ribu lainnya luka-luka, dan 1,8 juta orang jadi pengungsi. Penyebab dari hal ini ngga lain ngga bukan adalah serangan membabibuta Israel ke Gaza yang menarget warga sipil, dengan alasan mau membebaskan tawanan Israel yang ditahan Hamas.
 
 
Go on…
The devastating effect of the genocide itu udah cukup bikin kita semua muak banget, sampe hal ini di-mention sama Paus Fransiskus yang dalam pidato Paskah kemarin juga nge-remind semua pihak buat fokus sama perdamaian di Gaza. Dalam pidatonya, Pope Francis bilang gini, “How much suffering we see in the eyes of children, the children have forgotten to smile in those war zones. With their eyes, children ask us: Why? Why all this death? Why all this destruction? War is always an absurdity and a defeat.”
 
Amen, Pope.
Iyaa kaannn. Apalagi update-nya negosiasi antara Hamas dan Israel ini masih alot banget, guys. Lha gimana nggak alot, truce talks antara Hamas dan Israel ini dikabarkan udah berlanjut dari hari Minggu kemarin di Kairo, Mesir. Cuma sampe berita ini ditulis pada Senin malem, nggak ada tuh update apa-apa dari pertemuan ini. So far kita cuma tau kalo Israel meminta pembebasan 40 dari 130 sandera yang masih berada di pihak Hamas. Meanwhile Hamas juga lagi berupaya menjalin kesepakatan apapun buat mengakhiri genosida dan membuat tentara Israel cabut dari Gaza.
 
Jadi harapan ceasefire Gaza masih gajels yah?
Kurleb sih gitu. Pokoknya proses negosiasi ini kabarnya masih on going dan alot banget, ditambah juga huru-hara politik Israel dalam negeri Israel yang lagi ngga baik-baik aja. Yep, belakangan ini, warga Israel yang udah ngga sabar lagi tengah melakukan aksi demonstrasi yang mendesak Netanyahu supaya resign aja dari posisinya sebagai Perdana Menteri.
 
Serius nggak nih?
Ofc serius dong. Aksi genosida yang berkepanjangan dan para tawanan Israel yang belum juga dibebaskan semua tentu bikin publik Israel jadi bete banget sama Netanyahu. Kayak, u ngapain woyyy lama bet kerjanya. Nah puncaknya, puluhan ribu demonstran anti-pemerintahan di Israel baru aja menggelar unjuk rasa selama dua hari berturut-turut dari Minggu-Senin kemarin. Aksi ini dilakukan ngga hanya di ibu kota Tel Aviv aja, tapi juga kota-kota besar di Israel lainnya kayak Tel Aviv, Jerusalem, Haifa, Be’er Sheva, hingga Caesarea. Dalam tuntutannya, para demonstran menyebut Netanyahu sebagai hambatan utama dicapainya kesepakatan dengan Hamas untuk memulangkan para tawanan yang ditahan di Gaza. So, para demonstran menuntut Netanyahu untuk mundur aja karena u ga becuz.
 
Weird reasons but go on…
Adapun demo ini merupakan inisiatif dari para keluarga sandera yang sampe sekarang masih jadi tawanan Hamas dan belum bisa dibebaskan sama pemerintah Israel. Yep, mereka ngeliatnya pemerintah ini harus fokus dong membebaskan para sandera, karena udah berbulan-bulan nih.  Para demonstaran bahkan sampe bermalam di depan Knasset, aka gedung parlemennya Israel dan menuntut pemilu aja untuk mencari pengganti Bibi.
 
Sakit emang Netanyahu cs ini.
Eh tapi emang Netanyahu lagi beneran sakit, guys. Jadi di tengah kelakuan bejatnya ngelakuin genosida masyarakat Palestina di Hamas dan tuntutan untuk mundur dari masyarakatnya sendiri, hari Minggu kemarin Netanyahu dikabarkan menderita hernia dan langsung menjalani operasi. Buat yang nggak tau, hernia tuh terjadi ketika organ dalam mendorong benjolan di dalam otot dan jaringan lemah gitu. Penyakit ini baru ketahuan setelah doi ngelakuin pemeriksaan rutin. After konsul sama dokter, Netanyahu langsung dilaporkan menjalani operasi dengan anestesi alias obat bius penuh.
 
Ga ada GWS buat u
Same. Nah, untuk menjawab berbagai tuntutan warga, Bibi kemudian menggelar konferensi pers Hari Minggu kemarin. Isinya, doi bilang bahwa dia tuh komitmen banget kok untuk memulangkan para sandera, dan dia bakal melakukan apapun, within his power, untuk mengembalikan mereka. Doi juga has the audacity untuk meng-address kemunculan sentimen antisemitisme dan anti-Israel secara global sejak serangan Gaza terjadi. Si paling victim itu bilang bahwa pasti lu-lu pada yang bilang kita melakukan genosida adalah orang-orang yang ngga pedulian dan ngga baca sejarah. Makanya, seluruh Warga Israel harus bersatu secara fisik dan moral untuk “melawan” pihak-pihak yang berbohong dan munafik.
 
Wow sungguh sebuah kehaluan. Anything else? 
Di tengah kondisi politik Israel yang lagi kacau dan digantungnya gencatan senjata Gaza, aksi genosida di Israel masih terus aja berlanjut, guys. Sekarang ini, lebih dari 32.700 masyarakat Palestina di Gaza yang udah dibunuh tentara Israel. Not forget to mention soal korban luka-luka yang mencapai lebih dari 75 ribu orang. Jadi mau ada resolusi DK PBB or apapun itu, sekarang ini Israel tetep memburu dan membombardir wilayah Gaza. So yuk bisa yuk buat terus naikin campaign easefire Gaza serta memboikot  produk-produk pro genosida Israel.